Hadiah Istimewa dari Google: PageRank Update! (Juni 2011)

google
Sore tadi (27/6/2011) setelah membuat dan mempublish artikel Cara Membuat Menu Pulldown Plus Tombol/Button, saya menyempatkan ngobrol lewat YM dengan seorang teman Blogger dari US. Dalam percakapan itu, dia sempat menyinggung bahwa pada hari ini (di US masih pagi banget , 27/6/2011) Google melakukan update, yaitu Panda Update (yang dilakukan secara diam-diam sebelumnya) dan juga Google PageRank update: June 2011. Dia menyarankan saya untuk melakukan check Pagerank, kali aja ada perubahan Pagerank pada blog ini.

Akhirnya iseng-iseng saya pake tool Pagerank Checker di blog ini. Dan ternyata hasilnya mengejutkan! Tanpa diduga sebelumnya, ternyata PR blog ini naik 2 tingkat dari 0 ke 2. Masih belum percaya, lalu saya mencoba menggunakan 11 PageRank Checker yang lain. Dan, ternyata, hasilnya sama pula. Hal ini menepis anggapan beberapa orang bahwa semakin banyak backlink, maka semakin tinggi PageRank. Pada kenyataannya, semakin jelas dan terbukti bahwa backlink berkualitaslah yang menentukan (di antaranya: kualitas situs pemberi backlink, keterkaitan niche, link building yang dibuat secara natural dan bukan spamming, etc).

Seperti kita ketahui, PageRank adalah rank Google pada setiap halaman. Jadi penilaian diakukan secara independen pada setiap halaman web. Setiap halaman tersebut memiliki kualitas sendiri-sendiri yang bisa jadi sama maupun berbeda. Saya juga melakukan checking PageRank pada masing-masing halaman posting dan static page. Hasilnya, ada satu halaman yang memiliki pagerank lebih tinggi halaman root (homepage) blog ini, ada yang sejajar, dan ada pula yang di bawahnya. 

Berikut halaman-halaman dengan Pagerank teratas:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/02/auto-publish-kontenartikel-blog-ke.html PR 2
>> 50+ posting yang lain ber-PR 1
Sisanya ber-PR 0 dan N/A (tidak memiliki pagerank/unranked).

Dan alhamdulillah, blog saya yang lain, Buka Rasa juga dapat PR 2  Google. Herannya, nih blog baru berumur dua bulan dan optimasinya sangat "miskin". Eh, malah pageranknya sama dengan blog ini. Selain itu, dua blog saya yang lain (maaf, tidak bisa menyebutkan disini karena itu blog bisnis dan marketing sih, malu kalo nyebutin... hehe :D) masing-masing naik dari PR 1 ke 2 dan dari 3 ke 5. Jadi total ada 4 Blog yang terupdate secara positif (naik) pada Pageranknya.

Yah memang belum ada apa-apanya sih untuk Buka(n) Rahasia Lagi!. Tapi lumayanlah sebagai bahan untuk evaluasi dan terus belajar. Bahkan rank ini belum ada apa-apanya loh dibanding halaman profile facebok saya yang langsung dapat PR 5 dari sebelumnya PR 2 pada update ini! hehehe..... Harusnya yang senang malah Facebook ya, karena pada update ini banyak halaman-halaman non utama Facebook yang PR-nya naik pesat (ingat. setiap halaman punya PR beda). Tapi, kalo halaman utama Facebook (home) sih ga heran lagi, PR 10, coy... :D Jadi pada update kali ini, ga mungkin kan jadi PR 11 atau 12. Hahahaha.... Sedangkan Google sendiri PR-nya turun jadi 9, sejajar dengan Youtube, twitter, dan Adobe.

SEO (search engine optimization) pada blog ini secara aktif dilakukan 2 bulan setelah pembuatannya (05 Desember 2010), jadi mulai bulan Februari 2011 atau sekitar 4 bulan hingga  Google melakukan update PageRank pada hari ini. Salah satu tujuan pembuatan blog ini sendiri adalah untuk membuktikan pula bahwa SEO yang natural dan originalitas konten justru dapat menjadi cara yang paling ampuh untuk meningkatkan SERPs dan Ranking.

Sepertinya semua persyaratan PageRank yang biasa kita dengar ditepis habis, bro and sist, karena usia blog/web tidak lagi menjadi perhitungan, jumlah backlink tidak wajib banyak, dan masih banyak lagi perbedaan pada update mayor Google pada juni 2011 ini. Apakah karena Panda Update? Satu-satunya yang masih bisa diraba menurut saya adalah tentang konten. Ya, konten. Originalitas dan keunikan sepertinya berperan. Seolah-olah Google seperti memakai konsep "human edited directory" deh. Saya tadi sempatkan  diri jalan-jalan ke blog teman-teman blogger dengan konten-konten unik dan original, semuanya dapat pagerank update yang positif! Entah ini karena kekacauan data center Google, Perubahan revolutif dari Panda Update, atau karena apa, kita tunggu saja analisis para ahli SEO yang sebentar lagi artikelnya pasti bertebaran di search engine. Dugaan saya sebenarnya adalah, bahwa Google Pagerank pada toolbar sebenarnya semakin tidak penting bagi Google dan Google menyebarnya kemana-mana, tapi bukan ke spammer tentunya (forever enemy!) hehehe...

Namun demikian, PageRank Toolbar memiliki perbedaan dengan PageRank yang sesungguhnya. PageRank yang muncul pada toolbar yang berwarna hijau dan berparameter antara 0 dan 10 itu hanyalah salah satu wujud apresiasi dari Google atas arti penting suatu halaman. Keberadaanya tidak mempengaruhi SERPs dan SEO secara faktual dan sehari-hari. Sistem PageRank yang sesungguhnya dan menjadi tolok ukur sebuah halaman oleh Google hanya diketahui oleh Google sendiri. Sedangkan cara Google untuk menilai sebuah halaman adalah dengan mempertimbangkan ratusan bahkan ribuan faktor, seperti yang dibilang oleh Matt Cutts.

Bagaimana dengan sobat semua? Apakah sudah check Google Pagerank Update? Salam hangat untuk semua sobat Blogger. Keep on Blogging, keep on Posting Good Articles, and keep the Friendship lasting! Salam Blogger!

Hadiah Istimewa dari Google: PageRank Update! (Juni 2011)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 28 Comment(s):

Fairysha said...

PR saya naik...^_^ hurray.... :)

Ahmad Khoirul Azmee said...

iya, cha, tadi aku udah mampir di blogmu and aku check, trus aku comment. berarti udah baca yah? selamat ya cha :D

nova13 said...

selamat ya sob... :D telah mecah telor 0 PR jadi 2 sekarang.. hehe,
kalo blog ku juga dpt nih, hihi :P

Ahmad Khoirul Azmee said...

hahahhahaa, istilahnya telor yang udah menetas :D
yup, selamat juga ya. thanks

OEN-OEN said...

selamat bang azmee :D, kq sama ya bang, dulu aku dari 0 langsung ke 2, tapi ternyata abis itu g ngloncat lagi, pinginnya sih ngloncat ke 6 gitu, ahahaha... congratz ^^

Romadhona said...

Wah selamat bos dah dapat hadiah dari kakek Google. kalo telur punyaku belum pecah nich. coz mungkin karena kontennya masih bisa dihitung dengan jari tangan..hehe

Ahmad Khoirul Azmee said...

@ Bro Oen2: Yup makasih bro. wah berarti sama ye. Ayo kita optimalkan lagi SEOnya biar dapet PR 6 hehe....
@Romadhona: Trims bro. Ayo dipecahin bro pada update PR Google 4 bulan lagi. Semangat!

hobby exchange said...

selamat bro.. tetep smangat yah..sy malah turun 2 tingkat..he..he.. salam kenal

update news said...

seklamat gan blog ane baru pr 1 nih di tunggu kunjunganya

Suwardi said...

mantap pak, selamat yach.....
succes Terus.................
kalau saya lagi mau utak-atik Templet aja dulu biar ndak Lemot........

Tutorial Linux Ubuntu | Blog | Seo said...

terima kasih info nya mas...
ternyata pagerank saya juga naik menjadi 1 yang semula nya nol...
padahal baru sekitar 2 minggu saya belajar seo on page..
betul kata mas, usia domain saya belum satu tahun.. kemudian saya juga jarang / hampir tidak mencari backlink... hanya saja submit ke social bookmarking setiap update blog..
wah senang rasanya.. untung saya baca blog ini langsung saya check juga pagerank saya.. heheheh.. thanks info nya mas..
jd tambah semangat ngeblog deh saya..

Ahmad Khoirul Azmee said...

@hobby exchange: hehe tidak masalah kan bro, yang penting ngeblog jalan terus. thanks ya :D

@update news: yup terima kasih ya, oke segera kunjung balik.

@Suwardi: ya, kalo blog baru yang penting dibangun dulu bro isinya. Bagus tuh. Thanks buat ucapannya ye...

@Tutorial Linux......: wah bagus dong berarti progressnya. selamat juga yah :D

gieterror said...

wahhh slamat ya sobb...
klo pr blog ane malah turun.. :sedih

Ahmad Khoirul Azmee said...

@gieterror : yup thanks. ah ga masalah bro, jangan terlalu mikir PR yang penting mah nulis and traffic, ya ga? :D

Trash and Entrepreneurs said...

As.Alaikum Nice postblognya ...byk sy belajar sobat dr sini..N (izin) sy ada beberapa sy copas (link terjamin..hihihihi) untuk referensi di blog sy N rekan lainnya....Tq sdh berbagi...Oh ya..br minggu ini sy br menuju dofollow..smg ada peningkatan PRnya..Oy ya sy juga sdh follow sobat pas No "100" hahaha...follow balik ya...ditunggu.. :)salam

Ahmad Khoirul Azmee said...

okay, asal dipasang bener linknya sesuai dengan kode yang sudah disediakan, saya tidak masalah. Nanti saya check ya. Thanks.

UPS ICA SURABAYA said...

kalau bikin blog untuk jualan dan jualannya sedikit, susah ya dapetin PRnya google?

andi_11 said...

ane kebagian pagerank 2 coy :D

Ahmad Khoirul Azmee said...

@ UPS ICA SURABAYA: karena penjelasannya lumayan panjang, nanti saya bikin jawabannya sekalian di posting aja ya bro. :D harap bersabar dulu, hehe

@andi_11: wah, selamat juga ya bro

snex_blogger said...

iya sob, mungkin ane kurang beruntung, blog ane yang udah PR3 turun menjadi PR2, mungkin yang disebut link building ada yang menurut google panda posting yg diulang alias nyepam hehe...

Ahmad Khoirul Azmee said...

nah itu dia, suka nyepam sih, hahahahaha. its okay bro, pagerank ga ngaruh2 amat lah :D

D-Quote said...

Blog saya malah kena Kunfu panda, Co.cc sih... Tapi saya baru datang dari blognya google webmaster, kata mereka jangan perhitungin PR lagilah... Menurut akang?

Ahmad Khoirul Azmee said...

Heem, aku setuju banget bro. Pagerank Toolbar sekarang mulai menjadi hal yang seharusnya tidak diperhitungkan secara serius. Karena dia sekedar gambar hijau yang diberikan dan (sepertinya) tanpa banyak pertimbangan lagi oleh Google. Yang perlu kita perhatikan adalah SERPs, atau capaian rangking SE suatu halaman dalam keseharian, traffic, dan tentunya yang paling utama adalah Artikel bermanfaat buat pengunjung. Sebuah wacana yang bagus tuh bro :D

dian said...

ane segera siap siap untuk ,,bisa kaya agan,,semoga bisa ,segera ke TKP gan,,makasih segala infonya,

luthfi said...

saya juga heran , web saya sudah gak diupdate 5 bulan tapi pas coba check page rank tahu2 page ranknya dari nol jadi 2 seneng bgt, Jadi bangga punya page rank 2,

mazdodot said...

infonya bagus, logis banget...blog-ku masih terlalu banyak link keluar...Thanks.

andy said...

wah mantapp.. bagi donk tipsnya biar bisa naik pageranknya

Fattah said...

Saya belum diberikan kepercayaan oleh mbah google untuk menyandang PT. kasiannya diriku. >.<

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap