Perubahan Baru pada Sistem Algorithm Google akhirnya Dijalankan, Good or Bad, huh?

Google Algorithm
Terjawab sudah. Akhirnya Google jadi juga memberlakukan perubahan dan pengembangan baru pada sistem algoritmanya. Medio Februari kemarin, sistem ini telah digunakan dan sebenarnya telah memiliki impact/pengaruh yang cukup signifikan, namun hanya disadari oleh beberapa pihak yang jeli saja. Perkiraan perubahan pada indeksnya sebesar 11,8 %, sebuah persentase yang cukup berpengaruh besar. Ada pergeseran yang fantastis pada beberapa aspek, terutama pagerank.
Tujuan kami sederhana saja, memberikan masyarakat jawaban pencarian yang paling relevan pada query yang dihasilkan, secepat mungkin. Hal ini membutuhkan penyesuaian baru pada sistem algoritma kami, karena konten baru, baik yang berkualitas maupun yang tidak, hadir secara online di setiap waktu.
Dengan kata lain, Google akan mengutamakan quality content, isi atau muatan yang memiliki kualitas tinggi. Selanjutnya,
Update ini ditujukan untuk mengurangi rank situs-situs yang berkualitas rendah, yaitu situs-situs yang nilai kepentingannya rendah, yang meng-copy content dari website lain, ataupu situs yang tidak begitu memiliki kegunaan. Namun sebaliknya, perubahan ini akan meningkatkan rank situs-situs yang berkualitas, yaitu situs-situs yang memiliki konten dan informasi asli (original) seperti hasil penelitian, laporan-laporan yang detil, analysis yang penuh pemikiran, dan sejenisnya.
So, jelas sekali apa yang dimaksud. Perubahan ini akan sangat mempengaruhi dunia SEO. Akan terjadi perubahan pula pada sistemnya, dimana cara-cara lama akan banyak ditinggalkan.

Tentu saja kita tahu, siapa dan apa yang menjadi target. Yaitu geramnya Google atas banyaknya situs-situs yang disebutnya sebagai 'pure web spams', situs-situs yang merupakan 'ahli' dalam melakukan spam dan memiliki pagerank yang tinggi. Peluncuran plugin baru untuk Chrome, Personal Blocklist Chrome extension, yang berfungsi sebagai alat yang dapat digunakan oleh user untuk melaporkan situs-situs yang demikian, rupanya menjadi langkah awal Google untuk memberlakukan sisem barunya. Meskipun kemudian dinyatakan bahwa sistem ini tidak hanya bergantung pada laporan-laporan tersebut.

Nah, apa imbasnya pada dunia blog?
Tentu saja imbasnya akan sangat besar. Google memberlakukan sistem 'penilaian' baru pada konten yang tidak hanya akan didasarkan pada kesesuaian keyword yang dibidik dan popularitas link saja. Bahkan blog kawakan sekelas Ehow.com saja mengeluh, meskipun jika dilakukan Googling, tentu saja situs ini akan memiliki indeks tertinggi pada keyword "level 4 brain cancer"nya.

Analisis dan kesimpulan mendasar secara realistis mengenai imbas perubahan ini, pada dunia blog dan web, paling tidak menyangkut 5 hal:
1. Persaingan ranking di SERPs dan SEO tidak akan sama lagi. Meskipun nantinya efek ini tidak akan dirasakan secara cepat mengingat Google melakukannya secara bertahap, perlahan, mulai dari domain Google.com di AS, dan  kemudian menyebar di domain-domain Google-nya di seluruh dunia.
2. Berita buruk bagi blog yang kontennya berisi konten bajakan alias copas tanpa linkback serta blog yang tidak memiliki 'value' di mata Google, khususnya bagi yang telah memiliki pagerank tentu saja akan mengalami penurunan dan indeksnya pun merosot.
3. Blog yang bersistem autoblog dan autopilot pun akan merasakan efek yang sama karena algoritma Google yang baru didesain untuk dapat mendeteksi sistem 'article spinning' atau pengacakan dan pembedaan kata dari konten aslinya (yang biasa ditemui dalam kedua sistem blog tersebut maupun dalam bentuk plugin lepas).
3. Merupakan berita baik bagi situs/blog yang selama ini memiliki kualitas konten yang tinggi serta asli namun terpinggirkan oleh sistem Google lama karena kalah dalam persaingan SEO.
5. Situs/web penyedia jasa SEO tentunya akan melakukan banyak perubahan pada sistem layanannya dan harus melakukan perombakan dari bentuk jasa hingga tools dan script-nya.

Secara pribadi, ada mawasnya juga sih, dan juga muncul pertanyaan: Kira-kira artikel-artikel di blog ini berkualitas tidak ya di mata Google? Meskipun bisa dibilang belum begitu merasakan dampaknya, karena tidak punya pagerank sih, hehe. Selain itu, rank Alexa juga merupakan hal lain yang tidak punya sangkut pautnya dengan Google, jadi ya tidak bisa dijadikan patokan.

Bagaimana dengan blog anda? Apakah ada perubahan dalam indeksnya?

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Perubahan Baru pada Sistem Algorithm Google akhirnya Dijalankan, Good or Bad, huh?
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 7 Comment(s):

Rizkyzone said...

saya sudah dengar berita ini tp saya g bgt memperhatikan, sekalian saya senggal senggol anunya

Ahmad Khoirul Azmee said...

iya bro, masih jadi pertanyaan besar sih. wong autoblog dan auto pilot buktinya masih nongkrong di halaman utama Google. Buktinya, waktu mau cari trik internet three yang lelet, yang nongol blog2 yang memuatquery search saja, huh!

Gombong said...

blog ane banyak yg ketendang sob..hicks2

Ahmad Khoirul Azmee said...

hehe, pake autoblog sih ^_^

Hitam Putih Kehidupan said...

ulasan serta analisa yg tajam mas. Sungguh mengena bagaimana google memperlakukan sebuah web nantinya. Meskipun bertahap semoga ini menjadi penilaian yg fair buat semua pemilik web

So...lanjutkan karya2 bermutunya mas..tidak seperti blog saya yg amburadul dan ga karuan

Ahmad Khoirul Azmee said...

Akhirnya, mbak hana datang juga, hehehe, saya yang musti kudu belajar banyak sama mba hana nih. makasih dah nyempetin mampir mbak....... Terima kasih juga buat buat motivasinya,,,,, friends, kunjungin blognya mbak hana ya, isinya juga bagus2 loh, dibanding punya saya yang masih 'newbie' ini :D

share everything computer said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap