Berhati-hatilah Jika Menggunakan Widget Statistik Traffic Blog (agar tidak disalahgunakan)


Ada banyak sekali web service yang menyediakan layanan pemantauan dan analisis traffic. Salah satu yang paling kita kenal adalah Google Analytics. Meskipun sangat terkenal, penggunaan Google Analytics bersifat stealth, hanya pemilik website/blog saja yang bisa melihat statistik traffic yang terekam. Beberapa blogger, termasuk saya dan mungkin juga sobat semua, memilih untuk menayangkan sebagian kecil capaian traffic harian melalui widget blog. Oleh karena itu, layanan-layanan statistik blog yang memiliki fitur widget blog kemudian lebih menjadi pilihan. Sebut saja Sitemeter, Histats, Statcounter, Feedjit, Hitwebcounter, dan segudang layanan widget traffic blog lainnya adalah nama-nama yang acapkali menjadi bagian dari widget blog kita.

Keuntungan Menggunakan Widget Statistik Traffic

Tentu saja ada banyak tujuan dari penayangan widget traffic tersebut, dari menunjukkan jumlah visitor dan jumlah pageview blog kepada pengunjung, sebagai alat analisis traffic harian yang cepat (tinggal klik bagian link di dalam widget dan pada halaman yang muncul kita bisa langsung melihat kondisi traffic blog, tidak seperti Google Analytics yang terlalu ribet untuk sekedar melihat perkembangan traffic hari ini), hingga untuk "memamerkan" capaian traffic kepada advertiser (pengiklan) agar mereka semakin yakin. Kita tidak bisa begitu saja mempercayai satu sumber statistik traffic seperti site stats-nya Blogger, karena tentu memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah statistik yang dihimpun hanya pada permukaan saja dan hanya menampilkan jumlah berdasarkan pageview, bukan visitor.

Kerugian Menggunakan Widget Statistik Traffic

Inilah poin utama dari topik yang saya bicarakan kali ini. Penggunaan widget statistik traffic blog memiliki beberapa kelemahan yang disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai suatu contoh riil, saya akan menggunakan kasus saya sendiri sebagai gambaran atas kerugian penggunaan widget ini. Sudah hampir dua tahun ini saya menggunakan widget Histats untuk menampilkan jumlah pengunjung yang sedang online. Pada awalnya saya tidak hanya menampilkan jumlah visitor online saja, tapi juga visitor harian, total visitor, pageview harian, dan total pageview. Hasilnya cukup baik untuk menarik advertiser dan yah, katakanlah "sedikit pamer" lah :). Namun saya kemudian mengurangi beberapa statistik yang ditampilkan (hanya menampilkan online visitor) karena pada akhir 2011 lalu saya mulai "mencium" ada yang mengambil kode widget tersebut melalui page source dan menayangkan di blognya. Ini mirip seperti beberapa kasus kecurangan yang saya tulis dalam salah satu artikel satir saya, Cara [Curang] Meningkatkan "Kualitas" Blog dengan Cepat.

Atas saran seorang sobat blogger, saya juga menutup akses ke beberapa halaman statistik di Histats agar halaman analisis keyword yang mendatangkan cukup banyak traffic ke blog saya tidak dapat dilihat. Karena memang, setelah si pelaku mengetahui keyword apa saja yang tampil di halaman pertama dia kemudian meng-copas beberapa artikel saya dan menerbitkannya di blog miliknya, dengan judul dan isi yang sama persis. Sempat beberapa waktu saya kalang kabut karena artikel-artikel curian itu berada di atas peringkat artikel saya, meskipun kemudian dengan sedikit upaya link building natural dan juga kedatangan Google Panda serta Penguin, artikel saya terselamatkan.

Sekitar 6 atau 7 bulan yang lalu, saya kembali menemukan kejanggalan pada dashboard Histats. Ada satu atau dua link referral dari Google yang sama sekali tidak berhubungan dengan artikel apapun di blog ini.  Beberapa keyword berkaitan dengan sebuah produk dan menuju ke halaman-halaman sebuah toko online (atau landing page, saya kurang begitu tahu, karena tidak melakukan cek). Beberapa keyword lainnya menuju ke halaman-halaman sebuah blog yang ber-niche (maaf) p*rno. Saya cukup terkejut, namun bisa langsung menebak apa yang terjadi.Sampai pada tahap ini saya masih membiarkan. Biarlah, toh dengan memasang widget saya bukan berarti toko itu langsung laris, atau blog p*rno tersebut kemudian kebanjiran traffic. (Note: Mungkin sampai saat ini, beberapa web/blog masih menggunakannya)

Datang lagi kejanggalan lain! Sebelumnya, terus terang saya memiliki aktivitas yang cukup minim di blog ini selama hampir 1 tahun ini, sebab pekerjaan online dan offline lain cukup menumpuk, hingga saya jarang memperhatikan widget statistik yang dipasang tepat di footer widget sebelah kiri. Kira-kira dua minggu yang lalu, saya mendapatkan pesan dari seorang advertiser yang hendak memasang iklan, namun juga mempertanyakan jumlah pengunjung online yang cukup sedikit. Hal ini bertolak belakang dengan screenshot pengunjung unik harian dan bulanan pada Google Analytics dan Histats yang saya sodorkan pada advertiser tersebut. Saya tidak langsung membalas namun memutuskan untuk menelusuri lebih jauh.
Contoh stats traffic harian riil dari Histats

The Case Study

Saya mulai melakukan case study kecil-kecilan untuk melihat hal yang sebenarnya. Pengamatan saya mulai dari widget Histats. Dan memang benar, saya melihat penurunan drastis pada jumlah pengguna online. Namun demikian, herannya jumlah online user di dashboard histat cukup tinggi! Memang, jumlah online user pada histats (live) akan sangat jarang memiliki jumlah sama persis dengan wudget karena widget akan refresh jika halaman di reload, tapi perbedaannya sangat signifikan! Widget menunjukkan 11 online user sedangkan halaman users online (live) pada dashboard histat pada saat yang hampir bersamaan menunjukkan 44 orang online! Saya refresh halaman blog berkali-kali, namun tetap menunjukkan jumlah yang tidak jauh dari sebelumnya. Dan saya menyayangkan diri saya sendiri karena ini baru disadari sekarang, sebab mungkin sudah terjadi cukup lama, berbulan bulan. Setelah jarang online dan sibuk dengan pekerjaan di "dunia nyata" saya hanya melihat dan berpatokan pada Google Analytics. Tentu ini sebuah pola buruk yang tidak patut ditiru oleh para pelaku dunia online. :)

Kasus lain yang lebih membuat saya geleng-geleng kepala adalah, kadang-kadang widget histats "diam di tempat" alias "macet" meskipun sudah direfresh dengan jarak satu sampai dua menit, dan hal ini sering terjadi, bahkan kadang hingga beberapa jam. Ada apa gerangan?!  Dua kejanggalan aneh.

Saya kemudian teringat bahwa widget Histats ini juga digunakan oleh beberapa website lain. Jika referral link menuju website yang memasang widget saya juga ikut terlacak, maka logika seharusnya adalah traffic tersebut ikut terhitung, dan tentunya jumlah visitor justru bertambah (karena visitor website-website itu ikut terhitung, menguntungkan bukan? tuing2 :p ). Tapi... kenyataannya tidak. Yang terjadi adalah, menurut dugaan saya saat ini, tracker pada widget menjadi kacau, jumlah mana yang seharusnya ditampilkan, milik blog saya atau milik blog yang memasang widget histats blog saya? Dan jumlahnya tidak hanya satu.... Saya juga berhipotesis bahwa "kemacetan" itu mungkin juga disebabkan oleh banyaknya halaman dari beberapa website berbeda yang harus direkam, sehingga justru statistik pada widget menjadi kacau balau.

Mungkin agak kurang meyakinkan, namun sebelum membuat hipotesis di atas, saya telah mencoba hal yang sama pada Sitemeter yang dipasang pada dua website berbeda, namun dengan satu ID user. Hasilnya, jumlah traffic, visitor, dan online user jauh berbeda jauh dari statistik lain yang saya gunakan. Ini sekaligus menjawab pertanyaan mengapa banyak webmaster yang memakai salah satu dari 3 layanan statistik traffic seperti Statcounter, Sitemeter, dan Histats kini menggunakan hidden tracker atau hanya memasang widget logo atau tulisan. Logo ini masih berfungsi sebagai tracker, apabila diklik tetap akan menampilkan halaman statistik (kondisi login), tapi tidak akan membuat yang lain curang dan menggunakannya karena tidak menampilkan apapun.

Sebagai kesimpulan awal, ternyata meskipun widget memiliki ID, tapi bisa digunakan di sembarang tempat dan tracker tidak melakukan pembatasan pada website yang seharusnya dilacak. Sistem pun menjadi kacau. Saya sudah melayangkan informasi bug dan complaint ini ke Histats. Seharusnya ID unik memang benar-benar digunakan dan diijinkan pada satu blog yang sudah didaftarkan dan ID hanya milik blog itu, yah seperti widget PPC KlikSaya setidaknya lah (bukan promo!), saya sekedar kagum dengan sistem yang digunakan kliksaya.

Mungkin akan ada yang bilang, "Ah repot-repot amat sih ngurusin statistik traffic". Tidak repot kok. Justru ini adalah bagian pekerjaan penting. Mengetahui dan menganalisis traffic adalah bagian keseharian dalam memantau perkembangan traffic blog. Apakah traffic naik atau turun? Apakah user baru persentasenya jauh lebih banyak dari user yang sudah menjadi pelanggan? Dari mana saja datangnya user? Browser apa yang mereka gunakan? Post/artikel apa saja yang paling disukai/mendapat kunjungan terbanyak? dan masih panjaaaang lagi daftar pertanyaannya. Dengan mengetahui berbagai aspek statistik traffic, kita dapat merancang berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas traffic, bukan hanya kuantitasnya. Nah, kalo statistik itu kacau, tidak benar, salah, bahkan palsu, bagaimana kita bisa melakukan analisis dengan benar? Permasalahannya bukan pada jumlah traffic yang besar atau kecil, tapi pada akurat atau tidaknya.

Sekarang (baru saja) saya sudah melepas widget Histats dan menggunakan versi hidden tracker. Karena jika harus melepaskannya secara total, sayang. Histats menurut saya adalah tracker dan alat statistik traffic yang cukup akurat, lengkap, dan gratis 100%.

Semoga dari kasus di atas ada beberapa bagian yang bisa diambil pelajaran. Terutama mengenai arti penting kebijakan penggunaan statistik traffic blog dan bagaimana agar kasus ini bisa dihindari.

Ke depan akan saya bahas mengenai analisis traffic dan bagaimana menggunakan hasil analisis untuk mengembangkan blog/web, salah satunya untuk mengukur tingkat konversi traffic. Kalo tidak saya bahas di sini, kemungkinan besar akan saya tuangkan di tautweb.com

Salam dan happy blogging, as always :)

© 2012 - 'til drop! buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Berhati-hatilah Jika Menggunakan Widget Statistik Traffic Blog (agar tidak disalahgunakan)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 85 Comment(s):

hayardin said...

saya juga menggunakan hists kang...dulu traffik saya sampai 400 per hari, tapi sekarang tinggal 100 per hari,kira kira penyebabnya apa yaa kang ?

satu lagi pertanyaan saya kang, bagaimana caranya mengatasi duplikat akibat plugin mobile pack yang biasanya berakhiran m=0

terimakasih sebelumnya kang...

Anonymous said...

gan saya mau nanya nihh ?
dulu kan web saya di histats nya nyape 1600++ /harinya tpi kok sekarang jadi 1000++ ya ??
kadang kurang malah,, ??
bisa ngasih penjelasannya gk bos,, ?

Imanuel Suluh said...

Makasih gan info yang bagus dan bermanfaat...

Anonymous said...

thanks sob . sungguh bermanfaat . enggak heran blog agan menjadi blog percontohan bagi blogger indonesia :)

Rico Ade Mandana said...

wah ternyata widget seperti ini juga membawa keuntungan bagi blog lain.
heemmm semoga saja semakin berkurang bloggewr yang seperti ni :)

Khaerul Afif said...

wah wah... saya baru nyadar juga ada hal semacam ini.
tapi untungnya saya sudah memutuskan untuk tidak menggunakan hitsats lagi, beberapa alasan.
Apalagi ada kejadian seperti ini, saya semakin malas memasang widget tersebut. :D
Memang, dalam hal pelacakan trafik, dan lain-lain hitsats cukup bagus, ditamah penggunannya yang tidak mengharuskan membayar sejumlah uang, alias gratis.
Yah, kembali kepada rekan-rekan blogger. Kalau sekiranya ingin pamer trafik agar iklan banjir, sebaiknya pasang. :D

Terima kasih Bang Azmi, nice info.

Anonymous said...

ngeri juga ya, padahal Hitstats bisa diandalkan untuk melihat refering site dan keyword apa saja yang masuk ke blog secara lengkap.
tetapi saya pun akhirnya melepas widget tersebut, mungkin alasannya sama seperti dengan penjelasan mas Azmi di atas :)

blogger said...

bagus gan infornya, gan klo bisa kritik blog saya gan,. saya ingin blog saya seo friendly, apa blog saya termasuk seo friendly ? cek gan.

Yoshi Wafa said...

info yang bagus dan sangat bermanfaat gan...nice info...

Pulung said...

pak, masalahnya sedikit hampir sama. setelah aku cek katakunci dari judul blogku, salah satu link dari backlink yang diberikan google bukan bagian dari link ku, judul blog hampir sama. itu kenapa ya? ada solusi?

gak gak said...

thx infonya
http://terbaru-update.blogspot.com/

Anonymous said...

makasih pak....atas infonya

Unknown said...

Salam kenal Kang, mantap bener nih infonya, saya juga jadi mulai belajar menganalisis traffic-thing kayak gini nih :) ... Thank you ya

Anonymous said...

Seperti itu ternyata..
bagus juga informasinya om,
tapi masih berat hati nih buat lepas hitstat
soalnya unyu-unyu widget nya
hahah

Unknown said...

terima kasih atas info yang cukup bagus ini

Unknown said...

thanks gan, salam kenal..artikel nya sangat berbobot sekali dan saya jadi tambah ilmu baru lagi :)

Unknown said...

waduh, informasi traffic yg tinggi malah bisa disalahgunakan begitu
pihak hitstats sampe skarang blum memperbaiki bug tsb

Anonymous said...

Oh ternyata widget statistic bisa disalahgunakan :D

Arief Yustana said...

Beberapa poin diatas hampir sama ,
ada beberapa widget tidak tampil
walaupun saya hapus lalu saya pasang lagi ...kenapa ya??

Thx Bgt.

Unknown said...

baru tau klau bisa dsalahgunain kyagtu ... thanks infonya masbro

Anonymous said...

msih perlu banyak belajar nih.!

Cendekia admin said...

wahh,, mengecewakan itu,,, padahal bagus... makasih infonya gan :-)

Abdul Wahid said...

saya mau nanya gan, ada ga metode lain yang aman?

Blog said...

betul juga kadang orang lain bisa saja mengambil codenya untuk menipu pengunjung blog yang dia miliki. rasanya ingin mencoba histats walaupun saya belum pernah memakainya.

Unknown said...

Info yang menarik, ternyata ada saja celah untuk mencari keuntungan dari kelengahan orang lain. Terima kasih infonya


Salam

Anonymous said...

Bener banget Gan, makasih infonya, sangat membantu :D

Anonymous said...

Mantaphhh ;)

Unknown said...

ternyata begitu ya gan. ane pun baru tau. hadeh.
salam kenal gan. ane dari terbaru9.blogspot.com

Anonymous said...

setuju..

Unknown said...

bermanfaat :)

Jerry Kong said...

Memang betul mas, sering pupularitas suatu blog maupun author nya disalahmanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin mencari keuntungan sendiri dari reputasi orang lain. Bukan hanya widget, tapi author profil dari Buka-rahasia pun sudah dikloning oleh orang lain, saya sudah kirim melalui contact form tautweb. Coba anda cek

DI BAWAH INI said...

Kalau disalah gunakan Copot saja mas tracker Histats di blog kita yang dipasang oleh orang lain di blognya dan ganti dengan counter code yang baru. Ini semua setelah akses halaman histat kita set privat
Memang kalau hanya sekedar pamer dengan Histats kita bisa membuat kecurangan dengan menampilkan 2x, 3x, 4x atau lebih dari realita yang sesungguhnya saya bisa menemukannya dengan tidak sengaja ...namun apalah gunanya ..
Sampai saat ini (menulis komentar ini) saya masih sangat mengagumi HISTATs sebagai pemantau traffict blog yang cukup lengkap dan real time ... meski terkadang terjadi error akibat maintenance ...
(pakdenanto.com)


Grosir Jilbab said...

Ternyata banyak hal yang belum saya tahu dan perlu dipelajari...

Anonymous said...

memang sih, saya suka heran juga kalau lihat blog yang dengan data yang online di blog tersebut hingga 1000 user

Unknown said...

kalu menyembunyikan sebagian kode pada page source gmna caranya.. ??



Tq b4.. informasi anda sangat bergna

Unknown said...

saya punya saran mending dikasih Script aja tuh templatenya
ganti aja kode body dengan Script yang mau di tempel.
sebgai contoh ,
bila berkenan ini blog ane anti COPY dan Anti CTRL+U
http://sellizir.blogspot.com/

hayardin said...

Kang saya datang lagi nich,,,tolong dong kang Azmi pertanyaan saya di jawab pada komentar yang paling di atas,,,saya sudah GALAU tingkat tinggi nich kang banyak sekali duplikat m=0

terimakasih banyak sebelumnya kang...

Unknown said...

@Hayardin:
Halo, kalo tidak saya jawab segera lewat comment itu berarti saya sedang tidak online, karena ada banyak pekerjaan, atau karena komentar di luar konteks. Untuk menghindari mobile page terindeks, gunakan setting paramater di Google Webmaster Tools dan set ke no URL.
Atau kalo pengunjung mobile tidak signifikan dan tidak penting matikan saja fungsi mobile template, melalui Dashboard > template.
Saya sendiri tidak begitu memikirkan duplikat melalui url mobile dan tidak melakukan apapun untuk mengatasinya karena signifikansinya sangat kecil.

Unknown said...

bener juga sih.. :D

Tatik Uc said...

comennya banyak sekali, kunjungan perdana sob....artikelnya sangat bermanfaat, trims ya...

annd said...

Om, yang ini aku seirus nih bacanya, masalahnya ga 1 kalimat, he he he...Mending copot aja, emang sering ga sesuai om..makasih

Unknown said...

@Annur: Ahahahaha.... tenang aja, kalo yang disini ga mungkin cuma satu kalimat saja, ga kaya syaircinta.com.

mbogo.net said...

Sebuah pembahasan yang sangat menarik dan menambah wawasan blogger. Support buat anda.

Cuma Blogger said...

logikanya sih memang trcker hanya melacak website atau blog yg digunakan, eh ternyata malah error ya...

seandainya sudah diperbaiki pun, masih ada kurangnya, yaitu : ulah usil si pencuri kode masih bisa dilakukan dan akan menguntungkan si pencuri

menurut ane sih solusi yg mudah dan ga ribet, tuh pihak histats suruh nambahin ajah statiski for blog a, blog b, dst :D

Deny ayong said...

terima kasih penjelasannya kang, pengalaman histats nya sangat bermanfaat sekali buat saya

Unknown said...

ada keuntungan, pasti ada juga kerugiannya

Unknown said...

hidup ini slalu berpasangan; di satu sisi memberikan kebaikan, tetapi di sisi lain memberik efek negatif

Anonymous said...

kalau mas tidak memakai hitstats, lalu pakai apa untuk mengetahui visitor seperti yang ada di hitstats,,?
.
thx before.. di tunggu

Unknown said...

Tetep bisa pake histats, tapi di set ke widget tersembunyi. Untuk cek traffic nya langsung buka histats. com. Ada banyak alternatif lain, misalnya statcounter, sitemeter, dll. Semua bisa diatur agar tersembunyi. Justru statistik yang paling akurat, hanya bisa dilihat pemilik blog/web dan yang paling penting adalah Google Analytics.

Agus Fanani said...

mas..sy mau tanya..knp stlh ganti template statistik sy jd menurun..dan data stat di blogger jauh berbeda dg stat traffic pihak ke-3..mksh..

Unknown said...

@Agus:
Baca mengenai pergantian template dan efeknya di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/03/tips-ganti-template-blog.html

Blogger stats itu tidak akurat, dia juga menghitung kunjungan bot (robot crawler, spider, bot redirect, dll) dari manapun, termasuk Google Bot, jadi tidak bisa dijadikan patokan tepat, gunakan Analytics atau stats tool lain.

umar bin khattab said...

mas untuk blog statistick yang aman pake yang mana.. ini saya lagi cari-cari untuk blog saya.. terima kasih sebelumnya

http://umaribnkhattab.blogspot.com/

Unknown said...

info bagus.keren.dan bermanfaat.

Viacom Studio said...

Makasih banyak pak atas infonya, saya jadi banyak belajar dari blog bpk ini. Sekali lagi terima kasih. Salam.

akang sam said...

wah sangat clear enough penjelasannya pak, thanks share nya pak

Unknown said...

baru tau sama mas... terus solusinya kembali ke masing2 individu y? mau masang widget histat atau tidak.. hmmm
mampir ke http://awidjaja.blogspot.com/
terima kasih

Andry Boy Purba said...

bagaimana cara mendesain blog?
maksudnya membangun template blog dari awal?
mhon dijawab pertanyaan nya ya gan..

Unknown said...

Anda harus menyiapkan modal pengetahuan HTML, tag-tag XML Blogger, CSS, dan Javascript (jika perlu juga Jquery). Kemudian simak berbagai tips membuat template blog yang banyak ditulis oleh sobat-sobat blogger lain, silahkan cari di Google.

Anonymous said...

thanks infonya gan

Unknown said...

Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula

zanepedia said...

saya ada liat blog gan, disitu tertera "visitor Today 800 gan, tapi saya cek alexa rank'a no data gan, seo analyzer 35 gan, heran saya gan, kox blog ini aneh gan?
saya masih inget nama blognya gan, kalo agan mau liat....

Unknown said...

Waaaah makin harus banyak belajar nih saya... Makasih kang..

baguskurkur said...

makasih bro infonya sangat bermanfaat,

Anonymous said...

ooo..jadi bisa gitu ya bisa disalah gunakan orang lain..
makasi infonya mas

Blog Sehat Kaya Harta Hidup Bahagia said...

artikel yg sangat baik bagi saya sdh kelas ADVANCED ini. saya baru belajar buat blog lewat ebook,saya mencoba edit html di template CSS yg saya dapat dari blog orang tanpa pengetahuan dasar HTML dan CSS. blog yg baru saya coba bangun tidak dapat saya edit di dashbor muncul pesan "memuat" berjam2 munkin error kali. Mas mas Blogger profesional Bagaimana cara memulihkanya..?? untuk di bangun. tksh Mas Bro Profesional Blogger.

Unknown said...

makasih gan atas infonya. salam kenal.
kunjungan balik gan
yaticorel.blogspot.com

Anonymous said...

penjelasan yang sangat lengkap, diawali dengan pendahuluan dan berakhir dengan kesimpulan.
makasih atas infonya, dan sudah berkenan berbagi hasil analisisnya.

postingannya keren (Y)

Nuchvi said...

Ouhh ternyata Histats juga ada dampak bruknya..Thanks Nice Info Bos..
http://nuchandroid.blogspot.com

blog pns said...

waduh.. ternyata bisa di jahilin orang yang hitstat kita..??
trims artikelnya sangat bermanfaat

Cecep Suwarno said...

saya mau bertanya apakah iklan-iklan yang ada pada wb histats itu benar adanya? ada yang menawarkan 1000 pengunjung perhari dengan hanya 2 dolar, apa iya... rasa-rasanya ....saya masih ragu.... tolong sharingnya...

Cecep Suwarno said...

saya mau bertanya , di web histats ada banyak tawaran iklan menaikkan kunjungan hingga ribuan perhari hanya dalam satu atau dua dolar saja, apakah itu benar?

Unknown said...

Iklan adalah sumber pendapatan (satu-satunya) histats yang langsung bekerjasama dengan buysellads. Karena iklan2 itu histats tetap hidup dan berkembang, semua layanan gratis tanpa batasan. Iklan-iklan itu adalah dari pihak ketiga dan sama sekali bukan atau tidak berkaitan secara langsung dengan histats. Jadi mengenai benar atau tidaknya iklan tersebut, histats tidak bertanggungjawab. Jika anda penasaran, klik saja iklannya dan pelajari website pengiklan. Itu bukan ppc jadi anda klik atau tidak tidak ngaruh, jadi daripada bingung, klik aja :p

Surya I Kawan Kerjamu said...

tolong dijawab ya gan,, kenapa statistik hitstats blog saya berbeda jauh dengan statistik dari google/ blogger? pdahal visitor terbanyak pun masih banyak dari google,,

Unknown said...

Ada beberapa perbedaan
1. Histats tidak menghitung pengunjung dan pageview dari IP yang sama, hanya unique IP per 24 jam. Sedangkan di Indonesia banyak yang memiliki IP sama karena kebanyakan menggunakan provider data mobile.
2. Stats blogger hanya menghitung pageview, tidak menghitung jumlah visitor, dan tetap memasukkan data dari IP yang sama.
3. Apakah anda sudah mengatur settings don't track my own pageview di stats Blogger, karena kalo tidak pageview anda pada blog sendiri akan ikut dihitung.

Insan Muliadi said...

info yang sangat bermanfaat bang... saya baru mau regis di histats tapi gak jadi deh. lagian ngapain juga saya sibuk ngurusin stats, toh blog saya blog amatiran dan masih baru :)

Unknown said...

Benar-benar share yang bermanfaat, ulasan berdasarkan pengalaman dan kemudian di bagikan, Nice info terimakasih banyak gan pencerahannya

Unknown said...

makasih info nya gan

Unknown said...

ternyata bisa begitu juga ya???
walah2..

Crypto Enthusiast said...

nambah lagi wawasan nih buat newbie seperti ane :) . dan terjawab sudah pertanyaan saya selama ini . kesimpulan nya hampir sama kaya yg ane pikirin .. ttep lbh mengutamakan google analystics ketimbang hstats , :) . artikel berbobot ini . trrus lah berkarya gan . sukses selalu buat blog nya salam kenal :)

Unknown said...

Wah.. makasih gan jadi nambah ilmu nih, makasih gan infonya dah mau berbagi pengalaman dengan kita-kita terutama saya yang baru terjun didunia blog, mudah mudahan pengalamannya tidak disalah gunakan bagi yang pembaca.

Unknown said...

Barusan saya pengen nyari widget statistic web eh liat blog agan jadi urungkan niat deh , makaseh ya gan info nya

Fazri said...

manteb infonya, td nya mw pasang hitstat, tp tanpa di sadari ada iklan pop upnya.

Unknown said...

ehem.. jadi semakin yakin pengen hilangin histat ku saja,,, biar tampak natural saja

Unknown said...

Banyak ilmu yg di dapat nih. Baru paham juga yang jangan lacak tayangan laman anda sendiri. Kalo gitu ya banyak juga hasilnya soalnya aku sering melihat blog untuk mengecek postingan atau tampilannya error apa enggak.

Anak Nelayan said...

saya pengen pasang di side bar, gak jd ding :)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap