Google Luncurkan GooglePlus Followers Gadget untuk Blogger

Blogger Google+ Followers. Informasi ini cukup menggembirakan bagi para pengguna Blogger, terutama bagi sobat yang telah mengintegrasikan profil Blogger dengan profil Google+. Widget ini disebut "Google+ Followers Gadget" dan berfungsi menampilkan follower Blog (atau profil) lengkap dengan foto profil pengikut. Widget ini seperti gabungan dua widget yang sudah sangat kita kenal, Google Plus Add to Circle/Follow Widget dan Google Friend Connect. Di bawah link/title profile, terdapat tombol follow.

Tentu, dalam perspektif saya, kehadiran widget ini memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah memperluas jangkauan readership, semakin menggabungkan profile Google+ dengan Blogger dalam satu atap, memperkuat authorship, dan menjangkau follower dari dua tempat sekaligus, yaitu dari stream Google+ dan langsung dari blog.

Lalu Bagaimana Nasib Google Friend Connect?

Google menyampaikan bahwa pengguna Google Friend Connect tidak perlu khawatir dengan adanya fitur widget baru ini. Meskipun integrasi Google Friend Connect dengan beberapa platform lain telah dihentikan dalam beberapa tahap sebelumnya, namun integrasinya dengan Blogger tetap akan dijalankan. Saya pribadi hingga saat ini masih tetap setia dengan widget ini, belum (atau mungkin tidak akan) mengintegrasikan profil Blogger dengan Google+, dan tentu saja tidak ingin kehilangan blog follower yang sudah cukup banyak. Melepaskan Google Friend Connect dapat merugikan karena sama saja akan kehilangan banyak subscriber yang selalu menunggu-nunggu update terbaru. Selain itu, Google Friend Connect juga dapat diraih (di-follow) dengan menggunakan akun G+.

Tentu akhirnya ini adalah pilihan, dan menggunakan kedua widget ini saya rasa justru akan memberikan kelebihan dan keuntungan yang jauh lebih besar. Jadi bagi anda yang sudah menghubungkan akun Blogger dengan G+, maka menggunakan widget baru "Google+ Followers Widget" sangat dianjurkan. Bagi yang belum atau tidak melakukan integrasi profil, menggunakan Google Friend Connect tetaplah hal yang penting.

Cara Memasang Widget Google+Followers di Blogger

Syarat agar sobat bisa menggunakan widget ini adalah sebelumnya telah menggabungkan/mengintegrasikan  atau meng-upgraged profil Blogger ke profil Google+. Langkah selengkapnya adalah:
1. Integrasikan atau pindahkan profil Blogger ke Google+ (jika belum, simak cara Integrasi Profil Blogger ke Google+).
2. Setelah mengintegrasikan profil, anda bisa memilih untuk mengasosiasikan blog-blog yang dimiliki dengan Google+ Profile atau Google+ Page sesuai keinginan. (pastikan profil tidak diset dalam kondisi "private" karena widget tidak akan muncul di blog. Simak selengkapnya tentang ini dalam artikel rujukan di poin 1).
3. Dari Dashboard, langsung masuk ke halaman Layout. Lalu klik "Add a Gadget/Tambahkan Gadget".
4. Cari dan pilih Gadget baru "Google+ Followers".
add google+ followers gadget
5. Di halaman setting gadget, edit/ganti title dengan kata-kata yang diinginkan. Jika sebelumnya (sesuai langkah 1) sobat belum mengintegrasikan profil, akan muncul link untuk melakukan integrasi. Lalu save.
configure google+ followers gadget
6. Jika diperlukan, susun atau letakkan gadget pada posisi yang diinginkan di halaman layout, lalu save lagi.

Troubleshooting

Jika gadget sudah ditambahkan namun tidak tampil di halaman blog, besar kemungkinan profil belum tervalidasi dengan benar. Kembali ke tab Google+ di dashboard Blogger dan lakukan proses integrasi dan validasi.

© 2012 buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Google Luncurkan GooglePlus Followers Gadget untuk Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 40 Comment(s):

Beben Koben said...

wow....baru lagi!!!
ck ck ck...makin praktis saja nih...xixixi

Unknown said...

@Beb-Ko: Bener sob. Baru dirilis kemarin. Makin mantab aja nih blogger.

hayardin said...

kalau pakai dua duanya apa blog kita nantinya tidak berat kang ? sekalian saya follow blognya yaa kang,,,ditunggu follbacknya

M Iqbal Akbar said...

Oke mas Azmee..., thanks infonya. InsyaAllah ane segera nerapin Gadget yg satu ini, kelihatan benar2 cocok untuk mendongkrak jumlah followers G+
Ditunggu update selanjutnya mas.

Salam,
Muhbalak

Ricky Freefull said...

makin hebat aja nih google..

Unknown said...

@Hayardin: Maksud saya bukan dua2nya. Tapi disesuaikan dengan profil yang dipake, kalo masih pake akun blogger saya sarankan tetap pake google friend connect, dan kalo sudah integrasi dengan G=, saya sarankan pake widget G+ followers ini.
@Iqbal, sayyadi, ricky: Thanks :)

Unknown said...

saya pun tidak berencana memasang google followers yang terbaru ini.. cukuplah dengan GFC, :)

Anonymous said...

baru tau saya,, BLOGWALKING

Mohamad Rivai said...

mantap. langsung di coba
terima kasih ya om...

Owl said...

iya mas aku jg dah tau tentang itu tpi blum ku pasang...hehehe

Anonymous said...

MAU CARI BLOG YANG BISA DIJADIIN PATOKAN OM.. SEPERTINYA UDAH NEMU NEH.. :) ARTIKEL NYA UPDATE..

Anonymous said...

fitur baru yg keren dari google

Unknown said...

enak lebih praktis ya.. ga perlu buka G+ lagi kalo maun follow.. cobain deh

Anonymous said...

Semoga dengan fitur baru ini memberi manfaat besar dan semoga google memberikan fitur-fitur super lagi kepada blogger.

Unknown said...

terus ajja deh bikin rame

Unknown said...

yang jelasnya fasilitas ini sangat membantu sekali,..musti make juga nantinya untuk kedepannya,..oh iya,..di beberapa komentar diatas terdapat beberapa link aktif di dalam komentar apakah ini tidak masalah buat agan,..karena sebagian blogger menganggap ini adalah spam berat hehehe

Zevin said...

Kalau bagi saya itu tdk terlalu penting, soalnya saya jarang main Google+

Anonymous said...

semakin hari google semakin bisa menempatkan dirinya sebagai penguasa internet
dengan demikian blogger tidak perlu susah untuk terus update isi blog si empunya blog.
heeemmm keren

tapi punya saya belum nongol :(

Anonymous said...

matur nuhun mas tipsnya.....

Anonymous said...

widget google emang bagus ga ngaruh ama speed blog, salam kenal mas azmi :-)

Unknown said...

Sore mas... :D
mas klo script template blog saya di simpan sebagian di hosting ada dampak negatifnya gk terhadap penelusuran blog saya (seo) ? ? ?

Ihza khatulistiwa said...

info nya bagus buat saya.
nuwun mas mo tanya, kenapa ada suatu blog yang oleh seoquake dianggap dofollow ( tdk digaris tengah ), tapi setelah jadi backlink dan di cek pada situs backlinkwatch.com pada flag dari blog tadi ada tulisan "nofollow" nya mas?
mohon info nya...trmksih.

Unknown said...

@Ramdani: Selama script2 tersebut tidak berhubungan langsung dengan HTML, misalnya javascript,css, jquery dll, tidak masalah, karena Google tidak membaca struktur script, hanya bahasa Mark Up (HTML, XML, XHTML, dll) dan tidak membaca script.

@Tugu: Sering saya juga mengalami demikian, tapi sebenarnya saya lebih percaya analisis akhir seperti yang digunakan oleh backlinkwatch, karena yang dianalisis lebih lengkap. Sebuah blog kadang mengaku dofollow tapi tidak tahu kalo sebenarnya link-link pada komentarnya sebenarnya nofollow.

Unknown said...

@MampirGan: Itu karena blog anda terlalu berat dan query terlalu banyak, sehingga kadang-kadang load berhenti sebelum sempurna. Selain itu sebenarnya firefox belum sempurna benar dalam memuat HTML 5.

Anonymous said...

ijin mampir mas, mo nanya ni tips supaya blog tidak berat wlopun mengunakan terlalu banyak query? gadget apa aj yg bagus termasuk dlm seo? ane orang baru yg pengen tau...monggo dikunjungi blog ane, mohon sarannya?

Anonymous said...

Keren Pak ... ijin bookmark :D
saya coba dlu tutornya ... Trim's

Unknown said...

Artikel yang menarik mas bro... iya sekarang Google meluncurkan gadget Follower yg terbaru buat pengguna Gmail. apalagi dgn di dukung tampilan yang simple n menarik. makin mantap aja nih Google ya. Nice

Unknown said...

gan maaf lari dari materi, saya ingin bertanya. apa yang terjadi kalau google adsense saya gak mau muncul. setiap saya berkunjung ke google adsense dengan memasukkan akun blogger saya, selalu muncul tampilan seperti ini

http://2.bp.blogspot.com/-8uOD7NuE400/UM1GLKaCcKI/AAAAAAAACKk/iEJ0MnsAX-M/s1600/adsense%2Bpenggunacerdas.jpg

saya minta pencerahannya mas..

Muflich Kamil said...

lagi lagi pengguna wp kudu sabar ngehadapinya

Unknown said...

nice gan...

buat agan2 skalian kunjungi blog ane ya...
n ane akan kunjungi blog kaliann... :)

http://infocakep.blogspot.com

Unknown said...

mas, kok google+ saya private ya, caranya agar tidak private gimana ya, ini saya kasih SSnya http://prntscr.com/miyfo

Unknown said...

Clixsense, Klik Dapat $$$
www.panduanclixsense.blogspot.com

Minato Hienzo said...
This comment has been removed by the author.
Minato Hienzo said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

thanks infonya gan
salam blogwalking

ionebacero said...

Mas saya mempunyai google page yang telah mempunyai cukup banyak anggota circle walau hanya 40 an, sedang blog saya telah lama saya integrasikan ke Google+ yang ttidak mempunyai teman atau circle, sehingga promosi blog jadinya enggak ketemu. Akibatnya lagi pada Author juga lucu, "authornya lain dengan Google+". mohon komentar, atau untuk menggabungkan bagaimana caranya, sudah saya cek di Google Page Ataupun Google+ kok nggak ada caranya. terima kasih

Unknown said...

@ione: simak integrasi yang tepat di sini:
perlu diingat bahwa integrasi akan sukses dan tepat apabila anda menggunakan akun Google yang sama dengan akun blogger anda(menginduk pada gmail), jika berbeda2, maka bisa jadi ada kesalahan. Solusinya anda harus mengintegrasikan dulu dua akun gmail yang berbeda jadi satu akun.

Izzuddin Fawwaz said...

wah baru tau nih aku..

Unknown said...

Mas mau tanya kenapa ya foto orang yang sudah follow "Google+ follower" di blog saya tidak bisa tampil?

Bayu Satrio Nugroho said...

cocok banget deh

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap