Alexa Rank Semakin Turun, What's The Problem? Here It Is!

Yah, wacana tentang Alexa Rank terus bergulir (sepanjang masa.Yeah!) semenjak Alexa besutan amazon.com itu hadir sebagai sistem traffic ranking nomer satu di dunia. Akhir-akhir ini saya memperhatikan betul perubahan Alexa Rank blog ini yg semakin menurun (turun = bertambah angkanya). Saya juga melihat banyak blog-blog terkemuka mengalami hal yg sama. Berseberangan dengan nilai rank yg tertera di widget ranking Alexa, justru jumlah traffic, visitor, dan pageview blog buka-rahasia.blogspot.com semakin meningkat. Setiap hari pengunjung yg hadir di blog ini di atas 1K. Saya juga melihat melalui beberapa referensi statistik publik bahwa blog-blog terkemuka yg saya lihat rank alexanya tersebut juga memliki traffic yg terus meningkat. Sungguh aneh bin ajib....eh, ajaib! Ada apakah?

Satu-satunya alasan saya concern dengan kasus Alexa ini adalah karena Alexa rank merupakan patokan para advertiser untuk menentukan dan meyakinkan diri (sedalam-dalamnya) apakah dia akan beriklan di suatu blog atau tidak. Meskipun sebenarnya telah jelas bahwa rank Alexa ternyata tidak hanya satu-satunya penentu karena tidak menunjukkan statistik sebenarnya. Tapi sangat tidak mungkin kan apabila kita menunjukkan seluruh copy statistik blog , baik yg sederhana, seperti blogger stats, sampai yg rumit dan lengkap, yaitu Google Analytics. Menunjukkan data statistik seperti itu tentunya banyak mengandung bahaya dan mudharat (wkwkwk...).

Saya kemudian berselancar ke beberapa forum manca, karena yg di Indonesia belum banyak yg membahas secara detil. Disana disebutkan banyak yg mengalami hal sama dan belum juga menemukan titik terangnya. Satu-satunya yg lumayan jelas adalah karena baru-baru ini (seperti halnya Google) Alexa memperbaharui kembali algorithma-nya. Selain itu, alexa juga meluncurkan program baru (Alexa Pro) bagi para webmasters untuk bisa lebih melihat statistik dan menentukan strategi dalam meningkatkan traffic. Hampir sama seperti Alexa Site Audit, namun banyak memiliki kelebihan dalam fiturnya. Tampilan dashboard site owners pun juga mengalami perubahan. 

Kembali ke kasus algoritma Alexa. Saya sepenuhnya belum yakin apabila perubahan algoritm saja yg menjadi faktor. Kemudian saya mencoba melihat-lihat blog lain yang memuat kabar atau informasi mengenai alexa. Tidak ada yg memuat informasi mengenai kasus ini selain beberapa trik meningkatkan rank alexa, seperi menggunakan alexa toolbar, dan lain sebagainya.

Sampai pada tahap ini, saya baru menyadari bahwa saya melewatkan tentang beberapa hal konvensional mengenai bagaimana alexa menilai sebuah blog/web. Dan diantara beberapa hal tersebut, ada satu poin yang maha penting. Apa itu? Tunggu dulu :-) 

Kriteria-kriteria Alexa ranking pada dasarnya ada 4 hal:
  1. Jumlah traffic, pageviews, dan visitors (tentunya). Secara mendetil, ada beberapa hal yg dinilai alexa, seperti bounce rate, lama waktu pengunjung berada di sebuah blog/web, persentase global view, dan lain sebagainya.
  2. Penggunaan Alexa Toolbar oleh user (berarti termasuk oleh kita)
  3. Jumlah backlinks menurut Alexa (links in)
  4. Fresh Content (konten atau isi blog yang selalu di-update).
Nah, dari keempat poin di atas, saya menyadari satu hal. Ya, Fresh Content! Satu hal yang terlewatkan namun maha penting. Algoritma Alexa juga memperhatikan setiap update pada blog/web. Tampaknya search engine, seperti Google, dan sistem ranking, seperti Alexa dan Compete, kini benar-benar memperhatikan user experience, dimana pengunjung/visitor serta kepuasan visitor termasuk akan hal baru semakin diperhatikan. Sedangkan akhir-akhir ini, saya sangat jarang menulis dan menambah konten karena kesibukan dalam pekerjaan dunia nyata (istilah yg menurut saya paling tepat digunakan :P). Dalam satu bulan, hanya ada 4 sampai 5 posting yg berhasil dibuat, terutama dalam hal-hal yg berhubungan dalam coding rumit, paling tidak butuh satu minggu untuk menyelesaikan satu artikel. 

Meskipun masih bersifat menebak dan meraba, hampir bisa dipastikan faktor fresh content lah yg menjadi salah satu sebab menurunnya rank alexa. Saya juga melihat salah satu blog pujaan saya sejak mulai ngeblog dulu, blog punya Kang Rohman, juga mengalami penurunan alexa rank yg drastis. Saya juga melihat blog itu jg semakin jarang mengalami update (tidak bermaksud untuk menilai ya, Kang :D). Beberapa blog master lain bisa dibilang juga demikian.

Mempelajari hal ini, dalam kaitannya dengan fresh content atau konten yg selalu baru, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan atau parameter. Fresh content berkaitan dengan update apapun yg membuat blog memiliki tambahan isi. Salah satu yg wajib tentunya adalah dengan membuat artikel atau posting. Bentuk konten yang lain adalah komentar. Komentar bisa dirujuk sebagai tambahan konten suatu halaman blog. Namun tidak hanya sebatas itu, komentar berkualitas lah yg lebih diperhatikan. Salah satu syaratnya adalah komentar yg berkaitan dengan isi posting. Akan tetapi, untuk meningkatkan jumlah komentar di blog kita, semua dikembalikan lagi, jumlah posting/artikel jg harus ditambah. Semakin banyak posting, semakin banyak komentar. Semakin banyak posting berkualitas, semakin banyak komentar berkualitas pula. 

Untuk website yg halamannya bersifat statis (static page) hendaknya membuat update dengan cara menambahkan blog sebagai bagian dari web. Caranya? Buat subdomain yg langsung berhubungan dengan domain website tersebut, misalnya blog.website.com. Bisa dipastikan alexa rank blog tersebut akan ikut rank website dan kehadiran blog akan memperkuat rank alexa website.

Tentunya mengenai fresh konten yang mempengaruhi Alexa rank ini sebagian adalah insight dan pendapat saya. Jika anda ada pendapat dan analisa lain, silahkan bahas di kolom komentar. Feel free to express your opinion and insight :D

Kesimpulannya?
Ayo rajin posting lagi dengan posting original dan berkualitas!

  Regards,


mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Alexa Rank Semakin Turun, What's The Problem? Here It Is!
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 72 Comment(s):

Pian Uhuy said...

ouw....ternyata begitu...makasih banyak mas

Unknown said...

Betul gan, walau blog saya baru berumur 1 bln 3 hari, tapi alhamdulillah alexanya terus turun secara signifikan setiap hari, saya selalu memantau pada pukul 11 siang. Dimulai pada hari ke-18. Pada pukul 11 siang perubahan biasanya dilakukan. Yang saya lakukan seperti yg agan sampaikan, senantiasa update content minimal 2 artikel sehari. Terimakasih gan, http://semilirhati.blogspot.com

Unknown said...

benar sekali, siang adalah waktu indonesia dan disana adalah dini hari, karena biasanya perubahan dilakukan pada pergantian hari. Great addition :D

Portal Unique said...

ia nih ranking alexa saya juga terus merosot ...
btw blog saya update tiap hari (blog copas) dan 3-5 post dalam 1 minggu (untuk blog ori content) tapi tetep aja ranking alexa ke-2 blog saya tsb terus merosot ..

mungkin bisa saya simpulkan 'Original Content' juga pengaruh untuk alogoritma yg baru ini..

cmiiw ^_^

Arifian Nurcahyono said...

jadi update baiknya dilakukan siang ????

Unknown said...

@Portal: kesimpulan yg bagus, mari berlomba2 kreatif dengan membuat original content :D

@Pian: saya kira waktu tidak berpengaruh, karena main alexa rank adalah 3 bulanan, jadi semua adalah kombinasi penilaian dan perhitungan dari 3 bulan itu. kalo harian hanya akan ditampilkan di halaman site info. yg penting adalah bagaimana update dilakukan dan bagaimana pengunjung selalu disuguhi fres and original content.

Henny Fadilla Ajram said...

hohoo... pantezan ajh pagerank'q turun..' Padahal aq cm telat posting 1 bln ajh loch...' hikz..

Hasanaji said...

oww gitu to mas amzi,,,pantesan akhir2 ini blog sy yg sblumnya mempunyai alexa rank yg lumyan kok lama kelamaan semakin menurun, ternyata mslahnya itu..!
hrus sering update berarti niiih..
thanks info x...

leon ask said...

kalo boleh aku bilang, analisa anda mendekati 100% betul! saya juga melupakan UPDATE KONTEN...thanks bro untuk info penting-nya.

Unknown said...

@all: semoga rank alexa sobat semua cepet naik lagi ya :D semangat, semangat!
@leon: terima kasih mas.
yup, beberapa hari terakhir ini saya melihat rank alexa blog mulai naik lagi, meskipun sedikit-sedikit. sepertinya konten emang berpengaruh. kita liat sampe ke depan gimana efek update konten. Thanks for commenting :D

BerbagaiHal said...

saya setuju bgt ma pendapat admin..
dulu waktu rajin posting alexa saya terus naik..
begitu vakum langsung merosot..
sekarang mulai merangkak naik sedikit demi sedikit setelah ada update lagi..
makasih infonya gan..

dataentry said...

itu juga terjadi pada blog saya
mula2 PR2 tak lama kemudian turun PR1
padahal udah update artikel
cape deh

ndaru said...

makasih ya,saya juga mau nanyak nich gi mana caranya memasang rank nya maklom amsih baru hehehe

Unknown said...

silahkan cek di sini http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mendaftarkan-blog-ke-alexa-step-by.html

Carlo Fransisco said...

Ulasan yang menarik...

Masih berusaha memahami lebih dalam lagi... hehe

Peluang Usaha Bengkel Motor said...

Kalo menurut saya ranking2 baik alexa google pr atau apa gitu ga terlalu menjadi masalah, karena menurut pengalaman yang paling penting dalam sebuah situs atau blog ya pengunjung, baik itu yang merupakan pengunjung setia maupun yang hanya terlempar dari SE atau yang laen.
Karena kebanyakan blogger membuat sebuah situs atau blog itu untuk dilihat orang laen. Jadi meskipun kita memiliki ranking yang tinggi tapi pengunjung sedikit sama juga boong kan.

Unknown said...

Yang perlu digarisbawahi adalah dari kata "blog", "blogging", serta "blogger" itu sendiri. melihat definisi katanya saja sudah begitu banyak memberikan gambaran. Bahwa blog adalah portfolio dari seorang Blogger, dimana dia menunjukkan seluruh hasil karya, baik dalam bentuk sharing pengetahuan, pemikiran, ide, pendapat, saran, kritik, cerita, keluhan, reaksi, respon, refleksi, dll dlm bentuk tulisan. itulah yg membedakan website dan blog. Seorang blogger perlu menyatakan dirinya sebagai pelaku dunia web yg siap eksis dan hadir di tengah2 yg lain. Blog bukan semata untuk berjualan, tapi jg bukan berarti blog tdk bisa dipakai untuk mencari uang. maka seorang blogger butuh menunjukkan capaian2 selama dia bloggging, termasuk dalam capaian ranking. Bicara soal pengunjung, maka kita bicara tentang traffic ranking (alexa, compete, dll), bicara tentang nilai otoritas & visibilitas di dunia web kita bicara tentang pagerank (Google). Maka itu juga menjadi bagian penting. Saya sangat yakin bahwa Alexa yg tinggi jg menunjukkan jumlah pengunjung meski tdk akurat, kecuali pagerank karena pagerank tidak diukur dari pengunjung.

Nur Yasir said...

Makasih informasinya. saya dapatkan 1 tips yang wajib dijalankan, update postingan blog / fresh content.

pulsa said...

wah mesti banyak belajar sama si agan yg satu ini nih.. ikutan mantau kang.alexa ku aduh ampun turun drastis

butik busana muslimah said...

bang kalo ngurusin alexa itu gmn sih sebenernya..? apa harus nyari backlink yg banyak atau bagaimana..? thx atas pencerahannya.

ferdian said...

pengaruh sama content dan alexa itu berkaitan ya,pantes alexa saya jadi buncit...thank's ya gan

reachschools.org said...

ya mas thanks. Alexa rank saya juga turun, kucari masalahnya di mbah google, kebanyakan adanaya cara meningkatkan alexa. ini postingan berharga banget.

kucobauntukjadiyangterbaik said...

mohon dukungannya saya masih amatir dlm dunia Blog.....

sinyubi said...

infonya bagus,
yang pertama dan utama dalam ngeblog ialah kualitas, kuantitas dan popularitas,
salam kenal dari blogger newbie nih

mohon kunjungan baliknya gan
Mengapa Alexa Rank No Data?
makasih

Cheat Point Blank said...

Wew info yg berharga. Alexaku juga anjlok terus nih, ga pernah bw cm ngandalin google aje...

Fakry Naras Wahidi said...

saya terus update blog setiap hari
page view juga meningkat
tapi alexa rank turun drastis.

tanya ke teman yang arnknya sudah di bawah 150000
katanya alexa sih ga guna
yang penting blog kita banyak yang baca.

indra said...

mantap mas, maju terus mas

Aminudi Gea said...

Ide dalam tulisannya saya sangat setuju,Update artikel sebenarnya tidak perlu harus berpacu untuk banyak setiap hari tapi 1 atau 2 saja sudah cukup asal berbobot.

Thank's Gan atas infonya.

danacepatjaminanbpkb.com said...

mantab gan..... salam kenal

Unknown said...

makasih gan..:)

kembud said...

makasih gan.. punya ane juga turun drastis ne.. entah kenapa!!!

Mull said...

Mau tanya mas, Apakah alexa tiap saat update rank? trus kok Rank pada alexa toolbar beda sama alexa widget. besaran angka Alexa Toolbar dah turun, tapi Widget Alexa Masih menunjukkan tanggal 2 hari yang lalu. Mohon pencerahannya

Rina As said...

3 bulan ini blog saya kurang update konten jadi alexa mulai membengkak. saya lihat alexa blog buka rahasia sangat bagus, saya jadi termotivasi...

terrasolusi said...

Salam hangat gan..

Ini masalah yang saya hadapi sekarang gan..alexa saya menurun ..saya butuh pencerahan gan..terima kasih..

#silahkan lihat2 website saya gan..:D hehehe

ADIT said...

sangat membantu, satu satu saya coba semua tricknya !
makasih yah kang biarpun belum dapet hasil yah sabar aja saya tunggu deh ^_^

sutha aryasa said...

wah ternyata begitu ya. .thanks gan.

share said...

ijin copas gan

ayus said...

blogwalking sob . .

Unknown said...

makasih sudah memberi tau saya. :D

Unknown said...

aku bingung mau ngomong apa, commentnya pada bagus semua, tp kurang lebih problem q sama trafic meningkat tapi rank turun, makasih infonya mas bero, semoga sehat selalu

aneka ragam makalah said...

oya sob, jika kita memasang alexa apa bisa mempengaruhi rank di google juga, dan saya ingin tanya isi dari keseluruhan postingan sobat berapa ya, kalau seribu lumayan nggak

info kesehatan said...

iya sama blog aku juga turun drastis karena aq maukin auto backlink langsung turun drop dari 5 jt alexa jadi 9 jt alexa

obyektif-magazine said...

Kami percaya dengan yang Anda tulis dalam artikel, karena ranking blog Anda di Alexa, cukup bagus. Kami percaya, Alexa memang tetap "the best" dalam meranking blog maupun website. Alexa.com, "number one" di dunia, dalam urusan ranking meranking....

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

INDAHNYA BERBAGI ILMU said...

benar banget gan,, meskipun bnyk pengunjung, blog saya hampir tiap hari alexanya turun terus.. mungkin salah satunya ga update postingan..
http://www.ngawionline.com/2012/07/ayu-collection.html

Kang Artha said...

Sepertinya memang begitu harus banyak masang postingan euy, berkala tapi kalau jarang blogwalking apa bisa?

Unknown said...

Secara tidak langsung ,

reydana46 said...

makasih infonya sob, penting bangt

Pak Sodikin said...

Sampai sekarang saya juga masih bingun dengan menurunnya alexa rank. rank sudah sampai 400 ribuan, hanya dalam beberapa waktu sudah turun lagi jadi 1 jt-an... wah payah nih alexa.

lagi cari-cari info, apa sebabnya... e nemu info di sini. ok thanks. mungkin ini penyebabnya, fresh content.

oke hand said...

Dengan menurunya alexa rank setiap harinya,apakah akan berpengaruh ke search engine seperti GOOGLE misalnya?
Mohon pencerahanya and Terimakasih.
Salam Sukses.

Yandri Adisaputro T. said...

Benar yg dikatakan agan ...
Blog saya yang rank alexa nya sdh bgs/membaik malah jadi memburuk/membengkak. Itu semua karna saya tidak pernah posting selama 1 bulan. Jadi menurut saya penyebabnya seperti yg dikatakan oleh agan tersebut (fresh content)...

Unknown said...

assalammualaikum.. mau tanya buat semua y. pengunjung website saya normal2 saja dan tidak ada peningkatan yg signifikan, boleh dikatakn pengunjung yang mampir ke website saya itu stabil. yang saya mau tanyakan adalah. kenapa disaaat pengunjung yang mampir stabil dan tidak ada peningkatan pengunjung yg signifikan, tapi ranking alexa terus membaik dan turun ke angka ranking yang menurut saya luarbiasa dari 8rb ke 3rb dalam satuminggu. ada yang tau fenomena apa yg terjadi pada website saya? terimakasih wasalam :')

Achmad said...

Alexa ranknya mantap pak.. :)

Anonymous said...

Ini juga yang terjadi pada web saya gan, trafic bertambah, alexa rank merosot melebihi ketika bikin widget alexa, he he he..

thanks infonya untuk dijadikan acuan merampingkan alexa rank

Anonymous said...

bener mas, tadi sy juga surfing nyari nyari kenapa blog sy turun drastis, kesemua yang saya baca itu ada pada konten baru, jadi harus sering nulis ya, ada ide dikit langsung deh dituangkan ke blog he he

Agung Ngurah said...

kalau bicara rutinitas ngepost, biasanya alasan utama adalah waaktu. Sepertinya 1 hari mesti ditambahin deh jangan 24 jam, jadikan 30 jam biar bisa posting min 2 kali / minggu atau 10 kali per bulan

Sukses said...

maaf, saya mau tanya sekaligus share sama admin,moga bisa di jawab dengan detail :

saya punya web, dan sehari saya update 3-4 kali. pokoknya sering banget dah postingnya.
saya hampir 90% copas artikel dari manapun. termasuk blog terselubung.
nah masalahnya :
rank alexa saya kok gak sanggup sampai sentuh angka 1.100 ya ( utk indonesia area ) ???

tolong bantu analisanya donk.

thx kalau anda mau jawab

Unknown said...

@forex: Saya tidak tahu pastinya, tapi yang jelas dan paling gamblang untuk bisa diukur yang tingkat traffic anda, apakah traffic anda tinggi? Karena alexa sumber utamanya adalah pengukuran traffic, meskipun dengan indikator kompleks seperti yang sudah saya bahas di atas.
Masalah anda copas, posting membabi buta dll, tidak akan memberikan efek kalo anda tidak mendapatkan traffic menuju posting2 tersebut.

Sukses said...

wah terima kasih banget atas jawabannya pak.

nah ini saya ingin lagi menambahkan share sekaligus pertanyaan yg mungkin bapak atau teman2 yang lain berkenan menjawabnya :

saya mencoba membandingkan beberapa web dan blog.

1.ada blog yang pengunjungnya banyak banget ( ini terlihat dari histats dan amung counternya bahkan di sana terlihat rata-2 pengunjung kisaran 150 s/d 170 orang terus menerus. ) tetapi pas saya cek di alexa kok dia cuma ranking 9.000 - an saja ??

2. ada blog yang postingannya cuma sekitar 100 artikel doang ( sedikit banget dan saya yakin dia jarang posting. ini saya lihat dari angka artikel di samping kategori milik web itu ) tapi pas saya cek di alexa ternyata rankingnya 3.000 ke bawah ????

ini gimana sih ngeliat ranking itu, kriterianya kok rada bikin bingung.

maaf kalo agak panjang, kalo ngerepotin gak usah di jawab :) :)

thx atas attensinya

Unknown said...

Halo:
Mungkin ini salah satu sudut pandang yang agak terlewatkan, tapi esensi traffic itu begini:
Traffic yang dimaksudkan alexa bukan saja kuantitas, tapi kualitas. Di dalam siteinfo, ada beberapa informasi dasar yang menjelaskan apa yang disebut kualitas:
Lama kunjungan, jenis visitor, bounce rate, persentase traffic dari search engine, dan beberapa lainnya.
Saya lihat dari beberapa di atas yang menonjol adalah lama kunjungan dan bounce rate. Jika kunjungan visitor pada sebuah halaman hanya sekilas, ini disebut tidak berkualitas, karena asumsinya dia hanya melihat sebentar, ditambah lagi dia hanya melihat satu halaman saja lalu pergi (bouncing), maka tingkat bounce rate sangat tinggi. Inilah mengapa banyak webmaster dan blogger berlomba2 menurunkan bounce rate, karena bounce rate mengurangi kualitas traffic secara keseluruhan. Diasumsikan visitor tidak atau kurang menyukai konten yang disajikan, konten terlalu pendek, konten tidak menarik, dan seterusnya. Bagi advertiser, bounce rate merugikan karena berarti kesempatan iklan dilihat user kecil sekali.

Fator lainnya, toolbar. sumber pengukuran traffic alexa adalah para pengguna toolbar. semakin banyak yang menggunakan alexa toolbar, semakin jelas pengukuran tingkat traffic suatu website.

Regi Ademoelya said...

Update konten perlu diperhatikan.. Oke deh.
Terimakasih Informasinya...

Unknown said...

wah makasih nih infonya sob

DPrisyan said...

pusing mikirinnya gan hehe...mkc ya infonya

Unknown said...

thanks infonya, manfaat banget nih..
eh sob mau tanyak nih kalo alexa ku kok aneh banget ya, global rankingnya bagus turun tapi kok rank trafik Indonesianya kok makin hari makin naik ya, dulu dah urutan 11rb eh sekarang malah 66rb..
padahal update konten sudah, fresh konten dan trafik pengunjung sudah sangat bagus..
apa karena saya mengoptimasi yg terlalu berlebihan, soalnya dulu saya sering sekali gonta ganti meta tag..
kira-kira kenapa ya sob, mohon penjelasannya.. ^^

Saling indonesia said...

Mungkin yg dialami blog saya, alexa Indonesianya yang pernah turun drastis, tp globalnya naik terus..blog bukarahasia bagus bgt alexanya

Unknown said...

@Yoppy & Saling: itu tidak bisa dihindari, jumlah blog di Indonesia semakin banyak, jadi persaingan semakin ketat. Itu wajar.

Anonymous said...

iya bang alexa ane terus Turun tapi trafic tetep sama tp gak pernah optimasi dan update :v

Anonymous said...

Sama nih kasusnya blog ane juga melorot terus he99

Anonymous said...

Bagitu yaa gan, ternyata banyak faktor yaa....thanks gan

Ariana said...

Saya justru termasuk rajin update postingan, namun alexa tetap turun naik. Mungkin konten kurang berkualitas ya Gan?

Anonymous said...

saya juga mengalami penurunan alexa, padahal pageview saya stabil dan cendrung naik walau cuman sedikit, apakah ada pengaruh template di modifikasi atau karna dari alexanya,..

Unknown said...

kasus ini benar-benar saya rasakan...

Unknown said...

iya gan blog saya juga terus merosot, padahal saya berusaha menulis artikel yang benar-benar menurut saya sudah ori

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap