Halaman Statis (Static Page) Blogger: Apa & Fungsinya


Apa itu halaman statis?

Istilah Halaman Statis (static page) sering kita dengar. Saat ini setiap platform blog telah memiliki fitur static page. Tapi apa sih halaman statis itu?
Halaman statis adalah halaman suatu blog yang bukan merupakan bagian dari urutan posting. Halaman jenis ini hampir mirip dengan halaman website yang bersifat independen dan dapat diberi aturan tersendiri sesuai keinginan. Meskipun demikian, halaman statis pada blog masih memiliki aturan general sesuai template dan styling-nya (CSS).

Berbeda dengan halaman posting (artikel), halaman statis tidak berada pada urutan waktu tertentu. Apabila ditampilkan, dia bersifat individual dan terdiri dari satu posting saja; sedangkan halaman posting dapat ditampilkan secara bersamaan dengan halaman posting yang lain, misalnya: ada 5 posting dalam satu halaman yang ditampilkan. Fitur ini ditambahkan pada Blogger sekitar awal 2010 untuk mendukung kebutuhan user akan halaman statis. Pada platform blog WordPress, fitur ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

Untuk dapat lebih melihat perbedaan antara halaman statis dan halaman posting Blogger, kita lihat contoh berikut:
Perhatikan perbedaan antara url halaman posting dan url halaman statis berikut:
Url halaman posting (post page):
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/cara-meningkatkan-seo-blogspot.html
Url halaman statis (static page):
http://buka-rahasia.blogspot.com/p/testimony-untuk-buka-rahasiablogspotcom.html
Halaman posting memiliki url dengan folder dan subfolder yang diurutkan berdasarkan tahun dan bulan. Setelah itu baru diikuti dengan file html posting yg akan ditampilkan (di WordPress subfolder bahkan hingga  tanggal posting, contoh .../2011/08/01/.....). Sedangkan pada halaman statis, folder yang digunakan untuk menyimpan file adalah p yg merupakan singkatan dari "page", setelah itu diikuti dengan file html yg akan ditampilkan. Pada sistem blog, halaman posting akan ditata/diarsipkan berdasarkan urutan waktu terbaru (contoh url arsip: http://buka-rahasia.blogspot.com/2011_09_01_archive.html). Halaman terbaru berada di bagian teratas. Inilah sebenarnya konsep blog, dimana setiap posting selalu berkesinambungan, seperti halnya ketika kita membuat status di Facebook. Sedangkan halaman statis diatur untuk ditampilkan secara independen, tanpa mengandung urutan posting berdasarkan waktu, serta tidak diarsipkan.

Apa fungsi halaman statis?

Seperti yg telah dibahas di atas, halaman statis bukan dan tidak masuk ke bagian posting blog. Maka sudah sangat jelas bahwa halaman statis bukan difungsikan sebagai halaman untuk menampilkan posting artikel. Karena bersifat timeless (tidak mengandung url waktu dan tidak diarsipkan berdasarkan waktu), halaman statis sangat cocok digunakan untuk memuat berbagai informasi yang langsung berkaitan dengan blog, misalnya tentang blog atau tentang pemilik blog (about me), kontak (contact form), daftar isi/sitemap, pemesanan space iklan dan berbagai jenis posting fitur blog yang ingin ditonjolkan namun tidak diinginkan menjadi bagian posting.

Dulu, sekitar lebih dari satu tahun yg lalu, pengguna Blogger masih menggunakan halaman posting untuk memuat informasi-informasi sejenis di atas. Sehingga ketika membuka arsip posting blog, halaman seperti "About", "Advertise", masih muncul di urutan posting. Solusinya adalah dengan memundurkan waktu posting (backdate) agar halaman-halaman tersebut berada di urutan paling lama. Tetap saja, halaman tersebut tampak kurang elegan karena url-nya mengandung urutan waktu. Namun, kini tidak lagi. Halaman statis telah menjadi  jalan keluar yang sangat dibutuhkan keberadaannya dan membuat blog berplatform Blogger tampak lebih profesional.

Cara buat halaman statis Blogger?

Bagi sobat yg belum terbiasa atau belum pernah menggunakan halaman statis, sobat bisa mencoba membuatnya. Caranya:
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface lama:
Dashboard > New Post > Edit Pages > Add New Page
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface baru:
Dashboard > Klik menu Dropdown > Klik Pages > Klik New Page > Klik Blank Page

Any idea about Blogger Static Page? Feel free to leave your comments below.
Happy Blogging!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Halaman Statis (Static Page) Blogger: Apa & Fungsinya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 43 Comment(s):

pry said...

salam berkunjung juragan...mohon maaf lahir dan bhatin...

Pian Uhuy said...

Thanks banget atas jawabannya....

sukses selalu gan....

dicoba said...

mkasi bang.. info yg bagus

Pian Uhuy said...

Mau tanya lagi...kalo blog kita pakai read more...kok static pagenya read more jg...biar static pagenya ga read more gmana ???

Ahmad Khoirul Azmee said...

Halo, Pian. Silahkan pake Auto readmore versi 2 untuk mengatasi masalah tersebut:
Blogger Auto Readmore V2

Pian Uhuy said...

Makasih kang....

sukses....

Henry said...

Bos,bahas2 wordpress juga donk, tapi nice posting ini bos

XPHONES said...

Nice info nih mas... bisa buat nambah pengetahuan meskipun saya belum pernah bermain dg blogcepot.

Pian Uhuy said...

mas...tanya lagi..
hehe

misal aku buka static page di new tab...kok judul di static pagenya bukan judul postingan ???malah urlnya....
trus aku kan pake share facebook..caranya ngilangin di static page gmana ???

mohon jawabannya...

Anonymous said...

thx gan infonya...

http://fashionpria.indoprofile.com

Syah said...

Makasih atas informasinya...

bagaimana cara menampilkan halaman statis dengan meng-hide/skip-kan sidebar?

Silahkan lihat di blog saya: http://batam.syabiz.com

Template ini mempunyai 4 colom dimana 3 diantaranya adalah berfungsi sebagai sidebar...

Pada halaman posting saya menambahkan skrip "read more" otomatis demi menghemat ruangan muka depan... dan saat di klik read more.. akan terbuka halam posting dengan men-disable kan 2 dari 3 sidebar... dan itu sangat memuaskan...

saat saya membuka halaman statis... 2 dari 3 sidebar tersebut tidak hilang... dan itu membuatkan halaman statis saya kelihatan kecil... mohon bantuan bagaimana saya harus men-disable kan 2 dari 3 sidebar untuk halaman statis... seperti pada halaman posting....

terima kasih sebelumnya...


Syah
081364466600
syabiz[at]gmail.com

Syah said...

saya penasaran dengan halaman statis anda yang bisa men-disable kan hampir semua wrapper...

yang paling bikin penasaran anda bisa meng-including atau embeded-kan forum community dalam sebuah halaman statis dengan men-disable-kan main posting, sidebar sampai collom footer... bagaimana kah itu?

mohon bantuannya.....

syabiz[at]gmail.com

thanks.

Anonymous said...

Saya ingin tau bagaimana cara membuat halaman ketika di klik langsung menuju ke situs yg saya mau... contoh : saya membuat halaman dengan judul twitter....lalu ketika di klik halaman tersebut otomatis menuju ke situs twitter??

Ahmad Khoirul Azmee said...

@ syah: oke nanti di kesempatan mendatang saya akan buat postingannya bro :D

@ anonymous: pertanyaan anda sudah saya jawab di forum. silahkan di cek.

e-lyricsmode.blogspot.com said...

bru ngerti aku mas bro

Anonymous said...

asslmkm, mohon info mas..sy msh pemula ttg ngeblog, sy posting artikel lalu sy tambhkn link halaman, maksudnya supaya artikel tsb bisa muncul diberanda n halaman yg sy maksd..setlh publish, artikl tsb ngga nongol dihalaman.

example : judul artikel YANG KUMAU..lalu sy klik link http://guebanget.blogspot.com/p/warna-warni.html..yg ada page nya terbuka tp artikelnya YANG KUMAU ga' nongol (kosong)

mohon bantuannya mas, cara posting artikel supaya muncul dalam page..jk td keberatan balasanya via email sj..akoe01@hotmail.com..atas bantuanya terima kasih. wasslm

Ahmad Khoirul Azmee said...

Wa'alaikum salam. singkat saja ya, supaya saya tau yg sobat maksudkan, saya musti tau alamat blog sobat dan mengeceknya. so silahkan kasih saya url-nya.

kareef said...

Asalamu'alaikum,
mas pertanyaan saya hampir sama dengan mas anonimous diatas tgl 16-11-2011, 2:35pm.

ini url hompage blog saya mas,
http://kareef-cool.blogspot.com/

nah contohnya, salah satu postingan mengenai "kebiasaan orang sukses" di home page.
saya ingin memunculkan postingan seperti di home page tersebut di halaman umum misalnya :
http://kareef-cool.blogspot.com/p/umum.html

bagaimana caranya mas?
karena pada saat posting tidak ada option akan ditaruh di page mana postingan kita.

bila berkenan tolong tuliskan juga jawabannya melalui email saya (kareef.cool@gmail.com) agar langsung bisa dibaca

terima kasih.
wassalamu'alaikum

Yoyox Sancoyo said...

thx banget atas sharingya om...
mo nanya neh, kalo kita ingin orang yang buka blog kita biar bisa langsung masuk ke halaman statis gimana caranya di blogger? kalo di WP dah ada kayaknya opsi untuk masuk ke hal statis secara langsung.

Ahmad Khoirul Azmee said...

halo gunakan redirect dengan meta redirect, isikan url halaman statis sobat.
lihat disini, caranya sama:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/dynamic-view-tampilan-utama-blogspot.html

secret agent said...

mas tanya donk,,
cara bikin tulisan "mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com" dan ditempatkan dibawah posting bagaimana caranya??

Photrot said...

Info yang sangat menarik, sangat sayang kalo sampai lupa (maklum baru belajar). izin copas bos, link backnya pasti dimuat lah. nuhun

agen kosmetik said...

ilmunya penting banget dalam soal SEO..ada nga ya khursus SEO secara pribadi,soalnya kadang untuk orang awan bahasanya kurang bisa di pahami..soalnya saya skr sangat tertarik mengenai SEO karena kerjaan saya sangat berhubungan dengan itu,menjual secara online..baru belajar seluk beluk dunia maya.Mohon nasehat dan resep2nya bro.salam kenal.

Dini,Arfiani said...

nanya maas..
:D
halaman statisapa gag bisa di kasih posting lebih dari satu ya..???
:(
pernah liat blog ada banyak judul postingan di halaman statisnya...
gmana caranyaaa maaas..??
:o

Rudy Hartono said...

makasih infonya

MUXLIMO said...

Tanya, Gan.. saya pake custom blogger template, nih.. anehnya, static pagenya gak berfungsi. kalau diklik yang muncul hanya judul static page-nya aja.. isinya gak bisa kebuka.. ;_O ada saran buat ngatasinnya, Gan?

djerseycorp.blogspot.com said...

thanks infonya mas bro... :)

game said...

waw..sangat jelas penjelasannya..ini yang sangat saya harapkan..terimakasih bos..sukses selalu

Kumpulan Info Terbaru said...

wah bagus nih tutorialnya. makin paham nih.. makasih..

Irwan Saputra said...

sblumnya sya blum tw ad hlman yg spert ini,,, kini q mnemukan info baru,,,,
tq sobat!

Nanda Sebastian said...

gan Maksud dari laman Blog tu pa....

indra kurnia cahya said...

Mas halaman static saya ada auto readmore nya trus tidak bisa expand atau lihat full artikel nya tapi kepotong readmore, gimana ngatasinya ya mas?? coba lihat halaman static saya di http://ubinpetak.blogspot.com/p/about-me.html

Ahmad Khoirul Azmi said...

Gunakan auto readmore saya yang vers kedua. Pertama hapus dulu readmore anda, baru masukkan readmore versi dua ini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-auto-readmore-thumbnails.html

Halida Nurmalia said...

mas azmi aq mau tanya..

klw mau mengganti default permalink halaman statis dari http://*.blogspot.com/p/blog-page.html menjadi http://*.blogspot.com/p/about-me.html ataupun menjadi contact-me.html agar sesuai dengan nama menu horizontal yang kita miliki gmn ya mas??

terima kasih sebelumnya..

Resthoe Jeb said...

Thanks sob..
artikelnya sangat bermanfaat..

Hanif Nanda said...

bang admin cara membuat laman seperti blognya bang admin gimana????

Ahmad Khoirul Azmi said...

Maksudnya laman yang bagaimana ya?

infodedik said...

mas, Di blog saya Kenapa hasil link dari halaman statis tidak seperti diatas?maksudnya tidak sesuai judul? hasilnya seperti www.urlblog/p/blog-page.html? ini bagaimana mas

Ahmad Khoirul Azmi said...

Sebelum dipublish sudah memasukkan judul? Kalo sudah berarti ada trouble tuh. Di hapus saja dan buat baru lagi.

Zidan Almahdi said...

Halo master...saya mau tanya nih, menurut master, halaman statis itu terindeks di google atau tidak jika dalam halaman statis itu terdapat sebuah posting yang berkaitan dengan posting halaman dinamis (tapi bukan sebuah artikel) melainkan tampilan hosting penyimpanan file seperti 4shred (embed). Jadi ketika pengunjung ingin mencari file tersebut harus menuju ke halaman statis tersebut. Namun saya juga tidak ingin untuk posting di halaman statis lainnya seperti about blog, about me dll itu terindeks. Bagaimana caranya...?

Prediksi Bola said...

http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/09/membuat-memasang-tanda-tangan-di-blog.html

Maulana Akhsan said...

thank infonya gan...
bermanfaat banget...

Rahima nisa said...

Makasih infonya gan, sangat lengkap. Awalnya masih setengah bingung, tapi setelah baca ini langsung dapat pencerahan.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap