Akhirnya, Blogger Merespon Pengaduan Pencurian Konten Blog Saya! (DMCA Complaint)

Sore ini saya menerima email mengejutkan dari Blogger Team tentang komplain duplikasi/pencurian konten yang telah diproses. Surat tersebut adalah respon dari Letter of DMCA (Digital Millenium Copyright Act) yang saya kirim ke Google.

Kabar  ini tentu saja cukup mengejutkan karena saya tidak menduga Blogger dan Google akan merespon secepat itu. Bahkan, saya juga tidak berpikir bahwa Blogger dan Google akan memprosesnya mengingat pernah beberapa teman blogger mancanegara bilang bahwa proses ini tidak akan pernah bisa cepat bahkan hingga setengah tahun. Ada pula yang komplain DMCA mereka yang bahkan belum diproses sama sekali.

Cerita ini berawal ketika ada kabar dari seorang teman blogger yang mengetahui bahwa ada dua artikel saya yang kembali dicuri. Semua cerita tentang pencurian tersebut saya sampaikan di Copycats: Kucing-kucing PENJIPLAK Bermodal Tikus! Saya kemudian melakukan semua proses yang juga saya muat di artikel tersebut, termasuk komplain DMCA copyright ke Blogger dan Google. Yang terakhir saya lakukan karena si pemilik tidak mau merespon sama sekali, bahkan tidak menunjukkan itikad baik untuk menambahkan link sumber sebagai syarat copy paste dari saya. Akhirnya saya menempuh jalan DMCA complaint tersebut ke Google.

Dan inilah respon email yang disampaikan Blogger Team:
Tambah bintang 

The Blogger Team

<blogger-support@google.com>
5 April 2011 05:54
Kepada: azmi.survivor@xxxx.com
Balas | Balas ke semua | Teruskan | Cetak | Hapus | Tampilkan aslinya
Hello,
Thank you for your note.
In accordance with the DMCA, we have completed processing your
infringement complaint and the content in question no longer appears on
the following URL(s):
http://xxxxxxxx.blogspot.com/2011/02/cara-ping-blog-dan-list-situs-layanan.html
http://xxxxxxxx.blogspot.com/2011/02/apa-dan-mengapa-harus-melakukan-ping.html
Please let us know if we can assist you further.
Regards,
The Google Team
Original Message Follows:
------------------------
From: azmi.survivor@xxxx.com
Subject: DMCA blogger
Date: Thu, 24 Feb 2011 16:43:13 +0000
> AutoDetectedBrowser: Firefox 3
> AutoDetectedOS: Windows XP
> IssueType: lr_dmca
> Language: en
> agree1: checked
> agree: checked
> companyname:
> country_residence: ID
> description_of_copyrighted_work: copyrighted at myfreecopyright.com:
>
> 1.Apa dan Mengapa Harus Melakukan Ping Blog/Website
> Category: Blog
> MCN: EDAQ2-SMFFD-K4QHF
> © copyright Tue Feb 15 19:14:21 UTC 2011 - All Rights Reserved
>
> 2. Cara Ping Blog dan List Situs Layanan Ping Terbaik
> Category: Blog
> MCN: ECDDP-SYRER-4DC4K
> © copyright Tue Feb 15 19:14:21 UTC 2011 - All Rights Reserved
>
> dmca_signature: ahmad khoirul azmi
> dmca_signature_date: February, 24 2011
> first_name: ahmad khoirul
> hidden_product: blogger
> last_name: azmi
> location_of_copyrighted_work: the contents at:
>1.http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/02/apa-dan-mengapa-harus-melakukan-ping.html
  (Apa dan Mengapa Harus Melakukan Ping Blog/Website)
2.http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/02/cara-ping-blog-dan-list-situs-layanan.html
> (Cara Ping Blog dan List Situs Layanan Ping Terbaik)
> represented_copyright_holder: ahmad khoirul azmee
> url_box:
http://xxxxxxxx.blogspot.com/2011/02/cara-ping-blog-dan-list-situs-layanan.html
http://xxxxxxxx.blogspot.com/2011/02/apa-dan-mengapa-harus-melakukan-ping.htm

Tanggal pengaduan tersebut adalah 24 Februari 2011 dan hanya sebulan lebih Blogger dan Google Langsung meresponnya. Sedangkan http://xxxxxxxx.blogspot.com, adalah url yang saya laporkan memiliki duplikasi dan melakukan pencurian konten tersebut. Meskipun sebenarnya masih banyak lagi artikel-artikel blog ini yang di co-pas tanpa permisi, namun saya belum melakukan langkah lanjutan terhadap blog-blog tersebut (lihat listnya di sidebar kanan bawah) kecuali nanti tidak ada respon sama sekali dari para pemilik blog tersebut.

Dua url dari artikel di ataslah yang saya komplainkan ke Blogger dan Google melalui Bantuan Pengaduan Pelanggaran hak cipta dan DMCA. Layanan ini menerima beberapa jenis pengaduan pelanggaran hak cipta dan permohonan untuk menghapus indeks konten curian dari search result, Blogger, keanggotaan Adsense, dan lain sebagainya. Seperti yang tertera di atas, saya hanya meminta penghapusan konten di Blogger dan Google index. Dari isi surat di atas, diketahui bahwa Blogger telah merespon pengaduan tersebut dan telah melakukan penghapusan artikel dari blog yang telah dicopy dari blog ini.

Saya juga menemukan bahwa Letter of DMCA saya ke Google dijadikan contoh surat komplain DMCA oleh chillingeffects.org. Anda dapat melihatnya di sini.

Sebenarnya saya tidak akan melakukan tindakan di atas apabila ada itikad baik dari pemilik blog yang saya adukan. Namun kenyataannya tidak demikian. Ini bukan berarti saya pelit dan tidak mau bersahabat, sama sekali tidak. Tapi selayaknya kita para Blogger saling menghormati. Jika harus copy-paste, mintalah ijin dari pemilik artikel dan gunakan link sumber artikel. Saya yakin pasti akan diijinkan. Berbagi ilmu adalah hal yang menyenangkan, selama itu dilakukan dengan fair. Pelajaran di atas bukanlah tentang keangkuhan, akan tetapi tentang bagaimana kita seharusnya membina mentalitas dan attitude yang baik. Blogging adalah kegiatan yang sarat akan kreatifitas dan intelektualitas, dan tentu saja, siapapun tidak mau itu dicuri dengan semena-mena. Let's play fair.

Thanks a lot to Blogger and Google!

Akhirnya, Blogger Merespon Pengaduan Pencurian Konten Blog Saya! (DMCA Complaint)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 34 Comment(s):

Mustika Hayati said...

hmm..trus gmn dong tipsnya biar kita ga kecolongan?

http//www.choccopost.blogspot.com

Unknown said...

hay, Chocco.. Hmm sekali kita publish posting, maka kemungkinan atau peluang dicopas muncul. Memang agak rumit di dunia maya ini, karena etika adalah hal yang 'agak' langka. kita hanya bisa menghimbau dan bersikap tegas jika ada yang co-pas tanpa permisi. Atau jika blog mu murni tulisan pemaparan (bukan tips dan ga perlu ada yang dicopy), bisa di gunakan script untuk menonaktifkan klik kanan dan text selection> Anyway, nice blog you have. Keep up the good work :D

RENO-Planet Ultraman™ said...

klo di blog saya saya tanam script dari "COPYSCAPE" mas..jd bs ketauan sapa yg copas artikel saya, alhamdulillah selama ini yg copas dah saya laporin google..n pada di banned blog/website mrk. :D
salam kenal mas..sukses selalu untuk kita semua

Unknown said...

yups bagus kalo gitu bro. mari kita budayakan menulis yang original dan kreatif. salam kenal juga :D

hilman said...

wahhh ini sekaligus info yang berguna bagi saya untuk melaporkan pencuri :P
salnya ane beli artikel mahal2 malah dicopas orang luar ,, bikin kesel emank
tq mas artikelnya gwe +1 di google

Unknown said...

yup, wah kalo udah beli pasti lebih jengkel lagi tuh kalo dicopas. thanks juga buat +1 -nya

FAYES COOL said...

Semua tergantung yang empunya blog gan....... suka kopas,,, waspadalah???

Abuds said...

Walah gpp gan biarin aja, kalo ngedit html gak dari copas trs dr mn, ane yakin itu kode2 html yg ente post pasti jg dr hsil copas, ckckckckckc

Unknown said...

Itu lah anggapan saat ini, bahwa blog yang berbagi script atau hack dianggapnya hanya diambil dari blog lain. Pernahkah terpikir bahwa script2 itu dipelajari sedemikian rupa, dibuat lagi, dan dikostumisasi? bahkan pernahkah terlintas bahwa script itu benar2 baru? seperti ketika membuat back to top dan lain2? Anggapan ini lah yang perlu diluruskan, bahwa tidak semua Blogger copas begitu saja script dari blog lain. Banyak Blogger yang juga coder, coy. Dan saya sedemikian rupa membuat kembali, melakukan kostumisasi, dan bahkan merakit kode baru untuk membuat perbedaan meskipun fungsinya sama. Itulah yang mesti dimengerti. Terlalu sempit jika anda hanya memandang blogger itu hanya co-pas dan tidak punya kreativitas. Sama saja dengan mencemooh dan mematikan kreativitas Beberapa Blogger yang juga coder handal seperti kang Rohman misalnya. Be careful in making statements, got it?

Anonymous said...

okey setuju pak guru hehehehe...

Flanzka said...

Muantebb wesss,,, negara bisa cepet maju kalo banyak warga yang kayak Agan satu ini...

kunjungi gubuk ane Gan,
flanzka-teknologi.blogspot.com

Berbagi Kreativitas said...

Kalo melihat cerita Sodara diatas berarti blog ini menjadi salah satu blog yang mendapat perhatian khusus google dan blogger.. Sebabnya Saya yakin karena kualitas content site ini dan tentu peringkat blog Anda yang bagus juga. hmm semakin semangat nih kelak pasti blog Saya akan seperti blog Sodara atau bahkan lebih! :D Salam

yoetama said...

lebih efektip mana antara dmca sama copyscape ? mohon petunjuk, salam

Unknown said...

copyscape berfungsi untuk melacak duplikat konten. itupun kalo yg gratis hanya terbatas hasilnya. sedangkan yg lengkap adalah yg berbayar.
dmca berfungsi sebagai bukti copyright. fungsinya untuk menunjukkan bahwa sebuah konten memiliki hak cipta. tujuannya selain itu adalah sebagai alat bukti penuntutan DMCA notice.
Jadi yg pertama bersifat preventif, yg kedua bersifat represif.

Kurt said...

setuju sekali
saya dulu pernah suka kopi paste, tapi seiring pengetahuan malu juga. Sekarang malah kontent banyak yang diambil tanpa menyebut sumber, ada banyak juga yg menyebut sumber.. untuk saya blm sampe ke tindakan ke google, karena tidak tahu. Sekarang sudah tahu dari blog sampean, saya berterima kasih. salam blogger.

Icah Banjarmasin said...

Mantef artikelnya bang.

Ferdinand said...

mungkin dianggap sepele, tapi ga semudah itu kali yak... duduk mikir artikel yang original itu cukup menguras otak... jadi kalo bro laporin yang tukang nyopet, ya pantas emang..

Online Shop, Shopping List & Review Products said...

Ya, memang menjengkelkan melihat hasil karya/pemikiran kita di manfaatkan oleh orang lain tanpa ijin... ya itulah kehidupan (anggap saja sodakoh ilmu/ dan bisa berguna utk org bnyak),niscaya kita bisa mendapatkan sesuatu yg lebih .. hehe.. never give up, tetap semangat & salam kenal

Dwi Sugiarto said...

Tadinya saya jadi males tahu artikel saya dicopas tanpa izin.Begitu tahu ada cara komplain jadi semangat lagi.Makasih sob infonya.

Unknown said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

Istana Daun said...

puisi-puisi saya bisa-bisa "dicuri" juga donk...

hmmm..
ada saran, mas?

Khintan Alqurani Dzikra said...

Salam Pershabatan.
Kunjungan ya Gan
Kunjungi, follow and backlink
www.surya-java.co.cc

zain zoose said...

gan, sya stuju tuh dengan disiplin perblogeran....
tapi gmn sya bisa tau pencurian artikel??

Mudin said...

Bagaimana dengan artikel hasil rewrite atau tulis ulang dengan bahasa kita?, apakah kita bisa melaporkannya mengingat sumber aslinya bukan dari kita?. tapi 90% nggak copas.

Anonymous said...

gan , kan ane udah pake dmca yang free, tapi kan cuma dapet 1 kali takedown?
agan kok bisa lebih dari 1 gitu ya, bukannya agan pake yang free jga?
thanks before,, ane butuh pencerahan gan :D

Unknown said...

DMCA hanya sebagai bukti fisik. Anda harus benar2 bisa mendeskripsikan konten anda dan meyakinkan blogger bahwa konten yang dimaksud benar-benar milik anda. Gunakan informasi lain seperti tanggal posting, bagian mana saja yang dicopas, dll. Luangkan waktu untuk menggali sumber sebanyak-banyaknya sebelum mengajukan takedown.

Fs said...

konten saya juga sering di copas :(

Dwi Yulianto said...

bang,,,,,saya mau tanya,,mohon kesediannya untuk di jawab ya..
blog saya di copas hampir seluruh isi blog mulai dari awal oleh globalcellular][.]logspot[.]com

saya mau tanya,,cara mengajukan agar blog tersebut di hapus bagaimana,,,? ada link untuk mengajukan hal tersebut?
soalnya kalau untuk mengajukan complain ke DMCA tidak mungkin karena artikel yang di copy sangat banyak,sampai-sampai halaman "About Me/tentang penulis" yang juga di copas..

Unknown said...

Satu2nya cara untuk mengadukan dan menghapus konten langsung oleh Blogger/Google adalah dengan mengajukan DMCA complaint melalui form yang sudah disediakan Google. Jika ada begitu banyak, catat semua url dari posting yang dicopas dulu. Anda bisa melaporkan secara bertahap.
simak di sini caranya:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/11/perangi-pencurian-konten-dengan-dmca.html

Darus said...

Lanjutin semua perjuangan, laporin aj yg ambil ga tau diri. Ga tau ap ya, ngedit blog itu butuh waktu lama. Tapi beda klo blogx mainx di ttg Agama, Misalx seputar ke islaman. Silahkan copas sepuas2x, makin bnyak yg pake, copas, baca dll, insya Alloh pahalanya makin banyak,hhhe....yg penting tanggung jawab ilmiahnya aj dijaga..

Admin_SC-Fi said...

Nice artikel. tapi sayang. beberapa artikel Blog SEO dengan konten SEO saya banyak yang di curi. sudah saya lapor malah sampai sekarang tak pernah ada tanggapan.



Goez ini said...

Seharusnya kinerja algoritma Google bisa mendeteksi secara akurat untuk membedakan mana artikel asli dan copas. Pada kenyataannya sampai saat ini pringkat artikel copas banyak yg masih terpampang manis di halaman 1 Google.

Sahabat Blogger said...

gila banget lu pengen terkenal. biasalah blogger pemula copas artikel. kalau tu blogger udah lama ngeblog pasti udah tau etika.
gila terkenal banget lu... bhuuu

Unknown said...

weakakaka, pengen terkenal. who says? elu? kalo begitu anggapan lu, berarti asumsinya elu sudah kenal gue? bagus kalo begitu.

So, let's discuss this further. Ga main umpat n bully2an aja. Let's talk and debate. Ga cuma pake akun profil bolong ga ada info apa2. Don't be so ridiculous, bro. Kalo cuma nge-bully tanpa identitas, lewat dah.. ...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap