Apakah Social Media Menjadi Ancaman Dunia Blog??

Wacana ini muncul setelah rating social media seperti Facebook dan Twitter terdongkrak hingga ratusan persen di tahun 2010. Sedangkan media ekspresi online lainnya yaitu blog dikatakan terancam oleh keberadaan social media berjenis networking ini.

Bisakah dibayangkan anda membaca update informasi online apapun hanya melalui social media seperti Facebook dan Twitter? Tentu saja akan menjadi hal yang konyol apabila ada pernyataan demikian. Segala bentuk update informasi dan kebutuhan yang spesifik tidak bisa kita dapatkan melalui jaringan social media.Wacana ini santer setelah Verne G. Kopytoff, dari New York Times membuat statemen yang bernada sinis,
"Blog dulunya outlet pilihan bagi orang yang ingin mengekspresikan diri mereka secara online. Tetapi dengan munculnya situs seperti Facebook dan Twitter, blog kehilangan daya tariknya bagi banyak orang - khususnya generasi muda." Tulis Kopytoff.
Melihat statemen itu, sepertinya kita dapat menduga bahwa ada banyak hal yang tidak diucapkan secara realistis. Jika memang banyak yang mengalihkan media ekspresi blogging ke social media, mengapa justru  pada medio 2010 jumlah blogger di dunia ini bertambah hingga berkali-kali lipat?

Pihak WordPress telah membuktikan beberapa hal tentang perkembangan dunia blog, baik dari jumlah subscriber, jumlah pageview, maupun antusiasme masyarakat untuk blogging. Pendiri  dan pengembang WordPress, Matt Mullenweg menanggapi statemen tersebut dengan hasil statistiknya:
"Statistik menunjukkan bahwa semua layanan blogging  tumbuh pesat - bahkan unique visitor Blogger.com naik sekitar 9 persen menjadi 323 juta, yang berarti, pada tahun lalu saja telah meningkat hingga 6 kali lipat! (Pada waktu yang bersamaan, menurut Quantcast, unique visitor WordPress.com meningkat hingga 80.juta unique visitor)."
Kenyataannya pula, pada tahun 2010 telah terdaftar sekitar 6 juta akun baru di Wordpress.

Memang, wacana ini tetap akan menimbulkan sikap kritis bagi dunia blog karena social media saat ini juga mulai lazim disebut sebagai "microblogging", dimana para pemilik akun mulai share berbagai hal yang hampir sama dengan blog. Namun bukan berarti  hal ini sama persis mengingat ada perbedaan esensial yang sangat jelas. Blogging adalah suatu aktivitas yang sangat berbeda dengan social media, dimana blog memberikan "kuasa penuh" bagi pemiliknya untuk mengatur dan mengutak-atik sedemikian rupa apa yang akan ditulis dan termasuk tampilan blog itu sendiri (design).

Alih-alih, social media justru menjadi sarana pendukung bagi dunia blog untuk mendongkrak kebutuhan popularitas serta arus traffic pengunjung. Hal ini tentu tak dapat disanggah lagi. Keduanya berjalan berdampingan dan saling mendukung. Sama-sama memberikan amunisi bagi pemilik blog serta pengunjung blog. Blog adalah ladang konten dan artikel. Sedangkan social media adalah sarana komunikasi pemilik dan pembaca blog yang dapat membantu memberi bentuk interaksi dan komunikasi yang lebih memungkinkan.
Jelas, secara konseptual keduanya memiliki fungsi serta peranan yang berbeda dan tak bisa saling menggantikan.

Sebagai pengalaman pribadi, social media seperti Facebook dan Twitter merupakan sarana publikasi yang cukup efektif, bahkan lebih efektif dari situs-situs direktori. Tercatat 15-20% pengunjung datang dari social media itu. Persentse sebesar itu tentu saja tidak bisa diremehkan. Apalagi saat ini banyak fitur publikasi konten/artikel secara otomatis ke kedua social media tersebut..

Intinya, tidaklah terbukti bahwa minat dan keinginan untuk berekspresi melalui blog berkurang. Justru sebaliknya, stastistik telah jelas memberikan signal positif bagi perkembangan blogosphere.  Memang diakui media ekspresi praktis seperti Facebook dan Twitter telah memikat banyak user dengan perkembangannya yang pesat dua tahun terakhir ini. Namun, khususnya dari sisi saya pribadi, tidak ada pengaruh berarti yang membuat saya surut dalam melakukan aktivitas blogging.
Dan, bukankah sejak dulu blog itu sendiri sebenarnya adalah social media?

Bagaimana dengan anda, apakah aktivitas blogging anda berkurang karena lebih terfokus pada Facebook dan Twitter? Let me know. ^_^

source: 
NYtimes.com
WordPress.com
Blogger.com

Apakah Social Media Menjadi Ancaman Dunia Blog??
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment Be the first to comment...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap