Syarat dan Tips Mendapatkan Approval/Persetujuan Google Adsense (full 2000 kata)

tips daftar Google Adsense tanpa ditolak.
Google Adsense adalah jaringan iklan terbesar milik Google yang saya yakin dan sangat pasti semua sobat Blogger telah mengetahuinya. Bahkan, beberapa di antara sobat sedang menikmati menjadi anggota publisher Adsense dan rutin menerima pembayaran. Sebagian lainnya mungkin masih gigit jari karena ditolak ketika melamar menjadi publisher; atau mungkin ada yang belum berani mendaftar Adsense. Jadi saya pikir tidak perlu lagi membahas apa itu Google Adsense. :) Intinya, Google Adsense adalah jaringan iklan paling digandrungi para blogger, webmaster, online marketer, pebisnis online, dan semua kalangan internet karena pay rate yang jauh lebih tinggi, iklan yang berkualitas dan variatif, memiliki jaringan advertiser dan publisher dari seluruh penjuru dunia, dan cara pembayarannya yang gampang (WU, non paypal payment).
Sudah agak lama, kira-kira 2 bulan yang lalu ada sobat Blogger yang request mengenai proses dan tips pendaftaran Google Adsense yang tepat (baca: bisa mendapatkan approval/persetujuan dengan mudah). Terus terang saya agak bingung juga jika harus berbicara mengenai apa saja yang menjadi syarat disetujuinya permohonan menjadi publisher Google Adsense, sebab dari beberapa kasus atau proses pendaftaran Adsense yang saya alami, masing-masing memiliki spesifikasi, lama persetujuan, dan jenis web yang berbeda. Jadi, sebenarnya tidak ada patokan pendaftaran Google Adsense yang super mapan untuk diikuti.

Sebagai contoh nih, terakhir saya baru saja mendaftarkan Adsense untuk adik saya, hari pertama buat akun Gmail, G+, dan langsung daftar Adsense. Hari pertama pula langsung dapat persetujuan tahap pertama. Kemudian hari kedua langsung disetujui seutuhnya. Tidak percaya? Ini buktinya:
Dimana kuncinya? Saya menggunakan website/blog yang sudah mapan. Apa yang dimaksud dengan mapan? Berusia lama? Punya traffic tinggi? Atau bla bla bla bla bla? Jawabannya: Tidak, belum tentu.

Bagaimana sebenarnya cara yang tepat? Nah, semua dari kita pasti akhirnya setuju bahwa persetujuan akun Adsense dititikberatkan pada website yang digunakan atau diajukan untuk mendaftar. Jadi, nanti kita akan beri porsi besar pembicaraan ini pada website/blog yang sesuai dengan kriteria Google Adsense. 

Detil Akun Pendaftar Adsense


Detail akun pendaftar Google (gmail) yang anda gunakan harus asli dan lengkap, tidak harus anda, tapi benar-benar harus ada (bukan palsu), berusia 18 tahun ke atas, dan menggunakan alamat jelas seperti yang tertulis pada KTP.

Pernah saya mendapatkan keluhan dari seorang blogger yang selalu saja ditolak oleh Adsense. Setelah diselidiki, ternyata dia baru berusia 16 tahun setengah. Ini terdeteksi dengan jelas ketika anda mendaftar dengan Gmail dan mencantumkan tanggal lahir, semua akun Google menggunakan sumber yang sama. Sungguh perkara sepele, tapi "dadi gawe". Dan semua akun yang ditolak tidak pernah dijelaskan dengan baik oleh Google. Selalu saja alasannya adalah "jenis halaman". Mungkin ini yang buat bingung. 

Nama dan alamat lengkap serta jelas nantinya akan memuluskan pencairan uang jika akun disetujui dan sudah layak mendapatkan bayaran. Emang bangga punya akun Adsense tapi ga bisa ambil bayaran? Perbedaan alamat sedikit memang tidak masalah, tapi alangkah baiknya jika semua harus dipersiapkan dengan matang dan teliti bukan?

Syarat dan Kondisi Website/Blog Pada Pendaftaran Adsense


1. Kebijakan Google Adsense pada Konten Web Penerbit

Ini adalah poin umum berkaitan dengan persyaratan konten web yang wajib anda ketahui sebelum mendaftar Adsense, sebab jika anda mendaftarkan web/blog yang melanggar kebijakan Google pada umumnya dan Google Adsense pada khususnya, berapa kali pun, saya jamin tidak akan bisa diterima. Cek apakah blog/web anda memenuhi persyaratan berikut:
  • Situs tidak mengandung konten pornografi dan konten dewasa lainnya.
  • Situs tidak mengandung konten kekerasan, rasisme, atau anjuran untuk melakukan tindakan provokatif atau ofensif terhadap individu, kelompok, atau organisasi lain.
  • Situs tidak mengandung konten hacking/cracking
  • Situs tidak mengandung konten atau melakukan penjualan/transaksi obat-obatan terlarang, minuman keras, rokok dan hal terkait, senjata dan amunisi, replika produk pada brand tertentu, jual beli karya ilmiah berhak cipta (skripsi, jurnal, makalah, dll)
  • Situs tidak mengandung ajakan dan memberikan pengunjung komisi untuk klik iklan, surfing, membaca email, survey, pencarian, dll (PTC dan PTS)
  • Situs tidak mengandung konten lain yang ilegal, mempromosikan aktivitas ilegal, dan melanggar hak cipta orang/pihak lain.
  • Bukan situs doorway, AGC, autoblog, MFA (made for Adsense), dan sejenisnya.
Berkaitan dengan konten ilegal, sudah jelas juga bukan? Maksudnya adalah situs tidak boleh menyajikan konten yang melanggar hak cipta, misalnya: membagi software/file bajakan dan mengandung konten hasil copas. Lihat kebijakan Google pada halaman DMCA policy.

Untuk konten gambling/perjudian, hanya diijinkan pada negara-negara tertentu, Indonesia tidak. Mengenai bahasa, sudah jelas Google sekarang telah mengizinkan situs berbahasa Indonesia.

2. Elemen dan Kelengkapan Web/Blog

Jenis halaman adalah hal yang paling sering ditemui sebagai sebab penolakan pengajuan akun Google Adsense. Meskipun ini tampak kabur, dan kadang salah diartikan karena memang tidak memiliki kejelasan kecuali anda benar-benar cek dan mempelajari halaman kebijakan Google Adsense. Berdasarkan beberapa pengalaman mendaftarkan Google Adsense, jenis halaman menurut saya lebih terkait pada struktur web/blog. 
  • Memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan oleh pengunjung. Buat dan desain menu/navigasi yang mudah dilihat, tidak membingungkan pengunjung, langsung mengarahkan pengunjung pada halaman tujuan (tidak menggunakan redirect). Oya, navigasi ini juga termasuk link di dalam konten loh. Lalu pastikan web/blog tidak mengarahkan (linking) ke situs berbahaya, termasuk konten yang mengandung dan merujukkan malware, pop up, pop under, redirect, dll yang merusak fungsi navigasi sebenarnya.
  • Elemen web yang paling penting dan menjadi tolok ukur kelengkapan web adalah halaman privacy policy; dimana anda menjelaskan kebijakan penggunaan informasi pengunjung melalui cookies (oleh Adsense, web anda (jika ada), maupun jaringan iklan lain), halaman contact; dimana pengunjung bisa menghubungi anda, dan halaman about dimana pengunjung bisa mengetahui garis besar konten atau layanan web. Pastikan semua ada. Untuk privacy policy, anda bisa membuatnya gratis dengan berbagai privacy policy generator. Saran saya, tambahkan satu lagi, disclaimer, yang merupakan halaman pernyataan hak cipta konten dan kebijakan penggunaan konten yang diijikan untuk pengunjung. Ini untuk meyakinkan bahwa konten yang ada benar-benar milik web (anda).
Dua poin di atas (1 dan 2) adalah poin pokok yang harus ada. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dan dapat memuluskan pendaftaran akun adsense. Ini sifatnya dari pengalaman saja, tidak tercantum atau dibahas secara resmi, dan moga-moga bisa digunakan dan membantu.

a. Desain

Tidak ada panduan khusus untuk ini. Tapi secara logika, sebuah website harus memiliki profesionalisme. Salah satunya dalam hal desain. Saya tidak mengatakan desain harus wah, menonjol dan kuat. Tapi desain yang profesional adalah desain yang memperhatikan user experience, kenyamanan pengunjung. Misalnya, usahakan hindari: widget yang acakadut, widget tempel sana sini gak karuan, font yang tidak terbaca dengan jelas, konten tidak nyaman dibaca, logo yang asal-asalan pasang, navigasi yang sulit dicari, tidak bisa dibedakan mana konten mana widget, dan seterusnya. Upayakan konten bisa dibaca dengan baik, jelas, navigasi mudah ditemukan, gunakan desain/template yang plain (jelas), tidak menggunakan efek berlebihan (kursor yang aneh-aneh, berat, widget-widget beterbangan kesana-kemari, musik/lagu, dll), pop out berlebihan, dll.

b. Konten dan Niche
  • Konten harus original/asli bukan copas, bermanfaat, menghibur, intinya memang disuguhkan untuk pembaca, dan bukan untuk menayangkan iklan saja, tidak mengandung konten bajakan, download bajakan, menuju atau mengarahkan pada situs yang dilarang oleh adsense, seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Hindari konten-konten yang hanya berbicara mengenai uang, uang, dan uang saja (bisnis online minded).
  • Hindari konten yang berisi tentang dan bertujuan hanya untuk afiliasi (affiliate marketing, amazon, clickbank, neobux, dll). 
  • Jangan pernah secara terang-terangan, hanya membahas, dan hanya membicarakan tentang "blogging for money" atau hanya ngeblog demi uang. Tips tentang adsense atau bisnis online boleh-boleh saja,  sesekali, tapi jangan seluruh konten diisi tentang make money online, bagaimana anda berhasil bisnis online, keluhan bisnis online, hari ini anda dapat uang berapa, dll. Intinya jangan sampai menyatakan bahwa tujuan anda hanyalah untuk bisnis online semata dan tidak tertarik untuk hal lain, misalnya menyuguhkan konten bermanfaat untuk pengunjung.
  • Ada banyak niche untuk Adsense; tapi maksud saya tentang niche adalah, blog anda harus fokus pada topik tertentu, jangan campuraduk antara curhat hari ini, berita hari ini, tiba-tiba kemudian berbicara tentang kesehatan, di lain waktu isinya tentang lirik lagu, di lain waktu lagi bicara tentang kontes seo, dll. Fokuskan topik blog, ini adalah ciri blog profesional. Niche di sini bukan tentang memburu niche Adsense kemudian copas sana sini, tapi fokuslah pada topik yang disukai untuk ditulis. Menjadi generalis bukan ide yang baik untuk menjadi publisher Adsense, sebab blog campuraduk tidak akan disetujui. Simak niche-niche Adsense khususnya di Indonesia yang diantaranya mungkin anda kuasai dan gemari untuk ditulis.
  • Jangan pernah daftarkan blog berisi artikel-artikel kontes SEO, jika ketahuan langsung ditolak. Jika diterima, dan kemudian beberapa waktu pasti ketahuan, akhirnya akun langsung kena banned, bukan hanya blognya, tapi akunnya sekaligus.
  • Jika konten blog tentang review, pastikan review itu berbobot, bukan sekedar comot. Konten review disukai Adsense, tapi juga paling sulit untuk disetujui (karena kualitas review sangat diperhatikan).
  • Saat hendak mendaftarkan pastikan blog memiliki iklan yang minim atau bahkan usahakan tidak ada sama sekali. Kalopun ada, cukuplah satu dua, dan bukan iklan yang "bikin deg-degan" alias seperti di sidebar kanan tengah saya sekarang ini. Hehehe. Meskipun beberapa jaringan iklan lain diperbolehkan (chitika, kontera, TLA, dll) tapi sebaiknya pada saat mendaftarkan diturunkan, apalagi jika menggunakan jaringan iklan dari Indonesia. :) Usahakan situs "bersih" ketika didaftarkan.
  • Jangan terpengaruh dengan tips yang bilang 5 post aja, atau 10 post aja bisa di-approve. Menurut saya itu tidak benar dan tidak ada. Motivasinya adalah untuk menyajikan konten, bukan Adsense. Hindari motto "Buat Blog untuk Adsense, tapi gunakan motto " Buat Adsense untuk Blog".
c. Traffic dan Sumber Traffic

Ada yang pernah bilang traffic tinggi berpengaruh dan menjadi salah satu alasan penerimaan akun Adsense. Saya tidak setuju, sebab jumlah/kuantitas traffic tidak menjadi acuan Adsense. yang diperhatikan dan disyaratkan adalah kualitas traffic. Titik berat Adsense justru di situ. 

Kualitas traffic menentukan kualitas pengunjung (targeted visitors). Jika mayoritas traffic didapat secara organik, maka kualitasnya tinggi. Jika mayoritas traffic didapat dari sumber-sumber nonorganik, maka kualitasnya rendah. Tentu saja, sumber traffic organik adalah search engine (tidak hanya Google, yang penting search engine). 

Jika mayoritas pengunjung berasal dari non-organic sources seperti iklan (iklan di web, Adwords, Facebook Ads, PTC, PTS, dll), mass email, traffic exchange, dan sejenisnya,  maka Google Adsense sudah pasti akan menolak. Kalopun diperbolehkan, misalnya menggunakan Adwords, anda harus mematuhi Landing Page Quality Guidelines. Pernah suatu kejadian, salah satu situs saya yang memang mayoritas traffic bergantung dari Facebook (meskipun itu melalui share/like), kemudian di banned oleh Adsense. 

d. Domain

Ada yang bilang domain berpengaruh. Bisa iya, bisa tidak. Telah ada banyak bukti subdomain blogspot di-approved. Tapi, memang custom domain jauh lebih mudah mendapatkan persetujuan Adsense, sebab custom domain dianggap memiliki kemandirian identitas (dimiliki oleh pihak/individu tertentu saja). Beda dengan blogspot.com yang merupakan milik Google dan digunakan oleh banyak pengguna Blogger di seluruh dunia. Jadi saya sangat menganjurkan penggunaan custom domain agar proses pendaftaran dan persetujuan mudah.

Mengenai usia domain, di Indonesia tidak berlaku. Saya pernah mendaftarkan domain berusia 1 bulan, 2 setengah bulan, dan yang terakhir adalah 4 bulan. Jadi tidak terbukti bahwa usia domain yang masih minim kemudian ditolak Adsense. Menurut saya faktornya adalah di konten. Memang di 2 negara lain (India dan China) Google telah menegaskan usia domain/website minimal harus 6 bulan, tapi tidak di Indonesia.

e. Hindari Anonimitas

Jangan pernah berusaha menyembunyikan identitas pemilik web atau penulis blog, atau identitas perusahaan jika akun yang didaftarkan adalah akun perusahaan. Situs yang anonim sudah jelas ditolak Google karena tidak memiliki keterkaitan akun dan penanggungjawab. Minimal gunakan Google Authorship untuk menunjukkan siapa penulis/pemilik. Penulis bisa siapa saja, tidak harus akun yang sama, tapi paling tidak menunjukkan siapa penanggungjawab blog/web tersebut atau setidaknya ada identitas di halaman about. Ini untuk menghindari kecurigaan Google pada situs MFA (made for Adsense, situs yang dibuat hanya untuk menayangkan Adsense).

Buat Blog Tanpa Memikirkan Adsense Dulu

Sebagai saran dan kesimpulan, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, hindari "Buat Blog untuk Adsense", tapi ikuti konsep "Buat Adsense untuk Blog". Keduanya jauh berbeda. Yang pertama hanya memiliki motivasi untuk menjadi publisher Adsense, yang kedua motivasinya adalah pada blog, menyuguhkan konten yang bagus, dan ketika blog sudah dipertimbangkan layak, baru blog didaftarkan. Motivasi ini selalu saya pegang, sehingga kadang-kadang ketika saya mendaftarkan sebuah blog/website, saya tidak menduga ternyata Adsense langsung menyetujuinya. Have a nice Blogging, as always!

© Copyright 2013 - 'Til drop! buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Syarat dan Tips Mendapatkan Approval/Persetujuan Google Adsense (full 2000 kata)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 161 Comment(s):

dammar-asihan said...

wih makasih tipsnya om, ane jadi pengen daftar juga...

jarbilcuy bincurang said...

Makasih gan infonya , pantesan gk diterima mulu blog saya , ternyata jangan blog seo, kunjungi balik ya.

abi said...

wah lengkap pembahasannya, trims masbro
BTW, kira-kira blog ane diterima gak ya ? kalo daftar adsense ? wanbul.blogspot.com

fathur rahman said...

alhamdulillah paham juga akhirnya, pantesan blog saya ngga di-approve. terima kasih ilmunya bang

mariyanto widodo said...

Lengkap banget informasinya dan mudah di pahami.

Abu Kholid Bali said...

maksudnya apa blog bahasa indonesia tidak bisa diterima adsense?

dian ardi said...

terima kasih artikelnya komplit banget . sudah banyak tutor yang saya baca tapi yang selengkap ini baru di artikel mas. terima kasih banget sudah berbagi ilmu. oh ya mas aku mau tanya keluar dari topik sih kan ini blogger ada fitur komentar terbaru.. yaitu google+ komentar nah dulu aku mau coba tapi kok pas aku lihat di setting domain costum blog ada peringatan untuk mengaktifkan fitur ini setelah berganti domain .. nah pas aku baca petunjuknya aku belum begitu paham bisa mohon untuk diterangkan ngak mas.. terima kasih sebelumnya

Abu Kholid Bali said...

mas nama yang HARUS sama, yang mana saja? apakah nama pengguna email, nama google plus dan nama ktp yang di daftarkan harus sama semua?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@abi: silahkan dicoba saja.

@Abu Kholid: Bahasa Indonesia boleh sekarang. Akun harus sama antara akun Gmail yang didaftarkan dan akun adsense, jadi nama alamat dll harus sama.

@dian: Terus terang saya belum tes dan coba G+ di custom domain, nanti coba saya cek.

@All: Thanks dan sukses buat adsensenya.

Ahjab Iko Kae said...

Tutorialnya komplit. Bagus sekali. Makasi infonya mas. Saya banyak dapat ilmu dari blog ini.

Rifky Iqbal Algifari said...

siap,. mas. saya sudah pernah ditolak oleh adsense, tapi saya terus berusaha..
untuk yang usia diatas 18 tahun saya baru tahu nih, hehehe. memang usia saya baru 17 tahun, pantas saja.

netterku.com said...

Sudah berulang kali saya di tolak sama GA mas, saya rasa artikel saya sudah sesuai dgn tos. Tdk ada yg mengandung kekerasan, alkohol sprti yg anda trangkan di atas. Namun kira2 apa ya yg jdi prmasalhnnya?

saya jga sdh menggunakan domain TLD.

Didi Wirawan said...

waduh mas, kelihatannya sibuk ya? blog anda sudah saya follow bila berkenaan mohon follow balik

Oke-Reload said...

Saya selalu ditolak oleh Google Adsense dan saya tidak tahu alasannya tapi setelah saya membaca artikel ini saya sudah punya gambaran tentang alasan penolakan itu. Btw, saya mau tanya apakah blog ini http://buka-rahasi.blogspot.com adalah punya bapak juga? Saya bertanya karena alamat blognya mirip sekali dengan blog ini.

ujju putra said...

makasi sudah mau berbagi sangat membantu artikel nya...

Anang Banua said...

wah bagus banget ini, pengalaman langsung yg di tuangkan dlam artikel ini, mudah dipahami jadinya dan mudah di praktikan

Ahmad Khoirul Azmi said...

@netterku: seperti yang sudah saya bahas di atas, semua kaitannya dengan niche. Blog anda tidak memiliki niche atau fokus topik, selain itu isinya berita-berita yang pastinya memiliki sumber.

@Oke-reload: Bukan, itu bukan blog saya. Jika anda cari di Google, akan ada banyak nama blog yang menyerupai nama blog ini, bahkan ada yang pake template sama persis, kloning langsung dari sini. Buat saya ga masalah, tapi buat yang bikin seperti itu justru masalah, karena dia tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri.

@all: thanks and sukses terus jangan nyerah daftar adsense.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Didi: Sudah lebih dari setahun ini saya tidak bisa follow siapapun. Batasan follow oleh friend connect maks 300.

Sudirman cenrana said...

yuppp mantap..

Alfa S said...

Makasih om atas pencerahannya. Menarik dan bagus artikelnya ^_^

dicoba.info said...

Oh iya benar mas, saya lupa pada bagian Ini.
Berarti Blog saya ini kecil kemungkinan dong di Approve?
Klw gitu saya mw coba buat Blog yang satu Niche aja klw gitu. (dicoba.info) Bgaimana penilaian mas ttg Blog itu?

Oh ya mas, gimana klw Blog nya ngebahas 3 Niche. Saya ingin coba 3 Niche yaitu SEO, Komputer dan Kesehatan!
kasih saran mas, ane Bookmark dlu nih artikel. tq

infosaja.com said...

Untuk google adsense saya sudah agak sedikit sulit Mas,karena memang TOSnya banyak dan memang harus konsisten seperti yang Mas jelaskan tadi yaitu niche dari blog yang kita buat tadinya.

Abu Kholid Bali said...

mas saya ditolak GA karena alamat tidak lengkap, saya tinggal di desa g ada nama jalan maupun nomor rumah, gimana solusinya ya

Rahmat Aziz said...

Terimakasih penjelasannya berkaitan dengan google adsense. Setelah membaca artikel di atas saya menjadi tahu bila artikel sobat memang berkualitas tidak seperti halnya artikel di blog-blog lainnya. Keistimewaan tersebut dapat dilihat dari segi penulisan dan penyampaian yang ditulis oleh sobat Ahmad Choirul Azmi sendiri. Ketika saya sering mengunjungi blog/web berbasis bahasa inggris yang sudah cukup terkenal (menurut saya) artikelnya tidak kalah menarik sob. Saya sangat salut kepada anda dan juga senang sekaligus bahagia ada penulis yang menurut saya juga, dapat dibandingkan/disetarakan dengan penulis-penulis sekaliber internasional sekalipun. Asli sob, saya ingin menyampaikan ini dari dulu. Saya menyampaikan ini tidak asal comot dan komen aja, tetapi dengan segala pertimbangan. Intinya terimakasih deh dan sukses selalu bua blog ini!

Rahmat Aziz said...

O iya sob, sekalian mau tanya beberapa nih, maaf kalo kebanyakan atau kurang berkenan, berikut pertanyaannya:

1. Bagaimana cara mengatasi masalah bila ada orang yang sengaja ngeklik berkali-kali/click bombing iklan GA?
2. Apa satu akun cuma bisa satu web?
Terimakasih

imam mamen said...

mas ahmad, saya bingung, knapa dari 1 bulan kemaren blom dapat rank di alexa ? pliss jawab..
nih link blog saya : http://cyber-neutrons.blogspot.com/
bukan spam / promote

Didi Wirawan said...

ow, itu ya mas. nambah pengetahuan sedikit nih!

Cah Gembloengz said...

kemarin saya ditolak mas,,katanya belum cukup umur,,hahahay

Ahmad Khoirul Azmi said...

@dicoba: Menurut saya itu masih terlalu acak nichenya. Kalo anda memiliki topik teknologi, misalnya web, kemudian gadget, social media, menurut saya masih nyambung, tapi kalo kemudian dicampur dengan kesehatan, itu beda jauh. Kalo punya niche yang beda jauh, saran saya mending buat blog terpisah saja.

@infosaja: ya memang benar, mesti konsisten.

@Rahmat Aziz: Wah panjang banget, top dah. Saya malah jadi ga enak kalo disebut gitu, semua cuma dari pengalaman aja, ga kurang ga lebih. But thanks anyway :)

Untuk jawabannya:

1. Saya pernah mengalami itu, sayangnya di blogger tidak ada fitur yang bisa melacak lebih jauh IP, sumber kunjungan, dan data-data lain dari pelaku. Maka harus menggunakan statistik lain misalnya analytics atau histats, atau alat statistik lain yang lengkap. Sehingga ketika itu terjadi, kita bisa menyimpan datanya dan melaporkan ke Google, atau melampirkannya ketika dibanned. Saya dulu menggunakan AWstats di Cpanel untuk melacak itu, dan berhasil dikembalikan akun saya.

2. Tidak, bisa di beberapa web, asal sesuai dengan ketentuan adsense.

Good luck.

@imam: Alexa mengukur perubahan traffic untuk bisa memunculkan rank. Jika perubahan traffic belum signifikan, maka rank belum bisa dimunculkan. Itu wajar, apalagi baru satu bulan. Terus tingkatkan traffic.

@Didi, Gemblung, and all: Thanks and sukses dengan berburu adsensenya. Makanya yang banyak "makan" biar cukup umur. :)

Fajri Alhadi said...

wah keren nih cara2 nya..semoga di terima

syah roni said...

jadi geregetan nih baca artikelnya, bisa dong om jadi guru saya, saya kan juga mau jadi penulis

Hayardin Putra said...

selamat pagi Kang Azmee...saya sudah GALAU tingkat tinggi karena sudah beberapa kali mengirim permintaan tapi ditolak terus oleh eyang google...semoga setelah membaca tips di atas saya nantinya bisa di approve jadi publisher oleh google adsense. Amin

Ricky Aldiyansyah said...

makasih mas infonya sangat bermanfaat nih , pantesan gagal terus kalo aku daftar ke google adsense ternyata letak kesalahannya disitu hehehe... :D oia mas ditunggu artikel tentang populer post widget warna warninya :D



admin "variasi blogger"

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Syahroni: gimana maksudnya ya, saya kurang ngeh dengan guru mengguru :)

hayardin: Pagi, eh sore... Yup, semoga sob,

@Ricky: Yup, oke sob. Saya malah sama sekali belum ke dte nih :)

Ďetik ínfo said...

keren banget tipsnya, saya baca dari awal sampai akhir, saya pernah daftar adsense ditolak terus ni hehehe, bisa jadi acuan untuk pembelajaran

kletah said...

pantas dicoba secara perlahan-lahan mas azmee, saya beberapa kali mengirimkan permintaan, selalu ditolak dengan alasan yang tak jelas!

Netipli Teksiskom said...

hmm...saya sering ditolak aja om.. menyedihkan...

imam mamen said...

makasih mas, skrng udh dapat rank di alexa

Abu Kholid said...

mas apa benar GA g nerima blog yang ikutan kontes seo? dimana bisa lihat aturan itu mas,,, kalau memasang iklan GA bersamaan dg iklan PPC lain boleh g?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Abu: Tidak ada aturan tertulis mengenai itu, kan sudah saya sampaikan di atas, bahwa beberapa poin di sampaikan berdasarkan pengalaman. Tapi jika dilihat dari quality content guidelines, jelas artikel kontes SEO tidak memiliki value sama sekali, iklan Adsense yang diletakkan di halaman seperti itu tidak disetujui oleh Google, karena artikel kontes SEO tidak memiliki nilai sama sekali buat pembaca. Selain itu Google sangat tidak menyukai artikel seperti itu, sudah disebutkan di berbagai media mengenai itu.
Bisa disandingkan dengan iklan lain asal tidak menyerupai atau memiliki tampilan sama.

Aflah Nurcholis said...

Jadi pada intinya di konten ya mas.. Oke, saya akan coba buat konten yang berkualitas.. Bismillah..

Terimakasih infonya mas..

Bot said...

Terlalu lengkap, hehe. Tapi bagus nih artikelnya.

babol only said...

setiap kali saya daftar publisher GA, persetujuan pertama selalu diterima. Berdasar kebijakan GA, stelah persetujuan pertama diterima, kita harus memasang script iklan GA di blog kita, iklan tidak muncul namun hanya berupa space kosong berpadu dngan latar background blog. Itupun sudah saya lakukan, tpi kenapa saya selalu gagal ditahap ke dua? Informasi google ktanya, situs tidak sesuai dngan kebijakan webmaster google.
Padahal saya rasa, blog saya sudah sesuai dngan ketentuan google seperti yg mas uraikan diatas. kira2 letak kesalahannya dmn ya mas? Trima kasih

sofyan sahuri said...

teori tidaklah sama dengan praktek.
Yang saya tidak habis pikir adalah, bagaimana cara kerja jasa adsense??
mereka dapat meng approvekan blog yang masih berumur beberapa jam, bahkan terkadang cuma 1 artikel ditambah lagi bahkan blog belum ada sama sekali pengunjungnya?? (jelas blognya saja belum berumur satu hari).
bahkan mereka juga dapat meng approvekan blogspot yang sudah berkali-kali dibanned juga dalam satu hari bahkan 3 jam setelah pengajuan ulang??
apakah mereka pakai sulap atau gimana??

Ahmad Khoirul Azmi said...

@sofyan:
Apakah anda pikir yang di atas itu adalah teori? Tidak, semua di atas dari praktek. Saya tidak pernah mengatakan di atas bahwa umur blog harus lama,kurang satu bulan saja bisa diapprove. Saya juga tidak bilang JUMLAH traffic berpengaruh kan?

Nah, kalo masalah jasa Adsense. Tunggu dulu, ada beberapa hal yang tidak pernah dibicarakan di muka. Dan saya rasa memang tidak layak untuk dibicarakan. Ada beberapa trik khusus yang digunakan.

Tapi berdasarkan apa yang saya lihat, ada banyak kasus yang kemudian mandeg di approval tahap pertama saja. Alhasil, si Blogger bengong mau ngapain. Mau naruh di blog, adsense belum diapprove, cuma berisi blank doang. Kebanyakan terjebak di situ.
Yang full approval juga sama saja. Yang tidak diketahui adalah Adsense melakukan patroli setiap beberapa bulan sekali, peninjauan ulang: meliputi konten, asal traffic, potensi pelanggaran guideline, potensi click fraud, navigasi, dan masih banyak lagi. Walhasil, pada tahap ini biasanya pada rontok semua, bahkan ada yang belum dapet payout sama sekali. Oleh karena itu, apapun cara yang digunakan untuk approval dan hasilnya, itu tidak menentukan. Yang menentukan adalah efek jangka panjang. Percuma pernah diapprove Adsense, kemudian beberapa bulan di banned? Nah, apa yang saya sampaikan di atas mencakup itu. Bagaimanapun konten itu raja, apalagi untuk Adsense.

@Babol: Sebaiknya jangan cuma merasa, tapi benar-benar cek apakah memang situs melanggar Google Webmaster Guidelines atau tidak. Coba cek di sini: http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769

Kalo ada problem dengan penerjemahan nanti saya bantu.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Babol: oh ya, saya malah lupa, saya pernah menulis dan menerjemahkan poin2 penting webmaster guideline di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/quality-content-google-seo-blogwebsite.html

babol only said...

logikanya, apabila memang situs melanggar google webmaster guidelines, seharusnya begitu apply langsung ditolak. Klo saya persetujuan pertama (tiap kali resend apply GA) selalu diterima. Nah..ini yg membuat saya bingung mas? Kira2 knpa ya? Trima kasih sebelumnya mas..

sofyan sahuri said...

wew.. serius sekali menanggapi komen dari kami?? coba lihat ini:
''Jadi,
sebenarnya tidak ada
patokan pendaftaran
Google Adsense yang
super mapan untuk
diikuti''
itulah mengapa kami katakan bahwa:
''teori tidaklah sama dengan praktek''
hasil teori dari praktek anda, tidak sama dengan hasil teori dari praktek beberapa publiser yang sudah approve, meskipun toh ada beberapa kemiripan, tetapi tidak bisa menjadi pondasi pokok.
dan untuk jasa adsense mengapa mereka menyediakan garansi?? sesunggungnya mereka sudah mempersiapkan dengan matang apa bila terjadi seperti kata ini:
''Percuma
pernah diapprove
Adsense, kemudian
beberapa bulan di
banned?''
jika masa garansi dan entah ada angin apa terus di baned oleh google, sungguh di buatkan akun adsense baru lagi, gratis 100%, tapi dari pengalaman para publiser yang sudah lama berkecimung dalam google adsense mengatakan:
''setelah approve, maka adsense bertahan selamanya selama tidak melanggar TOS adsense''
jika tidak percaya mudah saja untuk pengujiannya, jika anda memiliki blog yang sudah approve, coba lakukan permohonan penonaktifan akun google adsense secara permanen, nanti anda akan mengerti, bahwa penonaktifan akun google adsense anda, tidak kalah sulit dan rumitnya ketika saat anda mendaftarkan ke google adsense untuk mendapatkan approve.
tapi terimakasih atas ilmu yang sudah anda tuangkan dari hasil pengalaman anda.
semoga berguna untuk yang lain.

dan jika boleh menambahkan jawaban buat,
@babol only:
Jika anda memakai blogspot, maka lakukan dulu saran dari mas Ahmad Khoirul Azmi, karena itu masih bisa di usahakan.
Akan tetapi jika anda memakai domain com, atau .co.id atau .net dan semacamnya, maka kami sarankan berhentilah mengajukan pengajuan ulang, karna anda akan capek, dan buatlah email baru.
semoga membantu.
terimakasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Sofyan:
Itu berdasarkan pengalaman anda. Berdasarkan pengalaman yang saya lihat dan keluhan2 yang saya dengar, banyak pengguna jasa adsense yang tertipu, tidak ada garansi, cuma lolos tahap pertama setelah itu gagal, dan akhirnya rawan banned. Kesimpulan saya satu, anda dari jasa adsense? Hahaha

Ahmad Khoirul Azmi said...

Oya, satu lagi:
''setelah approve, maka adsense bertahan selamanya selama tidak melanggar TOS adsense''

Statement di atas tidak bisa menjadi landasan 100% karena yang anda maksud dengan TOS adsense tidak dipahami oleh semua orang. Selain itu, "testimoni" satu atau dua orang, bahkan 5 orang sekaligus tidak bisa menjadi bukti yang lainnya. Kebanyakan yang mendapatkan approval dari yang anda sebut sebagai jasa itu menaruh adsense di blog yang mereka tidak ukur dengan TOS itu.
Itulah mengapa saya menulis artikel di atas. Kenyataan bahwa anda MEMPERTAHANKAN mati-matian pendapat anda mengenai "jasa adsense" tidak mengurangi esensi yang saya tuangkan lewat tulisan di atas, lagipula saya sama sekali tidak menyinggung mengenai jasa adsense.

zhaly.com said...

terima kasih tutorial adsensenya bang,,moga besoknya kalok saya daftar adsense bisa diterima,,heehe

allp pudin said...

info Yang bermanfaat untuk mempelajari baned Adsense.

blogmashanif said...

hadul saya udah 4 hari belom ada perberitahuan diterima sepenuhnya -_-

Al alfret said...

Rame banget

Ikutan ahh wkwkw

Mampir om http://www.dhediy.blogspot.com

Tiyo Kamtiyono said...

Wow, infonya komplit banget Pak, sekedar berbagi saja nih, kemarin ada temen yang membuat blog baru juga, dalam waktu sekitar seminggu sudah diapprove google adsensenya. Heran juga saya, padahal menggunakan bahasa Indonesia juga, disamping artikelnya juga banyak yang kopas :D

Ada apa dengan Adsense sekarang ya, dulu waktu saya daftar blog saya yang berbahasa Indonesia yang sudah berumur setahun langsung disapprove, baru bisa on waktu yang saya ajukan blog satunya lagi yang berbahasa inggris dengan traffic yang cuma beberapa puluh/hari.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo
Google Adsense biasanya akan sangat mudah tergiur dengan niche mas, jadi kadang tidak memikirkan lebih jauh apakah ada konten yang sebenarnya copas. Tapi begini, dari 11 akun yg pernah saya daftarkan, 5 diantaranya koleps karena kasus itu. Mungkin karena si pemilik akun setelah beberapa waktu kehabisan bahan, tapi harus kejar tayang, dia mulai copas. Nah, pas ada inspeksi Adsense, apes. Terakhir 2 akun dibanned bulan februari dan maret kemarin. Dari ke-5 itu, baru 1 yg pernah PO.
Google Adsense tidak tertarik jumlah traffic, tapi niche, selama niche disukai google, blog belum bertraffic pun bisa diapprove. Tapi memang diakui, Adsense sekarang jauh lebih mudah dari jaman kita dulu.
Tapi dari pola yang saya pelajari sejauh ini, Google akan melakukan "sidak" alias inspeksi mendadak. Biasanya banyak yang koleps pada masa ini. Tiba2 iklan menghilang, dan ada email datang dari adsense. Kebanyakan kasus copas, click fraud, click sendiri, dan masalah konten/artikel baru yg tidak sesuai. Menurut saya ini adalah "approval" yg sebenarnya. :)

Ilham Pratama said...

kunjungan bayi nih gan. maklum newbie baru 22 hari umurnya.
mohon bantuan dan tips tips menariknya. sukses selalu ya gan

Budi Mulyono said...

Niche kayaknya lebih diutamakan deh mas, dan juga konten yang bisa meberikan manfaat.

Saya gap pernah daftar adsense, sewaktu bikin blog lowongan kerja ditawarin uangkan di dashard saya coba dan lsg bisa.
ini alamat blognya http://www.lowongankerjakaltim.info
Alhamdulillah sudah PO beberapa kali

Kemudian saya buat yang lain sejak boleh bahasa Indonesia dengan niche tertentu seperti
Tentang jerawat
Tentang Hosting
Tentang Kanker
Alhamdulilah masih jalan...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu yang saya maksud mas dengan yang saya tulis di atas. Dengan niche yang jelas, approval dan earning jauh lebih mudah karena pengunjung lebih tertarget. Sukses terus :)

iim malmsteen said...

Boleh minta saran tentang blog saya om ?
Terlalu-unyu.blogspot.com
Btw nice info om , sangat membantu sekali ,
Terimakasih sebelumnya

muhamad saifuddin said...

makasi buat tipsnya gan
semoga bermanfaat

sergius leski said...

Terima kasih mas info nya, saya baru daftar GA seminggu yang lalu tapi belum ada pemberitahuan kalau sudah diterima sepenuhnya. Tetapi tidak jadi soal yang penting para pengunjung blog saya bisa mendapat apa yang mereka cari. Kalau diterima ya anggaplah bonus kalau tidak ya bukan berarti kita berhenti membagikan informasi. Setuju dengan kalimat "Konten adalah raja". Maju terus mas untuk blognya.

Agus Alfian said...

wah, artikel nya bagus sob, ahrus coba nich

CT said...

saya baru beberapa hari ngeblog...jadi pusing baca dan belajar tentang dunia blogging, tapi tetep harus semangat!

kurnia adq said...

waah.... postingannya bermanfaat sekali Kak :D
Saya Newbie... yang sedang berusaha buat nulis blog.
Saya dari dulu pengen banget nyoba Adsense... tapi belum kesampaian kak :(
Istilah-istilahnya kebanyakan ga ngerti >.<

chaidir.web.id said...

Bermanfaat nih pembahasannya.. :-D

Blog nya saya sifatnya masih personal blog mas.. Jadi isinya hampir bisa dibilang campur aduk gitu tapi saya selalu menulis artikel yang memang berasal dari pengalaman dan pengetahuan saya pribadi..
Kira-kira kalau begini apa emang susah yaa?? Jadi saya harus nyari satu niche aja nih kalau emang mau daftar adsense?? Atau masih ada kemungkinan kah??

Mushlihin Al-Hafizh said...

Kalau menurut saya justru yang blogspot sangat mudah diaproove :)

sefticxa putri said...

aku juga mau tapi sayng umurku baru 16 th.. sebenarnya pengen bgt.... :( dan aku gax tau cara daftarnya..

Indra wahid said...

makasih gan. saya juga pernah daftar ke adsense tapi sering ditolak ya baru kedua kalinya. yang penting mah
"BLOGGING WITH LOVE"
setuju ya gan?

Aditia Novit said...

Banyak juga ya mas persyaratannya pantas saja banyak blogger yg galau dibuatnya termasuk juga saya :-D

Aditia Novit said...

Banyak juga ya mas persyaratannya pantas saja banyak blogger yg galau dibuatnya termasuk juga saya :-D

Akhsan Akbar said...

tips yang bermanfaat..

mardi i said...

Maksih mas infonya, saya sudah buat custom domain, namun masih ragu-ragu untk datfar adsense, karena domainnya masih baru, dan tulisannya masih sedikit, tapi tipsnya mantap............

wahyu pratama said...

Mau nanya nih.
1. Sbenarnya saya masih bingung soal kontent.
Ini kontent yg saya punya kebanyakan copas, tapi ditranslate ke English. Apa GA bakal mempertimbangkan hasil translate ini?

2. Soal niche, saya ada 8 dari 50 artikel yg isinya beda. Mostly sih artikel travel, but ada juga yang tentang sejarah, hukum, penetahuan umum. Apa google mempertimbangkan juga yg 8 artikel itu?

Mohon bantuannya :)

wahyu pratama said...

Oh iya lagi satu, apa komentar" yg banyak mempengaruhi approval blog kita terhadap GA?

Ahmad Khoirul Azmi said...

1. Kalo soal penilaian konten, saya tidak tahu persis bagaimana cara Google menilainya, itulah rahasia Google. Tapi yang pasti, yang akan sangat mencolok adalah hasil translate anda, apakah grammarnya kacau atau tidak, apakah susunan kalimatnya wajar atau tidak, dan seterusnya. Itu yang paling mudah dilihat oleh siapapun.

2. Google akan melihat mayoritas, dan apakah mayoritas artikel dengan tema sama tersebut akan membentuk niche spesifik.

3. Komentar (interaksi pengunjung dengan website) tidak masuk penilaian Google adsense.

That's the point :)

wahyu pratama said...

1. Kebanyakan tips approval GA yang saya baca sih biasanya untuk blog yang dengan seluruh/sebagian besar kontent nya berbahasa inggris bakalan lebih mudah diterima.. Apakah benar demikian?
2. Niche spesifik semacam menu dropdown kah?
3. sepakat :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Wahyu:
1. Tidak juga. Sudah 2 tahun ini Google secara resmi menerima konten berbahasa Indonesia sebagai bahasa yang bisa digunakan untuk Adsense. Justru kalo konten anda berbahasa Inggris tapi grammar dan kalimatnya kacau maka susah diterima.
2. Niche = topik/tema spesifik yang diusung oleh blog.

ilmu-duniadanakhirat said...

mencari uang dari GA ternyata susah. pantes dulu, saya umur 16an daftar di GA. baru deh umur 17an nyadar kalo GA itu terima untuk umur 18.. Ya Tuhan -_-

Edi Rochman said...

bos kursus offline buat blogspot yang bagus tau ga, saya ga sempet kl cari2 dulu materi di google. tlg email sy, tyks

Ahmad Khoirul Azmi said...

Wah saya justru kurang tau masalah kursus offline blogspot. Jika berminat konsultasi, kontak saya saja langsung lewat contact form.

Taufiq Ibrahim said...

info yang bagus sob, klo cara Pay out nya gmana sob, yang lewat Western Union ??

Thanks.

ngomong²blog saya yang ini bakal di terima/approve ga sob ?? http://taufiq-ibrahim16.blogspot.com/

blog nya masih tergolong baru, Visitor nya 0 ._. , tapi Artikel nya saya ketik sendiri dari 0.

kita-aceh said...

saya tadi siang jam jam 3 uda ngirim permintaan untuk GA, trus jam 5.25 dapet email dari GA,,Alhamdulillah tahap pertama lewat,, tinggal nunggu tahap kedua,, mudah mudahan lewat dan juga sukses .... aamiiinn

herfianto chen said...

thanks bos atas infonya,,
saya mau nanya klo untuk blogger jika beli domain tanpa harus membeli hosting sudah bisa memakai custom domain..
beda dengan platform wordpress yang harus membeli domain dan hosting agar bisa memakai custom domain,,

untuk blogger apak tidak masalah dengan hanya membeli domain saja?

wisatasulawesi.com said...

Ulasannya sangat bermanfaat. Dan menambah wawasan tentang dunia blogging bagi blogger pemula seperti saya. Semoga saja saya bisa ikuti & terapkan konsep "Buat Adsense untuk Blog"

Terima Kasih.

Arif Rahman Hakim said...

Terima kasih sudah berbagi tips penting

eleysonc said...

terima kasih gan, menjadi motivasi saya ini..
suka dengan kata katanya buat adsense untuk blog
happy blogging ^_^

awin winata said...

saya cuma mau nanya satu hal untuk konspirasi kemakmuran blog saya om agan :D
blog saya masih labil ekonomi. minta alamat google adsense yang valid donk???

jayatron.com said...

Kalau artikel < 30 bsa lo2s gax gan ?

wongmatoh.com said...

blog gw pernah ketrima dulu, tapi karena melanggar UU adsense akhirnya di depak. sekarang lbh mudah daftarnya bs daftar lewat youtube dan gw sendiri dah daftarin dua account tp sayang tidak bisa gw pake di blog yg custom domain. ni lg gw coba bwt upgrade ke full

illaundaitti said...

Trima kasih atas infonya.
Salam.

Mumu Lala said...

terima kasih tipsnya mas, ngomong2 blog ini ko ga pakai AdSense

aditya-cyber4rt said...

Wkwkwkwk,,

Ane ditolak sama google adsense.

Ukie said...

Infonya bagus mas..

saya sebagai pemula blogger jadi lebih paham..

Zippien Andrian said...

gw setuju ama paling akhir nih :D buat blog jangan memikirkan adsense dulu wkwkw

Rudy Hartono said...

makasih informasinya sangat bermanfaat sekali

mila karmila said...

saya pernah tu daftar di google adsense,, tapi, di tolak,, trus maw daftar lagi gimana

cermatika said...

karena ditolak GA langsung banting setir ke Chitika dan di Approv...berapa lama iklan akan muncul di blog kita?

Albeit Suryahsyah said...

mas mau nanya ni blog yang bertemap pertanian apa bisa diterima google adsense

Rudi Haryono said...

Mau tanya sdikit nih, kalau website review clickbank di daftarkan Google adsense di larang apa tdk mas?

Liny Hyukiee said...

dari sekian banyak cari tau tentang daftar adsens baru di artikel ini saya mengerti tentang berbagai syarat dftar dan agar bisa di approve dri sana.
terima kasih untuk infonya mas..

Ahmad Khoirul Azmi said...

berarti itu website review sekaligus afiiate ya, menurut pengalaman saya akan sangat sulit mas

ferdon baho said...

thanxs infonya mas...sangaat bermanfaaaat sekaliii....
blogg saya ( baho-punya.blogspot.com ) juga susah daftar adsense mas,smpe skrg blom bisa jg terdftar...
mohon pencerahannya mas AHMAD....
maklum saya masih pemula ( tahap belajar ngeblogg )

thanxs.
salam kenal all

Dannie Yuuhi said...

Misi gan,, ane sudah nyerah ngajuin adsense,,
sudah puluhan kali ane ajuin, ane perbaiki, puluhan kali pula ditolak.

alasan ditolak selalu aja "Konten tidak memadai".
bisa tolong review blog ane gan, kurangnya apa sih...?
blogduniadhani.blogspot.com
makasih

ahmad mundzir al-musawa said...

wah gt tho, berarti blog saya masih kurang bagus, sa perbaiki lg.. thanks atas infonya sangat bermanfaat...

riki darmadi said...

cara menyelesaikan tahap dua gimana bang ??

Wahyu Aribowo said...

sangat setuju "tapi ikuti konsep "Buat Adsense untuk Blog" bercermin dulu .. introspeksi sudah pantaskah blog didaftarkan ...? sabar ojo kesusu

prahman.com said...

buat adsense dari youtube paling gampang.
yang susah buat adsense dengan domain sendiri (domain [dot] com
haduh... udah capek ditolak

ditreskrim umum said...

Mantap penjelasannya sangat detail makasih ya infonya

Alex Xmail said...

Bang Azmi boleh minta pendapatnya , saya sudah daftar Addsense 5 kali namun tidak di approve juga , mohon bantuannya kalo sekiranya website saya ada yang kurang baik


www.AnimeSinema.com

Dodi Hartadi said...

ma’af ya mas, saya mau tanya 2 hari yang lalu saya daftar adsense, tapi di email ga ada pemberitahuan apa-apa, terus saya penasaran lagi iseng langsung masuk ke adsense, tiba-tiba saya bisa masuk dan suruh pilih unit iklan kalu pendapat mas gimana……….?

itu yang pertama yang keduanya apa yang saya harus saya lakukan terus terang saya masih bingung dan belum mengambil iklannya karena masih bingung,

blognya ajah baru 2-3 mingguan dibikin, saya minta sarannya mas

A Mahfuda said...

saya pernah di tolak, kemudian saat saya ingin mendaftar lagi akan tetapi dengan alamat yang berbeda, tapi kenapa alamat yang ditolak tersebut masih muncul dan tidak bisa diganti.. mohon bantuannya..

hoiril mochtar said...

terima kasih sebelumnya. artikelnya sangat membantu.
tpi kenapa blog saya ga di terima" oleh GA ya mas?
ada teman saya baru buat blog kemudian daftar GA langsung di terima... apa ada yg salah dengan blog saya
http://oneclickunduh.blogspot.com/
padahal saya ga melakukan larangan yg sudah di sebutkan di artikel ini... :( pusing dah mas. mungkin bisa membantu

Mis Ruchan said...

Lagi review adsense kedua, semoga aja cepet diterima

LNK20 said...

makasih infonya..comment balik blog ku ya..apa ada yang kurang diblogku..makasih..
lnk20.blogspot.com

umar danny said...

waduuuh yang coment banyak benar ya, mantaab dah blognya...terima kasih untuk informasinya tentang GA mas...

bahaya--narkoba said...

mantep bner artikelnya gan...informatif dan byk masukan yg bisa diambil..bahasanya jg lugas n jelas

Tekno Muda said...

terimakasih.. :D

Erin Nurdini said...

klo masuk via youtube terus daftarin blog yang melanggar TOS adsense (meski tidak keseluruhan konten) apa yg akan terjadi???mohon penjelasannya???hatur nuhun

Ahmad Khoirul Azmi said...

@erin: sama saja. apabila akun anda terbukti melanggar kebijakan konten, anda akan mendapatkan warning, biasanya disabled sementara (iklan tidak tampil). Lalu anda diminta untuk memperbaiki permasalahan dan mengajukan review ulang dan pernyataan bahwa anda sudah memperbaikinya. Biasanya untuk kedua dan ketiga kalinya akan mendapatkan banned.

novi astuti said...

bener-bener pencerahan yg luar biasa . .. . . rebuilt lagi dah klo kyk gini caranya Y_Y

novi astuti said...

mas boleh tanya2 dikit, ....
misal blog hanya berisi gambar dan minim paragraf gtu kira2 bsa di approve ga ya ?
makasih atas jawabanya. . .

Ahmad Khoirul Azmi said...

@novi: jika gambar2 itu dianggap google tidak melanggar hak cipta siapapun serta memiliki value bagi pengunjung dan iklan yang akan ditampilkan, maka kemungkinan approval besar

Rezky Alfiand said...

terima kasih banyak pencerahan nya mas :)

novi astuti said...

terima kasih mas ....
eh satu lagi, untuk mendapatkan GA apa harus masuk dalam SE halaman tertentu google mas ? maaf banyak nanya ^^

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak, peringkat di SE tidak menentukan apakah sebuah website diterima adsense atau tidak, tapi catatannya, potensi traffic anda harus organik atau tidak dibuat-buat, salah satu sumber traffic organik adalah SE.

novi astuti said...

berarti meskipun trafic per hari sdikit msh punya peluang untuk dpt GA ya mas ?

Izendy Abdillah said...

artikel anda mungkin sama dengan yang ini gan,,,,
http://www.seowaps.com/2013/05/cara-blog-di-terima-google-adsense.html

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Izendy:
Jelas itu copas dari artikel ini.
Terima kasih untuk informasinya untuk segera saya tindak lanjutin.

Und Efined said...

mau tanya mas, kalo jumlah post minmal buat mendaftar berapa ya?.
soalnya waktu saya mendaftar, konten kurang memadai terus. thanks before mas

Und Efined said...

trus saya mau tanya 1 lagi mas. akun GA atas nama saya kan pernah di disabled. Apakah saya bisa mendaftar lagi dengan nama yang sama? Kalau tidak, bagaimana caranya biar bisa mendaftar lagi? trims

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak ada aturan yang menyebutkan tentang jumlah post, Karena adsense intinya adalah untuk website yang bisa dikategorikan sesuai oleh Google Adsense. Tapi untuk blog, saya sarankan punya post memadai paling tidak sekitar 20-an.

Maksudnya disabled bagaimana, dibanned atau disabled karena masih dalam proses daftar dan belum diapprove?
Kalo memang disabled karena banning, gunakan akun lain, misalnya salah satu anggota keluarga dengan data dan detail asli sesuai ktp, demikian juga emailnya tidak boleh data palsu.

Und Efined said...

oh gitu ya mas, thx mas pencerahannya.

utk jmlah post itu mas sya masih bingung, konten saya bersih dari copas, saya liat blog tmn baru 20 post udah di setujui. padahal post saya udah 43 dan konten masih kurang memadai.

boleh diliat aja mas di http://i66m.blogspot.com

Fank Arsip said...

Siiip.,saya setuju,,,,,sharing yang bermanfaat dan bernilai....yang membawa orang untuk mawas bukan terburu-buru.....

Andi Supriatna said...

artikelnya sangat menarik bgt mas, saya sangat tertarik nice artkel,

mohon pencerahan tentang blog saya mas, saya udah pernah coba daftar adsense tp ga diaprove, saya pengen tau apa yang kurang diblog saya ya? mohon pendapat mas nya nh, apa niche nya blum dapet? atau harus bkin blog baru?

mohon pencerahaanya, maksih banyak mas

admin said...

Klo blog saya banyak adf.ly nya, bs kah diterima google??

Dzaky Dewan said...

Mantap kali postingan nada, saya sangat suka artikel ini, menambah wawasanku ttg dunia adsense.

Dikky permana said...

Super sekali artikel dan pembahasan nya sangat mudah di pahami.
Oia Saya mau nanya dong ko blog agan gak di daftar kan ke google adsense atau sudah mendaftar sebelum nya.?

Saya lihat blog ini sudah luar biasa pasti google pun tertarik untuk bekerja sama dengan blog agan ini.

wirman valkinz said...

terima kasih sob untuk penejlasannya sangat mudah di mengerti, semoga GA saya bisa cepat di apporve ,,amin
http://www.wirmanvalkinz.tk

Princess Kaurvaki said...

Trims mas untuk pencerahannya. Sepertinya harus fokus benahi blog dulu nih

Liv Ina said...

Berarti klo misalnya Traffic terbesar itu ada di FB, Twitter dan Lintasme.. gk akan diterima ya?

Andy Ganang Pratama said...

saya mau daftar pake blogcepot om, katanya harus masuk dengan akun google yg terdaftar adsense, terus ane daftar adsense harus masukin domain mandiri. dan ada tulisan daftar lewat bloger, dan gitu aja muter'' gan, kalo gitu gimana ya om,..

Coms Qu said...

Terima kasih nambah motivasi , ternyata memang keinginan itu mengalahkan segalanya jadi mending berjalanlah dulu dan semoga bisa di ACC amin .. sukses untuk semua

opi neutron said...

5 kali daftar tetep di tolak gan

Eka Julianto Arif said...

pengen ikut adsense, takut ditolak lagi... nyimak dulu deh..
klo blog pribadi yang isinya motivasi kira-kira gimana? www.ekagoblog.com

Ibadu Rohim said...

apakah adf.ly mempengaruhi riview ke dua? ane 2kli dtolak GA.

Jeck-Entermedia said...

Mohon maaf mas mau nanya saya punya blog artikelnya hanya tentang pengalaman atau cerita masa lalu ketika saya daftarkan ke GA ko ga di Acc ya mas pada hal nih hanya 1 nische. Lebih lengkapnya keluhkisahku.blogspot.com mohon penjelasanya mas. Terimakasin

Ahmad Khoirul Azmi said...

Pengertian dari niche itu bukan sekedar topik, tapi topik yang memiliki nilai ekonomis. Misalnya, anda sebagai tukang masak, maka niche anda adalah kuliner, misalnya. Anda suka reparasi komputer, maka niche anda adalah teknologi, spesifiknya komputer.

Sedangkan jika anda menulis tentang hal-hal pribadi, itu sama sekali bukan niche. Kasarannya begini, advertiser cari konten yang bisa mewakili atau menarik dan bisa mendukung iklannya. Kalo tidak sesuai, tidak banyak dicari, maka dia tidak akan memilih topik atau konten tersebut.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@ibadu: kalo sekedar untuk memendekkan link tidak masalah, tapi kalo anda menggunakan adfly sebagai bagian dari iklan (redirect, insterstitial page, dll), jelas akan ditolak Adsense

Cito said...

wah saya baru saja custom domain dan belum sampe sebulan, tapi sudah minta naik status jadi full adsense, makanya belum di approved juga sama simbah

aditya akbar said...

saya baru umur 15 tahun pak hehehe , gak boleh begituan hehe :3
tapi kalo misal umur 15 tahun, trus pake akun gmail yang 18 tahun + apa bisa di approve? dan ketika PO uangnya dikirim lewat WESEL POS bisa gak yah ? hehe soalnya baru 15 tahun :v gak punya BANK :v dan satu lagi nih hehe, apa pas nerima uangnya ditanya KTP ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

pake aja akun asli lain yang sudah 18 tahun plus, bisa kakak, bapak, dll.
Pembayaran via cek dan western union. Paling mudah western union, gak perlu akun bank, yang penting pada saat pengambilan yang ngambil ikut dan bawa ktp-nya. Ngambil western union bisa di kantor pos, agen, dan bank-bank yang jadi agen.

Yulianto said...

nice infonya gann...jadi sebagai sumber referensi dalam mendaftar GA.. :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

oke sukses buat blog-nya sob

Teguh Wiryanto said...

wah mantep, bisa langsung dicoba

Erwan Budy said...

Nice Artikel Gan.. jadi semangat daftar ke GA :) Bismillah..

Amirul Latif said...

mas mau tanya nih
untuk pembuatan blog baru trus bisa di full approve Google butuh brapa lama atau brapa artikel ya?
baru seminggu buat blog ini mas pengunjung ya udah lumayan si
tapi masih ragu daftar GA soalnya pernah baca umur blog minimal 6 bulan
mohon pencerahannya mas :D

Ahmad Khoirul Azmi said...

umur website / domain 6 bulan minimal, cuma berlaku di India dan Cina. Selain itu, tidak ada aturannya. Yang penting kontennya sudah memadai, dan itu juga tidak ada jumlah fix harus berapa. Saran saya fokus dulu ke mematangkan blog, tunggu lah kira2 hingga usia satu bulan lebih asalkan kontennya ori dan update terus.

Motroad Otomotif Motor said...

Mas mau nanya.. berapa organic search yang dibutuhkan untuk mendaftar adsense,,,

apabila traffic lebih banyak dari social media share apakah diterima meskipun trafficnya besar perhari.. terima kasih www.motroad.com

Ahmad Khoirul Azmi said...

Yang jelas organic search persentasenya di atas sumber traffic lain, misalnya dari Facebook.

Arang Jaga said...

wah informasi yang bermanfaat gan, senang bisa membaca nya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap