Cara Setting/Memindahkan Blogger ke Custom Domain (TLD)


Custom domain adalah domain yang bersifat unik. Artinya domain itu memiliki identitas yang tidak sama dengan domain lain dan dibuat sesuai dengan keinginan si pembuat domain. Custom domain juga lekat dengan istilah Top Level Domain (TLD) atau domain dengan level teratas dan hanya memiliki satu ekstensi (.com, .net, .info, dll). Setiap website berhak memiliki custom domain dengan syarat domain yang diinginkan belum dimiliki/dipesan oleh pihak lain.

Artikel ini memuat tutorial cara mengubah/mengganti subdomain blog berplatform Blogger (myblog.blogspot.com) menjadi top level domain (myblog.com). Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari menggunakan custom domain/TLD, diantaranya adalah untuk menunjukkan profesionalitas blog, prioritas blog, serta melepaskan atribut subdomain yang disediakan oleh platform layanan blog. Namun demikian bukan berarti yang menggunakan subdomain tidak profesional. Saya pribadi tetap mempertahankan subdomain blogspot.com pada blog ini karena sudah sangat merasa nyaman dan tidak mengurangi value apapun. Tapi jika sobat belum pernah dan ingin mencoba menggunakan custom domain pada blog, sobat dapat mengikuti tutorial ini.

Keunggulan menggunakan Blogger adalah kita tidak perlu repot-repot menyewa hosting untuk menyimpan file-file blog karena Blogger tetap memberikan layanan hosting gratis sama seperti ketika menggunakan subdomain. Jadi yang perlu dilakukan hanyalah mengubah domain saja.

Ada tiga langkah untuk menggunakan dan mengubah/mengarahkan blog berplatform Blogger ke custom domain baru:
1. Membeli dan mempersiapkan custom domain di webhosting/domain hosting/penyedia domain.
2. Melakukan setting  DNS melalui fitur manage DNS.
3. Menambahkan dan melakukan redirect ke custom domain melalui setting Blogger.

Mempersiapkan Domain

Sobat dapat membeli domain di penyedia jasa web/domain hosting manapun sesuai keinginan, bisa menggunakan ekstensi .com, .net, .us, .info, .us, .asia, .me, dll. Khusus domain web.id dan sejenisnya, sobat dapat membelinya melalui layanan web/domain hosting atau langsung memesan ke PANDI. Harga domain berbeda-beda tergantung ekstensi. Setiap web hosting pasti menyediakan layanan pembelian domain tanpa hosting. Setelah masuk ke situs webhosting, pilih menu yang disediakan untuk membeli domain saja (biasanya menu dinamai "Domain"). Pilih ekstensi dan ketikkan nama domain sesuai keinginan. Jika domain tersedia/available (belum dimiliki orang/pihak lain) sobat bisa langsung melanjutkan ke transaksi pembelian. Jangan lupa pesan juga fitur "Manage DNS" (biasanya gratis dan satu paket dengan domain). Fungsinya adalah untuk mengarahkan IP, domain dan subdomain (i.e. www). Transaksi pembelian hampir sama dengan  transaksi online lain. Jadi tidak perlu dijelaskan di sini. Setelah transaksi verified dan selesai, sobat akan mendapatkan akses ke panel (semacam Cpanel) untuk menyetting dan mengontrol domain dan DNS hosting yang sudah dibeli.
Note: sebelum domain dibeli sebaiknya perhatikan dahulu hal-hal penting sebelum memilih / membeli domain. Saya pribadi, biasa menggunakan layanan domain dari NameCheap, karena cukup murah namun fitur sangat lengkap dan banyak yang gratis.

Melakukan Setting DNS

Sobat perlu mengarahkan dan mempertemukan domain dengan IP server dimana blog sobat dihosting, dalam hal ini adalah server Google.

Ada 3 macam setting pada DNS: A Record, Cname, dan MX Record. Untuk mengarahkan domain, kita menggunakan A record untuk mengarahkan IP dan Cname untuk mengarahkan subdomain (www). Di sini saya menggunakan contoh gambar pada setting domain milik klien yang dihost di sebuah web hosting. Akan ada sedikit perbedaan tampilan fitur manage DNS masing-masing webhosting, namun intinya sama saja.
a. Mengatur subdomain (www) pada Cname
Blogger tidak mengijinkan blog yang dihost di Blogger menggunakan naked domain secara langsung, Sehingga kita harus melakukan setting dan menggunakan subdomain www.
-Pilih menu Cname pada manage DNS, buat satu kolom baru, dan masukkan www di depan nama domain. Lalu isi value/hostname dengan ghs.google.com.
blogger custom domain
- Save setting.
b. Langkah kedua adalah mengarahkan domain ke IP Google.
Sebenarnya, sobat dapat langsung mengarahkan Blogger ke domain yang telah disetting dengan www melalui Cname, namun akan bermasalah jika pengunjung masuk melalui domain tanpa www karena fitur redirect sering gagal jika domain tanpa www (naked domain) tidak diarahkan terlebih dahulu.
- Pilih menu A Record pada manage DNS, buat empat kolom dan masukkan server IP milik Google berikut pada kolom "Destination IP" (IP tujuan):
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
setting domain pada blogger
- Kemudian save setting.
Sampai di sini, setting custom domain sudah selesai. Setidaknya butuh waktu beberapa jam hingga 24 jam untuk DNS resolve and propagation (update setting baru). Sehingga domain tidak bisa langsung digunakan begitu saja.

Redirect Blog Ke Custom Domain Baru

Pada tahap ini, sebaiknya sobat menunggu dulu hingga setting DNS di atas resolve atau mengarah ke tujuan baru sebab jika blog langsung diarahkan ke domain baru sebelum DNS resolve, pengunjung yang masuk akan melihat error. 

Untuk menambahkan dan redirect blog ke domain baru, perlu dilakukan setting melalui dashboard Blogger:
a. Masuk ke dashboard > pilih menu setting pada blog yang ingin diberi domain baru > menu ini langsung menuju pada submenu basic.
b. Lihat ke kanan pada bagian publishing > blog address.
c. Klik add a custom domain/tambahkan domain ubahsuasian.
add custom domain
d. Lewati fitur buy a domain karena sudah memiliki domain yang dihosting sendiri dan langsung klik advanced setting.
domain advanced settings
e. Masukkan nama domain (dengan www) dan klik save.
add domain name
f. Setelah di-save, klik "edit" di sebelah kanan nama domain baru. Di bawah nama domain akan ada opsi "Redirect domainmu.com to www.domainmu.com", inilah yang nanti berfungsi me-redirect naked domain ke www. Centang checkbox di sebelahnya, lalu save lagi.

Nah, kini semua tahap setting domain baru blog Blogger telah selesai. Domain baru sudah dapat digunakan oleh sobat dan pengunjung.

Knowledge base - What you should know about Custom Domain in Blogger:
1. Blogger menggunakan fitur redirect otomatis. Ketika pengunjung masuk melalui nama domain (subdomain.blogspot.com) yang lama, dia akan diredirect ke domain baru, sehingga sobat tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung lama.
2. Jenis redirect yang digunakan adalah 301 redirect (permanent redirect) sehingga bagus untuk search engine dan usaha SEO. Link juice akan mengarah ke semua url baru sehingga pagerank dan ranking SERP akan ditransfer ke url/halaman/domain baru, tentunya dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam 1 - 3 bulan) setelah semua proses redirect "diendus" oleh search engine.

Jika ada problem, silahkan bertanya melalui komentar atau langsung berhubungan dengan CS pada domain/web hosting dimana sobat membelinya. Mereka dengan sigap akan membantu hingga setting domain beres.
Ke depan saya akan share tutorial membuat subdomain melalui Cname, membuat custom email melalui MX Record, dan beberapa tips trik domain lainnya. So, don't miss it! And, of course, have a nice blogging, as always...

Cara Setting/Memindahkan Blogger ke Custom Domain (TLD)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 129 Comment(s):

Novi Effendi said...

saya sudah membeli domain di http://www.namecheap.com/ melalui kawan, trus kalau ingin membuat sub domainnya dia gak bisa... katanya di blogger susah...! Nah ada nggak artikelnya tentang cara membuat sub domain... syukron ya...

Faried Sulthon Al-Husna said...

Assalamu'alaikum... Nice info gan! Thanks Informasinya! Bermanfaat sekali! :D

Djangkaru Bumi said...

Rencana saya juga mau membeli domain, jika blog saya nanti sudah rapi.

M. Bahrori Rohza (Toyiq) said...

kalo membeli domain harus satu paket dengan hosting ya gan???

Ahmad Khoirul Azmi said...

@all: thanks and sukses buat top level domainnya.
@Novi: Belum ada artikel mengenai membuat subdomain. Seperti yang saya sampaikan di akhir artikel, tips mengenai membuat subdomain akan saya post pada kesempatan mendatang.
@Bahrori: Tidak. Domain dapat dibeli secara terpisah dan tidak perlu beli/sewa hosting.

OrbitPedia Dan Technologi said...

wah jd referensi nih..

Sugiman Alkaromah said...

gan, kalo pake domain gratisan kaya co.cc tuh sma ga setingnya? n q pnah nyoba jga di www.000webhost.com tu bsa dpke jga? tks,

Ahmad Khoirul Azmi said...

agak beda, co.cc menggunakan zone editor. tapi sebenarnya hampir sama dengan setting dns di atas. 00webhost itu buat hosting web (server) gratis, beda dengan domain hosting, meskipun juga menyediakan layanan pembelian domain.

Sugiman Alkaromah said...

klo gitu, mta btuanx, gmna bkin domain di co.cc buat blogspt. step by step seting x. cz msh bingungan c,, :D
tks b4

Anonymous said...

bagaimana cara membuat permalink seperti mas khoirul azmee kalo bisa share dongg soalnya keren mas

Reggy Zian Purnama said...

menggangti domain ke TLD mmg gampang gan azmee, tetapi dapet uang buat beli domainnya susah. heheh :D

oh iya gan, gimana cara buat rating di pencarian google itu? ane udh masang trus di tes di rich snippet tools muncul ratingnya, tetapi saya tes di pencarian ratingnya tidak muncul gan? ada solusi? thanks b4

gopar-it said...

benner kata reggy,, pengen sih ber domain. com atau. net

tapi duitnya masih susuah

Maia said...

Trims ilmunya, artikelnya ckp berguna buat saya cuz saya berencana mau ganti ke TDL.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Sugiman: Oke, ke depan akan saya buat tutorialnya.
@Reggy: Kalo sudah muncul di rich snippets berarti sudah terdeteksi oloeh google, tinggal tunggu update indeks saja.
Soal domain, ya kalo gitu hasilkan duit dulu ya. Sebenarnya domain itu murah, ga sampe 100ribu/tahun.

Faiz Naufal said...

Mas Ahmad Khoirul Azmi aku udah coba tutorialnya. Sekarang blog aku sudah pake nama domain baru, mau nanya kira-kira backlink yang dibuat pada waktu masih blogspot masih terindeks ga mas? terus peringkat Alexa kita mulai dari Awal lagi ya?. Sekalian juga aku mau izin, aku udah contohin header sidebarnya buka-rahasia.blogspot di Blog aku. Mudah-mudahan Mas Ahmad Khoirul Azmi berkenan. Terima Kasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

BAcklink dan rank ke alamat lama akan ditransfer ke alamat baru karena blogger menggunakan redirect 301. Jadi jangan khawatir.

Reggy Zian Purnama said...

@Azmee: iya gan, setelah saya cek, baru beberapa postingan aja yang ada rich snippetsnya

iya gan, domain memang ga murah. Mungkin kalau ada rezeki kpn" ganti domain :D

deden said...

makasih infonya mas :)

Brebes said...

terimakasih ilmunya yang sudah mau di share, semoga bermanfaat dan menjadi lebih maju indonesiaku

Penerjemah Tersumpah said...

Ijin bookmark dulu mas bro. Sapa tau nanti pengen pindah ke TLD. Makasih sharingnya.

hapehatelo said...

gan, mau gak tukeran link sama ane? http://sehatdan-murah.blogspot.com/

90animax said...

gan saya baru beli domain 90animax.com sudah di seting ke bloger,tpi masih ga ke detek, apa harus nugu 1x24 jam supaya domain nya bisa di gunakan???,

ya suka anime mampir ya ke blog saya :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

ya musti nunggu dulu biar resolve, bahkan yang paling lama bisa satu sampe dua hari

Zanetti said...

Makasih infonya gan hehehe . . .

Software-Full.Com said...

mantap bro mampir ya di sini

http://www.software-full.com/

riva'i said...

aq rencana mau ganti domain, tapi masih kagak mudeng.

Wisata Bali said...

Dicoba dulu nih...mudah-mudahan bisa. Thank u gan

Limit Komputer said...

Nyba" Psang Ah ...

tebak-tebakan online said...

nice share bang azmee... newbie coba dulu

belajar maju said...

maaf masih baru bertelur,
kalau kita ganti domain apa ada pengaruh pada PR ?

Poinkom said...

Thanks untuk infonya, ditunggu ya kunjungan baliknya. Salam blogger

sandal kulit said...

bagus gan..

blognyakadhenk said...

wah, bahasanya sulit dimengerti gan, ketinggian.
oh ya, kalo misal blog di custom, apa saja resiko yang harus diterima?

sixronestudyo said...

baguss..
walo kurang ngerti...!
heheh..

tutorialblogspot.com said...

Ahmad Khoirul Azmi...
Sy beli domain bbrpa hari yang lalu, jadi saya belum begitu faham ttg apa2 saja yg harus sy lakukan setelah dapat domain.
Nah... berdasarkan penjelasan di atas, saat memasukkan nama domain kita di blogger.com, kenapa kita harus menggunakan WWW, kenapa tidak langsung saja? Misalnya contoh.com bukan www.contoh.com.
Apakah ada perbedaan ketika kita menggunakan www dan tanpa www disana?
Mohon Pencerahannya....

NgulikkuWeb said...

Saya ko tetap masih bingung nih.
Begini saya sudah punya domain di namecheap http://www.ngulikkuweb.org dan menggunakan layanan blogger. Terus bisa ga kalau saya mau buat subdomian seperti Http://www.news.ngulikkuweb.org ?

Kalau bisa bagaimana caranya,apa hanya untuk bila menggunakan hosting berbayar/gratis selain blogspot?

Tolong yang tahu beri saya pencerahan yah, di tunggu kunjungannya dan komentnya,tanks sebelumnya.

Misbahudin said...

maz azmi,saya punya pendapat,klo ganti domain itu bisa diredirect,tapi kalo ganti nama sub-domain contohnya www.sss.com menjadi www.xxx.com apakah itu bisa diredirect?

Aziz said...

om.. ane punya domain..
sekarang ane lagi pake blogger..
tapi ane punya blog dari wordpress juga..
nah, kalo ane mau bikin subdomain pake wordpress itu gmna cara nya ?? ane masih bingung diibagian CName nya..
untuk wordpress ane pake web hosting dari "idhostinger"..
mohon ane dipandu om.. terimakasih.. :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Aziz: Buat aja subdomain pada DNS manager dimana domain dibeli, buat subdomain.domain.com melalui CNAME. kemudian arahkan/isi value ke nama domain.

Selengkapnya sobat bisa tanya ke CS nya idhostinger, pasti dibantu.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@tutorial: Blogger tidak mengijinkan penggunaan naked domain (tanpa www), sebenarnya bisa jika diakali, tapi berdasarkan keyakinan saya itu kurang baik untuk SEO (masalah canonical).

@Ngulikku,Misbahudin,Aziz: Semua yang diatas itu sebenarnya adalah redirect (pengarahan server). Bisa banget untuk buat subdomain. Caranya melalui CNAME dan diarahkan valuenya ke ghs.google.com, ke depan atau nanti (insya Allah jika sempat) akan saya share tutorialnya.

Jamaris Online said...

Saya juga punya rencana beli domain di google, tapi apakah bisa bayar melalui bank lokal dengan rupiah?

SEO Blogger said...

wah, moga setting sub domainnya segera di posting, saya selalu menatinya mas, trims.

Bisma Dewantara said...

Mantaph. saya juga sempat bingung mengakali biar bisa naked domain itu, tapi saran teman saya biarlah seperti anjuran google saja lebih bagus

oji said...

ok

TreTans.com said...

sepp.. makasi TreTan.. ;)

Jogja feeder said...

yups, untuk tld .com ane dah bisa, namun untuk tld .id dalam kesempatan ini ane memakai web.id cara settingnya ternnyta agak berbeda...., karna pengelola resmi ( pandi.or.id) tidak menyediakan dns.ns jadi musti kudu nyari sendiri...
untunglah da caranya di guugle
dan untuk temen2 yang bilang domain itu mahal....,
domain kita web.id cuma 25.000/th kok....
salam
www.jogjafeder.web.id

Ahmad Khoirul Azmi said...

DOmain web id bagus juga. dan memang musti pake DNS sendiri, karena memang Pandi tidak menyediakan server DNS. Bisa menggunakan dns.afraid.org atau freedns.com

Tapi web.id menurut saya kurang bagus untuk blog berorientasi bisnis, atau untuk monetisasi. Untuk SEO juga demikian. .Com memiliki prioritas besar mengingat memang diperuntukkan untuk komersil (commercial domain).

Download Anime Subtitle Indonesia said...

oh ya min satu lagi nih mohon maaf.
setelah berganti domain menjadi .com
apa yang harus dilakuin ?
apa perlu ganti meta tag google, yahoo dan alexa kembali dengan nama domain yang baru?

mohon pencerahannya...

Bikin Web Murah beli Hosting Gratis Domain said...

disini tempatnya

bara x com said...

brapa harga nya gan....

Ahmad Satibi said...

ok mksh kang, tar blog sy klo dah rapih jg kpengen coba.tar bantu y lbih dtail lg tutorialnya.thank

Adita Network said...

gan saya mau copas ya tulisan nya . akan saya sertakan link sumber dan kode yang dibawah itu kok . thx ya gan

Efran Syah said...

Nanya bang, kalau sudah custom domain blogger. Apa harus daftar ulang lagi di webmaster dengan nama domain baru tersebut?

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Efran: Di WMT pada blog yang lama, masuk ke setting/pengaturan. Lihat pada change of domain/perubahan domain, masukkan domain yang baru. Jadi tidak perlu buat lagi

Efran Syah said...

Makasih.
Nggak bisa bang, cuma muncul ini "Restricted to root level domains only." Jadi daftar baru bang

Ifan said...

Thanks, artikel ini yang paling lengkap yg saya temukan :)

phen375 reviews said...

Lagi cari referensi rahasia blogspot, nemu artikel ini nih trims mastah.

buy phen375

Nay Jade said...

wah beda banget saama blogger yang dulu. tinggal input domain sama cpnel langsung import sendiri file blooger nya ke hosting.. sekarang pake sistem mapping yaa :(
sama kek wordpress :(

mo tanya nih. ini hanya perlu beli domain saja? ato skalian sama hosting nya ya?
soalnya kalo beli domain ja, ini setting nya bagian mana? di account tempat kita beli domain kah? ato di cpanel hosting?

Jhony Tato said...

yeahhh.. mantaf kang.. sengkayu..
langsung praktex..

Global Travel said...

oiya gan, manage DNS nya lewat menu mana ya?

Yandri Tapilaha said...

gan, cara mengetahui DNS nya apakah sudah resolve atau belum, bgmana cara'x??

Supriyanto Duasatu said...

Om tanya nih, saya kan sudah beli domain di namecheap, dan hosting juga sudah siap, kalo gunain domain tersebut, data data di blogger hilang nggak?? maksudnya apakah domain dari namecheap yang sudah siap tapi sebagai penggati blogspot tapi hanya sebagai redirect saja ??? mohon pencerahannya

aNto-go said...

wah... makasih kang atas tutornya soalnya ane ada rencana mo costum domain nich...

Rasito Rasta said...

Blog saya alfanet.web.id menggunakan DNS Park. tapi ketika saya mengetik alfanet.web.id (tanpa www) muncul keterangan "404. That’s an error.The requested URL / was not found on this server. That’s all we know." Tapi ketika mengetik www.alfanet.web.id (dengan www) tidak terjadi masalah. Padahal sebelumnya tidak demikian. Mohon bantuannya, terima kasih.

lidien said...

saya punya domain web.id bagai mana cara mengkonfigurasi domain saya agar bisa saya terapkan di bloger..terima kasih atas sebelum nya

ViperGoy said...

TLD itu seperti .com ya ? thx

ipangrock said...

Cname itu singkatan Child Name?

Miftahul Ulum said...

pak,saya sudah ikuti langkah demi langkah yang bapak terangkan.setelah saya tulis url blog saya munculnya kayak gini :

Anda telah dialihkan

Blog yang biasanya ada di sini saat ini berada di http://www.randusarii.com/.
Apakah Anda ingin dialihkan?

Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

maksudnya apa ya pak,mohon bimbingannya

Zamrud Hijau said...

Cara mengembalikan dari domain berbayar ke domain lama gimana gan?

ArhySinjai_Blog said...

pagerank saya hilang, serp juga menurun.... tolong bantu optimasi blog saya mas...!!! saranya ditunggu diblog saya yach..!!!

Dealer Vionseal said...

Mau tanya, di blogger saya sudah saya centang redirect domain ke www dan disave dan pesannya sudah successfully. Tapi setelah saya test domainnya tnyata masih eror dan setelah saya cek di blogger klik edit tnyata kondisi redirectnya belum tercentang.

Bagaimana solusinya?
Terima kasih.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Untuk redirect itu fungsinya meredirect dari naked domain ke www. centang aja. trus masalah error, itu karena DNS belum terpropagasi dengan baik, harus nunggu 24-48 jam dulu, makanya sebaiknya jangan diset ke domain baru dulu sebelum propagasi selesai

tubankita said...

makasih Mas, infonya

bagi saya sangat membantu sekali.

Hanna Kurnia Travel said...

mas, kalo blog kita sudah di redirect pake domain bayar, apakah setiap ngedit halaman blog di web domain bayar juga berubah? thx

tobiel said...

terima kasih buat infonya

Adietya Saputra said...

makasih ilmunya mas

mobilku.org said...

waduh pengunjung saya turun drastis, setelah ganti domain (custom domain dari blogspot ke org) gak ada separo pengunjung yang domain blogspot...duh,,,bingung

Dheny OrlandO said...

kenapa punya saya jadi error ya kalo tanpa www?

pulsa-artistarefill said...

Lagi mikir mau pake domain sendiri tapi takut kehilangan pengunjung..solusinya gimana ya?

Fibreglass said...

gan... kalau pas setting ada Kalimat "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14" apa maksudnya padahal kita sudah setting DNS domainnya dengan benar bahkan pihak CS Domaiinya yang membantu setting DNS nya. kira-kira apa yang salah ya gan?

gps tracker avl said...

mas mau nanya nih, kan sudah pakai custom domain di blogspot.com jadi .com namun di WMT kok jadi 2 ya site nya, yang 1 url lama masih .blogspot.com dan yang 2 url redirectnya yang pakai tld .com. misal :
example.blogspot.com
example.com
kalau yang site example.blogspot.com dihapus pengaruh ga ya di SEO google nanti ? mohon bantuannya mas. terima kasih

jogja oblong said...

maaf, yang klik edit di sebelah kanan nama domain baru itu yang mana ya Pak, nuwun?

BUKUQW said...

mantap gan, ane baru aja beli domain. Makasih ya tutornya

Deddy Pratama said...

Sudah saya arahkan blogger ke domain berbayar. Thanks buat infonya ya mas
Bisa tidak domain yang telah di arahkan ke blogger di arahkan kembali ke file hosting gratisan seperti idhostinger ? Dan kalo bisa bagaimana cara mengarahkan domain ke idhostinger sementara domain kita sudah di arahkan ke blogger
Di tunggu jawabannya :)

Nathan Shiraj said...

Assalamu,allaikum wr wb
mas sayang mengalami truble neh setelah berhasil d setting blog saya tidak bisa di akses tanpa wwww.
misalnya blogsaya.com jadi pengunjung harus ketik www.blogsaya.com .cara blog supaya bisa d akses tanpa pakai www. itu spt apa settingnya mas.. sy sudah baca artikelnya tapi agak sulit sy praktekan

kang kinan said...

Mas mau nanya ni .. gini mas masalah submit sitemap bagi blog yang di merge ke domain baru .

saya ada blogspot yang saya redirect ke domain saya . nah pas saya mau submit sitemap dengan akun webmaster yang "namadomain.info" nah pas submit nya Eror mas .. tapi pas saya coba submit sitemap dengan masuk ke akun webmaster dan masuk ke alamat blogspot saya malah bisa ..

untuk masalah seperti itu gimana ya mas cara mengatasinya ..
kl bisa kirim ke email saya ya mas . blogskususun@yahoo.com

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hai,
Untuk fitur sitemap XML blogger belum mendukung Top Level Domain, jadi masih tersedia untuk subdomain saja.
Jadi gunakan feed dan modifikasi sebagai sitemap, seperti cara lama. Simak di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Nathan: Pada artikel saya di atas sudah saya jelaskan mengenai hal ini. lihat dan baca pada bagian ini:

b. Langkah kedua adalah mengarahkan domain ke IP Google.

Isi A record dengan 4 IP Google, kemudian centang "redirect non www to www" pada setting domain di Blogger.

kang kinan said...

o0o gitu .. makasih banyak ya mas .. ternyata kl buat domain utamanya belum di dukung ama blogger ya .. mmm terimakasih ya mas ..

Marlina Khrisna Lamid said...

Mas Azmi, mau tanya apakah blog wordpress juga bisa di custum domain, bagaimana caranya? Thks

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Marlina: Bisa, yang dimaksud wordpress.com kan? Istilahnya adalah melakukan upgrade.
Masuk ke store > domains
Sebelumnya, anda bisa membeli domain langsung dari wordpress.com, atau dari pihak ketiga (penjual domain lain).
Kalo beli domain dari wordpress.com, harga + domain mapping = 18 dollar (com, net, org, dan standar sejenis).
Kalo beli di luar, atau sudah punya sendiri, anda masih harus membayar lagi untuk domain mapping sebesar 13 dollar.

Jika pengen buat web/blog wordpress hosting sendiri, dan tidak berurusan apapun dengan wordpress.com, kontak saya. Hehe.

Rahmat Syam said...

Mas, teman saya baru ganti sub domain bloggernya ke TLD, nah terus pengunjung blognya turun drastis..Penyebabnya kira-kira apa yah? mohon pencerahannya mas..makasih :)

Ahmad Khoirul Azmi said...

Biasanya pada awal seperti itu karena ada perubahan peta halaman, tapi jika proses perpindahan domain dilakukan dengan benar, lambat laun traffic akan kembali. Saya akan bahas pada artikel selanjutnya.

Rahmat Syam said...

OK mas, di tunggu updetannya :)

JeQ said...

kalau misalnya dibalik gitu gimana sob...

misalnya punya saya dulu pake .com
tetapi karena ada masalah, saya kembalikan saja ke .blogspot.com

nah utk redirect dari .com ke blogspot bisa enggak?

thanks sebelumnya...

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak perlu melakukan setting apa2, cukup kembalikan ke domain blog lama, dengan mematikan fitur custom domain di halaman settings maka blog sudah kembali ke domain blogspot lama.

Wahyu Saputra said...

iya nih..caranya biar tau udh resolve apa belum gmna? apa gpp kalo langsung d setting saja

Ahmad Khoirul Azmi said...

tunggu sampe beberapa jam untuk memastikan resolve, baru lakukan setting redirect-nya.

Farhan FH said...

makasih gan sharingnya, saya mau tanya saya baru aja pindah domain dan mencoba hosting blogspot, tapi koq malah muncul ini ya

anda dialihkan ....

Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam.

kenapa ga langsung nge redirect ke domain saya?
mhn penjelasan

Ahmad Khoirul Azmi said...

Hai, ketika anda melakukan cek akses domain, sudah berapa lama jarak sejak anda melakukan setting/redirect ke blogger di control panel domain?

Bandi Siswoyo said...

mas bisa gak kita hanya merubah .blogspotnya saja ,, tapi isinya tetep sama seperti blogspot dan pengeditannya di lakukan di blogger
'

Ahmad Khoirul Azmi said...

Memang tidak ada yang berubah, kecuali domainnya saja. Semua urusan posting, dll tetap di blogger.

Taqorrub Ubaidillah said...

saya sudah mencoba merubah domain blogspot ke domain dot com, dan alhamdulillah berhasil ^_^

muhammad jumani said...

Pas bener nih punya ane kalau gak pake www malah ke situs parking

Putu Indra said...

gan maaf saya mau nanya.
saya kan abis beli domain, saya sudah berasil mengubah .blogspot.com ke .us..
lalau saya buka link saya kok ada tulisan seperti ini..
"Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya."

artinya apa gan..?
tolong di bales, please..

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo, biasanya itu muncul kalo IP sudah mengarah ke server blogger tapi DNS belum sepenuhnya terpropagasi, sehingga google menganggap domain tersebut tidak di-host olehnya (yang notabene nantinya Blogger yang anda pakai dihost oleh Google). ditunggu saja dulu.

Putu Indra said...

thanks penjelasannya gan..
oh iya,
biasanya berapa hari nunggunya gan..?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Paling lama 2 hari. Itu belum terarah ya sampai sekarang?

Putu Indra said...

bisa mencapai 1 minggu gak gan ?

Ahmad Khoirul Azmi said...

Tidak, paling lama TTL-nya 48 jam. Kalo lebih dari itu berarti ada kesalahan setting.

Putu Indra said...

gan..
saya sudah nunggu lebih dari 48 jm, tapi masih belum bisa di buka blog saya..
gimananih.. ? :(

Alief Rezki said...

@Putu Berdoa aja
Kalo godaddy sudah menyediakan layanan khusus blogger yang otomatis. tidak perlu setting CNAME DAN A record . tinggal tunggu sampe ada perubahan , tinggal buka blogger lalu langsung set custom domainnya

Satria Prime said...

Trims infonya mas bro sangat bermanfaat sekali..
Saya sdh mencoba dan berhasil..

Ahmad Yarko said...

mas... ada tutorial bikin web lengkap nggak mas...
saya baru belajar bikin web tapi setiap dibuka muncul
503 Service Temporarily Unavailable
nginx/1.4.1
misal ada email ke vioholic@gmail.com ya mas...
sebelumnya terimakasih mas....

Mee Denny said...

Yang domain.com tidak bisa akses tanpa www mugngkin bisa coba cara ini, karena saya juga ngalamin dan sekarang udah beres.
Anda hanya perlu tambahkan settingan redirect ke www nama domain di file .htaccess yang anda di cPanel anda.
0. Login di cPanel
1. Klik File Manager dan pilih nama website yang ingin anda setting
2. Centang “Show Hidden Files (dotfiles) dan klik Go
3. Pilih file .htaccess dan klik Edit
4. Tambahkan baris berikut:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.
RewriteRule ^(.*)$ http://www.%{HTTP_HOST}/$1 [R=301,L]

5. Simpan settingan tersebut dan test domainanda.com menggunakan browser kesukaan anda. jika berhasil otomatis akan direct ke www.domainanda.com

agus siswanto said...

terimakasih agan,,semoga bermanfaat....

xiaomi geek said...

berguna banget.. syukran

Tante Genit said...

Klo blogspot Sudah pindah jadi .com
masih terkena aturan blogger gak yaa..???
di blogger kan gak boleh pasang iklan dewasa.. bisa di del ma blogger..
klo dah pindah ke .com gimana..???

Ahmad Khoirul Azmi said...

apakah mau di custom domain atau masih nginduk sebagai subdomain, selama blog anda ada di server blogger, wajib mengikuti aturan blogger. Redirect domain cuma berfungsi sebagai nama alias saja, sedangkan layanan masih sama blogger.
untuk iklan dewasa, sama seperti blog berkonten dewasa, anda harus menandai blog anda sebagai blog dewasa agar diijinkan.

muchamad aji said...

susah Gan belum ngerti gua :v

Wahyu Nrury said...

Makasih om atas tutornya... akhirnya berhasil juga... :)

membaca lah said...

mas ahmad, saya mau tanya. aku dah ngikutin caranya. aku pake www dan udah aku centang ( Redirect membacalah.com to www.membacalah.com ) . tapi setelah saya cek, saat aku ketik di browser dengan alamat ---- membacalah.com ----- malah ada tulisan ( This webpage is not available )

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu baru aja? Kalo setting-nya sudah benar, tunggu sampe dns terpropagasi dengan benar, kadang bisa sampai lebih dari 1 24 jam

Wikarso Fahri said...

Berhasil. Thanks gan telah membantu

Edy Yuliant said...

apakah jika kesalahan dalam manage domain akan mempengaruhi serp di google mas azmi?

Zaa-cx The Ripper said...

Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14.

itu kenapa iya Sob,.,.

Ahmad Khoirul Azmi said...

@edy: yang jelas, kesalahan dalam pengaturan domain akan membuat akses tidak lancar atau gagal :)

@zaa: Verifikasi dengan kode verifikasi yang didapat dari setting custom domain di dashboard dan gunakan di manage domain

Putu Indra said...

Anda telah dialihkan

Blog yang biasanya ada di sini saat ini berada di http://www.wdfshare.com/.

Apakah Anda ingin dialihkan?

Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

itu artinya apa ya mas?

Ahmad Khoirul Azmi said...

itu terjadi waktu akses subdomain blogspotnya ya?

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap