Widget Random Posts untuk Blogger dan Cara Memasangnya

widget random post blogspot

Random posts widget atau widget daftar artikel acak adalah widget blog yang dulu (sekitar 2 tahun yang lalu) cukup trending di kalangan blogger, baik untuk pengguna Blogger maupun WordPress. Meskipun kini jarang digunakan, tapi menurut saya widget ini merupakan alat yang cukup memiliki value dalam memperkaya navigasi blog; terutama dalam memberikan tawaran bagi pengunjung ketika melakukan browsing isi blog. Fungsinya hampir sama lah dengan widget Facebook activity feed, Facebook recommendation bar, recent posts widget, daftar isi blog, dan masih banyak lagi sejenisnya.

Meski memiliki desain sederhana yang inherited dari template, widget random posts yang saya bagi ini memiliki kelebihan dalam hal menggali hingga post terdalam/terlama (dengan limit max 1000 post). Sehingga artikel-artikel lama anda yang mungkin terbengkalai alias memiliki pageview yang semakin sedikit, dan bahkan sudah terlupakan oleh anda, dapat dimunculkan serta ditawarkan kembali kepada pembaca.

The Concept


Meskipun sederhana, dan mengacu kepada desain template (dalam hal CSS), namun widget ini menggunakan javascript (basically using array), yang memanfaatkan feed blogger (feeds/posts/default) sebagai sumber (openSearch); dengan menggunakan fungsi json serta callback. Konsepnya sama dengan widget-widget daftar post bersumber feed lainnya. Script ini masih dalam version 1, dan ke depan akan saya sempurnakan dengan berbagai hal tambahan, terutama desain.

Demonya dapat anda lihat di widget "Other Interesting Posts", tentu desainnya mengikuti (inherited) dari template ini.

Cara Memasang Widget Random Post di Blogger


Menambahkan widget ini sangat mudah:

1. Copy script berikut:
<script type = "text/javascript">
var randarray=new Array();
var l=0;
var flag;
var numofpost=5;
</script>
<script src="https://buka-rahasia-blogspot-code-host.googlecode.com/files/bukarahasiarandom.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts"type="text/javascript"></script>
2. Ubah beberapa hal ini di dalam script:
- Ubah nilai 5 menjadi angka yang diinginkan untuk menampilkan sejumlah post sesuai dengan angka tersebut. Note: Saya memberi batas maksimal 10 post pada script, sebab jika lebih dari 10 bukan random post namanya :)
- Ganti http://buka-rahasia.blogspot.com menjadi url blog anda.
- Jika pada suatu kasus terburuk script tidak dapat diload karena masalah server host, ganti:
https://buka-rahasia-blogspot-code-host.googlecode.com/files/bukarahasiarandom.js 
dengan:
http://yourjavascript.com/83532231012/bukarahasiarandom.js

3. Masuk ke dashboard > Layout
2. Klik tambah gadget / add a gadget.
3. Pilih widget berjenis HTML/Javascript.
4. Masukkan script yang sudah di edit ke dalam kotak editor.
5. Beri title/judul widget sesuai keinginan.
6. Save dan lihat hasilnya.

Memasang Widget Random Post di Bawah Post/Artikel


Jika anda ingin menambahkan widget ini sebagai bagian navigasi di bawah artikel blog, gunakan cara ini:

1. Dari dashboard > Template
2. Klik 'Edit HTML' dan centang 'Expand Widget Templates'
3. Cari <data:post.body/> (Ctrl+F). 
Note: jika anda menggunakan auto readmore seperti yang dulu saya bagi, sangat mungkin akan ditemukan tiga buah tag tersebut. Cari tag yang dimaksud dengan ciri sebelumnya diawali dengan tag b if untuk 'item', seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
4. Copy kode di bawah ini dan ubah teks "ganti dengan script random post di sini" dengan script random post yang sudah diedit sesuai petunjuk di atas:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
</b:if>
5. Letakkan kode di bawah <data:post.body/>. Jika sebelumnya anda telah menambahkan widget-widget lain di bawah artikel, atur posisinya agar berada di atas atau di bawah widget-widget tersebut.
6. Save dan lihat hasilnya.

Jika ada problem dalam pemasangannya, feel free to leave a comment below. Thanks in advance and have a nice blogging, as always...

© 2013 - 'Til drop! buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved. Creative Commons License: Creative Commons License

Widget Random Posts untuk Blogger dan Cara Memasangnya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 45 Comment(s):

Anonymous said...

mantap makasih mas ilmunya.....

Unknown said...

Random post di blog aku sama sih sebenernya dengan yg ini, bedanya hanya pada scriptnya, kalau di blog ku gak di simpan di google code mas azmi, dan yang ingin aku tanyakan script untuk blog kita lebih efisien disimpan di google code atau tidak ya mas, ya seperti masalah loading seperti itu mas, terima kasih.

Gunawan said...

Saya udah pernah share widget ini sebelumnya di blog saya tapi ada pengunjung yang berkomentar itu, katanya widget ini bikin lama loading blog aja. Namanya juga tanggapan, pasti muncul dari pengalaman si pemberi komentar tsb. Seperti yang Bang Azmi sudah singgung di atas yaitu widget ini bisa memberikan pilihan kemudahan bagi si pengunjung dalam menjelajahi informasi2 yg ada di blog, kok saya langsung kepikiran dengan bounce rate sebuah blog ya Bang coz saya pernah baca di blog orang lain katanya widget ini juga sangat berpengaruh untuk menurunkan bounce rate sebuah blog.

Sekalian mau ngucapin terima kasih Bang karna telah memberikan izin untuk mengedit dan menghost kembali kode js widget random post di atas di host code masing2 yg ingin menggunakan widget ini.

Unknown said...

saya belum ngerti ini, tapi saya cek2 dulu lah siapa tau mau pasang besok2nya..

Ferdi said...

keren om... siap dicoba nih,...

Anonymous said...

Selain random post juga menambah pageview untuk setiap artikel acak yang kita buat.Lain waktu script dari Mas saya pakai yah :)

Unknown said...

@Nur: Script yang dihost di tempat lain akan mengurangi kinerja dan proses queri pada server, karena sudah diproses di server lain, jadi load bisa lebih cepat dan ringan.

@Agung: Script yang saya buat di atas memang menggunakan konsep yang hampir sama dengan kebanyakan, tapi saya tidak menggunakan perintah untuk menarik snippet dan gambar, selain itu, saya sudah meng-compress dan host di tempat lain, sehingga proses load bisa lebih cepat. Buktinya ada di widget random post blog ini, meski letaknya di bagian widget bawah, tapi selalu muncul duluan dibanding widget-widget sejenis lainnya.

Ya, itu lah fungsi dan arti penting widget yang bersifat navigatif. Memberikan referensi kepada pembaca mengenai topik-topik lain, dan jika pengunjung tertarik, ia akan membuka halaman demi halaman. Bounce rate bisa berkurang secara signifikan apabila blog/web memiliki perpaduan navigasi yang memungkinkan pengunjung melakukan browsing, sehingga tidak hanya buka satu halaman saja.

Yup, sama-sama.

@all: Thanks for your feedback and silahkan dicoba.

abyzahra said...

Setuju sekali dengan pernyataan mas azmee

"Sehingga artikel-artikel lama anda yang mungkin terbengkalai alias memiliki pageview yang semakin sedikit, dan bahkan sudah terlupakan oleh anda, dapat dimunculkan serta ditawarkan kembali kepada pembaca"

dengan demikian, jumlah PV blog kita akan semakin bertambah perharinya. antara widget recent posts, populart post dan rando mpost memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk meningkatkan jumlah PV blog.


Oh iya, kapan2 share bagaimana cara membuat widget "related posts" yang ada di blog mas ini ya hehe


terimakasih untu semua ilmunya :)

Unknown said...

saya copy dulu scriptnya mas sapa tahu nanti butuh..

Anonymous said...

Bagus sekali gan, izin make ilmunya dan moga aja random post bisa menambah pageview yang lumayan :D , tidak bosan-bosan rasanya mengunjungi blog ini banyak sekali ilmu pengetahuannya tentang bloging...

Unknown said...

Makasih mas buat random postnya cari yang simpel biar load nya cepat

Anonymous said...

wew...keren gan...
jika berkenan kunjungan balik yah mastah..
sangat bermanfaat buat ane...

drooidtoday.COM said...

dulu di blog saya dipasang widget ini gan, tapi lumayan mempengaruhi loading blog, jadi saya hapus lagi, hehe

Unknown said...

Thank mas. Buat random post nya.. Dites diblog saya ya satunya work. Ok segitu aja laporannya.

Unknown said...

maap om OOT, mau nanya tau cara bikin Speech Recognition ga om ituloh yg ada mikrofon di kotak pencarian blog, ane dah nyari kg ada, adanya rata" bahasa inggris semua hehe, kalo tau di posting ya om, makasih....

Unknown said...

@All: Thanks buat feedback and report nya.

@Damar: Wah sampai saat ini speech recognition masih hanya mampu deteksi bahasa Inggris, itupun bahasa Inggris American (AE), untuk logat2 british (BE) masih sering salah menerjemahkan. Belum ada dalam versi bahasa lain.

rey potters said...

mantap, ijin nyoba om...
ditunggu update selanjutnya

admin said...

Wah manteb tutorialnya, mampir di blog bookmarking ane gan sekalian tes post artikelnya media.edikomputer.com

Pelajar SMK N 1 Miri said...

Terima kasih mas ..!!! sangat membantu saya

Anonymous said...

terima kasih mas, tak coba :)

Unknown said...

keren nih widgetnya.. ane comot dah triknya

Unknown said...

Wow mantab sob Tutorial lengkap dah, isin praktekan sob.

Surga Kenari said...

sukses selalu buka-rahasia :)

di tunggu kunjungan baliknya..

Anonymous said...

Perlu juga dicoba.... untuk membuat betah pengunjung

Anonymous said...

Menarik untuk di pasang di blog lain kali akan saya soba dan sebelumnya saya minta ijin dulu ya bang. Salut dengan keahlian bang azmi dalam membuat script. Terimakasih.

Agung Ngurah said...

Kalau ditambahin pic apa lebih efektif atau malah memberatkan loading ? Terima kasih atas penjelasannya

Anonymous said...

behh,,keren sekali gan dipsang di blog ane ^^

Barbie cute said...

Ijin test widget nya om mastah....

seneng maen2 di sini neh :)

Unknown said...

terimakasih. Saya sudah pasang di blog saya. Benar-benar oke.

Unknown said...

udah tak pasang. tapi setelah terpasang blogger langsung ngadat, terus setelah blog kebuka load terus.

kira2 kenapa ya mas azmi?

Unknown said...

kemungkinan bermasalah dengan load js-nya. Coba ganti dengan yourjavascript yang saya sertakan di bawah

Anonymous said...

Siippppp bang..bermanfaat sekali.

Buret MRj said...

terima kasih untuk tutorialnya mas, izin copas kodenya mas. terima kasih

Anonymous said...

Mas ada demonya ngak.,. Pengen lihat hasilnya.,.Kalau bagus saya mau coba.,.heheh

Rakatalenta said...

Makasih infonya bos :) Makin seksi aja mbak alexa - nya semoga ketularan seksi biar mbak alexa saya gak makin gembrot

Idrora1 said...

Sy coba naruh di bawah posting, tapi ngga jalan ya mas

Unknown said...

cek apakah anda punya dua script jquery yang jalan, kemungkinan karena crash dua script yang sama. kalo ada, hapus salah satu

Idrora1 said...

ngga ngerti sih mas, maaf sy pemula..akhirnya sy coba taruh di sidebar dulu...crash yg mana mau dihapus kurang dipahami..syukron

Anonymous said...

Perlu untuk di coba....

Anonymous said...

kalo post default blogger diganti dengan random post gimana ya? mohon bantuannya...

Didit Riadi said...

Terima kasih atas infonya sob

Rahmad Hidayat said...

berhasil mantab.. mau tanya sekalian, itu jumlah postnya bisa diatur lebih 20 ngak om??

Unknown said...

Ya bisa, tapi akan sangat berat buat loading

Unknown said...

makasih om script berhasil di gunakan

Burhan said...

wah, saya coba dulu siapa tah cocok

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap