7 Tips Efektif Untuk Tetap Fokus Saat Menulis Artikel Blog

Fokus Menulis Artikel Blog
Blogging, bagaimanapun, meski hanya sebagai hobi ataupun profesi yang ditekuni dengan serius, membutuhkan fokus tinggi untuk memastikan berbagai hal seperti misalnya kualitas konten, traffic, dan bahkan  upaya meningkatkan pendapatan. Akan tetapi, dalam perjalanan memastikan semua pekerjaan tersebut berjalan lancar, ada saja "halangan" yang ditemui, dan kebanyakan adalah konteks sosialisasi diri dimana kini kita semua telah menjadi netizen yang begitu lazim berurusan dengan social media, mulai dari SMS yang sering masuk, Facebook, Twitter, dsb hingga ibu yang marah-marah karena anda belum mencuci piring sehabis makan! Haha, yang terakhir cuma becanda aja. :p

Tentu saja, hal utama dalam Blogging adalah menulis (to blog), dan sudah pasti menulis membutuhkan komitmen dan fokus yang sangat tinggi. Tahu tidak, apa rahasia yang dibutuhkan oleh artikel yang sobat posting di blog? Hanya ada dua! Yang pertama adalah konsep mengenai bagaimana artikel sobat bisa menarik traffic, dan yang kedua adalah.... Konsentrasi! Yang terakhir ini bukan main-main efeknya. Meski dipandang sepele, tapi konsentrasi menentukan hasil akhir. Semakin sobat fokus, semakin "Joss" artikel yang dibuat.

Salah satu alasan saya menulis artikel ini tentunya adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi. Ternyata eh ternyata, betapa susahnya menjaga fokus dan konsentrasi itu. Adaaaa saja "halangannya". Ada ratusan, bahkan ribuan hal yang dapat memecah konsentrasi saat menulis. Ujung-ujungnya: penundaan dan pembatalan menulis artikel posting menjadi konsekuensi yang menyebalkan. Akhirnya saya harus menyusun siasat demi siasat untuk segera "menghancurkan" halangan-halangan itu. Dan tahu tidak? Halangan-halangan itu sebenarnya adalah hal sepele, namun saking kita anggap sepelenya, kita jarang memperhatikan dan mengaturnya sedemikian rupa. Selain sebagai sebuah tips ringan, posting ini juga saya tulis sebagai penyegar setelah kita berkutat dengan kode demi kode yang kadang bikin mata burem dan kepala nyot-nyotan. Benar tidak sih faktor-faktor berikut ini menjadi penghalang? Dan sekaligus berikut tips-tips yang saya rangkum dalam 7 poin. Here we go!

1. Set Mobile Phone dalam kondisi silent!

Tentu ini bukan hal baru, mematikan nada dering telepon adalah etika tidak tertulis ketika anda sedang kuliah, mengajar, belajar, rapat, dan bahkan saat sholat Jum'at! Telah terbukti bahwa nada dering telepon/sms dapat membuyarkan konsentrasi, tidak hanya pemiliknya sendiri, tapi juga semua orang yang mendengarnya. Nah betapa etisnya juga jika sobat menerapkan hal yang sama ketika menulis blog. Jika menulis blog adalah sebuah kebutuhan dan pekerjaan, maka sudah barang tentu mematikan nada dering HP adalah salah satu etika pribadi. Bahkan bagi saya pribadi, mematikan nada dering saja tidak cukup, suara getarnya "Zeeebbb.....Zzzzeeeebbb...." cukup menggangu telinga dan fokus juga. Apalagi jika menulis pas tengah malam, hmmmppfff... kadang bikin kuduk juga merinding! (Apa hubungannya??!!!)

Bertanggungjawab terhadap suara panggilan telepon atau SMS memang penting, tapi sobat harus bisa membuat komitmen pribadi untuk bisa menentukan prioritas mana yang lebih penting. Misalnya, jika melakukan cek SMS adalah prioritas kedua, maka selesaikan dulu menulis blog. Menulis adalah pekerjaan yang sangat penting jika sobat mengaku sebagai blogger.

2. Boikot Social Media!

Tuing! Tiba-tiba angka notifikasi Facebook nongol di tab window Facebook yang masih terbuka. Mau tidak mau, ketika menulis artikel blog, notifikasi itu terlihat juga. Otomatis fokus menjadi terpecah. Lalu, di antara keinginan untuk melanjutkan proses menulis atau menengok notifikasi itu pun menjadi perang batin... "Hmmmm... jangan-jangan 'si dia' habis komen di statusku, ya? Duh, penasaran...." Setelah itu, aktivitas  menulis blog seketika berubah menjadi menulis puluhan komen berturut-turut.... Selesai sudah. Batal, or at least.. ditunda. Besok ah...

Saya sendiri sering menjadi "korban" social media seperti contoh di atas. Aktivitas sepele seperti saling berkomentar di Facebook, tweet, retweet, dll ternyata memakan waktu yang banyak, dan, yang paling esensial, mampu merusak fokus, konsentrasi dan bahkan mood. Jika sobat sudah membuat komitmen dan target untuk menerbitkan posting pada jam tertentu, maka semua bisa buyar gara-gara hal tersebut. Selain itu, kualitas artikel tidak akan sama lagi karena ide atau gagasan bisa lenyap atau berubah seketika jika ada gangguan fokus. So, boikot social media ketika menulis posting!! kalo perlu sekalian demo aja! (Kidding...).

Tab-tab dalam window browser masing-masing adalah dunia yang berbeda bagi sobat. Pastikan window atau tab yang terbuka berkaitan dengan urusan menulis posting, misalnya post editor, Google, halaman yang kita jadikan referensi, dan sejenisnya. Selain itu, tutup!

3. Hindari Mengecek Email!

Email sebenarnya bukan alat komunikasi instan dan live. Artinya, kita bisa membuka atau mengecek email ketika kita punya waktu yang tepat. Tapi biasanya sebagai blogger, yang tidak pernah terpisah dari dunia online dan internet, melakukan checking email menjadi pekerjaan rutin yang tak mungkin dilewatkan. Dikit-dikit refresh, dikit-dikit refresh.... Apalagi jika pakai aplikasi notifikasi email, hmmm... bakal sibuk tuh mata ngeliatnya. Dan biasanya pula, email menjadi alat komunikasi penting, dimana hubungan antar personal biasanya lebih formal dan mengandung kepentingan tinggi. Ketika buka email, jreeennnggg.. terbaca subjek... "Mau Pasang Iklan".... Langsung saja, tanpa ancang-ancang, membuka email tersebut, menuliskan ketentuan iklan, jenis iklan, biaya iklan, dan seterusnya secara panjang lebar. Bahkan posting yang ditulis tadi baru dapat satu paragraf, eh email yang ditulis sudah mencapai 5 paragraf. Batal lagi nulis postingnya. Hmmmm.... 

4. No Chat, alias No Talking-talking!

Meskipun saya belum pernah melakukannya, tapi saya sering melihat teman kerja saya suka sekali chatting melalui YM di sela-sela waktu kerja. Menjaga komunikasi dengan orang tercinta adalah hal penting, tapi bukan berarti harus pada waktu dimana kita sudah berkomitmen untuk melakukan pekerjaan penting. Sepertinya bukan hal yang bisa dimaklumi jika kita melayani orang yang sedang berada di rumah saja dan mencari hiburan melalui temannya, sedangkan kita sendiri sebenarnya sedang sibuk bekerja dan "mengadu nasib". Kesalahan siapa? Tentu saja kesalahan kita, karena kita memberi peluang kepada dia, sedangkan sebenarnya kita sedang tidak dalam kondisi yang sama. Hubungannya dengan blogging? Jelas, berbicara bukan dalam konteks hal yang sedang dikerjakan, baik melalui teknologi maupun secara langsung adalah hal yang tidak akan mendukung penyelesaian pekerjaan. So, sssstttt... diam dan fokus.

5. Buat Jadwal!

Planning, membuat rencana atau schedule, jadwal, adalah hal yang bagi saya pribadi merupakan hal penting. Meskipun sampai saat ini, menepati "janji" yang dibuat sendiri ini adalah hal yang beratnya minta ampun. "Hidup macam apaaa, jika tidak ada planning... oh..." (agak lebay dikit ah...). Tapi memang benar.... Menentukan jadwal dan jam tertentu pada setiap aktivitas yang kita lakukan akan membuat hidup lebih tertata. Hari ini, jam berapa saya berangkat kuliah? Sampe jam berapa? Main ke tempat pacar, jam? Trus nulis artikel blog jam berapa? Selesai dan diterbitkan jam berapa? Abis itu, mari Facebookaaan.....

6. Bantu Diri Sendiri untuk Tetap "Menyala"!

Merasa penat, pegal, bosan, encok, atau puyeng (asal bukan asam urat) adalah hal biasa ketika kita sedang melakukan pekerjaan yang membutuhkan intensitas tinggi. Nah, sekarang ketika semua hal berbau mobile, tentu sobat bisa membawa pekerjaan kemana-mana. Jika sobat butuh udara segar, bawa laptop ke tepi kali... udara sejuk akan membantu mengembalikan konsentrasi dan mengangkat mood kembali. Pada awal-awal saya melakukan pekerjaan menulis, menghabiskan 2 atau 3 gelas kopi adalah hal penting. Kita kadang butuh penyegar agar menjaga suatu aktivitas berjalan lancar dan efisien, dengan syarat penyegar tersebut tidak memecah konsentrasi kita.

7. Motivasi Diri Sendiri!

Tidak ada seorang pun yang dapat menjadi motivator terbaik saat sobat sedang berurusan dengan pekerjaan yang dikerjakan sendiri. Mario Teguh pun takkan sanggup! Motivator yang tepat adalah diri sendiri. Sobat memilih blogging sebagai sebuah hobi dan bahkan pekerjaan, dan sekarang saat blogging sudah menjadi bagian dari aktivitas sobat, dibutuhkan kekuatan internal untuk terus mendorong sobat menjalani komitmen itu. Katakan pada diri sendiri betapa maha pentingnya blog bagi diri sobat dan orang lain. Saya sangat yakin, satu-satunya semangat yang dimiliki blogger adalah blognya itu sendiri. So, mengapa tidak menghormatinya? Sekali sobat memahami arti penting blog bagi diri sobat, ke-enam poin sebelumnya tidak akan menjadi halangan berarti sama sekali. Dan sekali sobat memahami betapa pentingnya fokus dalam blogging, tidak akan ada satupun yang dapat mengganggu aktivitas ngeblog sobat.

Yup, that's the point! Intinya adalah bagaimana kita dapat menghormati dan melaksanakan komitmen yang sudah dibuat. Mulai cintai blog sobat, dan sobat akan melihat betapa besar efek cinta sobat, baik dalam bentuk traffic yang berlimpah, readership yang tinggi, dan bahkan pendapatan yang meruah. Have a nice blogging, dudes!

© 2012 - 'til drop. buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

7 Tips Efektif Untuk Tetap Fokus Saat Menulis Artikel Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 43 Comment(s):

Direktori Penerjemah Indonesia said...

Tipsnya bagus dan bermanfaat, mas. Memang kadang ponsel suka ganggu konsen kita kalu lagi buat artikel.
Thx sharingnya.

Irwan Saputra said...

Konsentrasi memang sulit di dapat, karena terkadang pikiran kita selalu mengarah ke lokasi lain dimana sewaktu menulis tidak 100% fokus pada topik yg kita tulis!
nice sob, ane suka artikellny!

Reggy Zian Purnama said...

itu semua bener gan azmee :)

oh iya, klo boleh ane nambahin kita juga harus menghindari buat artikel sambil dengerin musik gan. ane pernah begitu, inspirasi kata-kata untuk membuat artikel jadi lupa trus ane malah nanyi". wkwk :D

Ahmad Khoirul Azmi said...

@all: Thanks for your comments :)
@Reggy: Iya itu juga bisa, hehe... Tapi juga jangan salah, sebagian orang mengaku kalo malah jadi fokus and seger ketika mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik :)

Dwi Sugiarto said...

Waktu yang paling enak buat saya adalah sehabis sholat subuh.Pikiran masih jernih suasana juga masih tenang.

Online Marketing said...

Yang penting niat nya mas bro... kalo males orang nya ya tetep aje... ga kelar kelar

Restu Nugroho said...

untuk kak admin buka-rahasia lagi, mohon bantuannya mas, pas lagi bikin kotak langganan RSS, kok gambar feed burnernya error ya kak? mohon bantuannya...

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Restu: gambar feedburner yang mana yang anda maksud?

Yesaya Silalahi said...

betul itu mas.....

yukinote said...

haha, bener, Semua.

Nehemia Tuwo said...

bagus, bisa jadi modal nihh
join yh http://nehemia-tuwo.blogspot.com

arie purnomo said...

mas saya boleh nanyak gak ?? maaf klau lari dari materi di atas.
template saya ngapa ya, page-nya gak mau muncul komentar, pdahal saya sudah kasih allow reader coment
tapi hasilnya nihil, bisa bantu saya gak gan??

Ahmad Khoirul Azmi said...

Saya sudah coba komentar di posting anda, semua normal2 saja tuh..
http://penggunacerdas.blogspot.com/2012/10/tips-cerdas-sebelum-membeli-laptop.html?showComment=1351233343064#c1994667072557942934

arie purnomo said...

ia mas kalau itu mah saya juga tau, ini ni coba buka

http://penggunacerdas.blogspot.com/p/link-sahabat-penggunacerdas.html

ini juga

http://penggunacerdas.blogspot.com/p/contact-me_19.html

itu kan saya buatnya di "blank page", nah yang jadi masalah ngapa setiap "page" saya tidak mau munculin kotak komentar ??

Ahmad Khoirul Azmi said...

Kalo itu jelas jenis halaman yang berbeda, halaman statis, bukan posting. Sudahkah anda menyettingnya?! Untuk halaman statis, anda harus mengaktifkannya secara individual melalui masing-masing post editor > check pada menu "options" di sebelah kanan bawah. Tapi itu juga tergantung template, di beberapa template, fitur komentar halaman statis di-disable, sehingga tidak bisa diembed meskipun sudah diset.

Jujur Aja Gan said...

jujur saya paling susah fokus nulis gan, karena banyak godaannya heheh, kan saya jualan game pc
moga2 makin laris blognya gan
http://www.pcgamemura.blogspot.com

Kk jR said...

Nice artikel sob...
mampir ke blog ane bila berkenan...^^

virtue said...

mantab nih tips nya.. tapi berat buat ngelaksanainnya hihi.. disiplin sih intinya

Gesit said...

nahh,, godaan yg kyak ini diats yg jd mslahku :(

http://elmazz.blogspot.com

Nasaruddin Accunk said...

Tips yang kedua yang paling lucu dan Unik. Postingan ini keren pak Azmi...

emailbisnismarketing said...

kalau sudah niat semua mudah dilakukan

hijul mukhlisin said...

Nice articel gan buka juga http://learn-4all.blogspot.com

Rendi Syahputra said...

Wah sudah lama gak berkunjung ke blog mas azmi, hehe nice sharing mas ^_^

darwinarya said...

Artikelnya bagus.. Terima kasih :)

Isti said...

ini lagi pas banget sama saya yg lagi memaksa diri buat nulis

Bloger Ngeres said...

Ane setuju ama ente bos, terus tambahin dikit aje, kalau ada ide langsung gas aja...jgn ditunda² ampe besok pagi, ntar moodnya ilang,trus ide² jd tenggelam dlm mimpi dah.Yup Focus intinya... krn ngeblog klu g' focus blog ny g' jd² contohnya blog ane :( ,beda ama ngoding prog./web yg jelas patok²nya.ngeblog ini bnyak setannya, rasanya semua pengin dimasukin ke dlm blog, alhasil blog jadi gado² dah, blog ane lagi :( ,hahaha.. Focus,focus,focus tp yg no.1 bg ane ya pekerjaan di Duta, heeee.. klu ada waktu,singgah ke blog ane sob,ksi ide kek,maklum umurny br seminggu,setelah 3 tahun perencanaan wuakakakaaa..
-malam-

azi ginanjar said...

makasih gan info nya, salam. bermanfaat banget buat para blogger

azi ginanjar said...

bagus juga nih tips bhiar bisa fokus kalo lagi mosting . . kayanya ampuh banget nih tips nya

dicoxx muhammad said...

thanks gan ini sangat berguna untuk pemula seperti saya ;)
tolong bantu yah .. heheh
forumdicoxx.blogspot.com

Ic Creem said...

thanks gan infonya ya, bermanfaat banget. btw kunjungi blog ane ya di www.novaibnu.blogspot.com

Kota Sampit said...

Kalo tips yang agan berikan di atas sudah sepenuhnya saya jalani,, tapi saya masih ada masalah gan,, saya sering kebingungan mencari kata-kata untuk membuat sebuah artikel,,,,paling pol cuma bisa 3 paragraph,, gaya kaya agan gini,,bisa banyak banged... bagaimana solusinya gan ???

trims sebelumnya :)

Heri santosa said...

Salam sukses !!! Pak Azmi salam kenal, sepertinya artikel-artkel yang pernah saya baca sangat memotivasi, sebagai newbi blogger's, terlebih untuk penulisan artikel, karena bukan seorang pengarang. Namun yang jelas saya akan coba untuk lebih fokus dalam hal itu, terimakasih banyak Pak Azmi... Tengok balik dan sarannya....... http://heriomset.blogspot.com

Hendra BCyberg said...

Nice tips

buka-a.biz said...

Salam Kenal Sob, Artikelnya memotivasi saya untuk terus ngeblog

mampir balik ya sob, http://www.buka-a.biz

Iwan Kurniawan said...

tips yang sangat bermanfaat sekali
Gudang Info www.wanblog.web.id

anisaformulalama.tk said...

Nice share :)
terkadang bukan cuma masalah konsentrasi dalam menulis artikel, masalah stagnasi ide juga kadangkala menjadi "hantu" bagi blogger pemula seperti saya :D

keep sharing ya pak ;)

Fajrin Ilham H said...

tips yang bagus sobat..

Syakhruddin Makassar said...

Bagus deh.... ilmu yang bermanfaat

Dharmana Cyber said...

nampaknya tips ini bisa membantu ..
ya bener sekali apa yg anda tulis disana :D
Jejaring sosial , HP apalagi email sangat berpengaruh.
keep posting bro..


visit back ya
dharmanacyber.com

nunite said...

saya sekarang bingung,,,, mas. nulis 1 niche tentang asuransi kan... nah waktu nuliskan profil perusashaannya itu gak mungkin saya karang2 kan.. jadinya sama ama yg sumbernya.,,, menurut mas gmana tuh...

Ahmad Bakri said...

Salam.
Membaca postingan diatas, untuk menyegarkan motivasi menulis saya yang sekarang ini lagi down.
salam.

Edy Kurniawan said...

Betul juga,point 1 dan 2 adalah point yang palis sering mengganggu saya ketika sedang menulis artikel. ujungnya malah asyik chatingan. terima kasih mas,,,keasyikan baca tulisan mas di blog ini, sampai lupa sama blog saya :)

Agus Supriyono said...

kelihatanya sepele, tapi perlu juga tips ini, agar nanti tulisannya fokus, bagus dan berkualitas.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap