News: Google Pagerank Update Agustus 2012

Setelah digadang-gadang, akhirnya Google Pagerank Update terjadi juga malam tadi. Dan posting ini akan pendek-pendek saja :) Sekadar untuk memastikan bahwa Google Pagerank memang benar-benar sudah terjadi, sekitar hampir 12-13 jam yang lalu.

Update kali ini memang tidak jauh dari perkiraan para pegiat SEO. Antara tanggal 25 Juli 2012 - 3 Agustus 2012. Bahkan saya pun pernah memprediksikan bahwa Google Pagerank update "sudah tercium" dan akan terjadi beberapa hari kemudian. Gejala yang paling siginifikan adalah perubahan indeks yang tidak stabil (hampir seperti Google Dance). Sekitar 5 atau 6 hari yang lalu, saya pernah menulis prediksi ini di Facebook.

Ahmad Khoirul Azmi
Hmmm.... Aku "mencium bau" ada pagerank update nih... baru aja sepertinya...

Dan karena memang prediksi dapat dibuat dengan mudah apabila memperhatikan gejala-gejala yang ada, maka pada komentar kemudian saya menambahkan perkiraan bahwa dalam beberapa hari kemudian update pagerank akan terjadi.

Yah, homepage blog ini tidak mengalami perubahan pagerank. Masih nangkring di PR 3, soalnya saya tidak pernah melakukan link building lagi untuk blog ini, dan ingin melihat backlink yang muncul secara natural. Tapi ternyata memang tidak se-signifikan ketika melakukan link building secara sengaja. Untungnya, PR gak anjlok karena terus terang beberapa iklan di blog ini semua saya kasih dofollow link, jadi banyak link keluar. Dan mungkin itu juga yang menghambat kenaikan pagerank. 

Di sisi lain, weblog lain yang belum genap dua bulan saya kembangkan, TautWeb.com, justru langsung mendapat PR 3. Dengan beberapa halaman internal berpagerank 2. Ini cukup menyenangkan mengingat link building yang saya lakukan tidak banyak. Strategi yang dilakukan adalah berfokus pada peningkatan otoritas domain dan dengan menggunakan strategi prediksi seperti: kesamaan niche, naturalisasi, pertimbangan pagerank, dan potensi link juice dari halaman pemberi backlink. Dan ternyata memang benar, tanpa nyepam, tanpa membabi buta, dan hanya dengan beberapa backlink berkualitas saja, suatu web/blog maupun halaman-halaman internalnya mampu "mendapatkan kepercayaan" Google". Hasilnya di SERP pun lumayan membawa traffic karena relevansi tinggi, meskipun posting artikel yang ada baru berjumlah sekitar 30 buah. Pagerank tinggi tapi relevansi kurang tidak memberikan efek besar di SERP (peringkat di hasil pencarian). Oleh karena itu relevansi dan kualitas backlink sangat penting.

Okay, itu saja sekilas infonya. Bagaimana dengan blog sobat, apakah terkena imbas juga dari Google Pagerank Update August 2012 ini? Sudah dicek? Jika belum, cek dengan Google Pagerank Checker segera! Have a nice blogging, have a nice day, and have a nice fasting on this Ramadhan!

© 2012 buka-rahasia.blogspot.com

News: Google Pagerank Update Agustus 2012
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 94 Comment(s):

JadiGitu said...

Horreeee.. Pertamax gan, :)
iya Alhamdulillah gak disangka akhirnya ane punya page rank juga. hooohho

btw gan,,, ane liat list blog dofollownya udah agak kurang update.. mohon diupdate lagi ya.. makasih bnyak :D

Asalasah said...

eehh.. sya yang blog copas dapat page rank juga.. walaupn 1.. Alhamdulillah ya )

Unknown said...

@Jadigitu: Sip dah! Okay, listing nya masih saya susun terus, saat ini susah mendapatkan blog dofollow berpagerank, dan sepertinya berkomentar di blog dofollow sudah tidak lagi menjadi trend yang bagus untuk berburu backlink (Panda Mengincar!) ;)

Suryalaya37 said...

alhamdulillah makasih sekali gan
banyak info yang kami dapat dari website agan yang kami jg gunakan di website kami ( www.dokumenpemudatqn.com ), walaupun baru berumur 6 bulan sudah mendapat pagerank PR 2 dari Google...sekali lagi makasih gan

Afrid Fransisco said...

pagerank saya jadi 0 mas, tapi traffik melonjak pesat dari yg awalnya 100 menjadi 300. nah tu gimana ceritanya mas..

Unknown said...

Seperti yang sudah saya bilang, traffic dari Google tidak berhubungan dengan Pagerank Toolbar. Pagerank toolbar hanyalah sekedar "penilaian" sepihak dari Google untuk memberi respect terhadap suatu halaman web. Blog ber-pr 5 belum tentu mendapatkan traffic sebesar blog berpr 0. Ini bisa terjadi apabila relevansi yang didapat oleh blog ber PR 5 tersebut kecil dari si pemberi backlink, sehingga dia tidak menang di SERP. Lagipula sumber traffic tidak hanya dari Google, tergantung bagaimana si Blogger mempromosikan blognya di media lain. Bisa jadi anda mendapatkan traffic jauh lebih banyak dari Facebook, misalnya. Atau dari bentuk-bentuk promosi lain.
Jadi pagerank naik atau turun tidak bisa menjadi indikator, apalagi buat indikator traffic.

Blog Alumni said...

wah, selamat ya gan ..

Ane kebagian PR 4 , padahal blognya gag ada isinya ..
apa lagi ERORR ya.. ??

Unknown said...

Wah, bagus tuh :) tapi jelas donk, kan domain ac.id, apalagi kalo link anda ada di list blog pada halaman induk (daftar link di halaman website universitas, pastinya langsung dapat PR tinggi. Kan jelas, web uii.ac.id kan PR 6, jadi link juice yang diberikan juga besar. Pagerank emang rumusnya sangat sederhana sekali. Dan itu bukan error. :)

Diansah said...

Saya belum dapat apa apa nih, masih bingung dengan yg namanya backlink... masih srius mendalami tutorial dari bung ahmad ini...
bdw kok web[dot]comnya maintenece gan??

Unknown said...

@Ardian, sudah normal kok. Tadi ada perbaikan sedikit :)

Agung said...

Assalamualaikum, maaf mas kalo tidak keberatan saya mau minta bantuan mas.

Saya mau tanya, kira-kira bagaimana cara mengatasi blog yang auto redirect ke url yang ada pada widget blog?

maksudnya gini, jadi ketika saya buka blog saya, kira2 setelah 3 detik langsung redirect sendiri ke widget hitstat yang terpasang di sidebar blog saya.

( jika mas bingung dengan pertanyaan saya mas bisa cek blog saya : www.hobeeku.blogspot.com )

saya tunggu pencerahannya ya...terimakasih

tipsbloging byrife said...

ia nih, ane dapet pagerank. sempet kaget juga sih dapet pagerank :D

ibnoe.info said...

saya ingin tanya mengenai komentar yang ini om:

@Jadigitu: Sip dah! Okay, listing nya masih saya susun terus, saat ini susah mendapatkan blog dofollow berpagerank, dan sepertinya berkomentar di blog dofollow sudah tidak lagi menjadi trend yang bagus untuk berburu backlink (Panda Mengincar!) ;)

kalau panda mengincar, jadi bagaimana lagi untuk mencari backlink om....???

Unknown said...

sungguh Berduka saya belum dapat pak, cuma Alexsa saja yang turun..hadeeew..

Muhammad Adam Hussein said...

Waah keren Mas, salam kenal yah?
Saya jadi pengen bertanya juga nih, sebetulnya Google Update PR jaraknya berapa bulan yah?

Kira-kira selain backlink dari mengomentari blog dofollow, apa lagi yah?

Muhammad Ibnuh said...

ia bang azmi, blog aku belum 1 bulan udah dapat pr 2. seneng bangeet

Agriculturproduct said...

Punya saya juga masih sama mas,tapi blog 1 nya lagi duduk dikelas 1 padahal backlinknya 10.:D

Sahabat Hendy said...

wah update pagerank yah, cuman sayang blog punya saya belum juga pecah telor hehehehe

Data PPOB said...

nice infonya sob

frynki.com said...

Mau tanya dung mas, backlink berkualitas itu seperti apa ya?

Windows Blog said...

PR saya gak naik2 sob, hiks hiks

Anonymous said...

terimakasih infonya kawan,

Kunjungi balik blog saya ya, kk.
http://www.dwnsns.com

rezky said...

PR blog saya 0 padahal backlink lumayan banyak :(
Jadi, gimana mas cara naikin pagerank blog seperti blog mas azmi ?
Mohon jawabanya :)

www.zondim.com said...

wah saya belom dapat dapat.uahhh

kyo said...

Alhamdulilla akhirnya dapet PR 2 hehehe.

terimakasih banyak mas untuk informasinya :)

Aldio Blog said...

makasih untuk infonya

6-INFO said...

terima kasih bnyak

UKGgurux said...

waw super sekali kang...ada ilmu yang perlu dditerapkan dari tips di atas....thanks

lagu kord gitar said...

bukannya desember gan ? kok ane pernah baca katanya desember baru update pagerank.

Darmawan Saputra said...

wah.. jadinya 4 kali dalam setahun...
alhamdulilah blog saya juga dapat PR :D
padahal konten diblog ini berkualitas dan original kok gak naik ya ???

Drs. Muh. Zakaria Se.i said...

Hmmm... Mantap Banget... beruntung sekali...

Gimana tehnik yang jelas dan Nyatanya... masalahnya Tidak ada Tehnik nya yang betul2 Tutorial...

Hanya Ceramah saja...

Drs. Muh. Zakaria Se.i said...

Saya Pusing dengan Blog saya http://www.ilmukomputer95.com/


Saya harap ada tutorial Khusus biar bisa Seperti Blog yang tautweb.com : SEO nya

Nasruddin said...

Page Rank sy blum berubah mas. Masih 0. kapan ya naiknya ? padahal postingan saya sudah banyak.
Kira-kira apanya ya ? he he he...
http://beliilmu.blogspot.com/

Dani said...

Wah, pantas saja. PR saya dan teman-teman saya pada berubah nih. :D

budi said...

wah... thanks gan.. bertambah PR dah

by the way blog yang mantap nih, kalau ada waktu silakan mampir ke blog saya ya.. thanks

Jackysan Lombok said...

Alhamdulillah saya dapat dampak positifnya bang..
2 Blog fresh saya langsung dapet PR 2 dan PR 1, sementara blog personal saya PR nya tetep.. ;)

Anonymous said...

pengen nunggu pagerange google

Download Game/Software/Anime/Movie/Film said...

thxs infonya visit back ya.

Kang Mukhtar said...

Berarti update page rank pada tahun ini sudah 3 kali ya kang, bulan februari, mei dan agustus....

firman said...

iya bner kang blog ane yg bru jdi dn aktif 3bln lsung dpt PR 1 lmyan lah bwt blog s'kelas mobile blog dn bkn dri blogspot,+ alexa rank jdi meningkat dri 8jt jdi 7jta dn moga j g turun lagi ..
Hehe

bang ucup said...

wah, blogq kok belum dapet PR ya,,,, jadikan aq muridmu suhu

Unknown said...

Mas Azmi, boleh tahu rahasianya gak mas, naikkan page rank itu gimana caranya? Tolong jadikan saya murid anda... Saya mohon...

Yogi Prasetian said...

walah,.
blog aku kapan ya dapat PR

Investor Sibuk said...

Malam,

Untuk membuat backlink, mana yang lebih baik antara menautkannya dengan web .edu atau .gov atau langsung saja menggunakan software misalnya senuke? mana yang lebih natural? thks.

Unknown said...

blog ane kok masih setia di pR kosong ya gan.. nasib2

ndolem said...

blog saya jadi 0 sob tadi nya 1 PR

Anonymous said...

wah sip ya gan, udah masuk puluhan ribu alexa rank nya...
ngeblog sejak kapan gan?

Anonymous said...

periode ini blog saya tetap di pr 3 sob ,,, hihi nggak naik ,,, wajar sih akhir2 ini rada pasif ngeblognya.


wilujeng ngeblog

Windows Blog said...

tp, PR blog sy masih O aja ney gan...
gubraakkk

WARGA SIPIL said...

saya orang baru di blogger. masih belum faham cara checknya. makasih ya pak infonya.. kunjungi juga ya blog sederhana dan masih baru saya. http://psipil.blogspot.com makasih pak

Unknown said...

@all:
- Google pagerank update terjadi 4 kali dalam setahun, rata-rata 3 sampai 4 bulan sekali.
@Agung:Untuk masalah redirect, saya sudah pernah menulisnya di artikel terdahulu, silahkan dicari dengan fitur search.
- Untuk sobat-sobat yang tertarik dengan pagerank, oke saya akan segera menuliskan formula dan prediksi untuk menaikkannya. Sebenarnya sangat sederhana sekali. Kemungkinan akan saya tuliskan di tautweb.com. Ditunggu update nya ya..
@ibnoe: Dofollow blog adalah sarana paling jelas untuk sarang spammer, sehingga kecurigaan google pertama kali akan ditujukan ke link-link pada blog demikian. Oleh karena itu, meskipun masih efektif, tapi efeknya ga akan lama. Google akan segera mengendus link2 spam tersebut dan memberlakukan penilaian, baik melalui kualitas konten (isi komentar, berkaitan dengan panda), dan link spam itu sendiri (webspam, berkaitan dengan Penguin). Backlink terbaik saat ini adalah dari konten langsung, misalnya dari posting, direktori (tentu yang berkualitas juga), dll.
@Muhammad: Jika anda bertanya tentang SEO, maka tidak akan pernah ada habisnya, karena SEO bukan ilmu pasti, bukan hal yang matematis, dimana 1 + 1 = 2. SEO adalah kombinasi dari banyak hal: Onpage SEO, Offpage SEO, konten, dan masih banyak lagi. Seumpama SEO jadi kaya matematika yang pasti, maka Google tidak akan pernah mengupdate algoritma terus-menerus dan akan menyampaikan formulanya secara blak-blakan. Kalo saya sejauh ini menyimpulkan SEO adalah efek, bukan penyebab. Kalo kita mau berusaha membuat konten terbaik, melakukan optimasi dengan cara sebaik-baiknya, maka hasilnya setimpal. Anda tidak akan bisa melakukan optimasi SEO, sebelum membuat konten terlebih dahulu bukan?
@Investor sibuk: Mohon maaf saya tidak kompeten menjawabnya karena saya belum pernah menggunakan SEO Nuke, backlink generator, atau yang sejenisnya. Semua murni manual. Meskipun edu dan gov masih sangat bernilai tinggi, tapi kini valuenya semakin turun, karena banyaknya spam komentar. Jadi menurut saya sekarang semua domain sama saja, asal ranknya tinggi.
@Darmawan: Kalo yang saya perhatikan sangat jelas sob, bukan masalah kualitasnya yang kurang, tapi updatenya yang kurang, saya sekarang cuma bisa bikin 1-3 artikel dalam satu bulan untuk blog ini. Salah satu alasannya ya karena saya "agak sebel" melihat artikel saya yang baru dibuat, eh selang 2-3 jam dah nongol di puluhan blog-blog lain. Ga tanggung2 yang ngopas, dan GA punya perasaan (atau apakah memang dunia online tidak mengenal perasaan dan moral ya? Yang ada cuma orang-orang oportunis? Who knows) :)
@Karimalamin: Saya ngeblog sejak 2008. Kalo blog ini sejak November 2010
To be continued..

andipandora said...

untuk blogku udah hampir setengah tahun masih saja nol..:)

Achmad Mushi Asrarillah said...

Gan, mau tanya caranya cupaya blog kita muncul di google di pencarian "laman berbahasa Indonesia" (yg di pilihan penelusuran sebelah kiri)? kalo di pencarian web sih ada, tapi di laman berbahasa Indonesia sama sekali gak muncul blog ane? padahal blog bahasa Indonesia??

Unknown said...

@Azzuraa: Deklarasi bahasa di dalam template harus dalam ID, misalnya languange:ID. Atau kalo pake blogger langsung set aja semuanya dari Dashboard, set semua ke bahasa Indonesia. Tapi sebenarnya kalo blog sudah kuat, Google dengan sendirinya akan mendetect bahasa yang digunakan.

Achmad Mushi Asrarillah said...

@admin, Oh,padahal di setting blogger udah di set ke indonesia, sampai ke bahasa di bloggernya....
Mmm.... mungkin gara2 kalo post bahasanya masih acak2kan kali ya? seperti "#plakk #gubruakkk... XD"

Unknown said...

@Azzura: hehe, sebenarnya kalo menurut saya enggak juga sih. Coba saja diset di webmaster tools, set target audience ke Indonesia (lihat pada bagian setting/pengaturan).

Jefry said...

PR blog saya menurun tapi syukurlah tidak berpengaruh pada posisi blog di google
terima kasih infonya

Lirik Lagu said...

Blog saya turun jadi 1 dari 2 tapi untung traffic tetep naik terus..thx sharenya mas..nunggu update PR selanjutnya semoga bisa 4 nie PR...

Info Unik said...

alhamdulillah pr saya naik om..

Unknown said...

gan gmn ya kok PR blog saya masi 0 terus?
alexa rank saya masih no data padahal sudah 2hari.?

zulham said...

alhamdulillah update kali ini blog aku dapat pr 1 oh iya bisakah di perjelas mengenai gejala dimana google bakal update pagerank

Nasruddin said...

@Endy Rahman : Kalau blognya baru 2 hari wajar bro, krn biasanya Alexa memberikan rank kepada blog nanti sekitar 1 bulan, itupun blognya harus sering di Update. Apalagi berbicara mengenai PR google, butuh waktu yang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.
itu setahu saya.

arie purnomo said...

gag ngerti dgn google page rank,, uda 2 bulan buat blog tapi masih 0 aja pageranknya, bahkan blog saya yang 6 bulan masih 0 juga pageranknya.. gimana sih mau naikin 1 aja,, kok gak bisa bisa,, apa musti daftar di situs ini itu biar dapet pagerank,, hanya itu saja yang masih bingung .. mana tau agan bersedia menjelaskan ke saya yg baru menjelajah dunia blog,, tanks for share

imkits said...

Thanks for give me some information about this training. Your blog very good. My blog autocad Tutorial Pdf

GEDE AWAN said...

sama gan,,blog yang saya punya langsung berpagerank 3,bahkan saya sendiri tidak mengerti,,dan saya ngk tau cara untuk mempertahankan itu,takut nanti turun lagi,,,,

puput said...

alhamdulilah blog ane ga kena sob tapi naik pun tidak
padahal ane mau ngejar dollar hehehe
tapi artikel yang bagus sob
salam kenal sob dan sukses selalu buat blog ente sob

games03 said...

website tetep aja PR 1, apa kalo dikasih Backlink .edu PR website kita akan naik signifikan ya gan?

keluarga ale said...

sudah dari januari ngeblog lom dapt PR juga,,,

Oji said...

kadang" google ngecek keywords mpe dalam jd kita rus tau celah google akan kamana dan akan ngapain dengan web or blog kita.. itu sih yg saya tau...

SerbaSerbi DuniaIT said...

semoga kedepannya blog ane bisa punya pagerank... ^_^

unikgaul.com said...

susah juga naik page rank semenjak ada si panda,, ane masi page rank 1 gan.

Saefudin Softwareengineer said...

cara mendapatkan page rank gimana ?
kunjungi juga website saya :D
http://www.feedside.com/

Download Game Baru said...

Wah, ternyata udah ada update pagerank ya....
Blog ane masih tetep di pagerank 2 nih.

KURAYAW said...

pagerank ane menurun dari 3 ke 2..
haddehhh

G Stamp said...

SIpp Gan Thank Infonya

Unknown said...

hahaha...akhirnya pecah telor juga..bahagia banget...PR Saya yang tadi nya 0..sekarang jadi N/A...huft...lol

Unknown said...

masih menuggu PR belum dapat gan

Rara Novianty said...

Aku yakin mas Ahmad Khoirul Azmi ini mastah seo, coba aja bisa jadiin weblog belum genap 2bln udah dapat PR3.

MANTAP DECH ...!!!

Regards

Rara Novianty

gragasanit said...

mantap bener blognya mas, mohon bimbingannya dari master seo buka-rahasia haha

fajripetrucci said...

wuaaa... kenapa sampe sekarang web ane blom dapet pagerank ya.. :( help me mastaaah

Achmad Mushi Asrarillah said...

Gan, ane datang lagi, mau ngasih laporan plus ucapan trima kasih + jempol juga ^^
berkat bantuannya dikomentar yg udah lama ini :
"Ahmad Khoirul Azmi said...
@Azzura: hehe, sebenarnya kalo menurut saya enggak juga sih. Coba saja diset di webmaster tools, set target audience ke Indonesia (lihat pada bagian setting/pengaturan)."
setelah hampir stahun blog ane muncul juga di pencarian google berbahasa indonesia.. hahaha, smoga blog ane makin rame dan blog agan juga tentunya xD
trima kasih banyakk,,

Anonymous said...

GIMANA CARA BIKIN GOOGLE RANK TERSEBUT, BILA ADA YANG TAU MHN BANTUANNYA

Baju Kartun said...

Orang kebagian naik, kita kebagian turun ... sabar aja yang penting fokus pada niat awalnya tidak mencari PR tapi cari visitor. Thks ya sobat supportnya

Unknown said...

wih blog mastah ni.. ijin ninggal jejak : yanbeta.blogspot.com

berita terbaru said...

knapa blog saya gag dikasih update ya??? masih tetep 0 nih -_-

lowongan Kerja said...

Informasi yang disajikan oleh buka-rahasia, sangat bermanfaat. Thanks

Anonymous said...

terimakasih buka-rahasia PR, belum faham betul mekanismenya, blog tunggalku dulu 4 sekarang 3, penting tidak penting? hehe.. masih malas link, jalan-jalan, tapi jumlah reader visitor 'sih naik pelan tapi pasti

Oktariandi said...

PR ku masih 2 -_-"
pengen naik 2lagi :D

Pak Ufi said...

Saya Pusing dengan Blog saya http://uncomp.blogspot.com/


Saya harap ada tutorial Khusus biar bisa Seperti Blog yang tautweb.com : SEO nya

Anonymous said...

Bermanfaat infonya gan, wew prediksinya tepat... kira-kira akan ada perubahan apalagi di google serp nanti?

Unknown said...

Blog penerjemah saya balik lagi ke PR3 setelah turun waktu agustus lalu :)

Anonymous said...

mudah ane dapat pr ,.hehe
amien

DedSwand said...

belajar banyak nih dari artikel2nya.. hatur nuhun ya sob.. smoga tambah sukses...amin

Anonymous said...

masih belum ada rank-nya sih....

tapi ya sudahlah.. yg penting enjoy nge-blog

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap