Buat Widget Google Plus (Google+) di Blog/Web (Add To Circles Widget)

google plus (g+) widget
Google Plus menjadi social media yg keberadaannya semakin diperhitungkan, meskipun sampai saat ini bisa dibilang kekuatan Google+ masih kembang kempis dibandingkan Facebook yg tidak mau kalah dengan menghadirkan banyak inovasi dan fitur baru untuk memikat user. Namun, cara bagi kita, para Blogger, untuk lebih menguasai dunia maya & social media adalah dengan melebarkan sayap dalam bentuk apapun dan tidak terpatok pada satu atau dua lingkup social media saja. Bagi sobat yg memiliki blog, sangatlah penting untuk masuk ke social media manapun untuk memperluas jaringan.

Jika selama ini masih menggunakan Facebook dan Twitter saja, cobalah buat akun profil Google+ dan perluas jaringan sobat. Nah, seperti halnya Facebook dan Twitter, sobat pun bisa menambahkan dan menggunakan widget Google+ untuk menambah followers atau friends (dalam bahasa Google Plus: circles). Apalagi, dengan adanya pertambahan jumlah follower di dalam circles, kita bisa semakin memperluas sharing Google +1, yg nyata-nyata kini telah berpengaruh dalam SEO. Saya sendiri pun baru saja mencoba Google Plus. Meskipun anggota dalam circles saya baru sedikit, namun saya dapat merasakan sharing hal-hal penting menjadi lebih luas jangkauannya.

Cara Membuat & Memasang Google Plus Widget di Blog/Website

Widget Google+ sudah tersedia dalam bentuk dan kostumisasi maksimal sehingga tidak perlu lagi melakukan hack:
1. Buka / masuk ke situs Google Plus Widget. Klik di sini.
2. Klik tombol "Get Widget"
3. Lihat pada tab-tab yg muncul di bawahnya. Isikan dengan data Google Plus (id). Id Google+ dapat diambil pada halaman profil Google Plus. Klik button profile pada tab-tab pada navigasi atas Google+.
4. Ambil / copy id Google+ yg tertera di address bar browser.
5. Kemudian paste / masukkan id tersebut ke dalam form Google+ ID.
Pada tab-tab di bagian tersebut, set tampilan widget sesuai selera atau sesuai tampilan desain blog. Masukkan ukuran lebar, sesuaikan dengan lebar sidebar. Tampilan juga bisa diatur sesuai warna yg diinginkan. Ada fitur untuk melihat dan menyesuaikan warna ketika klik pada kolom kode warna. Namun jika ingin mengetahui kode warna yg tepat sehingga warna yg muncul sesuai keinginan, cek melalui Hex Color Code Generator. Set juga judul header, font, background. bahasa dan lain sebagainya. Lihat perubahan pada preview di pojok kanan atas. Semua lengkap ada disana sehingga kita tidak perlu lagi memasukkan kode secara manual.

6. Setelah setting selesai, klik "Get Code".
7. Copy kode / script yg muncul di bawahnya.
8. Untuk menambahkan widget ke Blogger, masuk ke Design > Add a Gadget (Tambahkan Gadget), pilih HTML/Javascript. Masukkan kode kedalamnya. Lalu save.
undefined
10. Geser / drag gadget ke posisi yg diinginkan apabila belum sesuai. Save lagi.
Done!
Oh ya, Jangan lupa "add me to your circles" yah. Klik "add to circles" pada widget di bawah. Masih new and mempelajari nih :- ) Nanti kalo punya sobat Blogger udah berhasil atau kalo ada problem, silahkan share di comment. Saya akan add to my circle dan berusaha bantu jika ada problem.

Happy Blogging, dudes! :-)
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Buat Widget Google Plus (Google+) di Blog/Web (Add To Circles Widget)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 26 Comment(s):

Pian Uhuy said...

sip mas....
sekalian tutorial membuat akun google+ ... saya blom punya akun.nya...hehe

gmana mas rekues saya soal menghapus google search image frame....kira2 kapan ???

Unknown said...

cek disini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/cara-hapus-google-image-frame-frame.html

Beck Inspiration said...

salam.
datang lagi bang, wah gua lagi cari nih tips ini, saya juga sudah lama punya akun di Google +, tapi tak tahu caranya untuk pasang widgetnya di blog, saya tambah Bang Azmi di Circle ku nanti..??.
Salam.

anak ganteng said...

masih belum ngerti mas bro,,,tolong di perjelas,,,

Unknown said...

@Becks, oke terima kasih kembali ya. Saya akan add juga ke circle saya :D

yOu said...

Udah dicoba.. sukses.. hturnhun bermanfaat

shuka shoes said...

terima kasi infonya

santo said...

wah mantep ki mas,akan sy coba, saya malah kagak tahu cara pasang widgetnya, oh iya, kalo mau facebook an atau twitter an juga bisa melalui account google+, silahkan kunjungi link nama saya.... maturnuwun

Unknown said...

terima kasih gan ane langsung terapin di blog ane, mampir yah, oh iya ane tambahin ente ke lingkaran ane

Unknown said...

Makasih banyak infonya Juragan,selamat pagi and happy blogging.

Fanani said...

Thanks gan...!!!

ryu arma said...

makasih gan tutornya,..neh lagsung di paktekin..sukses ya gan..!q dh add

Desta said...

Akhirnya nmu disini, thank bro..

trik blogger said...

mas kok foto saya tidak muncul kenapa, bisa bantu ?

Unknown said...

makasih oom tutornya, sangat bermanfaat

BNIS PIK said...

Nice info gan!

Unknown said...

This comment has been removed by a blog administrator.

Unknown said...

domain widgetplus.com tidak bisa dibuka..
mohon pencerahannya..

Unknown said...

Iya widget plus sepertinya ada trouble atau mungkin justru ada masalah dengan pihak google plus. sementara ini saya melepas widget tersebut karena gak bisa diload. Jadi sementara ga usah dipake dulu dari widgetplus and pake punya G+ aja, atau gadgetnya ada juga di Blogger, tinggal add a gadget aja seperti contoh di bawah.

Unknown said...

makasih banyak infonya,

Unknown said...

Terima kasih.. tidak terasa blog anda sudah seperti kamus bloging bagi saya.. setiap bingung lari kesini pasti nemu solusinya..

Unknown said...

thanks :) .

Unknown said...

Menarik infonya , terima kasih

Mizz Aiza said...

terima kasih sharingnya.. saya telah berjaya memasangnya..

Najla Alliya said...

mas kalo kode buat box add to circles/follow seperti di blog ini, bagaimana ya? soalnya kalau bawaan blogger nya terasa agak berat di loading blog.

Unknown said...

langsung ke generator google+ badge:
https://developers.google.com/+/web/badge/
atur semuanya di situ, lalu ambil kodenya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap