Haruskah Menggunakan Dynamic Views Blogger?


Blogger kini secara resmi telah menyempurnakan Fitur Dynamic Views serta, secara default, para user Blogger/Blogspot dapat mengaktifkan dan menggunakannya melalui Template Designer. User Blogger dapat mengubahsuaikan template blog dalam beberapa bentuk tampilan. Pada dasarnya dynamic views adalah kode otomatis untuk mengubah area-area div pada template dan secara otomatis pula mengubah dasar tampilan (style sheet) ke dalam berbagai macam tema dan warna. Fitur baru ini memberikan keleluasaan bagi pemilik blog untuk mengubah posisi post body, comment, & sidebar, yg merupakan tiga bagian inti template Blogger. Dynamic views mengatur ketiganya dengan cara streaming. Hasilnya berupa gambar preview (image thumbnails) atau table yang terdiri dari beberapa posting terbaru.

Setelah melihat, mencoba, dan membandingkan dynamic views dengan tampilan asli template blog, saya melihat ada beberapa keuntungan maupun kerugian penggunaan Dynamic Views. Secara singkat, saya akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan Dynamic Views terbaru serta kelebihan dan kelemahan penggunaannya.

Cara Mengaktifkan Dynamic Views Blogger?

Ikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk mengaktifkannya:
  1. Masuk ke Blogger (Dashboard) > Design > Template Designer
  2. Pilih salah satu jenis tampilan. Sekarang Blogger telah menambah beberapa tampilan baru sehingga terdapat 7 buah pilihan tampilan: classic, flipcard, magazine, mosaic, sidebar, snapshot, dan timeslide.
  3. Tekan tombol "Apply to Blog" di sudut kanan atas.

Keuntungan - Kelebihan Menggunakan Dynamic Views?

Setelah melakukan beberapa uji coba Dynamic Views, ada beberapa keuntungan/kelebihan yang bisa didapat:
  1. Dynamics Views terlihat sempurna (compatible) pada beberapa browser utama seperti Firefox, IE8, Chrome, Safari, dan Opera. Keuntungan yang didapat tentu saja tampilan blog akan terlihat sama pada semua browser tersebut.
  2. Dynamic Views menggunakan theme (template) yg ringan, sehingga memiliki loading (load time) cepat. Setelah melihat isi kode (view source) pada layout theme, nampaknya kode-kode dibuat dan disusun dengan sempurna sehingga masing-masing widget tidak berubah-ubah posisinya dan tidak saling bertubrukan (crash) ketika diload. Dengan demikian dapat dipastikan load time menjadi lebih cepat.
  3. Lembar dasar tampilan (stylesheet)/CSS secara resmi dibuat oleh coder dari Blogger dan jarang sekali mengandung gambar (image). Sekali lagi, waktu loading akan terkurangi secara signifikan.
  4. Blog-blog berplatform Blogger yang menggunakan fitur ini dapat dilihat dengan baik (good readability), dapat dibrowse dan di-bookmark dengan mudah, serta bahkan dapat dilihat dengan sempurna di smart phone.

Kerugian - Kekurangan Menggunakan Dynamic Views?

Dalam melakukan uji coba, saya juga menemukan banyak kerugian/kekurangan Dynamic Views Blogger:
  1. Pemilik blog (user) tidak dapat memiliki kontrol penuh atas tampilan widget dan badan posting (post body). Ketika mencoba mengaktifkannya, banyak  widget yg berhenti bekerja/tidak berfungsi atau tidak muncul. Banyak widget yang tergantikan atau bahkan menghilang.
  2. Widget-widget penting dan fitur-fitur yang saya tambahkan tidak muncul karena tidak masuk ke bagian widget Dynamic Views yang dikenali untuk dimunculkan. Bagian sponsor, subscription, Facebook like box, dan beberapa yg lain tidak muncul. Tentu saja ini sangat merugikan apabila blog anda masuk ke kategori professional dan di-monetize-kan.
  3. Dalam beberapa kasus, ketika melihat blog-blog sobat Blogger yg mengaktifkan Dynamic Views, loading browser berhenti dan hanya sampai pada bagian header saja, sehingga keseluruhan isi konten tidak muncul. Ini menandakan Dynamic Views belum tentu cocok dengan semua template dimana dia melakukan stream dan render.

Saran Mengenai Penggunaan Dynamic Views?

Setelah melihat beberapa aspek kelebihan dan kekurangan Dynamics views:
  1. Bagi pemilik blog yang mengarah ke bentuk profesional, sebaiknya tidak menggunakan fitur ini, karena ada banyak kelemahan dan sedikitnya kontrol akan konten yang ingin dimunculkan.
  2. Sebaliknya, bagi anda yg benar-benar menggunakan blog sebagai online journal, personal blog, ataupun diary, menggunakan dynamic views sangat dianjurkan karena ada banyak keuntungan seperti yg telah saya sampikan di atas, diantaranya adalah kompatibilitas browser dan waktu loading blog.
Terlepas dari itu, tentu saja adalah keputusan anda sendiri untuk menggunakan atau tidak menggunakan dynamic views.

Semoga bermanfaat.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Haruskah Menggunakan Dynamic Views Blogger?
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 9 Comment(s):

Pian Uhuy said...

ouw...ternyata gitu...

makanya beberapa widget kadang2 gak muncul...trus dapet template yang bagus dimana ya ??? kalo ga di dynamic views blogger ....

manadoparabola said...

yup..jadinya nggak bisa tampilkan widget...

e-lyricsmode.blogspot.com said...

emmhh gitu ya mas...
udah lama blogging belum ngerti juga aku

Info mobile said...

bos, menu bar yang ada di barisan atas pada template dynamic bisa di hilangkan atau dihapus nggak, saya coba tempalte dynamic kok gk bisa di edit html, edit halaman juga gak bisa,

Unknown said...

tidak bisa bro, karena itu berasal langsung dari sumber hostingnya (blogger) dan tidak menjadi bagian template blog secara penuh sebagaimana template lainnya.

Azis Hapiddin said...

ouhhhhhhhhhhh

PONPONGI Online Shop said...

gan, di dynamic views bisa bikin dropdown menu gitu gak?

Unknown said...

Selamat pagi mas. Kalau boleh tanya nih. . . . . Bagaimana memasukkan kode Clicksor.com pada template Dynamic Views? sehingga kode iklan tersebut muncul terus.

Unknown said...

Halo, Blogger dynamic views sekarang sudah support custom gadget. Jadi buka layout, tambahkan gadget, pilih HTML/Javascript dan masukkan kode di sana

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap