Cara Menyembunyikan Sidebar di Halaman Blogger


Posting ini adalah tips dan trik dan tutorial lengkap untuk menyembunyikan sidebar di halaman-halaman blog Blogger/Blogspot. Bagi sobat Blogger yang merasa risih atau ingin sidebar tidak ditampilkan pada suatu halaman Blogger tertentu, baik di halaman statis maupun di halaman posting, sobat bisa mencoba menggunakan trik ini. 

Namun sebelumnya perlu diperhatikan bahwa trik menghilangkan sidebar Blogger ini perlu sedikit pemahaman mengenai template, terutama dalam mencari deklarator CSS di halaman template XML Blogger, karena tidak semua template memiliki deklarator yang sama tergantung bagaimana si pembuat template merancangnya. Namun rata-rata deklarator tersebut menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutnya. Tinggal bagaimana mencari yang hampir mirip dengan suatu deklarator yang akan saya contohkan nanti.. Tapi jangan khawatir, saya akan coba jelaskan sejelas mungkin. All Right? Ready?

Mencari deklarator CSS Sidebar

Pada dasarnya sidebar dinyatakan dalam class sehingga bentuk deklaratornya adalah: .sidebar. Agar nanti tidak terjadi kegagalan ketika melakukan hack template, cari dan lihat terlebih dahulu apa deklarator sidebar pada template sobat. Pada kode-kode di bawah ini, saya akan menggunakan .sidebar sebagai salah satu contoh yang paling sering digunakan. Sesuaikan dan ganti dengan apa yang ada di template Blogger sobat.

Menyembunyikan Sidebar di Seluruh Halaman Posting Blogger

Jika ingin menyembunyikan/tidak menampilkan sidebar pada halaman posting, copy kode berikut n letakkan di atas tag penutup </head>.
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
.sidebar {display:none;}
</b:if>
</style>

Menyembunyikan Sidebar di Satu Halaman Posting Blogger

Jika ingin menyembunyikan/tidak menampilkan sidebar pada halaman posting:
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-label-blogger-nofollow.html&quot;'>
.sidebar {display:none;}
</b:if>
</style>

Menyembunyikan Sidebar di Seluruh Halaman Statis Blogger

Jika ingin menyembunyikan/tidak menampilkan sidebar pada halaman statis, copy kode berikut n letakkan di atas tag penutup </head>.
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
.sidebar{display:none;}
</b:if>
</style>

Menyembunyikan Sidebar di Satu Halaman Statis Blogger

Jika ingin menyembunyikan/tidak menampilkan sidebar pada halaman posting:
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://buka-rahasia.blogspot.com/p/forum-and-community.html&quot;'>
.sidebar {display:none;}
</b:if>
</style>

Menyembunyikan Sidebar di Seluruh Halaman Posting & Halaman Statis Blogger

Jika ingin menyembunyikan/tidak menampilkan sidebar pada seluruh halaman posting dan halaman statis, copy kode berikut n letakkan di atas tag penutup </head>.
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
.sidebar {display:none;}
</b:if>
</b:if>
</style>

Menyembunyikan Sidebar Pada Halaman-halaman tertentu Blogger

Pasti akan muncul pertanyaan, bagaimana menyembunyikan sidebar pada halaman halaman tertentu saja dan tidak diatur secara umum? Apakah bisa? Jawabannya (sambil teriak nih): BISA!!
Sebagai dasar tambahan untuk mengatur pada bagian halaman tertentu (memberikan pengecualian atau "pengistimewaan") , digunakan tag seperti ini:
<b:if cond='data:blog.url == &quot;url&quot;'>
</b:if>
Oleh karena itu kita dapat menggunakannya untuk memberikan aturan khusus pada beberapa halaman tertentu sekaligus dengan menambahkan pasangan-pasangan tag seperti di atas secara individual. Setiap halaman memiliki tag-nya sendiri. Sehingga jika ingin menghilangkan sidebar dari beberapa halaman Blogger, selalu tambahkan tag seperti di atas dengan masing-masing url-nya (baik url halaman posting atau halaman statis). Contoh (copy, edit, dan tambahkan atau kurangi tag berwarna merah tua sesuai dengan jumlah halaman yg diinginkan):
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-label-blogger-nofollow.html&quot;'>
<b:if cond='data:blog..url == &quot;http://buka-rahasia.blogspot.com/p/forum-and-community.html&quot;'>
<b:if cond='data:blog..url == &quot;http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/membuat-facebook-page-like-box-blog.html&quot;'>
.sidebar{display:none;}
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</style>
Yup, itu dia sedikit trik mengenai menyembunyikan sidebar di halaman Blogger. Sobat dapat memodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat menerapkan untuk hal yang lebih. Selanjutnya saya juga akan terus posting mengenai "sembunyi-sembunyian" pada kesempatan yang lain. Jika ada kesulitan, feel free to leave your comment below. Keep on learning and learning!

Tersaji dengan Esensi
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Menyembunyikan Sidebar di Halaman Blogger
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 34 Comment(s):

riva'i said...

pusink....

Suwardi said...

tutornya udah dicoba dan succes...
numpang pajang muka yach mas, sekalian mau belajar seo maklum newbie mas...

Cotalika said...

siip, update lagi nih mas..
ijin praktek yah..!!

tambah tambah lagi yah mas artikel blognya..!!
sekalian di kunjung juga yah mas Blog saya..!!

ehhee

katils said...

ak mash blum fham apa it sidebar kang

Fiqi said...

Infonya menarik mas makasih tas artikelnya.

Ahmad Khoirul Azmee said...

Cotalika: yup insya allah saya akan berusaha menulis dan menyampaikan ide terus. makasih ya dukungannya:D

Katils: Sidebar adalah bagian kolom yang berada disisi badan posting

Fiqi: yup, sama2 :D

Anonymous said...

om saya udah bisa ilangin sidebar, trus supaya postingan kita full se-body gimana? jadi gak ilagin sidebar doang, rencananya buat nabble kaya di blog si om? mohon bantuannya :) oh iyah kan disni dikasih tau cara ilangin css, kalo ilangin java script yg ada di body gimana om?

thanks before :)

seputar dunia wanita said...

Wooow kreeen mas...!!! aku masih bingung neh, tapi aku coba oprak oprek deh ngikutin saran mas. Mantap artikel-artikelnya....thanks mas

Pian Uhuy said...

mau tanya mas...
script untuk menghilangkan widget gimana ???

misal saya membuat banner melayang..udah di klik "close".banner hilang...ketika membuka halaman lain banner muncul lagi...gmana caranya biar ga muncul lagi...
perlua di selipin script seperti apa biar banner tampil waktu pertama aja....

Adhe Setiawan said...

keren om,,, izin praktekin om,,,
kl ad wktu mampir ke blog saya,,

bersediabelajar said...

Mantap mas ilmunya, sy simpan dl ilmunya buat dipelajari next time soalnya agk rumit maklum masih newbie, terimakasih sdh mau berbagi, salam kenal

MUXLIMO said...

kalau menghilangkan sidebar di halaman beranda aja bisa gak ya, Gan?!

juangga haposan said...

mas, saya mmbuat forum di blog saya pada halaman statis. Tetapi sewaktu muncul, forum saya tetap muncul widget yang saya pasang. maksud saya page statis saya utk forum bersih. hanya forum doang. mohon petunjuknya. Tolong lihat : bahasainggris777.blogspot.com

BAHASA INGGRIS said...

mas, terima kasih atas ilmunya sudah sy terapkan. tapi ada satu yang kurang pas, sewaktu saya luncurkan. yaitu masih ada sisa post coment (ada beranda juga), sewaktu sy clik forum pada blog saya. bgm saya menghilangkannya mas, tp pengunjung masih tetap bisa kembali ke beranda.

BAHASA INGGRIS said...

mas tolong buka bahasainggris777.blogspot.com ya. tolong clik forumnya.(merintah lagi, he-he-he) trims and jangan marah ya. terima kasih ilmunya mas.

Jacob Silitonga said...

Ini Artikel yang sedang saya cari-cari
Makasih bangat gan dah berbagi

Kihwan said...

Untuk template saya hanya sidebar yang tidak ditampilkan diseluruh halaman posting yang berfungsi, sedang yang statis tidak bekerja..,
Thans for tips!

Blog Walking

Fairuz Hilwa Shahab said...

kalo buat menghilangkan sidebar pada laman gunakan yg mana?
URL websitenya diganti atau gak?

A A said...

Menyembunyikan Sidebar Pada Halaman-halaman tertentu Blogger. sudah saya praktekkan dan TIDAK BERHASIL MAS !, Saya pengen hilangkan sidebar di kiri dan di kanan blog saya dan saya pengen halaman page ada 4 page/laman di blog saya tanpa sidebar. tapi tutorial ini tidak berhasil !!

Ahmad Khoirul Azmi said...

@AA: Sebelum anda menyalahkan tutorialnya, anda seharusnya mereview langkah-langkah yang anda lakukan. Langkah di atas harus diikuti dengan seksama plus pemahaman template dan CSS yang anda gunakan, seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

rohmad aini said...

wah bagus tutorial nya mas walaupun masih belum berhasil memprak tekan

Siti Nurohmah said...

terima kasih informasinya, akan saya coba

lensa konawe said...

Nanya mas,misal untuk menyembunyikan 'artikel artikel dalam label tertentu' agar tidak tampil pada halaman utama bisa gak? mohon pencerahannya

lensa konawe said...

buat yang merasa tak berhasil silahkan lihat CONTOH KEBERHASILAN TRIK diatas di Blog saya : lensakonawe.com

Ahmad Khoirul Azmi said...

Untuk blogger menurut saya sulit, tapi bisa dilakukan dengan menggunakan tag pengondisian pada masing2 artikel. Nanti akan saya tes dulu, dan saya lihat berhasil atau tidak. Kalo berhasil akan saya post.

administrator said...

terima kasih banyak sebelumnya mas,link postingnya saya tunggu semoga bisa dan berhasil,halaman ini sudah saya bookmark'an buat mempermudah akses..

Fariqi Azzahid said...

maaf mas, tidak berhasil.. tempatnya udaha bener, diatas < /h e a d > ... Screenshot : http://prntscr.com/yj6rb ... mohon pencerahannya

Ahmad Khoirul Azmi said...

Itu berarti sangat mungkin deklarator CSS anda bukan .sidebar, tapi yang lainnya, tergantung template, sebab beberapa template custom memiliki deklarator yang berbeda tergantung keinginan penulisnya.

1. Coba cari yang mirip dengan .sidebar.

2. Bisa jadi tidak dinyatakan dalam bentuk class (diawali titik) tapi dengan ID, diawali #, misalnya #sidebar, atau yang lainnya, contoh2nya: .sidebarcontent, #sidebar-content, dll. Coba cari yang mirip. Kalo tidak tahu, kasih alamat blognya.

anniewilcox said...

Maaf mas Azmi "Menyembunyikan Sidebar di Satu Halaman Posting Blogger" Sepertinya ada yang kurang dengan CSS Pembukanya seharusnya penutup <*style> ada pembukanya juga... "Salam Sukses Buat Blognya Mas"

Ahmad Khoirul Azmi said...

Oh ya benar, saya lupa menuliskan tag style pembuka. terima kasih untuk koreksinya.

himpi iain snj said...

kang,, bisa gak ya ketika sidebarnya hilang, postingannya jadi lebar? jadi tempat sidebar itu dipake pelebaran postingan tersebut..

Ahmad Khoirul Azmi said...

bisa, dengan CSS juga.
Anda harus mencari deklarator CSS bagian post, biasanya .post-body lalu cari width: dan tambahkan nilainya

debe dilacious said...

Mantaph nih mas, berhasil diblog saya.
Mas saya mau tanya untuk menghilangkan/menyembunyikan widget(bukan sidebar) tertentu dari home gimana ya mas? bisa gak sih, misalnya iklan adsense yang dihilangkan/disembunyikan dari home. Mohon pencerahannnya mas, halaman uda saya bookmark. Makasih artikelnya bermutu sekali.

Ahmad Khoirul Azmi said...

Halo ya, bisa. dengan menggunakan conditional tag, langsung simak di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/10/menampilkan-widget-hanya-di-homepage-dan-halaman-posting.html

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap