OnlineLeaf ScreenSaver Bikin Loading Blog Lama (Banget)

OnlineLeaf adalah plugin yang membawa tampilan blog ke energy saving mode (screensaver) ketika blog dalam keadaan idle dan akan kembali ke tampilan semula setelah melakukan mouse over. Salah satu fungsi dari aplikasi/plugin ini adalah untuk menghemat energy dan mendukung gerakan save green environment. Pastinya, saya dan kita: para Blogger, sangat mendukung gerakan tersebut.

Tetapi, akhir-akhir ini ada problem yang cukup serius. Seperti yang telah saya sampaikan di dalam komentar balasan atas pertanyaan sobat blogger AcerNoval di posting 5 Cara Mempercepat Loading Blog, plugin atau aplikasi screensaver onlineleaf ini menyebabkan macetnya loading elemen blog  lain yang  seharusnya di-load browser. Informasi pada bagian footer browser menunjukkan: "waiting onlineleaf.com...." yang menunjukkan  browser sedang menunggu respon atas request dari browser. Kasus ini saya alami ketika membuka blog-blog sobat Blogger yang menggunakan aplikasi ini. Kemungkinan faktornya adalah pada server dan atau bandwidth, dimana saat ini telah banyak pemakai plugin ini namun kapasitas-nya tidak memadai, sehingga harus antri response ketika browser melakukan request. Rata-rata waktu yang dibutuhkan di atas 2 menit hingga response di dapat dan akhirnya bagian/elemen blog lain yang belum termuat baru bisa di-load oleh browser dan selanjutnya tampilan blog baru bisa dilihat. 

Tentu saja kasus ini menjadi masalah besar bagi pengunjung dan pemilik blog sendiri. Karena mereka akan butuh waktu lebih lama untuk sekedar melihat tampilan blog. Contoh pembahasan kasus serupa bisa dilihat di complain terhadap SilkypixForum dan artikel CodeIsLove.

Selayaknya, masalah ini  harus segera diperhatikan; terutama oleh sobat-sobat blogger yang menggunakan plugin/aplikasi screensaver ini, karena, sampai saat artikel ini ditulis, efeknya benar-benar mengganggu pengunjung. Pihak OnlineLeaf juga harus segera mengambil tindakan agar ini tidak merugikan blog-blog pengguna aplikasi screensaver tersebut. Bukannya jadi energy saving mode, tapi malah pemborosan banget mode karena tentu saja energy yang digunakan untuk menunggu response juga besar kan?

Jika ingin mencoba screensaver (energy saving mode), cek posting: Cara Membuat Screensaver (Energy Saving Mode) Blog/web.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

OnlineLeaf ScreenSaver Bikin Loading Blog Lama (Banget)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 8 Comment(s):

Fairysha said...

aku juga masih bingung mi, kalo pake screen saver kaya gitu kenapa bisa mensave energi sih?

Ahmad Khoirul Azmee said...

aku sebenernya juga masih kurang paham ko cha. sepenangkapnya aku sih, ketika screen saver/ energi saving mode muncul energi yang dibutuhkan oleh layar ketika menampilkan gambar jadi berkurang, yah kaya screensaver komputer itu lah... tapi kalo penelaahan dan efek secara langsung thd gerakan save green environment aku juga belum paham bener. :P

ScriptMarketer said...

Bagaimana dengan Cache?

Dampak domino dari saving cache juga menghemat energy.

Dengan cache, ngga perlu load 2 kali untuk static content, dengan begitu menghemat waktu. Kalau waktu bisa dihemat, maka listrik juga jadi hemat.

Hehehehe.. Peace!

Nice Post my friend :-)

Ahmad Khoirul Azmee said...

halo mas Wid! iya sepertinya itu ide yag bagus... caching bikin loading cepet dan browser jadi ga bekerja terlalu keras. Ide yang bagus bro! :D

azmiansyah said...

aq biz baca artikel di atas langsng praktek alhamdulillah berhasil blog saya jadi ringan bianget..
tapi..kenapa blog ini ko berat bangaet..loadingnya gak usai-usai...heheheh
salam kenal pak admin...

Ahmad Khoirul Azmee said...

yup. sip!
Ada load dari beberapa server di badge Directory-directory (di widget directories bagian bawah) yang responnya lama, biasanya bloggernow dan topofblogs, keduanya mengandung tracker seperti alexa) yang responnya lama ketika di-request oleh browser) sehingga posisinya load terus, apalagi oleh internet yang lambat. Tapi itu ga masalah kok, semua bagian penting blog sudah ter-load dengan baik, dan tampilan tidak ada yang hilang. Kalo saya remove, blog saya tidak dapat peringkat di direktori2 tersebut. Nice analysis :D

Indonesia Negriku said...

aku dah pasang kemarin trus bisa di coba... tapi hari ini kok ga muncul yaa... malah beberepa widget ikut ga muncul juga... harap bantuannya http://indonesianegriku1945.blogspot.com/ or alimyuandia@gmail.com

Ahmad Khoirul Azmee said...

onlineleaf memang sering membuat rouble, oleh karena itu saya sudah memberikan warning sebelum memasang scriptnya. seringkali membuat loading blog jadi lama atau gagal dimuat.
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/07/onlineleaf-bikin-loading-blog-lama.html

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap