8 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Blogging

bad blogging
Mungkin, jika dipikir-pikir, mengapa pula harus ada hal-hal yang harus dihindari dalam ngeblog? Mau apa saja terserah yang punya blog, kan. Namun, jika disadari, blogging bukan hanya sebuah kegiatan individual. Blogging tetaplah sebuah aktivitas yang bersinggungan dengan banyak orang, terutama pengunjung dan teman sesama blogger. Selain sebagai sebuah proses kreatif menulis dan memanage blog, seorang blogger punya dimensi sosial yang amat luas (social networking). Dan pastinya, anda juga menginginkan blog anda dikunjungi banyak orang, memiliki pageview yang banyak, tulisan yang dihargai, dan ada pula yang menginginkan penghasilan yang melimpah.

Apapun motivasinya, banyak hal yang harus kita kedepankan untuk memiliki blog yang bagus. Pada postingan terdahulu, saya pernah menyampaikan tentang Tips Blogging yang Tidak Wajib Dipatuhi. Nah kali ini saya akan memberikan sudut pandang lain mengenai hal-hal yang perlu dihindari dalam blogging. Apa saja yang perlu dihindari dan tidak perlu dilakukan? Let's see:

1. Nge-blog tanpa rencana (planning)
Sebuah rencana sangat penting untuk segala kegiatan dan pekerjaan, termasuk dalam blogging. Rencana disini bukan berarti sesuatu yang harus kompleks, akan tetapi lebih kepada susunan awal mengenai apa yang dilakukan ketika akan ngeblog, apa yang akan ditulis, apa yang akan disuguhkan kepada pembaca, apa tujuan dari artikel dan seterusnya hingga tujuan dari blog yang dibuat itu sendiri. Planning atau rencana akan menentukan banyak tahapan langkah selanjutnya ketika ngeblog dan membawa konsistensi dan semangat yang kuat. Buatlah rencana sesederhana apapun itu.

2. Menulis blog tanpa semangat dan tanpa menggunakan hati
Menulis artikel adalah suatu kegiatan yang menyenangkan apabila dilakukan dengan tulus. Seperti halnya anda menulis di buku diary, menulis blog merupakan sebuah kreativitas yang yang tidak bisa mengesampingkan hati. Perasaan ketika menulis, emosi yang disampaikan, dan dipadu dengan kekuatan otak akan menghasilkan tulisan yang benar-benar berbicara dan bukan hanya nampak sebagai tulisan, di situlah semangat akan muncul. Menuliskan apa yang dipahami dan merupakan kegemaran akan nampak lebih hidup dan dapat ditulis dengan cepat daripada tulisan yang hanya ditulis karena tuntutan mengisi dan menambah artikel blog.

3. Blogging tanpa bersosialisasi (social networking)
Blogging tidak hanya melulu kegiatan yang berfokus pada menulis di blog tanpa keluar dari "tempurung. Blogging dikenal sebagai salah satu sarana sosialisasi di dunia maya. Sosialisasi ini seperti layaknya jika kita membangun persahabatan di dunia nyata. Kita dapat bermain bersama, berdiskusi, berkomentar, bahkan mungkin juga berdebat untuk mencari suatu jalan keluar. Aktiflah berkomentar di blog lain, mengikuti forum-forum, direktori, social bookmark, komunitas-komunitas blogging dan social network lainnya. Tujuannya bukan untuk membuat eksklusivitas, tetapi lebih kepada pergaulan. Saya sendiri juga tidak setuju dengan komunitas eksklusif yang membeda-bedakan antara amatir dan professional sehingga seolah-olah ada selebriti dan para fans-nya.

4. Memuat artikel curian/copy-an tanpa sepengetahuan penulis aslinya
Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah membayangkan bagaimana perasaan seorang penulis blog mengetahui bahwa salah satu artikelnya dicuri tanpa permisi dan tanpa mencantumkan link sumber/artikel aslinya. Tentu saja akan sangat menyakitkan apabila dengan susah payah dia telah mencurahkan seluruh ide/gagasan, perasaan, observasi yangdikumpulkan sebagai modal dalam menuliskan artikel tersebut. Boleh saja seorang blogger bilang, "Ah itu sah-sah aja, ngapain sih diributin?" Bahkan ada komentar yang saya terima di blog ini yang isinya: "Dasar lo blogger pelit!" Saya hanya menggelengkan kepala, dan karena tidak ada nama (anonymous) dan tanpa link, komentar tersebut saya hapus. Pelit? Kalau di logika siapa yang pelit, saya sebagai penulis artikel asli yang telah dia kopi tanpa permisi, atau dia yang telah copy-paste artikel tanpa ijin dan tanpa memberi link back? Saya kira, jawabannya telah jelas dengan sendirinya. Artikel yang tidak asli memiliki konsekuensi besar terhadap kredibilitas pemilik blog, karena jika tidak ada penguasaan dan pemahaman yang cukup, dan secara etika salah, maka pengunjung pun akan menilai yang sesuai kok. Percaya lah. Dan pertanyaanya,  seberat apa sih memberikan link sumber?
Blogging erat dengan kreativitas, dan pada tahap inilah letak dimana anda dapat mengembangkan kreativitas dan kredibilitas, atau sebaliknya, justru menurunkan kualitas serta kredibilitas diri anda sendiri sebagai seorang Blogger. Dan poinnya: segala sesuatu, termasuk uang, dapat dicapai dengan mudah jika menggunakan kreativitas dan kredibilitas yang tinggi.
5. Lama sekali tidak update artikel/posting.
Blogging adalah tentang menyampaikan pemikiran, informasi, pendapat, solusi, cerita, dan lain sebagainya. Jika blog lama sekali tidak di update, maka bisa dibilang blog bukanlah menjadi pilihan seseorang (yang katanya blogger) untuk menyampaikan hal-hal tersebut. Selain itu, jika suatu blog telah memiliki pengunjung tetap, tentu saja ini akan menyebabkan kekecewaan. Ujungnya nih, search engine juga jadi malas untuk mengunjungi dan melihat kalau-kalu ada update baru. Update artikel semampu waktu anda, kecuali jika memang ada halangan yang tidak bisa dihindari, dan tentu saja bukan karena "malas". Yang penting jangan sampai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun ditinggalkan.

6. Blogging hanya untuk uang dan berlebih-lebihan (over-monetized)
Siapa yang tidak suka uang? Pasti tidak ada. Akan tetapi, jika blogging semata-mata hanya untuk uang, maka inti dari kegiatan blogging itu sendiri dapat rusak. Bayangkan jika seorang bloger hanya berbicara tentang uang, uang, dan uang di dalam blognya tanpa ada satupun artikel yang menarik dalam hal lain, tentu saja pengunjung akan bosan. Motivasi untuk uang, sah-sah saja. Tetapi jangan sampai anda terpaku pada itu dan melupakan semuanya, bahwa hakikatnya blogging adalah menuliskan sesuatu yang menarik di dalam blog (english: to blog) dalam sudut pandang personal penulisnya. Hindari mengisi seluruh bagian blog dengan hal-hal yang hanya berbau monetisasi karena akan sangat mengganggu pandangan dan juga memperlama waktu loading blog. Sesuatu yang menghasilkan uang bukan melulu tentang uang itu sendiri, namun banyak hal kreatif lainnya, termasuk artikel yang kreatif.

7. Menggunakan widget yang terlalu berlebihan dan tanpa motivasi jelas (over-widgetized)
Salah satu faktor yang membuat pengunjung nyaman adalah tampilan blog. Sebuah blog yang terlalu banyak widget justru dapat membuat pengunjung tidak betah. Ada dua alasan dalam hal ini: Pandangan yang tidak fokus dan waktu loading yang lama. Dalam beberapa artikel sebelumnya saya telah menyinggung bahwa file gambar dan javascript yang terlalu banyak dan besar ukurannya dapat mempengaruhi page load time. Satu hal yang terkadang sangat mengganggu bagi saya adalah ketika masuk blog yang menggunakan widget music (mp3), bisa dipastikan membaca artikel membaca artikel menjadi tidak fokus dan loading yang berat pula. Bagi pengunjung yang internetnya pake kuota jumlah file, tentu saja mereka akan lebih pikir-pikir lagi karena membuka blog berwidget musik akan menguras banyak kuota internetnya. Hindari pengguaan widget yang tidak berpengaruh apapun terhadap penilaian pengunjung. Maksimalkan widget untuk fungsi navigasi ataupun social networking. Satu-satunya cara show off yang paling manjur efeknya bagi blog dan blogger, adalah menyuguhkan artikel yang berkualitas.

8. Menulis untuk Google dan bukannya untuk Pengunjung
Sebuah blog yang SEO-nya bagus tentu menyenangkan. Tapi, jika bagi pengunjung blog tersebut tidak memiliki nilai, tentu perlu dipertanyakan. Apakah motivasi blog itu dibuat? Hanya agar terindeks Google dan memiliki SERP yang baik? Apakah sebuah blog tidak membutuhkan pengunjung dan memberi isi yang sepadan setelah seorang pengunjung menemukanya di pencarian Google? Jika hanya untuk bermain keyword, SERP, dan SEO, sepertinya akan banyak mengesampingkan kebutuhan pengunjung itu sendiri, yang merupakan target sesungguhnya dari blog. Buatlah artikel yang motivasinya untuk pengunjung terlebih dahulu sehingga memiliki nilai (value). Baru setelah itu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan SEO, baik mengedit keywordnya, melakukan promosi dan link building, dan sebagainya.

Punya ide lain untuk ditambahkan? Silakan sampaikan melalui komentar,  kesempatan seluas-luasnya terbuka untuk anda.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

8 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Blogging
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 145 Comment(s):

Ratna Maria Area said...

yang ketiganya kok ga ada??

Ahmad Khoirul Azmee said...

waduh, iya Ratna, terlewat...hehe, thanks udah ngeingetin. udah diedit sekarang. :D

lembayungbali said...

No. 9. Terlalu banyak animasi, glittery texts dan marquee juga bikin saya males baca sebuah blog :)

Ahmad Khoirul Azmee said...

nice. saya juga sepakat dengan tambahan itu, bikin mata cepet cape n ga fokus. thanks sudah nambahin :D

free download android apps said...

wah perlu dipraktek kan gan

Gogotaro said...

duh saya merasa benar-benar terjebak dalam per-blogging-an ini.

habis nggak punya planning yang matang dan motivasi yang jelas. apalagi kemampuan khusus diangkat jadi niche blog.

should i stop blogging?

Ahmad Khoirul Azmee said...

terjebak bagaimana maksudnya bro? no, you should not.kalo kaitannya dengan rencana sederhana, kan bisa dimulai dari sekarang. semua pasti begitu, dulu pun saya juga begitu awalnya. soal niche, jangan dipikir berat2, saya kira tak berniche pun gak masalah asala kita nulisnya enjoy :) semangat

se-masa said...

banyak ilmu disini sob,,thank,,

Online Cinema said...

wahh... tips ampuh ini telah menyadarkanku :D

Ahmad Khoirul Azmee said...

haha, menyadarkan bro? sip.... tahnks for visiting my blog :D

Latihan Ngeblog-Download Gratis said...

Yah saya juga condong sependapat dengan hal itu,hanya saja saya belum begitu tahu atau paham masalah blog yang baik,tapi tentu hal hal seperti itu bila over kurang disenangi pengunjung secara umum.Dan ada 1 hal lagi yang jadi usul mungkin dariku,yaitu dengan bhasa yang sederhana tapi tidak terkesan mbeling/urakan dan bisa diterima oleh semua tingkatan.

Mohon koreksinya Kang Admin,saya betul betul masih pemula..www.proseoblog.co.cc

Ahmad Khoirul Azmee said...

ya bisa jadi bro, bahasa yang mudah kemungkinan besar jadi lebih bisa diterima. akan tetapi buka berarti kesederhanaan itu dibangun dengan sembrono. selain itu, setiap orang memiliki gaya menulis yang unik, jadi tidak bisa dibuat standard yg pasti. justru keunikan itulah yang membuat pengunjung betah, karena mereka menilai keunikan dan originalitasnya juga. :D

FADHOLI said...

Wah mantap bener nih artikel.... good share bro...

Salam kenal.

Toys and Hobbies said...

beberapa kena nih di aku haha,, karna kurangnya pengetahuan jadinya banyak baca tapi dikit bertindak T T

Serba - Serbi said...

tk's info ya.. sangat membantu ni...

buru software said...

mantab bro.
jangan lupa mampir keblog ane untuk berburu

Rachmad a.k.a Gorengan said...

pass bgt...ngeblog itu buat manusia bukan buat mesin...gak munafik sih semua pengen dapet PR,tapi alangkah baiknya mengutamakan kepuasan pengunjung blog ..sipp...hehehe

eviliana said...

ok tuh,,,ada benarnya dan sangat benar and emang benar-benar bgs==

Ahmad Khoirul Azmee said...

@All: thanks for the responses. Semoga bermanfaat dan memberi ide dalam melakukan blogging :D

Manadoparabola said...

Nice sharing...udah tepat banget yang diposting bro...

salam kenal,

naura said...

hikmah ngeronda dapet banyak ilmu dah makasih ya gan,, salam

Sendiri said...

mantap... insya Allah ane dapat menghindari semuanya....meski ngeblog sekedar menuangkan hobi saja...^_^

sukses u/ postingannya ini sob...

dLz_daraLoverz said...

thx. . . . ,
artikelnya bermanfaat . . . . . ,!thx. . . . ,
artikelnya bermanfaat . . . . . ,!

Widia Rifkia said...

Salam kenal dari newbie. Nice post gan. Nice blog juga.. Helpful bgt buatku.

Ahmad Khoirul Azmee said...

@widia: salam kenal juga :D Thanks senang rasanya posting ini bermanfaat

Asdot said...

9. dilarang ngeblog sambil mengemudi dijalan xixixi....
just kidding oom, btw nice post ;)

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Asdot: terima kasih buat tambahannya. :P

ANAK'DEsa said...

wahh saya kena nie artikel ku copyan semua habis tidak tau nulis, lagian nie masih baru cuma tuk iseng2 .. Tapi makasih ya Mas bro tips nya,,hehehe...
Sukses slalu..

smartphones said...

poin no 6. Blogging hanya untuk uang dan berlebih-lebihan (over-monetized)memang akan membuat kita tidak fokus lagi dengan artikel yang kita buat. akhirnya kita akan dibatasi dengan keyword yang kita anggap jitu untuk menarik pengunjung menuju ke blog kita

Redva Kaurvaki said...

setuju sangad sob... saya juga sempet kesel sama teman saya yang hobinya copas n gembar gembor soal blognya, asli males bangetzz!

soni said...

mantap gan...
jadi banyak belajar...
thx... salam kenal dr newbie

Becks said...

Salam kenal bro. mantap postingannya dan kena banget ama gua pada beberapa point diatas dan saya kira itu wajar sih bagi para pemula seperti saya, asal jangan keterusan, iya g...salam blogger dan jaya selalu buat kita semua.

bimoflb said...

hallo gan, saya boleh share ini di blogspot saya gak ? . tapi ada sumbernya :D . kalau boleh saya share , tapi kalau enggak yaudah .

Ahmad Khoirul Azmee said...

Boleh. Silahkan. Syaratnya adalah sertakan link sumber artikel lengkap dan link harus aktif.

Zulfahmi. M said...

Terimakasih saran dan semangatnya..... belajar otodidak bikin nguris otak juga...

Henny Fadilla Ajram said...

Wah.. stuju bgd tuwh..' ap lg yg nmr 4..' Paling sebel emg klo artikel yg udh qta tuliz capek2 seenaknya ajh d copaz org tnpa kasih link sumber.. huufftt..

Dyah Restyani said...

bermanfaat!.. :) apalagi buat newbie seperti saya.. hihihihii :D

Manda said...

waduh........

reza said...

hmmmm... sangat membantu buat blogger pemula seperti saya. salam!

Rocky said...

artikelnya bagus mas.....

cuma saya masih aja bingung alx masih pemula...

mohan bimbingannya mas....

terimakasih

Aplikasi Opera mini 6.1 said...

posting yang unik. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

GUITAR-ID said...

Saya setuju banget sama artikel ini...trimakasih telah berbagi tentang hal yang sangat penting ini.

informasi said...

informasi yang sangat berharga untuk blogger baru seperti saya.mungkin mindset blogger seperti ini perlu ditanamkan dikalangan blogger terlebih pemula.thanks infonya

fajar_dx said...

waw keren bang artikelnya ,,,thanks yaa jadi dapat insfirasi setelah membacanya

:: Selvia C'Misfil :: said...

kebanyakkan sih yang banyak dialami itu no. 4 -copas- :/

yurlog said...

oo gitu ya gan,,
saya baru nih di dunia blogging gini..

mhn sarannya gan

Dwi Nurcahyo said...

thnx info nya kang ..
sangat brmanfaat ..

oy, brarti klo mw copy dlm dunia blogg gpp y kang ? yg pnting sumber ny d cantumkan ?
soalny klo nulis pake kata2 sndiri susah kang .. ga pandai brkata - kata .. :)

Obat herbal kanker hati said...

nice info gan. bermanfaat banget buat newbie kaya aku.

Endi Al-Chemy said...

sepakat sob.. karena konten yang utama.. dengan konten yang bagus blog kita akan selalu diingat..

NUMPANG share said...

thanks bgt gan, berguna bgt bagi ane...

Hendrik said...

makasih bro atas infox n sngat membantu, krn sy bru pemula n ingin beljar bnyak.

Army said...

wah perlu di cerna nih.. blep..blep blep... maklum blogger kopian hehehe....

goyang pattah-pattah said...

benenr banget sob, saya setuju dengan pendapat anda, blogger harus mempunyai perencanaan yang jelas dan yang pasti kepuasaan pengunjung menjadi preoritas utama, itu salah satu hal yang ingin saya capai dengan saya ngeblog. nice post sob

Libas Habis said...

setuju banget om untuk yang di atas..
dan tentunya buat saya juga yang masih pemula begini..

reza said...

setuju banget mas kadang saya suka gereget sama yang no 4 mas :)
by the way thax artikelnya mas bisa memberikan sedikit gambaran tenatng tujuan kita ngeblog :)

dokunimus said...

no. dua itu yang paling penting buat saya. Ya, menulis dengan hati, mempostingkannya dengan perasaan senang hati dan ingin berbagi. Sip

saputra said...

thanks gan infonya...

faisal said...

trima kasih atas pencerahan nya..bro

Rossy said...

TANK'S INFONYA BOZ, LAM KENAL

Satria Baja Hikam said...

mastuker link donk...aq masih cetek ni...tlg dibantu y.thanks

rizkydorkneversaydie said...

keren, jadi merasa terbimbing..
dan sepertinya masih banyak yang harus saya pelajari lagi..

syihab said...

sebenarnya saya mau menjadi blogger yang tidak mengikuti aliran copas-copas lagi...untuk itu sebelumnya saya berusaha membaca dan membaca sebanyak-banyak mungkin agar menjadi lebih paham akan sebuah arti kebebasan menulis. terima kasih artikelnya sobat..

nuzil said...

mengenai widget nih om, blog saya udah seminimal mungkin memasang widgetnya, tapi loading page nx masih aja tetap berat, berat di bandingin blog saya yang rame widgetnya..
knp hal tsb bisa terjadi om ??
mohon bantuannya ya om..

Danik Fachrudin said...

wow . .. jeru tennann. ..

Online Lounge said...

Kunjungan ke blog sahabat...Salam kenal dan sukses selalu...Mohon kunjungannya balik..Terimakasih.. ;)

Zian said...

Hmm...jadi nyadar dan ingin menjadi lebih baik, trims..salam kenal semuanya. i'm a newbie.. asli masih belepotan ngeblognya.

wahyu boez said...

Akhir-akhir ini ane suka dan sering gelar tikar dimari, sebab dari berbagai segi blog ini jadi salah satu blog yang memberikan banyak penginclongan bagi blogger newbie macam ane... So... Thank inpo2nya ya Gan...!!!

Elang Jawa said...

Terimakasih bang buat advice"nya . Gini ini yang penting buat saya sebagai seorang newbie . hehehe ..

Jujur saja bang , pertama masuk blog ini saya langsung terkesan dari kesederhanaan tampilan tapi benar" elegan . Dan ternyata terlalu berlebihan memang merupakan sesuatu hal yang harus di hindari seperti yang ada pada point nomer 7. Karena yang sederhana seperti ini justru terkesan lebih elegan .

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Elang: Terima kasih juga. Saya barusan mampir blogmu n saya suka gaya menulismu. Tetap Semangat n lanjutkan!

Cara Aqiqah said...

trimakasih, sundah banyak menyadarkan saya, hehehhe, indahnya tampilan tak seenak rasanya. lebih baik sederhana namun berboto, kayak blog ini, kayaknya setiap page nya dapet page rank

Hadii Abdul said...

wahh... artikel2 yang ada diblog ini sangat membantu saya untuk memulai ngeblog, apalagi artikel yang satu ini, sangat menginspirasi saya dalam menulis blog. untuk point no. 1, sepertinya saya masih belum konsisten dalam hal isi.

kalo berkenan kunjungi blog saya, blog yang saya buat untuk memberikan materi pelajaran bahasa inggris dan ditambah dengan artikel-artikel ringan lainnya.
http://banua-intellect.blogspot.com/

pakaian muslim said...

Tips yang bagus kang Ahmad, informasi yang bermanfaat untuk saya, terima kasih kang sukset teruss happy blogging

andi jussup said...

Sejujurnya, saya sempat malu krn baru belajar ngeblog setelah pensiun_maklum jaman saya muda belum ada, komputernya saja sebesar kamar, outputnya dlm bentuk kertas kaku, seukuran kartu nama, berlubang-lubang seperti dimakan ngengat_tapi setelah baca beberapa blog, tertarik juga karena banyak hal baru yang bisa dipelajari, membuat waktu saya tdl lagi membosankan_thanks Maz Bro atas pencerahannya ...

Chiemot D'hornet said...

Terima kasih tipsnya kang Ahmad Khoirul Azmi : )
Salam kenal.

egii bragi said...

pengen bikin blog tapi blom punya ide yang pas kang.

linaokta said...

bermanfaat banget ....buat newbie seperti saya...

Yudhistira Aditya Rama said...

terimakasih mas atas informasinya..sangat bermanfaat bagi saya yang sedang belajar membangun blog yang baik..

ijinkan saya mencantumkan link blog ini di blog saya..sila mampir mas di blog saya : yudhist86aditya.blogspot.com

mungkin bisa diliat2 mas apa yang sekiranya bisa dikomentari agar blog saya lebih baik lagi..

terimakasih

Thiar Thea said...

Nge-Blog untuk Google bukan untuk manusia. ha ha bener tuh.
Suka aneh baca artikel yang maksa banget pengen masuk rangking Google.
Tapi dulu saya juga sempet kayak gitu lho.... ;)

ekajaya-ac said...

mohon bantuan ilmunya gan, di blog saya sdh ditautkan ke FB tpi kok ttp belum fokus ke tujuan ya gan apa sy slh tulis artikel apa gmn ,terimakasih sbelumnya gan

devamelodica said...

muantappppppppp.setuju banget bro,,intinya blog untuk fun,baru monetize :D

eko maspianto said...

hmmm,, hhfft ,.. hmmmm.. insaf ahk. ;) ampun DJ :D

Waluyo Dwi Susilo said...

sangat bermanfaat,... terimakasih

Putra patiwara said...

Check Blog Sya Ya mAs Bro ' bnyak infp-info blog yang perlu anda ketahui .
CHECK TKP ??? http://putrapatiwara.blogspot.com/
THN'S

ngritikacara said...

artikel yang bagus.... :2thumbup

bisa banyak belajar nich....

homeku said...

mmg bgus bnget ma articlenya, ini sngat penting bg para blogger, thanks ya smoga bermanfaat

rikuh riyastanto said...

Mantap, jadi tambah senang nge blogging

Roni Wijaya said...

hhe . . . good2... bang izin copas postingannya ya ? bolehkan ? boleh dong pastinya....

Saku Wae said...

Blog yang seperti ini yang saya suka. Maaf newbie ikut nimbrung gan. Artikelnya berbobot nggak basa basi lagi. Sekarang lagi fokus ikhlas ngeblog. Siapa tahu jadi pahala dan dibalas dengan banyak pengunjung puas. :D

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Saku: Sip! benar, fokus dan membuat artikel berkualitas adalah kuncinya. Sukses buat blognya!

wid said...

tips yang bagus...saya sangat highly recommended dah...makasi jg....

Fuji Agung Prasetya said...

Ass,

Maaf om saya mau tanya, tapi maaf pertanyaan saya menyimpang dari tema postingan.

om, gimana sih cara pasang gambar header, biar bisa pas?

saya udah coba pake artiseer, dan templatenya udah jadi, tapi saya bingung, ktika saya export ke blog, ternyata hasilnya beda.

Mohon pencerahannya ya Om master. :)

Terimakasih

organiku said...

Terima kasih atas bagi-bagi wawasannya... mantap...
Teruslah berkarya...

Dahlia fajar S Sumpena said...

Bagus bang artikelnya...saya mulai aktiv di blog nihh mohon dukungannya sekali2 mampir ya jadi tamu hhehe

aini said...

bener juga yah....:)

bikarscreativ said...

sangat membuka hati dan ingin terus berkarya menjadi seorang bloging dan mengikuti aturan2 yg ada sebelum google mengeluarkan pinalty2 yg terbaru sesudah google panda n pinguin yg akan datang....

Rahul said...

Sip gan... Kadang-kadang saya kalau ngeblog tanpa rencana... Akhirnya gak jadi posting blog mlah jadinya game... :)

Aldoant Moertianto said...

Salam kenal masbro, thanks infonya.
Kali kali maen ke blog saya dong kalo ada waktu, skalian kasih saran buat blog saya, masi newcomer nih , , , , ,

gravity-tutor.blogspot.com

Na said...

betul gan....copy paste sangat menyakitkan....

bundakata said...

mantap banget! jadi saya harus menentukan tujuan ngeblog nih ...

ONLYX-45 said...

maaf saya cuma mau lapor aja..
karena berhubungan tidak boleh menaruh link jadinya saya memakai cara ini.

saya jalan jalan di google nyari artikel.
trus saya tulis di google "hal yg harus dihindari ketika berkomentar di blog" scroll ke bawah eh... ketemu artikelnya sobat...
silahakan di cek sob..


#Bila artikel ini tidak bermanfaat atau spam silahkan di hapus..


Terima kasih..

yuna lovinna said...

siiip... manteb banget ni. aku jadi lebih mengerti tentang etika menulis di internet. salam blogger om.
klo boleh tolong kunjungi url aku trus di koreksi yang salah dari ke delapan tulisan diatas ya om. makasih sebelumnya.

Aris maulana yusuf said...

ohh jd begitu, kayanya harus banyak dibenahi nihh.
oke dehh klo begitu, terima kasih banyak om, artikelnya sangat membantu

Aang Wierodjampang said...

terima kasih kawan,blog anda sangat bermanfaat bagi saya yang sedang berusaha belajar berbagi,di blog..

terima kasih,salam .

pojok wirausaha said...

saya sangat setuju dengan yang pertama. adanya rencana akan berpengaruh pada keberlanjutan bisnis, eh salah, maksudnya eksistensi blog.

Naufaldi Rafif Satriya said...

hahahaha..

emank harus pinter nulis kalo menurut aku. plus blognya ga berat. ga ada rugi aku ikut ekstr jurnalistik

Rafly Liputo said...

mantap mas Bro...
jangan lupa berkunjung dan mohon koreksinya + minta panduannya mas bro,maklum masih pemula. http://raflyliputo.blogspot.com

yubi said...

thnx bang, bermanfaat banget ni informasinya semangat terus dehh salut

rad7dism said...

blog saya http://bglogger.blogspot.com/
saya tngglkan kira" 2 bulan lebih.. dan saya mw baru memulai update blog saya .. yg mw saya tnykan ..bagaimana cara menaikan blog yg rank nya sdh jatuh.. terima kasih.. :)

ni e-mail saya :
radityatita@gmail.com

Yahto Dwihusodo said...

tq mas bro, masih pemula nich, mohon di ajarkan dari para master

zulfa salsabila said...

nice blog! :) saya setuju dengan prinsip anda.

ahmadi ayu said...

setuju bro,,,,
ini yang perlu banyak kita ketahui bersama....

banyaknama said...

bener gan, dilarang copy paste harus dijunjung tinggi kalo gak mau diblacklist jadi "pencuri konten new" :D

rahmat solihin said...

terima kasih gan atas sharenya ini sangat membantu saya

ione-bacero said...

saya lebih suka menulis sendiri artikel/postingan, walau ide postingan tersebut didapat setelah membaca sebuah artikel, tetapi sering dapatnya malah kecewa, karena sering melihat blog temen yang suka copas malah cepat dapat coment.
Menulis sendiri artikel bagi saya, adalah ungkapan rasa hati, ada sedikit debaran di hati kala publish, tapi ya itu ko dapatnya lebih sering kecewa. terima kasih

Irfan paninggih said...

mantap,,, i like it...

rumoh sehat said...

Wah, parah gan, dari semua yang harus dihindari ngak ada dalam diri gue satupun gan, parah banget ne,

ayoo semangat

Media Infonetku said...

Saya setuju banget sama kata yang ini

"Saya sendiri juga tidak setuju dengan komunitas eksklusif yang membeda-bedakan antara amatir dan professional sehingga seolah-olah ada selebriti dan para fans-nya."
biasanya blogger yang page rank tinggi sering meremehkan blogger pemula sperti saya.

untuk ke 3 kalinya trims

andyhiday.blogspot.com said...

bener banget gan postnya. . . saya setujuu. .

CatatanBryant said...

wah, ini nih yang dicari. Setuju gan...

Iqbal said...

Setuju gan.. :D
Saya gak suka ke blogger yg niatnya cm pngen dapet duit, alhasil blog atau situsnya jadi terkesan murahan.
Gak kaya' blog ini nih, posting oke, konten mantab, iklan jalan.. :)

Ayi Bram said...

Setuju ! kebanyakan blogger sekarang hanya mengurus uang dan yang dibahas hanya tutorial tentang uang, uang dan uang!

Sotyasari Dhanisworo said...

Wah, postingannya bagus banget..! Thanks yah udah share. Kadang aku juga sebel kalo buka blog yang pertamakali datang langsung disambut sama iklan2 gak penting, cz PC aku kalo udah dipake lama giliran buka blog yang kaya gitu jadi lambat banget.
Salam kenal.. :)

Pravest Hamidi said...

Makasih ya info nya.Saya beginner

ZacK LaNgit said...

baus infonya, sangat membantu

nurul ulfa said...

izin copy ya, nanti saya tambah tagnya :) terima kasih

cumamokasetau said...

Ijin Copaz gan...tapi alamatnya tetap ke blog ini..maklum baru mulai ngeblog..blm ada ide sndri..tpi klo ga di ijinin trus trlnjur di post pasti di delete..
thx..

edy kurniawan said...

Sungguh luar biasa gan, mulai hari ini ane merasa harus menjadi member di blog ini. hehehe...!

Hirmen Noverius said...

saya blogger newbie, jadi artikel ini sangat bermanfaat bagi saya, Tuhan memberkati :)

Bundamama said...

Senang bisa belajar blog disini, bahasa mudah dimengerti ,dan membuat betah berlama-lama disini..Terima Kasih ^_^

Riky Santoso said...

Saya suka nih blognya

Griya Kosmetik said...

infonya sangat bermanfaat...dan bener sekali

salam kenal..!!

HotBonar Stephanus said...

terima kasih sharing ilmunya, sob.
sangat bermanfaat dan menambah wawasan.

koka said...

salam kenal....keren blognya

Mr. Ghost said...

suip tips nya boss, visit blog ane, maklum masih newbie dalam dunia blogger, butuh banyak belajar!

visit pny ane yah,
http://monster-bego.blogspot.com/

yoyok said...

terima kasih mas bro..
baru belajar blogging nih. nice info.
salam kenal

Hari purnomo said...

makasih gan infonya...
izin copy kalo boleh biar oraang gak banyak salah dalam blogging..
thx jngan lupa kunjungi blog saya..
http://harryshare.blogspot.com/

ary putra said...

Thanks buat Infonya mas bro.... selain itu suka komentar spam jg termasuk kategori yang kurang sopan hehehe...adab2 dlm Bogging memang perlu di lakukan ya.

Resko Herianto said...

makasih bro ane jadi tambah pinter....tengokin punya ane bentaran aja www.radioattaqwa.com

Herik Sugianto said...

thanks bro, sya jd tmbah ilmu.

I Gusti Bagus Sudiantara said...

Artikel yang bermutu, memberi inspirasi buat blogger yang baru belajar seperti saya, terima kasih

wahyu fitriansyah said...

mksh sob, sangat inspiratif artikelnya

Ichlasul Amal said...

Bagus nih artikelnya?
sangat membantu.

anwas mashuri said...

saya tersadarkan denga artikel in!
so...! mkzi bget atas infonya!
jadi semangat bikin artikel sendiri... he
tlog cek Blog saya yang kurang apa + kritiksaran
http://pusattrikk.blogspot.com/

rumah2hijau said...

Manteps, bagus sekali artikelnya mas
sangat bermanfaat... "blog yang sehat harus bermanfaat"

Ridwan Maulana said...

Saya setuju dengan poin ke 6

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap