Cara Buat & Redirect Feed Blog ke FeedBurner

cara membuat feed di FeedBurner
Artikel ini adalah lanjutan dari sekuel pertama mengenai Feed dan URL Feed Blogger. Blogger memiliki default feed platforms yg tentu saja masih memiliki beberapa kekurangan. Sehingga diperlukan adanya service atau layanan lain yg dapat mengoptimalkan publikasi feed agar dapat dijangkau lebih luas & dapat dilihat dalam berbagai macam tampilan platform. Artikel ini juga diposting sebagai respon atas permintaan sobat-sobat blogger yang pernah menanyakan tentang FeedBurner & masih belum menggunakan layanan FeedBurner

FeedBurner adalah layanan gratis yg disediakan oleh Google untuk melakukan manajemen serta kontrol feed blog/web yang lebih maksimal. Ada banyak fitur yang memungkinkan kita melakukan kostumisasi feed, analisis feed, optimisasi feed, serta publikasi feed dengan tampilan setting yg mudah dan memiliki banyak opsi. Ada pula layanan yang memudahkan pengunjung blog untuk berlangganan konten blog melalui email hanya dengan beberapa langkah saja. Bahkan dengan FeedBurner, anda dapat menyisipkan Adsense for Feeds jika anda memiliki account Adsense dan ingin memonetasi feed. Dalam tutorial ini, saya secara singkat akan menunjukkan bagaimana cara membuat Feed di FeedBurner & meredirect feed Blogger ke FeedBurner .

Pada dasarnya, url Blog Berplatform Blogger adalah seperti contoh berikut:
http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default
atau
http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Setelah diredirect ke FeedBurner, url feed menjadi seperti contoh berikut:
http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia 
http://feeds.feedburner.com/bukarahasia

Cara Membuat Feed di FeedBurner

1. Masuk Ke FeedBurner & login dengan Akun Google.
2. Masukkan url feed blog Blogger ke kolom "Burn a feed right this instant."
contoh: http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default. Kemudian klik tombol "Next".
3. Jika feed dibaca dengan baik, maka feed akan terverifikasi. Secara otomatis, nama feed (title) akan diambil dari feed Blogger yg terbaca dan url FeedBurner pun akan terbuat secara otomatis. Lakukan kostumisasi nama feed & URL sesuai dengan yang diinginkan melalui 2 kolom yang tersedia. Kemudian klik "Next" untuk melanjutkan proses feed burning.
4. Setelah proses selesai, akan ada konfirmasi bahwa feed telah berhasil dibuat dan siap dipublikasikan. Kemudian akan anda tawaran untuk menambahkan fitur feed stats atau fitur untuk melihat perkembangan statistik feed. Klik "Next".
5. Selanjutnya, centang beberapa opsi penampilan statistik, yaitu clickthrough, seberapa banyak orang melakukan klik ke link yang menuju blog dari feed, dan item views (jumlah view feed, seperti pasgeview blog), jumlah sindikasi, popularitas, dan reach. Khusus untuk podcast blog, centang juga item enclosure downloads. Bagi blog biasa, tinggalkan bagian tersebut.
6. Feed blog di feedburner telah berhasil dibuat. Kini anda tinggal menggunakan link feedburner blog untuk melakukan redirect dan juga dapat dipasang dimanapun agar pengunjung mudah menemukan.

Cara Redirect URL Feed Blog Ke FeedBurner

Langkah membuat feed burner belum selesai karena url feed blog default-nya belum diredirect/diarahkan ke feedburner. Artinya, nanti setelah feed diredirect, setiap anda atau pengunjung masuk ke halaman feed blog asli (http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default) maka akan diredirect ke feed di FeedBurner (http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia).
Coba ketikkan saja di browser: http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default dan enter untuk lihat hasilnya.
1. Masuk ke Dashboard > Settings > Other (Dashboard Blogger Baru) atau Dashboard > Settings > Site Feed (Dashboard lama).
2. Masukkan url feed blog di feedburner ke kolom Post Feed Redirect URL.
3. Klik "Save Settings" 

Sekarang dengan menggunakan layanan FeedBurner, feed blog anda telah memiliki fitur yang lebih lengkap yg memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam optimisasi dan pengayaan fungsi.

Pada kesempatan lain, saya akan post mengenai penggunaan berbagai fitur feedburner baik tentang optimisasi, analisis, publikasi, maupun monetisasi feed. So, keep on watching for the updates through Buka Rahasia Blogspot feedburner Subscription.

Have a nice Blogging :)

Cara Buat & Redirect Feed Blog ke FeedBurner
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 47 Comment(s):

eZone said...

Thanks uda share ke kami Pak.. Redirect Feed Blog ke FeedBurner ternyata sangat membantu proses optimasi blog.

kowandy said...

saya coba dulu, mudah2an bs..

dwi save arema said...

trimakasih pagi2 udah dapat tips baguss.. mancrappppp

bunga said...

Terima kasih atas sharing an ilmu..wasalam

Rina As said...

menggunakan feedburner sepertinya sangat bagus, Insya Allah akan saya coba juga untuk meredirect feed blog saya ke feedburner
terima kasih atas ulasannya,

Puzzle Al Qur'an said...

kalo buat subscriptionny gmn?

Ismail Nur Hidayat said...

Saya juga udah coba. Ini blog saya :

i-hidayat.blogspot.com

thole said...

saya coba boss.

Oim El-Anwar said...

Gan... ane dah pasang link, mohon di back link

Buka Bukaan said...

kita buka bukaan yuk disini > Buka Baju

Puzzle Al Qur'an said...

feedburner sukses... ada tambahan subscribe email juga.

Blogging For Life & World said...

Istimewa!!

Unknown said...

wahhh mantepp
saya coba mas

Unknown said...

Sudah saya terapkan mas pada blog saya .

http://wentiratech.blogspot.com

Ammar bin yasir class said...

Thanks a lot for your tips...

ABM said...

makasih infonya boss

adheens said...

Terima Kasih atas infonya... Akan dicoba pada blog saya yang di blogspot.. You have a nice blog.. :)

choir said...

thank infonya gan XD

Nisa said...

Saya baru saja mendaftarkan blog saya http://maringenet.blogspot.com ke feedburner. Setelah berhasil, saya mencoba diredirect. Ternyata blog ini sudah terdaftar di feedburner dengan email admin lain, kebetulan blog ini memiliki 2 admin. Padahal saya tidak ingat pernah mendaftarkannya di feedburner. Blog ini sudah 1 tahun lebih tidak saya buka. Apakah adanya 2 feedburner bisa menimbulkan masalah? Bagaimana baiknya?

yuhanto said...

akhirnya bisa juga, thanks atas infornya, ane masih newbie gan, thanks

Blogging Dan Internet said...

Feedbunner memang bagus, terima kasih ulasan dan infonya

mimin 1 said...

kok saya udah pasang di Posting URL Pengubah Arah Feed : g'muncul feedburner ny?? tolong bantuan nya :'(

visit juga blog saya di :

http://freedownloadfromadr12.blogspot.com/

sekedar wawasan said...

ini buat memanjakan para penginjung ya sob,,,hihihi

Cambiaso said...

I like this broo . . .

Atri S said...

setelah kluyuran di mbah google, akhirnya ketemu juga yang saya cari... thanks bro atas artikelnya, sangat membantu saya sebagai pemula

melia said...

trims..salam sukses

Muh. Muqorrobin Ist. said...

muhmuqorrobinist.blogspot.com says: thanks bro !

Unknown said...

thanks gan atas infonya..

Heru Febriansyah said...

Makasih buat infonya gan... ane pemula, jadi mohon bantuannya ya...

indolaron said...

Keren Kang Ahmad Tutorial-nya...
Saya mau tanya,kenapa ya statistik feedburner readers saya gak bertambah/gamuncul ya...padahal dah ada yg subcribe

Unknown said...

Apakah sudah dicek semua subscriber melakukan konfirmasi lewat email? karena kalo belum tidak dihitung

Fachri said...

mksh infonyaa,akhirnya udah jd juga feed blog ane ^^
mampir" d blog saya juga ya

Unknown said...

pak ahmad, saya mau tanya nih masalah feedburner saya.
kemarin pisan feed saya hanya 3, paling kalo naek bantaran 4/5. itu juga udah mentok segitu. nah sekarang skor feedburner saya langsung 66, padahal kemaren skornya 3. kira-kira ada masalah nggak yah sama blog saya???

di jawab yah pak. ngerinya kenapa-napa sama blog saya....

Anonymous said...

Mau tanya pak,saya sudah mengikuti proses penggunaan feedburner,yang menjadi masalah adalah kenapa di blog saya jumlah reader selalu berubah-ubah,turun-naik? Apakah memang demikian atau ada kesalahan.Mohon penjelasan.Terima kasih sebelumnya

MY BLOGGER said...

Wah ini yang ku cari, sangat bermanfaat :)

Blogwalking ya sob
http://laba2laba.blogspot.com

Anonymous said...

mantab gan ilmunya.....

Anonymous said...

Follow back ya


BLOGGING

Unknown said...

terima kasih infonya . backline my blog

Anonymous said...

makasih gan atas infonya saya coba dulu y

desuta said...

mantap..gratis dan berguna

Unknown said...

gila banget infonya

Unknown said...

saya dulu sudah masukkin feed beurner. tp agak gagal. dengan adnaya artikel ini kansy coba lg.

Unknown said...

wah keren tipsnya gan,saya mau coba untuk share artikel blog http://mstore-software.blogspot.com ke twitter and fb.trimakasih

musicenv said...

makasih kk tipsnya :)

Anonymous said...

boleh di coba tips feedburner nya bang :)

Aliev Alvarez said...

thanks infonya sangat membantu

Anonymous said...

wenak akhirnya berhasil sudah searching di google banyak yang copas dan tidak work
thanks kunjungi blog saya ya www.a7x-eko.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap