Cara Backup Blog Blogger Menggunakan Google Takeout

cara backup blog
Yah, Backup! Salah satu hal yang biasanya kita lakukan untuk memiliki copy dari file-file di dalam komputer. Cadangan file adalah sebuah ide bagus sebagai antisipasi hilang atau rusaknya file yang kita miliki. Demikian juga dengan file-file blog atau website, untuk menghindari berbagai kondisi dimana halaman blog terhapus atau justru blognya sekaligus yang terhapus (oleh Google, hehe), setidaknya kita masih bisa bernafas lega karena memiliki salinannya yang tersimpan dengan aman, sehingga kita bisa melakukan langkah lanjutan dan mengurangi kerepotan yang nantinya muncul.

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan website atau blog dengan hosting sendiri, pasti cukup mengenal fitur backup di cPanel. Dengan fitur ini kita bisa mencegah berbagai masalah jika terjadi korupsi file, server down, halaman rusak, untuk memindahkan website ke hosting lain, menghindari efek suspend karena sewa hosting tidak segera dibayar (hahaha!), dan berbagai permasalahan lainnya.

Nah bagaimana dengan Blogger? Kita bisa kok melakukan backup dengan menggunakan fitur export, yang biasa kita temui di dashboard > settings. Tapi ini hanya bisa digunakan untuk backup satu blog. Jadi jika anda memiliki beberapa blog, anda harus mengeksport dan download copy-nya satu per satu. Cukup rempong, bukan? 

Nah, untungnya nih, semua layanan Google, termasuk Blogger, disediakan layanan backup handal. Ya, Google Takeout. Anda bisa melakukan backup berbagai file akun dari berbagai layanan Google yang anda gunakan, misalnya: google+ images, youtube, google profile, orkut, dan lain sebagainya termasuk Blogger. File backup untuk Blogger berupa atom. Yang bisa dengan mudah kita gunakan untuk di-export melalui fitur export/import Blogger.

Bagaimana Cara Backup Blogger Dengan Google Takeout?


1. Masuk ke Google Takeout, otomatis sudah login jika sebelumnya anda sudah akses akun Google melalui salah satu dari berbagai layanan Google.

2. Klik "Create an Archive" untuk mulai membuat arsip backup.

3. Anda akan masuk ke halaman berisi berbagai opsi layanan Google yang hendak dibackup. Secara default, semua layanan akan tercentang. Untuk backup Blogger saja, klik centang di sebelah "Select All", lalu centang pada bagian Blogger.
4. Klik "edit" di sebelah kanan untuk memilih apakah anda akan backup seluruh blog Blogger yang anda miliki atau salah satu blog saja.
5. Setelah selesai, kembali ke bagian atas halaman. Untuk membuat arsip, klik "CREATE ARCHIVE", jika ingin mengubah format kompresi file backup, klik "change. Defaultnya adalah .zip.
6. Setelah itu anda akan masuk ke halaman progress pembuatan file backup, lamanya tergantung dari berapa besar konten blog yang di-backup.

7. Setelah proses selesai, akan muncul informasi arsip backup, link download, dan masa simpan file backup di storage Google Takeout. Biasanya seminggu. Setelah itu file akan dihapus. Oleh karena itu, saran saya, langsung download file backup blog anda dan jangan ditunda. Done.

Hal Yang Harus Diperhatikan dan Diketahui Mengenai Backup Blogger


1. Backup blog Blogger, baik melalui fitur export /import pada dashboard Blogger maupun Google Takeout hanya akan mengambil data konten post (dalam format atom, semua dalam teks), bukan konten atau file lain seperti gambar, template, konten widget, dll.

2. Gambar yang tersimpan di Picasa/Google+ Images tidak akan terbackup, namun apabila gambar masih ada atau belum terhapus, url sumber gambar di dalam backup konten tidak diubah/diedit, dan jika akun yang digunakan untuk upload dan menyimpan gambar itu tidak dihapus/banned oleh Google, maka gambar akan muncul seperti sedia kala.

3. Pastikan memiliki backup gambar, jika perlu kelompokkan sesuai post (dalam folder-folder khusus).

3. Karena template tidak ikut dibackup, maka ada baiknya anda backup template secara berkala melalui fitur download template di dashboard Blogger> Template, apalagi jika template mengalami perubahan signifikan.

3. Berbeda dengan menyisipkan kode ke dalam template, berbagai kode atau teks yang dimasukkan melalui widget/gadget HTML/Javascript langsung disimpan di server Blogger, bukan di template. Oleh karena itu mustahil melakukan download isi widget karena fiturnya tidak ada. Jika anda membuat dan menambahkan widget baru, apalagi jika sudah dimodifikasi sedemikian rupa, usahakan memiliki copy-nya, simpan pada notepad atau text editor sejenis.

4. Tidak mungkin melakukan backup melalui Google Takeout jika akun Blogger anda sudah terhapus atau dihapus, meski anda mungkin masih memiliki akun Google yang sama dan bisa akses Google Takeout.

That's it!

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Cara Backup Blog Blogger Menggunakan Google Takeout
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 19 Comment(s):

Beben Koben said...

Inilah salah satu fitur baru google semenjak google plus muncul.
Mungkin salah satu fitur dan perampingan layanan juga c...xixixi

Friska Lee said...

Nice om postingannya menambah wawasan saya ..:)

Fuji Agung Prasetya said...

kira-kira bisa di import ke wordpress gak? atau di import ke blog baru

Ahmad Khoirul Azmi said...

ke blogger bisa, kalo ke wordpress pake parser dulu, ato pake plugin ini, instal langsung di wp mu http://wordpress.org/plugins/blogger-importer/

Ahmad Khoirul Azmi said...

@beb-ko: ya benar, memang sepertinya google ingin "menguasai" semuanya kayaknya.

@Friska: Yup, thank you.

Alief Rezki said...

google takeout perasaan buat beberapa produk google, sudah dicoba tapi nunggunya lama, gak enak

yerie haryadi said...

dicoba dulu yah gan,makasih infonya..

Yobert Parai said...

Dari gk tau menjadi tau, langsung ke TKP Mas, maksih inponya :)

Valentino Febrian said...

wah artikelnya sangat bermanfaat mas..thanks ..ditunggu kunbalnya..
blognya sudah saya follback ya

blogspot--id said...

Produk google yang satu ini saya baru tahu Mas khusus untuk backup cepat saja ini untuk beberapa file diblog kita,tapi kalau dilihat sepertinya ini bisa dicoba mas gimana cara backup blog bloggernya.

Hayardin Putra said...

selamat Sore Mas, selama ini saya hanya backup blog lewat dashboard blogger, kalau Cara Backup Blog Blogger Menggunakan Google Takeout saya baru dengar Mas dan Insya Allah akan saya coba nanti...

beridong.com said...

Saya langsung backup dan lancar.. terimakasih sob.. :D

Ghiyats ak said...

Bagus juga Kayaknya,Nanti akan saya coba deh.

Solichin Toip said...

Nice info. Tp poin 7 mksdnya dihapus itu merupakn penyampanan smentara [cuma 1 Minggu] atau gmn mas?

Abdul Kholiq Hasan said...

saya baru tahu tentang google takeout, dan sebaiknya saya segera mencobanya agar tahu kegunaannya.

Suqa Bintang said...

wah, bermanfaat sekali gan.. tp saya masih bingung bagaimana cara restore'nya gan..

Ahmad Khoirul Azmi said...

@Solichin: ya arsip backup hanya disimpan seminggu di server Google, setelah itu dibersihkan. Maka sebaiknya langsung didownload daripada lupa dan harus backup lagi dari awal, apalagi bila filenya besar.

@All: Thanks dan selamat mencoba :)

Ziant Shady said...

Terima kasih mas, jadi bisa jaga - jaga kolau blog lagi ada masalah :)

Ace Maxs said...

Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap