Mengapa Widget Traffic Feedjit Merugikan Blog dan Pengunjung?

Hi, All. Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan hasil analisis review salah satu widget traffic yang cukup terkenal dan memiliki fitur display yang bisa dibilang cukup (atau terlalu) komplit. Widget blog ini sangat lazim digunakan, khususnya pengguna Blogger, karena kemudahan setting dan "kekayaan" statistiknya. Saya sangat yakin tidak ada yang tidak tahu apa itu Feedjit Live Traffic Feed Widget.

Feedjit adalah widget traffic yang menampilkan data pengunjung secara langsung (live) dalam bentuk feed. Meskipun bukan secara realtime, namun ketika sebuah halaman web/blog dibuka oleh pengunjung, maka data-data yang ditampilkan adalah informasi terakhir (refreshed). Jika sebuah website/blog memiliki traffic cukup tinggi, maka frekuensi refresh akan semakin tinggi pula, dengan data yang lumayan lengkap. Ini yang membuat banyak blogger kepincuti. Selain praktis digunakan, widget ini bisa digunakan untuk ajang unjuk gigi capaian traffic blog, yah seperti beberapa widget dari platform lainnya. Bedanya, widget ini menampilkan informasi yang jauh lebih lengkap, langsung ke hadapan umum, tanpa harus melalui proses klik sekalipun. Meskipun kebanyakan menggunakan versi free, dan tidak menampilkan IP, tapi widget ini masih cukup lengkap datanya.

Saat Mengunjungi Blog Pengguna Widget Feedjit, Saya...


Saya sangat yakin sobat semua pernah secara tidak sengaja datang ke sebuah blog yang menggunakan Feedjit. Perhatian akan langsung terfokus pada widget istimewa satu ini. Saya pun juga demikian. Yang pertama saya lihat adalah list atau daftar pengunjung, dan mendapati statistik traffic saya ada di urutan ke atas, yah... semacam "0 Seconds ago, a visitor from Jakarta viewed "Judul Halaman Blog" dan seterusnya...". Apalagi ada data keyword search engine yang sebelumnya saya gunakan untuk menuju blog tersebut. Hmmm... Pemilik blognya akan senang, atau merasa rugi?

Efek Feedjit dan Widget Traffic Sejenis Bagi Privasi Pengunjung


1. Bagi pengunjung umum.

Sebagai pemilik halaman web di dunia internet, saya dan anda harus mawas dan menjaga privasi pengunjung. Menghindari kemungkin log dan cookies (pada web membership atau yang menyimpan data pengunjung sebagai data kunjungan berikutnya) memang tidak mungkin karena semua pemilik web pasti membutuhkan dan menggunakan statistics tracker untuk menyimpan, mengetahui, serta menganalisis data kunjungan. Ini adalah konsekuensi dari pengunjung web yang sudah dimahfumi. Tapi jika harus menampilkan data-data traffic tersebut di muka umum, inilah masalahnya. User berhak mendapatkan jaminan privasi dan pemilik web, dan ini juga merupakan aturan tersirat (maupun tersurat, biasanya dalam halaman "privacy policy") yang sudah lazim dipahami dan diterima banyak orang.

Sedangkan feedjit menampilkan terlalu banyak hal di muka publik, bukan hanya jumlah visitor online atau kunjungan, tapi juga waktu, asal/referral kunjungan, kota, juga halaman yang dibuka. Saya pribadi merasa risih dengan tampilan seperti ini. Meskipun tahu bahwa setiap kunjungan pasti "dimata-matai" oleh pemilik web/blog, tapi jika hasil "permata-mataan" itu kemudian dipampangkan di depan umum, saya merasa seperti "ditelanjangi". Dan, tentu saja, ini juga dialami oleh banyak pengunjung web/blog. Dalam sebuah case study kecil, saya lihat traffic pengunjung terlalu fluktuatif (bounce rate tinggi); pengunjung yang melihat data kunjungannya ditampilkan di halaman web yang dia kunjungi cenderung cepat lari meninggalkan/menutup halaman web tersebut.

Beberapa widget sejenis feedjit, meskipun tidak "segahar" feedjit, yang memungkinkan pengunjung untuk dapat membuka statistik traffic secara bebas sebenarnya membuat risih juga. Ketika dia membuka link pada widget statistik blog yang dipasang, dia akan melihat statistik pribadinya di sana.

2. Bagi pengguna/member Feedjit

feedjit
Tahukah bahwa jika anda merupakan pengguna widget Feedjit, baik versi free, advanced, maupun pro, maka anda bersedia untuk memberikan kewenangan bagi Feedjit untuk menampilkan data-data anda? Setiap member yang mengunjungi halaman web/blog yang menggunakan Feedjit akan ditampilkan dengan data lengkap sesuai informasi membership yang anda simpan.

Seperti data di samping, data anda sebagai member feedjit akan ditampilkan di manapun. Feedjit berdalih, dengan cara ini anda akan lebih dikenal oleh pemilik web/blog dan bisa menjalin pertemanan. Bagi blog, ini akan memperluas popularitas dan viralitas bisnis. Benarkah demikian?  Tidak, pengunjung akan jauh lebih merasa lebih risih! Saya rasa masih ada banyak cara yang jauh lebih santun untuk membuat jalinan pertemanan dan membuat bisnis semakin viral tanpa harus mengorbankan privasi pengunjung!

Tentu akan ada yang berdalih: gunakan anonymous proxy, bersihkan cookies, hapus data pribadi dari feedjit, ubah data kota di feedjit, dan seterusnya. Gitu aja repot?! Tapi, apakah semua pengunjung mengerti, mawas, dan mau direpotkan dengan cara seperti itu? Saya kira tidak. Lagipula, cookies bersifat sementara saja. Lain kali anda mengunjungi, data pribadi baru akan terbaca dan tersimpan lagi.



Efek Widget Feedjit Bagi Website atau Blog


1. Feedjit menampilkan informasi lengkap sebuah kunjungan blog

Karena saking lengkapnya data yang ditampilkan, efek buruk dari widget ini jauh lebih banyak dari efek positifnya. Yang paling vital adalah penampilan keyword pencarian yang digunakan oleh pengunjung. Keyword-keyword yang memiliki persaingan tinggi lengkap dengan informasi halaman tujuan akan menjadi bahan empuk bagi pesaing web/blog anda untuk mengoptimasi web/blognya. Jangan heran apabila dalam beberapa waktu kemudian pengunjung yang datang dari keyword-keyword tersebut akan berkurang, entah dari halaman anda yang dicopas dan kemudian dioptimasikan, atau dengan halaman yang sudah ada dan dioptimasi sesuai keyword.

Satu lagi. Bisakah statistik suatu website bisa dilihat oleh siapapun tanpa harus masuk ke website tersebut? Ya, bisa! Dengan mengetikkan live.feedjit.com/live/urlhomepage/0/ di address bar browser anda, anda bisa langsung mengintip statistik traffic website/blog lain! Sebaliknya, jika anda menggunakan  widget feedjit, bersiap-siaplah juga untuk dimata-matai orang lain langsung melalui feedjit, secara bebas, tanpa harus masuk ke halaman blog anda.

2.  Feedjit menampilkan iklan

Saya kira, mayoritas user feedjit adalah member free account. Artinya, penggunaan widget tidak dibebani biaya apapun. Sayangnya, sebagian tidak benar-benar paham bahwa account ini tidak free. Widget Feedjit pada free acccount diikuti dengan iklan di bagian bawahnya. Inilah biaya yang harus anda bayar: iklan gratis! Bagi saya, tidak ada alasan apapun bagi saya untuk mempertahankan widget seperti ini. Saya tidak mau ada konsep "iklan" ada pada widget di blog saya, sedangkan saya tidak mendapatkan imbalan apapun kecuali fungsi widget yang sebenarnya juga merugikan. Saya juga tidak mau kehilangan pengunjung dengan mengirimkan mereka ke website pengiklan tanpa kompensasi apapun. Iklan adalah iklan, berbeda dengan referensi. Referensi adalah apa yang diketahui betul dan disarankan untuk dikunjungi.

3. Obsesi pencapaian traffic yang berlebihan

Sebenarnya kasus ini tidak hanya terjadi pada pengguna Feedjit, tapi juga pengguna widget yang menampilkan statistik traffic lainnya, namun pada feedjit bisa lebih parah lagi. Upaya untuk merefresh data akan semakin meningkat karena keingintahuan besar pada perkembangan traffic setiap detiknya. Bisa dibilang, orang yang terobsesi secara keterlaluan terhadap traffic adalah maniak traffic. Isi aktivitasnya hanyalah mengetahui traffic, traffic, dan traffic. Traffic blog penting, tapi memahami statistik traffic tidak harus per detik! Justru, memahami statistik traffic seharusnya dalam kuantitas per minggu, per bulan, yah atau secepat-cepatnya satu hari lah, jika tidak bisa menahan. Itu sudah cukup untuk melakukan analisis. Per hari, bahkan per jam atau per detik tidak akan memberikan analisis yang valid.

4. Pembatasan log traffic

Feedjit adalah satu-satunya layanan statistik traffic gratis yang memiliki log cukup singkat dan pendek. Bayangkan, jika anda hanya memiliki traffic cukup tinggi, dapatkah anda melakukan analisis? Tidak sama sekali! Satu-satunya akun feedjit yang menampilkan informasi tanpa batas, dan bisa dengan hidden tracker, adalah pro membership, 9.95 dollar per bulan, coy. Saya pilih "say no to feedjit"! Ada layanan tracker lain yang tidak berbayar, sedikit batasan, namun dengan fitur yang wah dan ada hidden tracker-nya. Sebut saja di antaranya adalah Histats, StatCounter, Google Analytics, SiteMeter, dan lain-lain. Bahkan statcounter dan sitemeter ada laporan rangkuman statistik traffic mingguan via email.

-----------

Saya dulu pernah membahas tentang bahaya menampilkan statistik traffic pada widget blog. Selain itu, jika anda menengok pada web-web atau blog-blog yang sudah cukup handal dan terkenal, anda tidak akan melihat widget traffic semacam feedjit, atau minimal mereka hanya akan menampilkan online users saja, tanpa akses ke statistik yang lebih lengkap. Privacy pengunjung adalah hal yang sangat penting, sama seperti kenyamanan mereka ketika melakukan browsing, dan ketika menikmati konten. Akses statistik adalah wilayah pemilik web/blog, dan akses memungkinkan lainnya adalah para advertiser, atau pihak-pihak yang benar-benar membutuhkannya. Mungkin anda pernah melihat review feedjit pada techblog berkelas seperti TechCrunch (milik AOL), jangan percaya. Jelas lah itu adalah review bayaran. Saya yakin TechCrunh sendiri tidak menggunakan Feedjit.

-----------

Kesimpulan

Esensi dari wacana di atas bersumber pada privasi pengunjung dan efek suatu fungsi layanan, baik layanan dari web/blog maupun dari eksternal (pihak ketiga, misalnya widget). Terkadang kita terlalu bersemangat, lupa, dan berusaha menampilkan banyak hal, namun tidak menyadari bahwa sebagian darinya justru merugikan; baik untuk pengunjung maupun untuk web/blog.

Have a nice blogging, as always.... :)

© Copyright 2013 - 'til drop. buka-rahasia.blogspot.com

Mengapa Widget Traffic Feedjit Merugikan Blog dan Pengunjung?
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 45 Comment(s):

Dani said...

Menurut Mas, kalau menampilkan widget Histats itu juga tidak baik ndak Mas?

Soalnya Histats ga nampilin asal pengunjung & kata kunci yang dia pakai dari SE sih.

Unknown said...

@Dani: Saya sudah membahasa soal histats di sini.
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/12/hati-hati-jika-menggunakan-widget-statistik-traffic-blog.html
Saya pake histats, tapi dalam bentuk hidden tracker. Eit, jangan salah! Ada, bahkan jauh lebih lengkap. Anda mungkin kurang mengeksplorasi saja fitur-fiturnya. Lihat sidebar kiri, klik tab Search Engine.

Abid said...

Terima kasih mas.

Salam dari Blogger Solo :)

Unknown said...

@ Nur: Yup. Salam kembali

Unknown said...

kalau menurut saya mending pakai histats mas, fiturnya lengkap tapi tidak semua blogger yang sudah mengekplorasinya

Agriculture Product said...

saya dulu sempat daftar tapi baru satu hari saya copot kembali gan.

arifudinprabowo said...

untung ane ga nggunain fejedit gan
mampr balik ya gan apro5.blogspot.com

Anonymous said...

Betul juga yang agan ngomongin^^ ane hgapus ahh widgetnya thx

Julian fasha said...

benar itu mas, saya juga begitu, pas sedang membaca post dan melihat feedjit pasti pandangan langsung di alihkan oleh itu. karna pengen tau apa yang baru" di baca oleh pengunjung.
dan saya dulu juga menggunakannya, tp sudah saya copot, karna saya rasa gak ada keuntungan juga lah memakai widget itu hanya memberatkan blog,

Muhammad Cassanova Jr : tapi dari pengamatan saya hasil histat gak real dari jumlah pengunjung aktif sama dengan whos amung. beda dengan google analytics. walaupun saya juga menggunakannya juga sih.

Unknown said...

@Elfianda: Ya benar, feedjit terhitung memiliki load yang berat.

Widget histats memang tidak akurat, oleh karena itu saya tidak menggunakan widgetnya, cuma tracker nya. Saja. Setiap statistics tool memang memiliki parameter sendiri untuk menghitung pengunjung dan pageview, oleh karena itu ada beberapa perbedaan. Misalnya, ada satu statistik yang cukup jeli melihat IP dari range sama tapi dengan address berbeda. Tapi yang lainnya menganggap IP-IP yang datang dari range sama sebagai IP sejenis, sehingga tidak dihitung lagi. Dan ya, memang yang paling akurat sejauh ini adalah Google Analytics. Sedangkan Traffic stats Blogger tetap menghitung user yang datang dari IP sama, seba pada prinsipnya ada banyak pengguna internet yang tidak menggunakan dedicated IP, seperti kita-kita di Indonesia ini, karena rata-rata menggunakan ISP dari provider seluler, dan bukan secara individual.

Andi Hasbi Jaya said...

Saya Lebih Senang Pakai Google Analitik Mas kang Ahmad Khoirul Azmi

Unknown said...

Yah tapi kan widget feedjit telah di resmikan google pada 24 agustus tahun 2007. .
apa google yang salah??
hayooo!!! :D

mungkin hanya bagi sebagian blogger merasa itu tidak nyaman. . . tapi bagi newbie, itu adalah satu semangat yang baru agar bisa tau bahwa pengunjung mengfavoritkan blog dan artikelnya :D

jos Gandos! Brokocodot! Aaaaajjjjooooosss!!!

Unknown said...

Sebentar, darimana ada kabar Google meresmikan feedjit?!

Kalopun Feedjit diresmikan Google, apa kaitannya?
Ga ada relevansi sama sekali antara Google meresmikan feedjit dan kerugian menggunakan feedjit. Logikanya bagaimana sih saya masih belum dong dengan maksud anda? Sampe-sampe mempersalahkan Google? Emang apa kesalahan Google?

Bagi Blogger newbie, akan lebih baik jika mereka tahu ada banyak sekali widget traffic selain Feedjit Yang merugikan. Untuk mengetahui pengunjung dan yang memfavoritkan artikelnya bisa pakai statistik lain, bahkan jauh lebih lengkap. Selain itu, ada baiknya juga mengetahui bahwa faktor kenyamanan pengunjung juga perlu diperhatikan. Saya di atas tidak membicarakan Blogger secara khusus, tapi pengunjung. Ya, pengunjung. Yang anda maksud, anda ini sedang membela diri anda sendiri atau bagaimana?
Yang jelas ya dik urutan logika ngomongnya, biar semua yang baca paham maksud anda. Oke? Sip!

Anonymous said...

mungkin yang memakai widget Feedjit biasanya user yang tidak propesional terhadap mengelola blognya mas bro..

Bloglazir said...

Ahmad Khoirul Azmi@ wacana yang menarik untuk disimak mas Khorul. dari judul dan isinya saja, sudah habis saya lahap, hentakan demi hentakan isi dari artikel ini memang sangat menarik.

dulu pengalaman saya pada blog saya yang lama yang beralamatkan dijalan (http://sensor bla bla bla BARU-BARU INI SUDAH LENYAP ENTAH KEMANA RIMBANYA) perhari mencapai Puluhan ribu,bahkan rekor pernah saya dapatkan mencapai 30 ribu perhari.

setelah SAYA PASANG mahluk asing yang satu ini "Feedjit" pengunjung blog lama saya perminggu turun drastis mencapai 10-15 ribu perharinya bahkan mencapai 8 ribu (kejayaan blog menurun)

setelah saya cek, dan meloncatkan mouse saya di google dengan mengetikan kata kunci yang sama, ternyata ada sekitar 15-26 blog/website, wordpress dengan judul dan isi yang salam (copas) meskipun satu paragraf dan ada juga hanya judulnya saja.

dari mana saya tahu itu tulisan saya? karena dibawahnya ada signature (tanda tangan) saya, TAPI didalam tanda tangan itu tidak ada url yang menuju kesaya.

Unknown said...

@Bloglazir: Pengalaman yang cukup menarik dan membuktikan efek buruk dari feedjit. Inilah mengapa widget ini cukup berbahaya. Thanks sudah sharing pengalaman menggunakan feedjit.

Unknown said...

Thanks, bisa bantu kunjungi blog saya gaksinar-lestari.blogspot.com
butuh masukannya nich, baru cb-cb aja

ary pramono said...

wah copot ah feedjitnya,,,,trus yg bagus apa dong gan?
pencerahannya dong gan.

Unknown said...

SUdah saya sampaikan di atas kan, ada histats, statcounter, dll

irvan mulya said...

Ulasan yg hebat brow ... tp kao pake google analytic terbatas 1 acount 1 blog

Unknown said...

Tidak, di Google analytics kita bisa menambahkan administrator baru pada blog yang sama dengan menggunakan akun Gmail. Seperti Google Webmaster Tools.

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

sering banget dapat blog yang pake feedjit, memang lengkap fiturnya mas... tapi saya ngga pernah pake, alsannya karena terlalu bikin blog penuh, wheheh

Mohammad Fanirifanto said...

Ulasannya sangat lengkap mas ... Saya pernah menggunakan widget yang satu ini ... namun, karena benar seperti yang dibahas, data yang ditampilkan di Feedjit terlalu lengkap... jadi, saya pilih copot dan ganti dengan Histats dengan setting privacy saya sendiri ...

Unknown said...

Wahh.. Blog saya pakai Feedjit tuh gan? Kira-kira merugikan gak buat pengunjung? Kalo bener2 merugikan saya akan menghapusnya..
Mohon penjelasannya, capek baca artikel segitu banyaknya! Waktu mepet..

Unknown said...

Mau tau Jawaban yang cepat? : Ya, merugikan.

Budilaklakserui said...

awalnya mau masang tapi setelah baca ya gajadi.. makasih mas infonya..

Anonymous said...

makasi infonya mas ^^

Oqif said...

wah, thanks. Anda ini memang pintar menulis ( menyusun bahasa / gaya tulisan ). Kalau di blog saya gaya bahasanya tidak begitu baik.

Masprastyo said...

infonya sangat menarik mas, baru tau saya :)

Anonymous said...

saya pernah pakai dan kemudian saya tinggalkan...

maslasno said...

Sampai saat ini masih saya pertahankan.
Salam

Unknown said...

Selamat Malam...
Salam kenal Mas Ahmad "blogmaster" Khoirul Azmi.., sy setuju dengan yang anda tulis (sangat informatif sekali). Hampir semua widget thirdparty traffic atau counter (bukan asli dari blogger) pasti ada spyware atau mailware atau advertising atau autolink yang merugikan blog kita sendiri. Sy coba ambil "Statistik Blog" anak saya (http://agathanicole.blogspot.com) dan sy jadikan widget informasi penayangan (statistik traffic) di sidebar (ada peta penayangan dan penayangan menurut negara), kelemahannya adalah widget tersebut "belum" bisa auto update, jika Mas Ahmad "blogmaster" Khoirul Azmi sudi dan ada waktu, tolong "inspect element" sidebar widget tersebut (PETA PEMIRSA) dan bagaimana caranya agar widget tersebut bisa auto update, agar kita tidak perlu membuat/memasang widget traffic atau widget counter dari pihak lain. Terimakasih

Unknown said...

Selamat pagi :)
Waduh, istilah blogmaster nya sepertinya tidak tepat buat saya. :)
Menarik sekali. Ya, untuk membuatnya bisa update pada saat refresh, kita mesti menarik/fecth API chart Google, dimana statistik Blogger tersebut didasarkan. Nanti akan saya coba cek lebih lanjut apakah memungkinkan.
BTW saya suka desain blog anak anda, girly sekaligus merupakan padu padan warna yang tepat. Terima kasih sudah berkunjung :)

Anonymous said...

Assalamualaikum terima kasih mas atas infonya tadinya saya pake histts juga feedit namun setelah saya baca artikel di atas saya hapus semua...salam

Anonymous said...

tadinya saya mau masang eh ketemu artikel ini... tidak jadi deh

wiueghkldj;kJHGIVFL; said...

gimana cara menghapus feedjit di blog kita maz?
soalnya saya g berhasil

Beben Koben said...

kalo bs di setting yg mo tampil ato nggak widgetnya! bukan salah feedjt nya kaleee..heuehuheuhe

Unknown said...

manteeep ..
:)

Unknown said...

jadi sebaiknya pake apa mas?

Unknown said...

untung mampir kesini, masuk akal juga penjelasannya...
thanks atas infonya ya..

Unknown said...

Bener juga ya gan, ok deh cepet aku hapus aja feedjitku..terima kasih sharingnya..

Unknown said...

saya malah mau hapus, tapi malah gak bisa :( pdhal kode htmlnya udh di hapus tp pas buka blognya malah masih nongol :(
heran

Unknown said...

coba bersihkan cache browsernya dan refresh, mungkin scriptnya tersimpan di browser sampe batas waktu tertentu (http headers).

Bintang ulama said...

ULASAN TERBAIK

Namaku Risal said...

mungkin kalu orang lain yahh nggak apa apalah mas..
bagus tuh gunakan feedjeckkkk

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap