Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google

blogger comment permalinks.
Hi, all. Let's talk about Blogger SEO again. :), and today let me talk about Blogger Comment Permalinks, how it affects your SEO, and how to resolve the SEO problem caused by them.

Background

Dalam template blogger, ada satu tag yang digunakan sebagai generator dari permalink comment, sehingga masing-masing komentar blog sebenarnya memiliki permalink unik yang apabila di-klik akan langsung menuju ke bagian komentar tertentu di dalam sebuah posting. Permalink ini biasanya menggunakan anchor text tanggal dan atau hari dimana sebuah komentar di-publish di sebuah posting. Letaknya ada yang di bagian atas komentar atau di bawah komentar tergantung susunan tags di dalam template. Secara default, permalink tersebut tidak mengandung atribut relationship apapun, artinya (secara tidak sengaja) search engine "diijinkan" untuk melakukan "follow" atau mengikuti dan mengindeks link tersebut.

Contoh url dalam permalink komentar:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/11/Cara-memasang-facebook-recommendation-bar-di-blogger.html#comment-4946048359309488959
Dalam warna yang berbeda, ada beberapa perintah yang digunakan untuk engine Blogger membuat permalink komentar secara otomatis di dalam tag a sesuai dengan warna di atas:
"#comment-" + data:comment.id
Kedua perintah di atas kemudian disusun bersama dengan permalink posting dan menghasilkan permalink komentar yang diperintahkan dengan menggunakan atribut href:
expr:href='"#comment-" + data:comment.id'
Yup, cukup untuk teorinya :)

Update:
Karena terlalu banyak mengutak atik template-template tua, saya kurang noticed kalo sobat-sobat sudah banyak yang pake template baru.
Ada perbedaan perintah untuk memanggil permalink (URL) comment bagi yang pake template baru atau template bawaan blogger yang sudah diupdate. Berikut yang baru (cek pada tutorial di bawah untuk mencarinya):
expr:href='data:comment.url'
-----------------------------

Nah, kasusnya, ada beberapa teman Blogger yang menghubungi saya, baik melalui akun Facebook maupun email, menyampaikan bahwa permalink komentar di blog mereka terindeks Google, dan bagaimana solusi mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila permalink komentar terindeks:
1. Kemungkinan besar, ini akan berdampak buruk bagi relevansi komentar dengan artikel/posting yang diindukinya, sebab, seperti kita ketahui, tidak semua komentar memiliki isi yang sesuai, hanya berisi satu atau dua kata, dan bahkan komentar itu sama sekali tidak berhubungan (spam).
2. Jika permalink tersebut dianggap menuju ke sebuah halaman unik, maka halaman tujuan bukanlah halaman posting yang sesungguhnya, tidak terpisah dari halaman post, tidak memiliki title, serta tidak memiliki konten yang memadai. Oleh karena itu, pertama: permalink komentar tidak akan pernah bisa mencapai SERP yang baik, kedua: komentar (showComments.......) dapat menyebabkan duplikasi konten karena tidak memiliki konten unik, dan mengikuti isi halaman post dimana komentar berada.
3. Kalaupun bisa mencapai SERP bagus, kan sangat jarang pengunjung yang tertarik meng-klik listing indeks yang menuju halaman permalink komentar bukan? 

Solusi Agar Permalink Komentar Tidak Terindeks dan Menyebabkan Duplikasi

Untuk mengatasi masalah tersebut, terutama bagi sobat-sobat pengguna Blogger yang comment permalink-nya ikut terindeks Google, tambahkan atribut rel="nofollow" pada tag comment permalink agar search engine tidak mengikuti link tersebut. Bagi yang tidak mengalami kasus yang sama, tips ini sifatnya opsional, bila sobat yakin harus melakukan hal yang sama, silahkan saja. How?

1. Masuk ke dashboard > template > edit HTML.
2. Jangan lupa centang "expand widgets template"
3. Cari kode/tag berikut:
<a expr:href='"#comment-" + data:comment.id' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a>
Update:
Pada template baru, perintah untuk memanggil permalink berbeda, jadi cari tag ini:
<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'> <data.comment.timestamp/></a>
Jika tidak ketemu, ada kemungkinan bagian quote (") diparsing sehingga menghasilkan quote dalam bentuk ASCII (&quote;). Beberapa pembuat template lebih suka menggunakan kode seperti itu sebab lebih cepat dibaca engine atau platform Blogger, jadi cari kode/tag seperti ini (khusus template lama):
<a expr:href='&quot;#comment-&quot; + data:comment.id' title='comment permalink'></a>

4. Setelah itu, tambahkan atribut atribut rel=nofollow ke dalam tag a-nya:
<a rel='nofollow' expr:href='"#comment-" + data:comment.id' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a>
atau,
<a rel='nofollow' expr:href='&quot;#comment-&quot; + data:comment.id' title='comment permalink'></a>
pada template baru:
<a rel='nofollow' expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a>
5. Save template and done!

Sekarang permalink komentar sobat sudah memiliki atribut rel=nofollow, yang berfungsi memberi informasi pada google search engine untuk tidak mengikuti dan mengindeksnya. Ingat bahwa perubahan tidak terjadi seketika, butuh waktu bagi Google untuk mengupdate indeks setelah mendapatkan informasi baru dari template blog sobat. Semua tergantung kecepatan indeks serta otoritas web/blog di mata Google.

Well, see you then and have a nice Blogging. :)

© buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Nofollow-kan Comment Permalink Blogger Agar Tidak Diindeks Google
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 64 Comment(s):

Muhammad Teguh Sinulingga said...

sip gan, sudah saya terapkan di blog saya. visit back ya :D

Zulham Efendi said...

permalink komentar di blog mereka terindeks Google,..apakah maksudnya "dihasil pencarian kata kunci tertentu yang terindeks adalah komentar disalah satu artikel yang sedang di search"

Unknown said...

Bukan, yang terindeks bukan KONTEN komentarnya, tapi permalink dari komentar yang telah dibuat. Contohnya ini permalink komentar anda:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/11/nofollow-comment-permalink-blogger-agar-tidak-diindeks-google.html?showComment=1352479498188#comment-4011587190772569179
Nah, permalink tersebut muncul di dalam indeks sebagai url konten.
Keduanya beda. Jika konten komentar ikut muncul di deskripsi indeks, maka komentar tersebut tetap menjadi bagian dari halaman posting. Tapi ini kasusnya jauh beda.

Unknown said...

wah agan emang top markotop,langsung ke tkp

propolis murah bandung said...

tp bukankah comment akan membantu SEO blog yang dikomenin juga gan ?

Unknown said...

sekali lagi, saya jelaskan dan tegaskan bahwa KONTEN komentar berbeda dengan permalink komentar, keduanya bukan satu bagian. Diindeks atau tidak diindeksnya permalink komentar, tidak mempengaruhi indeks KONTEN komentar. Semua yang ada dalam satu halaman posting/halaman web apapun yang diijinkan untuk diindeks, baik kata-kata di dalam posting, kata-kata di dalam komentar, dalam sidebar, dan semua isi konten yang bisa dibaca oleh search engine pasti akan dimasukkan ke dalam indeks.
Sedangkan konteks yang dibahas di atas adalah permalink komentar. Permalink tersebut akan dipertimbangkan oleh search engine sebagai link menuju suatu tempat apabila diijinkan untuk diikuti (follow). Padahal halaman komentar sebenarnya TIDAK ADA, karena menjadi satu dengan halaman posting. isinya pun tidak bisa dipertimbangkan sebagai sebuah konten unik karena jadi satu dengan halaman posting. Oleh karena itu, permalink komentar yang terindeks (note: difollow)oleh search engine dan ditampilkan dalam hasil pencarian sebenarnya bukan sebuah halaman unik. Oleh karena itu, hasil demikian dapat mengurangi kualitas SEO suatu blog karena hal-hal seperti yang sudah saya sampaikan dalam artikel di atas.
Jadi sudah jelas, bedakan antara konten komentar, yang notabene sebenarnya merupakan bagian dari posting, dengan permalink komentar, yang sebenarnya bukanlah permalink yang patut diindeks/difollow oleh search engine.
Kasusnya, Google menganggap permalink komentar menuju ke sebuah halaman unik, kemudian menampilkan halaman tersebut sebagai bagian listingnya. Padahal sudah jelas, permalink komentar tidak menuju halaman apapun, dia hanya mengarahkan ke bagian dimana sebuah komentar spesifik berada.

Apa yang saya dan sobat tulis sebagai komentar di halaman posting ini pasti akan terindeks dan dianggap menjadi bagian dari halaman ini (halaman posting), karena saya mengijinkan Google untuk mengindeks halaman ini beserta seluruh isinya. TAPI saya tidak mengijinkan Google mengindeks dan mem-follow permalink-permalink komentar karena tidak menuju halaman yang nyata. Perbedaannya sudah cukup jelas.

Diansah said...

Emang benar kejadian seperti ini sering dan banyak dialami oleh blogger, bahkan menurut saya dan bahkan terjadi pada saya, terindexnya permalink delete coment ID, dan itu saya temukan didalam laporan perayapan google web master tool... kalau kejadian sperti itu pak azmi, gimana mengatasinya??

trims :)

Salam Tokotua Forex

Rico Ade Mandana said...

jadi seperti itu penjelasannya.
antara permalink komentar dengan isi atau konten itu sangat jauh berbeda dan bahkan tidak berhubungan sama sekali.
wah patut diterapkan kalo gitu bang tipsnya hehehe
terimakasih bang :)

EFFECT STUDIO said...

masih ngambang om mengnai fungsi tag ini, pada kesempatan berikutnya mau saya baca dengan seksama soalnya lagi buru-buru, ijin bookmark dulu om, dan terimaklasih atas tipsnya.

Fauzi Noer said...

Makasih banyak buat infonya mas bro, jangan lupa kunjung balik...

Beben Koben said...

setahu saya nih, semua link yg ada di blogspot sudah ter phrase menjadi nofollow. dan akan tetap nofollow walau kita merubahnya menjadi dofollow jika masih dalam koridor sub domain blogspot!
beda cerita jika sudah menjadi domain sendiri, perubahan nofollow menjadi dofollow baru akan terasa :)

May Be :D

Muhammad Ibnuh said...

mas, mau gak tukaran link?

Anonymous said...

hm, cara diatas memang menarik dan bagus, tapi setiap template kodenya tidak sama, jadi alangkah bagusnya jika ditambahi dgn "Cari kode mirip seperti ini" , karena didunia blog ini tidak semuanya profesional, hal tersebut dapat membuat blog pemula seperti saya ini menjadi kebingungan. :) , sudah saya cek di template blog saya dan hasilnya tidak sama..


#Salam sehat kang..

Unknown said...

Memang benar-benar bermanfaat, terimakasih master..

Reachschools said...

lalu kalo yang wordpress gmana ya?

Unknown said...

@Yousake: Yang memungkinkan kode tidak ketemu biasanya karena tag bergandengan dengan tag terpisah lainnya: misalnya: ><a....
Sehingga kadang memang harus dicari dengan mengambil sebagain kode yang dicontohkan saja.
@Beben: Menurut saya tidak bro. Beberapa sobat blogger yang sempat bertanya mengenai masalah ini kebanyakan menggunakan subdomain, dan setelah saya cek memang dalam kondisi dofollow. Contoh permalink komentar yang mereka lampirkan pun ada juga di dalam indeks ketika saya search.

@Suy: Di WordPress otomatis udah atribut nofollow, cek aja di comments.php

Anonymous said...

mantap gan tp saya masih bingung heheh maklum bloger pemula kunjungi blog saya yang lum ad teman gan heheh

Unknown said...

Maksudnya mengaktifkan? Oh maksud anda comment permalink saya masih dofollow? Ya memang. Saya tidak perlu menambahkan atribut nofollow karena saya sudah menambahkan aturan ke dalam robots.txt agar search engine tidak follow comment permalink di blog ini, sehingga saya tidak perlu lagi menggunakan atribut nofollow pada tag comment permalink. Ini adalah cara alternatif, dan saya rasa tidak perlu saya sampaikan di artikel di atas, karena topiknya adalah menambahkan atribut nofollow, dan bukan memberikan aturan pada robots.txt, meskipun fungsinya hampir sama. Topik ini sama saja dengan cara memberi atribut nofollow pada tag label atau melarang search engine mengindeks label melalui perintah di robots.txt. Simak http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/04/pengenalan-custom-robotstxt-blogger.html untuk lebih jelasnya. Don't apologize. It's okay.

BadGuyz mdo said...

ijin menyimak bro2 master.:)

rumah_kecil said...

nice trik gan.. segera ane coba terapkan.. makasih

Suwardi said...

Ijin belajar Om...
tapi kok blog ane jelek di pejaWEN dan tidak di index apa kerena templete ane bukan Premium yach..??

# maaf ane newbie jadi maaf kalau tidak sesuai topik

Fauzi Noer said...

Manteb infonya, terimakasih ya...di tunggu kunjungan baliknya…

Unknown said...

maaf kang numpang tnya, bagaimana yah cara membuat auto info yang dibawah postingan ntu, yg dikotakin putus-putus..

Unknown said...

Keren Gan infonya, thanks
iwandjoker.blogspot.com

Unknown said...

makasih gan, sudah saya terapkan..kemarin di webmaster sering muncul error 404 seperti link diatas http://.../.../#comment-56412313165465, padahal saya tidak menghapus komentar.. sekarang sudah tidak ada :)

Unknown said...

gan link anda sukses coba cek..... :)

Unknown said...

owh jadi seperti itu ya caranya :)
Boleh saya coba tutornya ?

Ramon Boyzz said...

Salam http://judulkoplak.blogspot.com/
ADMIN maaf sebelumnya hanya belajar niru dan otak atik template :)
itu smua iklan klo dklik ke anda juga hasilnya :) post juga hasil dari sini tanpa di otak atik :) jadi klo bermasalah PM saya aja!

blogger said...

hallo gan... saya akan coba deh gan....

Fauzi Noer said...

MANTEP BROOOOO. SAYA SANGAT BANGGA PADA PEMBUAT ARTIKEL INI

Unknown said...

dan saya juga harus baca bolak balik..

*karena sudah lama juga saya tidak obrak abrik template..

Nakusan said...

saya pelajarin dulu sob biar sedikit ngerti.

s. dewantara n friends said...

Setiap template kodenya tidak sama mas. Cuman saya ketik aja permalink di Ctrl+F dan saya taroh rel='nofollow' tp hslnya lum tau mas. Trimse'

Anonymous said...

bukannya udah bawaan ya rel='nofollow'

plagiart said...

wahh ini yang saya cari selama ini...coba ahh.....

Anonymous said...

oh gitu ya caranya, saya terapkan dulu pak, makasih tutornya

remaja sampit said...

Artikelnya keren bang,,, nulis ndiri yah bang ????

Anonymous said...

Makasih Buat tutornya sekali lagi mas.. :D

Anonymous said...

artikel artikel abang keren.....

Unknown said...

makasih bang , jadi nambah ilmu dan semangat lagi nih belajar internet marketingnya.

Anonymous said...

makasih bang, buat nambah2 ilmu nih,,,bang..

Unknown said...

saya dulu sampai sekarang menonaktifkan komentar, rasanya ingin sekali mengaktifkan komentar tapi saya takut indek mlorot. Eh nemuin artikel ini tp kode yg dimaksud jg ga ketemu,, btw saya pake tmplate bamz seo V3.

Unknown said...

@Agung: Kebetulan saya tidak punya template itu. Silahkan diberikan contoh templatenya dalam format xml dan akan saya cek. Lihat alamat email saya di halaman advertise.

Unknown said...

saya bikin nofollow disini apakah benar mas??? <a rel='nofollow' expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>

Unknown said...

sudah saya kirim mas xml nya, sblumnya mhon maaf merepotkan mas azmi cek nofollow coment blog..

Unknown said...

mmm...
artikel yg bagus mas..
emng byk cara utk melakukannya, seperti cara yg diatas + robot jg bisa...
Apalagi klo sobat2 skalian bisa bahasa pemrograman pasti akan cepet ngertin+maksud karena search engine dll merupakan program yg dibuat.

Saya masih belum terlalu mengerti bahasa pemrograman..
susaaaahh..
hadeh..
T_T

Fajri Alhadi said...

keren, makasih banget ya gan

Unknown said...

memang jika komentar permalink terindex Google, dapat menyebabkan apa mas Ahmad?

Unknown said...

@Ridwan: halaman komentar yang terindeks dapat menyebabkan kualitas penilaian terhadap web/blog menurun, karena bisa jadi menyebabkan duplikasi, dan bertambahnya halaman baru yang seharusnya tidak perlu diindeks Google, seperti label.
Ingat halaman komentar secara individual, bukan isi komentar pada halaman ini, halaman ini dari atas sampai bawah akan dianggap sebagai halaman posting, isi komentar yang terindeks tidak masalah karena itu bagian posting.
Yang saya masuk halaman komentar adalah ketika anda klik permalink komentar(comment permalink). misalnya silahkan klik permalink komentar yang ditunjukkan dengan bulan tanggal tahun dan jam, link di bawah isi komentar. Coba klik January 15, 2013 at 9:06 PM.
Sudah diklik?
Lalu lihat pada address bar browser. sudah juga? Nah itulah url permalink komentar yang seharusnya tidak diindeks google.

Unknown said...

@ALL: Bagi yang tidak menemukan tag permalink komentar lama, artikel sudah saya update dengan menambahkan tag comment permalink untuk template2 baru dan template bawaan blogger yang sudah diupdate. Silahkan cek lagi di atas.

Falah Kharisma Nuraziz said...

saya nyari - nyari artikel ini, karena sudah numpuk di webmaster
terima kasih infonya

Unknown said...

mas, pake tanda petik gak? nofollownya?

Unknown said...

Pakai rel='nofollow'

Unknown said...

Saya pelajari dulu Mas Azmi.makasih ilmunya.

oya Mas,saya cek brokenlink blog umumnya berasal dari koment pengunjung.apa artikel ini bisa membantu ya ?
maap mas OOT (out of topic)

Unknown said...

Kalo memang ada broken link yang mengarah ke link blog anda sendiri dirujuk dari link2 di dalam komentar, maka itu bisa membantu

lulus utami said...

Saya ingin mempelajari dan mencobanya, terimakasih atas info dan tutorialnya mas.

Riyadh Syami said...

Saya baru sadar mengapa blogger veteran mempermasalahkan soal nofollow dan dofollow, saya baru sadar ternyata berpengaruh terhadap PageRank, dan seketika itu pula saya buru-buru mencari sumber tentang hal tersebut. Dengan pengetahuan baru ini saya buru-buru membongkar template, termasuk juga 36 posting di blog saya yang punya link terhadap website review produk saya, dan meskipun website ini mereview produk saya, namun jika saya tidak membuat perhitungan yang tepat soal bagaimana membuat struktur link yang baik, saya akan sangat kesulitan meningkatkan PR. Saya telah menyimpan site Anda ini dalam referensi saya karena sangat bermanfaat. Terima kasih.

Anonymous said...

Saya langsung akan mempraktekan apa yang diajarkan oleh mas Ahmad Khoirul Azmi , Terimakasih banyak mas , Saya banyak belajar dari artikel-artikel mas, walaupun saya masih newbie (soalnya baru kelas 2 smp)..
kunjungi balik nih mas http://menggenggam-ilmu.blogspot.com/ , makasih

Unknown said...

trima kasih buat sarannya gan
boleh di coba ni

Anonymous said...

masih bingung.. akan saya coba pahami dulu. thanks

Edy Kurniawan said...

Mohon maaf saudara. mau nanya,kalau di antar muka blogger yang baru (2013),bagaimanakah cara nya untuk mengaktifkan pilihan expand widget template...? terima kasih.

Unknown said...

sudah tidak ada, baca selengkapnya http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/04/blogger-html-editor-baru-edit-template-blog-mudah.html

Adam Aiyasi said...

master azmi, kenapa saya ada masalah terus dengan blog sampai hampir frustasi..dua hari ini blog saya kehilangan pengunjung sebanyak 500% dari 6000-an jadi 1.200 perhari. Gak tau masalahnya apa, atau mungkin karena saya mengganti semua label pada semua posting. Masalah yang kedua adalah soal tidak ditemukan 404, untuk showcomment, misalanya http://kkkkkk.blogspot/2013/06/judul posting.html#showcomment...pokoknya sperti itu, master azmi pasti tau kan...ini kenapa, padahal saya gak utak-atik bagian koment kecuali membetulkan kotak reply yang dulu eror. Yang ketiga, kenapa label saya jadi keindeks di duplikat title pag sebanyak 24!, padahal robot.txt sudah diaktifkan /search =disallow....mohon berilah semangat untuk pencerahan master azmi, karena selama ini saya hanya percaya pada master azmi....terimakasih master, tak tunggu jawabnnya nih (dah tak bookmark)

Unknown said...

Halo.
Untuk masalah label, saya sudah membuat ujicoba, menerapkan pelarangan pengindeksan lewat robots.txt plus menofollow semua label efektif untuk menghilangkan indeksnya di hasil pencarian. Jadi terapkan juga nofollow pada label.
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-label-blogger-nofollow.html

Untuk masalah showcomment, biasanya karena struktur comment yang digunakan. Apakah pake threaded comment fitur bawaan blogger? Sebaiknya diredirect saja atau dinofollow biar tidak diindeks.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap