Memperbaiki Berbagai Problem Pada Widget "LinkWithin Related Posts"


Saya dulu pernah membahas mengenai cara memasang Widget/gadget LinkWithin Related Posts, salah satu asesoris blog yang cukup menjadi favorit karena kemudahan pemasangan dan akurasi relevansinya. Meskipun ada banyak widget sejenis, baik yang dibuat secara manual ataupun sudah dalam paket siap pakai, namun LinkWithin jauh lebih unggul, baik dalam relevansi, dalam hal kecepatan loading (penggunaan LazyLoad script), dan support. Saya dulu juga pernah memberikan beberapa tips untuk menampilkan LinkWithin hanya dalam halaman posting, menampilkan pada urutan/posisi tertentu, dll. Nah, dalam artikel ini, saya akan menyampaikan penggunaan fitur support pada website LinkWithin yang sangat bermanfaat sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan yang muncul pada penggunaan widget related posts ini.

Sangatlah mungkin ada beberapa masalah yang muncul pada penggunaan LinkWithin Mulai dari widget related post tidak muncul, menampilkan posting yang sudah dihapus, hingga kesalahan dalam menampilkan gambar posting yang sudah diubah. Masalah-masalah ringan hingga terberat butuh pemecahan agar LinkWithin dapat berfungsi optimal sehingga upaya meningkatkan pageview dan mengurangi bounce rate benar-benar terasa. Problem ini tidak hanya terjadi pada Blogger, namun juga terjadi pada platform-platform lainnya, misalnya WordPress, sebab beberapa permasalahan general terjadi karena kasus caching, crawling, dan fetching, bukan dari blog secara langsung.

Nah, karena LinkWithin menggunakan script external, konten widget disimpan pada server luar, serta ditampilkan melalui sistem caching, maka upaya perbaikan tidak bisa dilakukan langsung oleh sobat. Semua problem yang berkaitan dengan penampilan widget ini harus dilakukan oleh pihak LinkWithin. Untungnya, support untuk permasalahan/trouble penggunaan LinkWithin disediakan secara penuh oleh pihak LinkWithin. Jadi apa yang harus dilakukan apabila sobat menemui permasalahan dengan widget LinkWithin?

1. Masuk ke halaman LinkWithin support.
2. Isikan alamat email (ingat, email yang sama seperti dulu ketika mendaftarkan blog), url blog, dan klik "Continue".
masalah pada LinkWithin related post

3. Sobat akan dibawa ke halaman berisi form list permasalahan. Pilih jenis problem yang paling sesuai.
LinkWithin widget fix
Berikut adalah jenis-jenis problem sesuai urutan di atas:
  • Widget sama sekali tidak tampil di dalam blog.
  • Widget muncul, tapi tidak menampilkan daftar posting yang direkomendasikan.
  • Widget menampilkan posting yang sudah dihapus.
  • Widget menampilkan lebih dari satu posting yang sama.
  • Pergantian domain blog dilakukan, namun widget masih menautkan link posting pada domain lama.
  • Judul pada posting yang ditampilkan salah/tidak benar.
  • Widget selalu menampilkan link saja, meskipun pada sebagian besar posting memiliki gambar.
  • Widget masih menampilkan gambar lama, meskipun gambar posting telah diganti/diupdate.
  • Lainnya. Pilih opsi ini jika pada list di atas tidak ditemukan problem yang terjadi pada widget LinkWithin sobat. Kemudian tuliskan secara specific permasalahan yang terjadi (in English, of course. Jika sobat memiliki kesulitan untuk menuliskan permasalahan tersebut dalam bahasa Inggris, Insya Allah saya siap bantu).
4. Setelah itu klik "Continue".

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis permasalahan tertentu akan diperbaiki secara otomatis. Namun untuk melihat hasilnya, dibutuhkan waktu hingga paling lama 24 jam sesuai urutan query dan update. Beberapa jenis permasalahan lain akan diperbaiki secara manual oleh tim LinkWithin. Apabila penyelesaian masalah perlu keterlibatan sobat, maka akan ada informasi dan petunjuk yang dikirimkan.

Well, that's it. Semoga ini dapat memberikan solusi bagi sobat yang mengalami problem dengan Widget LinkWithin yang dipasang di blog. Next time, saya akan berbagi hack kostumisasi widget LinkWithin agar sesuai dengan tampilan blog atau keinginan. See you, then.

© 2012 buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

Memperbaiki Berbagai Problem Pada Widget "LinkWithin Related Posts"
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 25 Comment(s):

Unknown said...

Pertamax gan, ijin menyimak ... kalo link within di buat list bisa ga ya ?



Unknown said...

Bisa, tapi settingnya dilakukan ketika mendaftarkan blog. Jika ingin seperti itu, daftar lag dari awal.

Rita A said...

ikut nyimak..
salam kenal yaa.. :)
kunjungi blog saya dan followback yaa...
http://favouritesix.blogspot.com/

Anonymous said...

Iya tuh Mas saya juga dulu pernah ngalamin beberapa masalah dengan linkwithin makanya aku lepas deh widgetnya dari blog. Sekarang aku pake yang manual n sedikit modifikasi. Buat yang punya masalah artikel ini sangat membantu, mudah2an jangan seperti saya langsung maen ganti. Hehehe...
Sukses selalu buat Mas Azmi. ^_^

Anonymous said...

nyimak aja, alhamdulillah related posts saya masih baik-baik saja

Unknown said...

@101 and lesprivat: thanks and terima kasih juga masih terus menyimak buka rahasia blogspot :)

Anonymous said...

Apakah pemasangan Linkwithin akan menambah berat load blog kita?
jika menambah berat adakah solusinya?
krn linkwithin saya rasa penting sbg navigasi.
mhn penjelasannya.trmksh

Anonymous said...

gan.. link whithin ku koq tampilan related posnya itu itu ajj ya? bahkan ga sesuai sama label ,, mohon pencerahannya

Gede Awan Singaraja said...

bang,aku udah pasang widget linkwithin di blognya,saya setting agar kelihatan 5 story nya,tapi kok tetep cuma muncul 3 ya?saya ubah jadi empat tetep 3 juga,gimana ne bang?makasi sebelumnya bang

Anonymous said...

artikel yg bagus mas azmi..

Renaldy_Chosen said...

thank's ya mas azmi,,, salam kenal dari

http://freezsearchtutorial.blogspot.com/

Anonymous said...

Kalau saya gak pakai linkwithin langsung ke kode cssnya untuk membuat related posnya :)

Unknown said...

@Gede awan, anda perlu mereset settingan awal. Kontak link within dengan cara di atas.

@all: thanks and salam kenal juga

Joe Fatrah said...

gimana cara pasang kembali linkwithin (yang sudah dihapus) dari blog. saya sudah coba beberapa kali, tapi sudah g mau

Pulung said...

kalau dulu aku pernah coba pake scriptnya mas, beberapa masalah persis seperti yang disebutkan. sekarang lagi cari sistem navigasi yang cocok untuk blogku.

Unknown said...

Kalau cara pasang Linkwithin gmn mas bro...?? maklum Newbie hehehe

Cendekia admin said...

wahh,, tambah ilmuu nihh,, makasiihh broo,, :-)

moga sukses

Andri Puji Utami said...

aku mau tanya gan,, tolong jawab ya
kalo mau edit html di template kok kembali di link ini

http://blogtoshare22.blogspot.com/b/app-preview?token=Q0VkzjsBAAA.Ghz2CK1HLiLF4bamflEM1Q.Cn5Wcu6Bf7FMwdMR3g3J5w

tapi halamannya tu kosong ngapa ya mas

Anonymous said...

ane malah nggak tau kl ada widget linkwithin, tp setelah baca artikel ini ane jd ragu masang widgetnya
soalnya traffic pengunjung yang mengklik artikel lewat linkwithin gain trafficnya melalui linkwithin dl br ke blog
skrg ane pakai template yang langsung ada related postnya aj biar lebih cepat.

Unknown said...

mas ahmad, widget saya sudah ada tapi ga ada gambarnya, cuma ada 'you might also like' doang. dah di report proble juga, tetep gamau. mohon bantuannya ya

alhamdulillah said...

Makasih infonya mas. Sangat membantu

Unknown said...

thx gan, postingan tepat seperti yg gw cari. blog gw udah gw gnti alamatnya eh msh aja abang Linkwithin nyosor aja ama blog lama gw. ni gw dah contact support. sekali lg makasih ya

Bu' Nas said...

di blog saya nga ada gambarnya,,cuma ada link,,sudah saya praktekan bang,mudah2 membantu

DAnish Fathurrahman said...

makasih atas sharingnya. soalnya baru dengar linkwithin.

Unknown said...

setiap saya menyimpan hasil desain di widget selalu muncul seperti ini "terjadi kesalahan,silahkan refresh browser anda",dan selalu begitu.Kemudian widget postingan tidak ada.kalu seperti ini gimana y,minta sarannya kaka.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap