Kasus Blogger di-Redirect ke Ripway.com & Solusi Mengatasinya

blogspot diarahkan ke ripway.com
Sejak dua hari ini kasus url blogger diredirect ke Ripway.com semakin merebak. Dari pantauan saya sebagai kontributor di forum Blogger Help dan GTJ, ada banyak sekali laporan-laporan serta permasalahan blog yg diredirect ke ripway.com. Hmmm? Ada apa gerangan?

Karena banyaknya kasus tersebut serta karena akan sangat melelahkan jika harus menuliskan satu per satu solusinya pada masing-masing thread, maka saya memutuskan untuk membuat posting tentang itu. Semoga nantinya bermanfaat. 

Sebenarnya kasus redirect ini tidak menimpa Blogger saja, dari apa yg saya lihat, banyak pengguna Facebook yg juga terjebak dan diredirect ke ripway.com tersebut. Biasanya ditemui ketika user hendak login. Bentuk URL yg diredirect pun bermacam-macam, namun biasanya terdiri dari sebaris url panjang yg berisi perintah-perintah tertentu pula. Namun setelah masuk, redirect gagal karena situs atau halaman yg dimaksud telah dihapus oleh pihak hosting. Ripway.com sendiri sebenarnya adalah sebuah situs usaha hosting web.
Biasanya blog diredirect ke alamat semacam ini:
http://pagesinxt.com/?dn=h1.ripway.com&fp=UDHDJbDhygIKgkUmGy1UnnBh6iQJF4%2BHoaKou7e4CWjl3%2BPlMkVv%2B1hxRaHJ8jiPNZNv6Qnrzr%2Bb3fW4NI%2BAiQ%3D%3D&prvtof=aLQrPh77aCYbsjs2aZeR5dpBMu8XipymM8fCFwArfy4KkC9fTmtJ5O3KXLkwWQvAbNMQ3fpotGH55hp6l8xIYQ%3D%3D&poru=4neHAidVPQGkWzWiULJcKgTT3YbzciglAZIdVFDCkg0RCIpd5A2b9hmO1l6%2FcU48kO%2BLceR4ZH0pWGoe%2Fbyqb4McC%2F1Qz8w7%2B6yVDvf%2F9qM%3D&cifr=1&flrdr=yes&nxte=js
Sumber masalahnya pun masih simpang siur karena para whitehacker pun masih menyelidikinya. Satu yg agak jelas pada kasus Facebook adalah adanya malware yg telah tertanam di computer. Sedangkan pada blogger, tidak banyak yg bisa diinformasikan, karena sumber jelasnya belum diketahui darimana. Tetapi, ada tetapinya nih, keberadaan redirect tersebut bisa dilacak melalui gadget/widget. So?

Sumber Masalah Redirect Blogger ke Ripway.com

Redirect blog Blogger disebabkan oleh penggunaan widget/gadget yg mengandung javascript yg memberi perintah untuk mengarah ke salah satu url ripway.com. Dalam hal ini redirect dilakukan oleh http://pagesinxt.com. Perintah itu tentunya disebabkan oleh dua kemungkinan:
1. Pemilik blog yg memasukkan widget external tertentu ke dalam blog.
2. Ada pihak lain yg secara sengaja mengubah isi blog melalui hacking/hijacking. (Semoga yg terjadi tidak demikian.

Setelah memberikan beberapa jawaban dalam bentuk investigasi serta usaha mencarikan solusi dari kedua forum di atas, akhirnya ditemukan bahwa sumber masalah redirect blogger tersebut berasal dari:
1. Widget Follower yg baru saja ditambahkan. WIdget ini yg paling banyak dilaporkan mengandung perintah redirect tersebut. Saya sendiri sampai saat ini masih belum menemukan, mengapa gadget follower yg notabene telah menjadi widget resmi Blogger menyebabkan seperti ini. Tapi kronologi yg paling banyak terjadi adalah: 
User menemukan bahwa widget follow-nya menghilang dari blog > dia kembali menambahkan widget follow > blog tanpa diduga di-redirect ke ripway.com.
2. Banyak kasus juga terjadi karena penggunaan widget efek salju yg dipasang di blog.
Bukan berarti penyebabnya hanya dua widget di atas, bisa jadi script juga ditanam di widget-widget lain.

Solusi Mengatasi Blogger Di-redirect ke RIpway.com

Jika blog sobat mengalami kasus yg sama, silahkan simak solusi berikut:
Karena kasus redirect blogspot disebabkan oleh penggunaan widget external, maka ada dua kemungkinan solusi yg dapat digunakan:
1. Hapus/lepas gadget/widget yg akhir-akhir ini sobat pasang. Coba diingat-ingat gadget apa yg sobat pasang sebelum akhirnya blog diredirect ke ripway.com.
Dari page elements > Klik "edit" pada gadget tersebut > Lalu remove.
2. Jika sobat tidak mengingat gadget apa yg dipasang. Gunakan cara berikut:
a. Buka Edit HTML/Edit Template.
b. Klik/centang "expand widget templates". 
c. Cari (tekan Ctrl+F) ripway.com.
d.Jika ketemu itulah sumber masalahnya.
e. Perhatikan bagian script, hapus seluruh bagian script dari ripway.com.
Script dimulai dari tag <script dan diakhiri oleh /> atau </script>
Perhatikan contoh:
<script ......ripway.com.............. /> atau
<script>............ripway.com..........</script>
Hapus bagian seperti contoh di atas.
f. Setelah dihapus, save template.
g. Cek blog apakah masih mengalami redirect.

Jika ripway.com tidak ketemu ketika dicari di edit HTML, coba cari pagesinxt.com.
--------------------------------------
Update (22-12-2011)
Karena kasus redirect ripway.com juga terjadi pada saat login, kemungkinan besar adalah terinfeksinya komputer dg malware yg redirect ke situs tersebut. Bagi sobat yg mengalami kasus demikian, silakan simak Tips Mengatasi Redirect Ripway.com saat Login. Semoga dapat membantu.


Good Luck & Semoga bermanfaat, dan tetap semangat!


mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Kasus Blogger di-Redirect ke Ripway.com & Solusi Mengatasinya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 86 Comment(s):

Terbaik di Indonesia said...

Nah ini dia yg lagi hangat di perbincangkan di grup Indonesia publisher sore ini. izin share yah...

Unknown said...

oke silahkan. asalkan dicantumkan sumbernya.

Blog | Computer | Ponsel said...

Thanks info&tipsnya..

Pcinfocom said...

MAKASIH MAS
tapi kalau cara mencegahnya bagaimana mas ?

Unknown said...

sebelum memasang widget/gadget cek dulu scriptnya apakah mengandung hal2 mencurigakan, misalnya lihat apakah ada url seperti situs redirect di atas.

Jurnal Secience said...

terima kasih mas info nya yang segar ini.sampai saat ini masih belum terjadi di blog saya dan mudah2 juga tidak.

yathi said...

kemarin setelah aq memakai edit html ctrl f cri ripway,save,berhsil,msuk k blogq,satu hari penuh
skarang waktu aq bka blog lagi masuk ke blogqu coretanqu,blum slsai login langsung berubah tampilan jadi ripway.com,gmna ni tangani,
ripway itu apa c,ko jahat banget.
izin share ya untk bisa aq bljar lg masalah blog
knjgi dong blogku spaya aq ada smngat untuk blog lgi

Unknown said...

@yathi: keluhanmu & pertanyaanmu sudah aku jawab barusan di GTJ. itu karena kamu memasang gadget lagi yg ternyata juga mengandung redirect ripway.com. so, ati2 aja ya, jangan sembarangan pasang gadget lagi.

desain grafis mas fadil said...

thanks bank infonya...akan kucoba basmi ripway di blogqu....thankYu berat y mas.....he he he

desain grafis mas fadil said...

MAS KO KE EDIT HTML JUGA GA BISA YA...LANGSUNG MLAYU NENG RIPWAY..HUFT....gimana nich....(oy sekalian minta ijin sharelah)kan blogger yg baik kt mas Akmad harus ijin dulu kalo mo share...
sblmnya mksh dah baik hati memberikan ilmu bagi para blogger pemula ky aq..he he

Unknown said...

@desain: dari edit HTML juga diredirect? bagaimana bisa itu? coba cek lagi masuk ke edit HTML

FeryFadly said...

ternyata ini to penyebabnya... Alhamdulillah... Berkat postingan ini blog ane normal kembali dari ripway. great info gan!

Panda Plum said...

ijin share mas bro, bener2 cara yang jitu,
kemaren blogku http://setyawansja.blogspot.com juga terkena imbasnya, huft....
tapi dah sembuh lagi

tetap sehat tetep semangad

Unknown said...

kasih sumbernya dengan link akif yg menuju ke posting ini.

Sammypliss said...

thx bgt broo.. blog ane udh bisa ke buka.. gara2 Ripway itu...

jgn Lupa mampir ke Blog ane yaa..
atau di Distro, ada bnyk jaket model Jepang http://www.j-fleece.com/fleecious/SammyRockz

Aya Nurdin said...

Mas Ahmad, kalo blog saya di nurhayanurdin.blogspot.com kasusnya dihijacked kayaknya. Karena saya ingat2 saya gak memasang widget dalam kurun waktu setengah tahun terakhir. kemarin saya masih sempat mengecek blog saya fine2 saja. Tapi sekitar 3-4 jam lalu langsung otomatis diarahkan keripway setiap kali diklik. Saya sudah coba masuk ke bagia settingannya tuk ngedit templatenya seperti panduan diatas, tapi selalu langsung didirect ke web ripway.com itu. Help, what should I do?
Thanks

yathi said...

hari ini aq dah berhasil hilangkan ripway.com,mks infonya. aq izin paste ya artikel ne di blogku
caraq gini lo aq buka semua widget2 yg dlu perna q pasang,aku tmuin widget efek daun yg q pasang di mouse
,pdhl tu dah lma bnget q pasang dan ga perna ada ge d mousenya

anto11bc-barkom said...

Terima kasih informasinya, sangat membantu

desain grafis mas fadil said...

udah dicoba berkali2 tapi ttp gabisa masuk ke edit htmlnya...

Panda Plum said...

thanks koreksinya di http://setyawansaja.blogspot.com semoga buka-rahasia selalu jaya diudara...

www.punisherkriwel.blogspot.com said...

Thanks gan...atas infonya..
tapi nih blog ane gak bisa masuk ke dasbornya gan..jd gak bs edit HTMLnya nih.mohoon pencerahannya..Thanks B'fore..

www.punisherkriwel.blogspot.com said...

Oiya Izin share gan...semoga bisa saling membagi ilmu buat yg laennya..
^_^..

yulia Almira said...

mas , sepertinya blog saya di hacking / hijack karna saya sudah mencob cara mas di atas tapi tidak diketemukan di HTML ny , lalu bagaimana ya mas cara memperbaikinya ? blog saya http://yuliaalmira.blogspot.com tapi selalu tidak bisa dibuka dan teralihkan ke ripway tersebut .. tolong dibantu,

PT Indonesia said...

Trims infonya, saya juga berniat mengaktifkan kembali beberapa blog di blogspot, artikel ini menjadi masukan dan tambahan wawasan bagi saya.

-salam

Anonymous said...

wah untung punya saya gak redirect

K2 Ichsan said...

Meskipun saya tidak mengerti, tapi pastinya kereen. Karena banyak atensi terhadap artikel ini.
Sukses sob...

Unknown said...

(22 Des 2011, 17.03 WIB)
@Sobat2 yg login blogger nya diredirect juga ke ripway.com: nanti silahkan tengok update saya di bagian bawah artikel ini, akan saya tambahkan informasi mengenai itu. tq

Naruto Game Pc said...

akhirnya normal kembali blog jadul saya...terimakasih sob atas informasinya

Muhammad Khoerol Anam said...

misi gan tapi waktu masuk ke edit HTML juga langsung pergi ke Ripway gimana ?

kowandy said...

reviewnya bermanfaat..saya baru mendapatkan info ini..thnks

Unknown said...

This comment has been removed by the author.

Unknown said...

nice infonya, trims akhirnya blog saya kembali seperti semula... ijin share ya... :)

maiia_ych said...

akun blog ku jg kena ripway.com euy....susahhhh

Mrs.J (Muria Hasni) said...

saya jg ge ngalamin,, kesana kemari nyari bantuan gmana buat nyembuhin blog saya dari penyakit riplay. tapi lum nemu2,, fuhhhh....,,

Ryan Feriandri said...

saya mewakili seluruh bangsa Indonesia mengucapkan bnyk terima kasih atas infonya....

santri tulen said...

trima kasih atas info dan ilmunya...... akan tetapi untuk masuk ke edit HTML ini yang tidak bisa..... lewat accunt bologer masuk kemana-mana

Anonymous said...

Bang kalo misalnya saya ketik KPK di search engine google lalu saya klik yang halaman pertama itu tapi kebukanya bukan alamat website tersebut tapi lari ke halaman : misalnya : facebook, amazone, google dll...?
itu bagaimana yach..?

Unknown said...

wesss, thanks bnget ya,,>>>>
ane udh smpat stresss mkirin blog ane>>>>

Ambriyono said...

terima kasih buangeeet atas informasinya..
semoga blognya semakin didepan..:)

™♠♠OqHy_R.♠♠™ said...

Udah saya ikuti caranya seperti di atas ga' bisa juga gimana dong ??

Kira-kira apanya tu yang kena ??

ini blog saya http:www.oqhyofblink.blogspot.com/

debibah jenabiah said...

makasih banyak infonya,
alhamdulillah sangat terbantu dan sekarang jadi baik lagi.. :)

Redita Agnovia said...

kena di redirect ke ripway. tp bukan pada saat login, melainkan ketika masuk ke webpage blogger saya.
saya sudah mencoba mengikuti cara anda yang kemungkinan itu disebabkan oleh widget. tapi saya tidak menemukan unsur widget yg berisi ripway atau pagesinxt.com
lalu ada cara lain?

Belajar Komputer said...

info bagus ni gan, thanks udah berbagi nih

Ryuk Shinigami said...

kok aku nggak nemu ripway ato pagesin tu sech ??
mohon bantuannya donk :(

Unknown said...

wow thnks bgd gan
terbantu ane jadinya

ane juga kena perangkap gan

Roofid Yosav said...

Terima kasih bangat pak info nya... Blog saya kembali lagi.. Huhuhhu... Makasih banyak ya,Yang punya blog... Oh iya... Ini blog aku

www.duniakoreaworld.blogspot.com

dewi sri rochmulyanti said...

kakak makasih atas infonya Blog saya bisa dibuka lagi..

Anonymous said...

astaga, ternyata itu penyebabnya.. gue sempet 3 hari muter2 ngurusin tuh ripway.com,, abis akal, malah gue hapus blog gue,,, capek deh....!!!
rencana mo bikin blog baru aja...
thanks buanyak ya gan info nya,,... sangat membantu...

Bara Mukthi Pratama said...

makasih pak info nya... blog nya tampilan bagus isi content mantap. saya kagum...(bara kab. sragen)

bingkai tamalanrea said...

salam dik,,maaf kalau saya memberi masukan sedikit,,

saran saya ,,hati hati menghapus script tsb, akibatnya akan fatal,,, tak percaya, silahkan tanya yg pernah menghapus,,,

sebenarnya sangat simpel melawan hal demikian ,,karna trik situs tsb sudah usang,,, bagi yg telah mendapatkan kasus itu,,silahkan lihat urlnya,,,
itu kunci menghancurkan gangguan situs semi hack tsb,,
tak percaya,,buktikan,,,saya akan memperlihatkan langkahnya,,salam.

rickvianaldi said...

menurut saya bukan karna penyebab no 1
saya mencoba membuka blog melalui opera mini lwat android saya,..hasilnya saya diredirect juga

Anonymous said...

bagaimana kalau tidak berhasil solusi diatas mas..karena setelah dicari tetap tidak ada

Anonymous said...

knp ripway nya error .. ???

Yohanes Dhimas Tri Prastyo said...

wahh tengkyu, blogku skarang dah bener

Sante Wae said...

thank's btw

Iklan baris gratis said...

Gan mau nanyak ni aku kan pake website iklan baris yang aku pake sekarang. q mau masuk sebagai admin tiba2 keredirect ke situs lain..tapi kalau di kunjungi bisa. itu kira2 kenapa ia? pusing ni...

Unknown said...

Websitenya pake platform apa? kalo pake wordpress, coba diinstal ulang, langsung ditumpuk aja lewat FTP. Ada banyak hack yang sekarang masuk ke admin web melalui modifikasi wp admin (baik dengan base64 atau pun eval).

Lora Amir Syamlan said...

Terima kasih sobat atas pencerahannya, alhamdulillah blogku bisa diselamatkan

iceinspirasi said...

makasih sob. walau sedikit berbeda dengan masalah saya. hampir sedikit sama. kalo yang dibicarakan ripway, namun saya malah ke fileave.com. mungkin sama saja kali ya. hehe

pokonya terimakasih deh sharingnya

gejala migraine said...

makasih banyak ya gan buat infonya

bahaya maag kronis said...

salam kenal ya gan infonya sangat berguan sekali

Unknown said...

saya terkena redirect fileave.com tapi di edit HTML tidak ditemukan fileave.com. Tolong pencerahannya...

myhafiezers said...

terimakasih banyak atas infonya sobat
ditunggu kunjungan baliknya

Arpusa Dwipangga said...

haduuuhhh saya juga nyemplung di fileave.. siallllll

Rahma Nur Fadlilah said...

maaf , gimana yaa blog saya kena ripway tolong bantu
http://seorangakhwat.blogspot.com/

Unknown said...

@ Ukhti Rahma: Silahkan didetailkan gimana kasusnya ya. Insya Allah nanti saya bantu :)

Unknown said...

Buat sobat2 yang terkena redirect fileave, saya sedang menngetest blog test saya dengan menanam widget yang diduga mengandung redirect itu dan mencari solusinya. Semoga nanti saya bisa segera dapat solusinya :) Amin

Unknown said...

Numpang nanya Sob,Kalau saya Kan Pakai Pesan semacam (Kalau dari chrome : tis page says :....) Nah saya Pakai Begituan Ketika di OK,atau di X Langsung Masuk Ke h1.ripway.com nya sob. mohon Pencerahannya dan di balas atau bisa juga E-mail saya .Terima kasih :)

Unknown said...

Kebetulan saya juga seperti itu karena lama tidak ngeblog karena kesibukan kerja, tapi kasusnya bukan dari widget' tapi dari script h**p://h1.ripw*y.com/darmasena/rainbow.js yang dimasukan ke dalam tubuh HTML template http://gondrezt.blogspot.com, tentunya setelah membaca source blog saya. Untuk editnya memang agak sedikit ribet karena ketika mau diedit sudah kedirect ke web tersebut, bermodalkan tombol ESC yang ditekan sebelum ke direct sehingga masuk ke menu edit dan akhirnya normal kembali... :)

Muhammad Rois Alfin Rizal said...

Bos, saya juga jadi korban nih .. tadi setelah baca langkah-langkahnya langsung aku praktekkan .. pertama buka "edit HTML" sih bisa, tapi setelah nyari kata ripway.com kok mulai dialihkan ke sana .. aku ulangi lagi sampe seratus kali blogQu gak bisa dibuka dan gak bisa di edit ! alhasil, lumpuh deh sekarang blogQu. boleh dicheck : www.alphines.blogspot.com

Download Game/Software/Anime/Movie/Film said...

dulu blog saya juga pernah mengalami hal tersebut,dan saya sangat heran kenapa bisa ganti ke url tersebut,dan selama lebih dari 1-2 bulan blog saya engak saya urus,tapi waktu saya otak-atik dan saya ganti template eh saya lihat akhirnya bisa juga.

dan sebelum itu saya dah ganti template selama lebih dari 5 template.

terima kasih infonya,akan sangat membantu saya kalo terkena masalah ini lagi.
sukses terus ya.

Unknown said...

mas...... cara lanhsung ke ripway.com gimana?.......





mahon di balas dan pencerahannya....

Unknown said...

kalau blognya gak bisa kebuka gimana ?langsung ke h1.ripway ?

Ngkuy Baelah Salamilamina said...

kasus yang aku alami blog tidak bisa di edit..
setiap kali mo edit html,,secara otomatis blog menuju ke ripway.com.

gmana tuh gan solusinya.??

Syam said...

Terima kasih banyak gan,,, infonya sangat berharga..
saya uda coba dan berhasil... kini blog saya kembali lagi..
nice...nice...nice..

zwexz said...

minta solusi dong,,sudah dihapus widget2nya, masih belum teratasi. dan untuk masuk ke editor html jg masuknya redirect ke url palah,,jadi ngga bisa buka htmlnya.

Tasik Okeyyy!!! said...

di template nya tidak ada yang mencurigakan tapi tetap masuk ke situs orang, kenapa ya?
blog saya
http://4sahabatku.blogspot.com/2012/12/musim-dingin-miawwwww.html

Unknown said...

Mau tanya juga ni Mas Azmi...kasusnya :
Saya bisa login,semua bisa di klik mulai dari 'ikhtisar' sampai 'setelan'
tp pas bagian 'template' nya di klik langsung redirect Mas dan dibagian url tampil seperti ini :

http://ceplaceplo.blogspot.com/b/app-preview?token=UjPFjjsBAAA.ZA-uDekq_7G6FB5Ui0BaJw.n5PPbOm6vYTyFFb7EpDLbw

dan tampilan dimonitor 'kosong' atau gak ada apa-apa alias blank.

mohon solusinya Mas,makasih b4

Unknown said...

@hugoes: ini bukan kasus redirect seperti kasus di atas..

Banyak yang mengalami kasus ini, dan faktornya adalah aktivasi Template Designer. Ketika anda klik edit HTML, disitu ada opsi edit HTML manual atau menggunakan Template Designer. Nah, seketika anda klik Template Designer, anda berarti mengaktifkan penggunaan Template Designer sebagai default editor. Setiap masuk halaman Template, anda secara otomatis akan dibawa ke template designer.

Solusi sementaranya adalah anda stop browser sebelum berhenti loading dan diredirect. Klik tanda silang pada bagian atas browser (biasanya ada di samping kiri/kanan address bar). Baru setelah itu klik edit HTML. Jadi anda tetap bisa edit HTML tapi pake trik itu.

2 Bulan lalu saya sudah melaporkan kasus ini melalui Blogger Forum tapi sampai saat ini belum ada solusinya.

Unknown said...

terima kasiih,
info'a sangat membantu..
:-)

Unknown said...

Terima kasih atas info ini :) Sangat membantu :) Salam dari Malaysia.

Unknown said...

Makasih Mas..Udah bisa sekarang. Mas Azmi bener2 top markotop deh. Skali lagi trima kasih. Sukses slalu buat Mas Azmi.

Unknown said...

mas.... sebelum di direct ke ripway.com kalo di stop... gak muncul apa2 karena ngedirectnya sebelum halaman blog terbuka...

Unknown said...

hmm...aku ada masalah kenapa waktu aku buka Edit HTML-nya, itu ada tulisan "memuat" terus gak ada yang muncul setelah itu???? padahal sudah kutunggu sampai 30 menit tapi hasilnya nihil...

Unknown said...

Itu karena masalah HTML editor yang baru, Blogger sedang memperbaikinya, katanya dalam satu minggu perbaikan akan selesai.

ulfatun Rohmah said...

alhamdulilllah terima kasih gan.. ternyata setelah saya tanam gadget slide show penyebabnya udah saya hapus n kembali normal... terima kasih ya!!!

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap