VIVAnews - Google Hukum Pencuri Konten dengan Page Rank

Pengantar dari buka-rahasia.blogspot.com:
Saya menemukan artikel ini di VIVAnews. Sangat menarik sekali untuk disimak karena, meskipun singkat, memiliki poin penting dan perlu digarisbawahi, yaitu mengenai pencurian konten dan google PageRank (yg ini bukan pagerank toolbar, melainkan realtime pagerank sebuah halaman blog/web di urutan hasil pencarian [SERP]). So, I decided to 'blog this' and share it with you all. Selamat menyimak. 

VIVAnews - Penggunaan internet di Indonesia semakin berkembang. Namun aspek etika dalam berinternet tampak masih diabaikan, terbukti terdapat sejumlah kasus pencurian konten yang meliputi artikel dan data tanpa menyebutkan sumber aslinya.

Bahkan, hasil curian konten bisa digandakan di berbagai situs. Untuk menekan pencurian tersebut, Google memberlakukan sistem page rank (ranking halaman).

“Pencurian konten harus diberantas. Untuk itulah kami berlakukan sistem rank page,” kata Ross LaJeunesse, Head of Asia Pacific Public Policy and Government Affairs Google, di sela-sela Diskusi Internet Sehat di Hotel Harris, Jakarta, 16 September 2011.

Dengan sistem ini, kata Ross, konten yang asli akan ditampilkan dalam halaman pertama di mesin pencarian Google. 

“Sistem ini memberlakukan algoritma berbagai konten, sehingga konten jiplakan akan terdegradasi oleh sistem,” ucapnya. “Konten jiplakan, dengan sendirinya akan terkena penalti, yakni tidak ditampilkan dalam mesin pencari Google."

Penerapan sistem page rank tersebut disyukuri oleh berbagai kalangan pengguna internet, terutama para blogger. “Dengan demikian, penjiplak akan mati dengan sendirinya,” ujar Nukman Luthfie, pengamat online. 

Nukman mengaku sangat resah dengan pencurian dan penjiplakan konten.

Meski demikian, Nukman berharap, lebih baik para pegiat online tetap fokus untuk membuat konten yang berkualitas.  “Lebih baik kita buat brand yang kita kelola,” tambahnya. “Bila konten kita berkualitas, orang akan berkunjung ke website yang kita buat dengan sendirinya. Apalagi kalau konten kita menarik,” ucapnya.

Ditambah lagi, kata Nukman, pencuri konten akan mendapat penalti dari Google serta cacian dari masyarakat. “Ini akan efektif untuk menghentikan langkah para pencuri konten,” ucapnya.

'via Blog this'
image by: Lorelle

VIVAnews - Google Hukum Pencuri Konten dengan Page Rank
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 51 Comment(s):

Perlengkapan Bayi Murah said...

Emang kudu di tindak tuh pencuri2 nakal yang tidak memiliki kreativitas. Malu atuh kalo jiplak terus punya orang. Niru boleh tapi hanya untuk inspirasi aja, tp tulisan artikel murni dari pemikiran dan ide sendiri. Bukan Begitu ?

Jasa Pembuatan Website said...

Sebenarnya orang kita mah pada pinter2, tp gw yakin alasan paling beratnya adalah rasa malasnya aja. hehehe...

Anonymous said...

kebanyakan blog besar juga mengambil content dari situs lain, tetapi mereka enggak mentah2 langsung di publish tuh content, meraka melakukan editing lagi untuk content yang akan dipublish.

Propolis Diamond said...

Klo buat hak cipta pasti aman..

Furniture Minimalis said...

Wah bagus nie,,, harus punya UU za.

donlot mediafire said...

weh... gitu ya gan??? baru tau :D

Aran Keroro said...

saya mau tanya ,,apa kalau ngopy harus ada sumbernya,,kalau tidak bagaimana?

Ahmad Khoirul Azmee said...

kalau tidak yg jelas ya melanggar hak cipta dan etika, karena tanpa sumber seolah2 tulisan yg diambil si tukang copas adalah punya si tukang copas itu. padahal sebenarnya bukan. sama juga bohong bukan? kadang2 tukang copas gengsi karena sebenarnya tulisan itu bukan miliknya. padahal sebenarnya jika mencantumkan sumber dengan baik justru malah mendapat respect dari si pemilik dan yg lain, karena itu adlah wujud share artikel yg disukai. tapi seringkali disalahartikan, artikel copas yg diberi link sumber akan bikin malu. padahal sama sekali tidak.

Artikel Gizi Kesehatan said...

Iya, mas saya baru saja shock berat karena artikel saya yang berjudul " Tanpa ragu salma hayek menyusui bayi afrika lapar " tahu-tahu dicopas mentah-mentah lengkap dengan judul sama,gambar dan kata-katanya tidak berubah blas!Kayaknya dia pake robot deh karena blognya bisa isi artikel buanyak sekali macam-macam tapi jelas diragukan keasliannya,mungkin dia pake Robot blog. Saya buat artikel itu susah payah dengan hasil riset dari berbagai website luar negeri,sumber-sumber untuk riset juga saya cantumin. Lha ini, nyuri begitu saja artikel saya. Geramnya lagi dia nongol dihalaman 1 google sementara blogku karena saya masih awam SEO, paling di halaman 3-4 google saja. Gimana ni, supaya bukan saya yang dikira jiplak? Mas saya sudah pasang DMCAnya, tapi gimana supaya bisa keluar daftar website yang nyolong konten seperti punya Mas, apa kita copy manual dari Login DCMAnya ? Trims. Pokok saya setuju Berantas para Pencuri konten!

Ahmad Khoirul Azmee said...

halo :D
yah memang begitu rasanya bro, setiap kali kita bikin konten unik dengan cara yg bener2 serius juga akhirnya kandas karena maling konten. Algoritma Google sbnrnya bisa memilah & memilih, tapi memang butuh waktu yg gak sebentar.
saya sarankan mendaftar di myfreecopyright.com untuk ke depan, sehingga setiap sobat publish artikel, punya bukti copyrightnya. myfreecopyright akan meng-crawl blog/web secara otomatis. Setiap ada konten baru, dia langsung (secara otomatis pula) membuat data-data copyrightnya dengan lengkap. data-data itu di kemudian hari dapat digunakan sebagai bukti dmca complaint.
list pencuri konten saya dapat dari menggunakan Google alert. jika belum begitu ngeh, sbnrnya ada cara lain yg lebih gampang aja kok, copy sebagian/beberapa kalimat yg km anggap unik di dalam artikelmu, kemudian search di Google. Jika artikel itu ada yg copy dan blog yg copy terindeks google, maka akan muncul hasil2 lain selain dari blog sendiri. dengan cara itu saya dapat menemukan banyak blog2 pencuri konten yg akhirnya saya list.
sebagai referensi, selengkapnya silakan baca:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2010/12/tips-mengetahui-pencuri-konten-artikel.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/02/copycats-kucing-kucing-penjiplak.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/blogger-merespon-komplain-dmca-letter.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/11/perangi-pencurian-konten-dengan-dmca.html

LSM BOAN said...

trim's atas informasinya yang sangat bermanfaat

Smart said...

Smart..

Grafis 71 said...

Memang betul.. penjiplak harus disingkirkan.. karena tanpa kerja bisa buat content blog... dasar pencuri para penjiplak

Edy Sant said...

ane mungkin ia tapi dket kok gan hehehe

Wisata Bali said...

Agar..ada efek jera..jangan main copas saja. Berbaganglah dengan hasil karya sendiri. Penerapan system yang bagus.

kursijati said...

lebih bagus karya sendiri dari pada copas..... lebih indah.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional said...

wahhhh,,,,setuju nih gan,,,yang ngopas enak banget soalnya,,hehe
oya kalo misalkan di blog artikelnya bhs inggris trus kita copas di terjemahan agar mengerti aapa yang dibicarakan,,itu termasuk nggak??

IniBarudotCom | Berita Gadget Terbaru said...

Artikel saya semuanya COPAS, silahkan cek

menurut kalian semua, kalau blog yang menyediakan content donwload lagu dan film itu gimana.padahal kebanyakan dari kita pasti pernah mendonlotnya.
salam damai boz

japarus blog said...

setuju banget ne gan , hahhahaha

bali rent car said...

wah bagus artikelnya bos kita harus berhati2 soal konten

kursi jepara said...

copas ke temen-temen nie, banyak artikel yang menguak tentang semuanya di internet, nice post guys

kumpulan-tausyiah said...

Hm..

Blogger Sorong said...

kalo ini baru bener :D

reza said...

mantab artilenya mas :)

obat herbal said...

ini info yang sangat menarik sekali dan bermanfaat gan thanks ya

Pian Uhuy said...

mas Azmi,,,

request donk,,bahas Sopa Pipa,,,

makasih sebelumnya

Mencoba Online said...

bner bro ane juga sering dirugikan dengan pencurian artikel :)

Hobi Jadi Duit said...

Kejujuran harusnya ada dalam diri setiap blogger, biar ilmu yang ada di tiap posting blog semakain kaya, g cuma itu-itu aja,
salam sukses boss!

Direktori Blog Indonesia said...

Oh mungkin itu sebabnya blog Direktori Blog Indonesia terpuruk dari SERP Google dengan keyword "direktori blog" dan "direktori blog indonesia" sejak beberapa pekan belakangan. Padahal sebelumnya blog saya ini selalu berada di nomor 1 halaman pertama dengan keyword tersebut. Rupanya Google menganggap kiriman kontributor yang kebanyakan berupa postingan ulang tulisan kontributor yang pernah dimuat di blog mereka masing-masing sebagai duplikat konten. Apa betul begitu ya gan?

Albab said...

ini langkah yang bagus untuk memberantas para pencuri artikel, saya setuju nih sama om google :D
Bacaan Ringan

Obat tradisional asam urat said...

makasi banyak,. gan atas infonya,.!!

Bandit Blues said...

KOK PADA TAKUT SIH SAMA GOOGLE, KAYAKNYA GOOGLE TUH RAJA YA, MAU AJA DI PERBUDAK ... BODOH

toko furniture jepara said...

mksh atas infonya...

www.minimalisjati.com

sweethy said...

thanks infonya. Semoga bermanfaat bagi para blogger di dunia ini.

ArhyErna_Blog said...

bagus itu dengan adanya sistem tersebut maka semua orang bisa berkaya dan tanpa mencuri konten orang lain lagi,,,!!! nice info bang..!!!

Distributor Teh Hijau Jual Teh Organik Teh Sekar Melati said...

oo..gitu ya. Mungkin ini sebabnya beberapa situs Indonesia pada turun peringkatnya..

Hitsuke said...

blog yg sangat rapi...artikel-artikelnya juga sudah saya baca juga bagus...cuma bagaimana cara google untuk mengetahui yang mana yg asli dan jiplakan..??
sprtinya itu cuma gertak doang..nyatanya yg saya liat blog yg contentnya copy paste masih brada di pageone...malah ada yg jadi no.1... -_-


btw, mampir ke blog ane yah..di


Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma HondaTips BlogHitsuke

airvan42 said...

wuh google makin sangar aja,tp mangstab..

Ferdinand said...

wkwkwkwk... akhirnya... google ikutan gerah...

Cara Aqiqah said...

copy cop dikit buat inspirasi menurut saya kayaknya gak papa om. apa lagi klo sudah berubah 50% tapi tetap musti se ijin pengarang aslinya, atau setidaknya menyebutkan sumber aslinya.

bordir said...

kalau copy paste artikel kan biasa itu mah, kalau copy paste image gimana, saya pikir itu juga sama dengan mengambail hak cipta orang lain, mungkin bedanya google tidak memperhatikan nilai image, padahal 90% bahkan lebih blog blog yang PR tinggi pun sebgaian image nya copas..

Hadii Abdul said...

ane newbie, mau bertanya sedikit...
kalau untuk meminta ijin untuk copas biasanya akan memakan waktu paling tidak 1 hari/nunggu adminnya online, bagaimana jika yang mengcopas artikel itu mencantumkan link sumber tanpa meminta ijin terlebih dahulu, apakah itu juga dapat disebut pencurian konten??
tolong pencerahannya masbro....

kalau berkenan liat juga blog saya, yang menyediakan materi pelajaran bahas inggris dan artikel-artikel menarik lainnya.
http://banua-intellect.blogspot.com/
terima kasih.

seo terbaru said...

kita semua blogger indonesia setuju dengan berantas pencurian kontent yang tidak bertanggung jawab

Wybowo said...

Sya buat konten sndiri dn tk prnah Copas, kok ikut trun Pageranknya ya.. sya krang fham tntang Pagerank.. apa sja yg dinilai ama mbah gugle ya tntng pgerank ini?

UG-Zine said...

Saya sering copas dari blog luar dan saya buat link sumbernya mas.. maklum masih newbie saya mas azm. oh ya mas mohon berkunjung ke blog saya ya.dan kasih masukanya ya mas azmi thanks

Dwi Sugiarto said...

Saya sendiri mengalami,saya yang nulis peringkat 3 yang njiplak no.1 dan 2 cape deeh.silahkan cek digoogle keywords daftar harga sembako maret 2012.

Ally Amien said...

Mantabz gan..
tapi artikel ini juga mengandung plagiat dari vivanews.com.
cuman dikasih link sumber biar aman.. he3x..
salam kenal Gan..

AALcorner said...

ide dan karya adalah seni,
dan yang menjiplak karya orang lain tidak memiliki sentuhan seni tapi tangan panjang seorang ysng buntu..
di blog ini banyak ilmu bagi kita pemula yang bermanfaat,maka hargailah dengan memberi nilai + atau komentar beretika sebagai imbal dari ilmu tersebut.
Thank for admin! salam Kami.

sprei said...

Tul banget gan, kita nulis konten pake mikir dan banyak waktu, eh seenaknya aja dicopy sama si maling kontent.

DRAJAD said...

copypaste bukan hal baru dikehidupannyatapun sering terjadi. tapi klo make joki tulis untuk web atau blog atau hal berat seperti karya tulis itu gimana menurut agan agan.klo hidupdarialam.blogspot.com gimana

ani Hidayah said...

wah..bagus jg, jd memotivasi buat belajar nulis jg.sip

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap