Tentang Kasus Facebook Menuntut Ainun Nazieb (2 Milyar)

ainun - facebook
Sejak 3-4 hari yg lalu berita tentang Facebook menuntut Ainun Nazieb karena cloning theme santer terdengar di beberapa media berita dan blog. Saya sangat yakin sudah banyak sobat blogger yg mendengar berita tersebut. Artikel ini adalah sedikit tanggapan saya setelah pada awal saya mendengar berita ini beberapa hari lalu, saya cukup kaget juga karena kasusnya berkaitan dengan hak cipta, seperti yg akhir-akhir ini sedang saya cermati dan pelajari.

Kasus utamanya sebenarnya belum begitu memiliki titik inti yg jelas sebab sobat Ainun Nazieb sendiri baru akan bertemu dengan perwakilan Facebook pada hari Senin (21 November 2011) atau Rabu (23 November 2011). Sesuai dengan berita yg dimuat Okezone, Ainun diperkarakan oleh Facebook karena meng-cloning theme Facebook. Dulu saya memang pernah melihat theme itu. Saya sangat kagum dengan hasil kloning yg hebat, mirip dengan tampilan Facebook aslinya. Theme itu dikloning dari halaman user Facebook. Kemudian disesuaikan sedemikian rupa dengan Platform WordPress, lengkap dengan penyesuaian profil foto user (gravatar), deskripsi user (dari profil wp admin), dan lain lain. Theme ini dipakai sendiri oleh Nazieb pada blog pribadinya, serta kemudian dibagi-bagikan kepada teman-temannya yg tertarik. Sayangnya, dengan adanya kasus ini, sobat tidak bisa lagi melihat theme yg dinamai "Smells like Facebook" tersebut karena sudah diganti. Untuk deskripsi theme yg dimuat Ainun Nazieb silahkan lihat disini.

Salah satu sebab yg membuat Facebook tahu mungkin karena theme ini kemudian didistribusikan secara luas ke teman-teman Ainun. Bisa jadi, Facebook cepat atau lambat mengendusnya. Seperti kita tahu, templates atau themes gratis dapat menyebar dengan luas dan cepat.

Nah, dalam kaitan hak cipta, apakah perbuatan Ainun Nazieb melanggar?
Okezone dalam sequel berita selanjutnya, sesuai yg dituturkan seorang pengamat dari ICT Watch, Donny B.U, menyebutkan,
"Ini soal kreativitas dia (Ainun), tapi bukan dalam kreativitas desain. Kreativitasnya dia itu soal coding dan template. Apakah motifnya soal bisnis atau bukan, itu (themes Ainun) tetap bisa dianggap pelanggaran terhadap hak cipta,"
Dari penjelasan tersebut, ada hal pokok yg bisa disimpulkan, yaitu bahwa boleh-boleh saja kita berkreativitas, namun tetap harus memandang etika serta hukum. Kemahiran, kreativitas, atau kecerdikan adalah hal yg sangat penting dalam hal apapun, termasuk dalam blogging. Namun selayaknya kita mengerti etika dan hukum agar apa yg dilakukan tidak menyalahi aturan. Saya berpandangan rekan Ainun belum tentu bisa disalahkan 100% lantaran ada kemungkinan dia belum tahu tentang etika dan hukum (hak cipta) yg berlaku. Namun kita juga harus objektif dalam melihat permasalahan ini. Facebook tidak akan serta merta melakukan tuntutan hukum dengan denda sebesar 2 milyar tanpa alasan / landasan hukum.

Sungguh ini bagi saya, dan saya harap bagi rekan blogger semua, adalah pelajaran penting. Donny B.U, masih dalam artikel berita tersebut, melanjutkan,
Persoalan hak cipta ini memang sensitif dan harus dihargai oleh sesama pelaku kreatif. Ada etika dan aturan tertentu yang berlaku dalam soal kreatifitas. Namun memang tidak semua orang paham mengenai aturan dan etika ini.
Ya, secara pribadi saya sangat setuju dengan pendapat beliau di atas. Bahwa dalam melakukan kegiatan kreatif, kita para Blogger harus memiliki kesadaran penuh dan mempertimbangkan apakah kreativitas tersebut melanggar etika & hukum atau tidak. Jika iya, sekreatif apapun itu, saya kira tidak akan membawa kebaikan. Etika berarti bentuk atau sikap menghargai orang lain dan karya orang lain, sedangkan hukum berarti menaati aturan-aturan agar kreativitas tidak merugikan orang lain.

Memang jadi hal pelik kalau blogger sudah dipertemukan dengan etika dan hukum karena memang belum semua mengetahui tentang hal ini. Tentunya ini menjadi PR kita semua. Boleh-boleh saja berkreativitas, tapi apa yg telah kita bangun di dunia nyata sebagai bagian masyarakat, dan kini di dunia maya, yaitu etika & hukum, selayaknya tidak dilupakan & ditinggalkan.

Terlepas dari itu, saya merasa bangga dengan bentuk kreativitas sodara Ainun Nazieb. Kemampuannya dalam coding sangat mengagumkan. Itu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki orang-orang yg handal dalam dunia web design. Saya pribadi mendukung prosesnya dalam berhadapan dengan Facebook. Karena ini adalah moment penting yg dapat memberikan banyak masukan bagi kita blogger Indonesia.

Secara pribadi lagi, pelajaran buat saya tentunya adalah dalam kloning/convert template/themes harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa jadi malah dituntut pembuatnya. Pekerjaan "convert-mengconvert" sebenarnya sudah bukan hal aneh lagi karena banyak blogger, coder, atau web designer melakukannya (terutama dari WordPress ke Blogger, hehe). Tapi kasus ini bisa menjadi warning bagi kita semua agar lebih berhati-hati. Tidak hanya dalam urusan convert theme saja, tapi widget, navigasi, hingga copas artikel tanpa ijin & sumber.

Salam & maju terus Blogger Indonesia!

Tentang Kasus Facebook Menuntut Ainun Nazieb (2 Milyar)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 22 Comment(s):

Bang Oji said...

untung ane templatenya buatan sendiri.. walapun gk seo dan gk bagus tapi ada kebanggaan sendiri.

Kallu Juzan said...

Menurut saya.. Facebook terlalu memprivasikan semua miliknya.. Jangankan sebuah theme, membahas social network lain dalam facebook itu sendiri udah dianggap salah..Terrrrrlalu... hehe

Agus Roma said...

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Grafis 71 said...

Keren juga bisa cloning template facebook... mirip buanget

aryo said...

memang mantep kloninganya bisa sdmikian rupa.salut buat ainun.tapi tetap ja kena salah.

Pascal Domain said...

Jadi inget kasus Sony

anak ganteng said...

wah klo ada masalah jadi gak bisa lihat lagi donk...hehehhe makasih mas bro...
tp ada hikmahnya indonesia jadi terkenal di mata dunia heheh semoga masalahnya lekas berahir..amin

Ahmad Khoirul Azmee said...

@all: thanks for your responses. yah semoga masalah lekas kelar :D

Jackysan Lombok said...

Wahhh... baru denger infonya gan...
Kebetulan saya juga pernah dan bahkan masih pake theme itu di blog gratisan saya http://www.sastralombok.co.cc/

Kasian juga beliau ya, smoga aja masih bisa dibicarakan dengan baik dan jalan keluar yang baik pula..
Amien..

butik busana muslimah said...

waw, menjadi pelajaran yang sangat berharga. Agar kita mengenal aturan main dalam karya seseorang. Semoga Ainun dan Facebook dapat jalan keluarnya..Amiin. Dan tidak didenda segitu banyaknya.

FIKRI SHARE - Free Download Software Full Version said...

saya juga pake template fb tersebut di blog saya yg lain. templatenya keren, mirip sama template fb.

Dewi Cinta said...

Saya pernah nyoba pake themes karya Nazieb. Keren sih. Tapi setelahnya saya ganti. Kesannya themes begitu mah murahan. Haha ... Karena nyontek.
Saya malah pengen banget punya themes kayak blog ini. Keren.

Sari Via said...

Mestinya FB bangga, themes-nya jadi inspirasi orang.. Hehehe..

Bapak SIMON MANGANDE said...

salam kenal Sobat
saya kagum pada karyamu
semoga terus berjaya di dunia maya.
TUHAN memberkatimu Sobat

Jual Alat Kantor said...

Teruskan perjuangnya ainun .. jangan mau diinjak2 lg harga diri kita kmaren dgn malaysia skrg dgn amerika ..

KOS KOMPUTER BLOG'S said...

Kasihan banget gan,,, yah semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. ( untung saja ane gak ngerti coding codingan haha )

bliss yaspis said...

betul itu om indonesia itu kaya akan orang yang begitu.. ^_^. Dan buat Om Ainun Salut Dech Sampai bisa begitu.. :)

Anonymous said...

ini masih ada kq:
http://smells-like-facebook.blogspot.com/
mau..? buruan mumpung blm dibanned he2...

klo themesnya OS kq g pernah jadi kasus ya? seperti themes windows atau apple di linuz misalnya dan jg sebaliknya? kan banyak sekali yg seperti itu. bahkan ada yg komersil juga lho.

Fikri said...

:-)
canggih banget bisa kloning facebook...
(baru tahu dari sini om)

jika saja untuk sendiri pasti tak seperti ini :D

berbahaya said...

Berita Kelanjutan si ainun gimana ya?

obatdotnet said...

semoga ga jadi 2 m deh,kasian ainun :-(

faceblog45 said...

Kok theme WPnya ada ya apa ga jadi masalah juga? http://www.timeline-wp.com/

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap