Fakta-Fakta Dibalik "Celana" Spongebob the Squarepants

spongebob
Tidak ada yang tidak mengenal SpongeBob. Semua pasti mengenal tokoh kartun ini. Bahkan tidak jarang orang dewasa pun juga banyak yang kecanduan nonton episode demi episodenya. Kalau soal apa yang menarik di dalam filmnya sih, kita semua pasti sudah sepakat ya, tapi.... kalau apa yang dibalik "celana" SpongeBob (baca: di balik pembuatan SpongeBob the Squarepants) semua sudah tahu belum ya? Mari kita lihat!

    
* SpongeBob diciptakan oleh Steve Hillenburg, seorang ahli biologi laut dan mantan guru IPA yang kemudian melanjutkan belajarnya ke sebuah sekolah seni untuk belajar kartun.. Seperti halnya si SpongeBob, Hillenburg pernah bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran seafood.

    
* Hillenburg, yang sangat suka menggambar kehidupan laut, berpikir bahwa spons adalah makhluk "paling aneh' diantara semua makhluk di bumi ini. Tetapi dia merasa bahwa bentuk spons yang bergumpal-gumpal kurang tepat untuk karakter yang ingin ia ciptakan. Sebuah spons yang tenggelam dalam air ternyata ia lihat sempurna, begitu bersih dan begitu persegi, seperti SpongeBob yang telihat innocent dan tidak berpinggul.....

    
* SpongeBob tinggal di dalam rumah buah nanas karena nanas adalah motif umum dalam kerajinan Polinesia. Selain itu, Hillenburg berpikir bahwa SpongeBob "menyukai" rumahnya beraroma nanas. sedangkan pembauan adalah sebuah indera yang sangat penting bagi hewan laut.

    
* SpongeBob awalnya bernama SpongeBoy. Namun, ternyata kemudian diketahui bahwa nama tersebut sudah menjadi merek dagang (dimiliki secara sah oleh) orang lain.

    
* Squidward hanya memiliki enam kaki, tetapi ia tetaplah seekor gurita. Si pembuatnya berpikir jika karakter tersebut memiliki delapan kaki, seperti yang sesungguhnya, akan membuatnya tampak terlalu terbebani.

    
* Tom Kenny, yang mendubbding suara SpongeBob, mengatakan bahwa suara tawa dalam karakternya dimaksudkan untuk membuat penonton teringat dengan laut. Hal ini didasarkan pada suara panggilan khas untuk memanggil lumba-lumba, yang berupa suara jeritan burung camar.

    
* Tom Kenny juga mnejadi dubber karakter Dog di Catdog dan Walikota Townsville di film Powerpuff Girls.

    
* Menurut data di dalam Surat Ijin Mengemudi (SIM) milik SpongeBob, SpongeBob lahir pada 14 Juli 1986. Tapi dia sudah mampu hidup sendiri dan mencoba untuk mendapatkan pekerjaan di Krusty Krab. Cerita ini muncul pada debut awal  acara SpongeBob yang ditayangkan di tahun 1999.

    
* Resep Krabby Patties merupakan rahasia yang dijaga ketat, tapi penciptanya, Hillenburg, telah mengisyaratkan bahwa burger misterius itu mungkin adalah resep yang berbau vegetarian, karena jika tidak demikian, beberapa penghuni Bikini Bottom akan menjadi makhluk kanibal (alah, bisa-bisanya.... )

    * SpongeBob selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik. Dia sekarang membantu Departemen Perlindungan Lingkungan Hidup kota New York dengan cara mengajak anak-anak membantu menyelamatkan air. Kampanye ini melibatkan replika SpongeBob dalam bentuknya yang sangat besar yang melambangkan kemampuannya untuk menyerap air dalam jumlah yang besar pula. Slogan kampanye ini adalah: "Save Water—Don't Drip New York Dry!"

Hehe, bisa-bisa aja ya. Tapi kalo dipikir-pikir, memang banyak sekali muatan nilai dalam cerita si SpongeBob ini. Secara semiotis, banyak tanda dan simbol yang memiliki makna-makna besar yang bisa kita baca di sana-sini. Mau tahu? Tunggu posting tentang semiotika SpongeBob yang akan datang. Peace! :)
Dari berbagai sumber

Fakta-Fakta Dibalik "Celana" Spongebob the Squarepants
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 9 Comment(s):

Pondrafi said...

wah sangat sangat informatif dan mencerahkan.
baru tau nih trivia seputar Spongebob.
ngomong2, trims ya sudah berkenan mampir di blog saya.

Ahmad Khoirul Azmee said...

sip bro! btw, sama-sama di Solo kapan2 kita semua Blogger yang diSolo ketemuan yuk,sharing2 apa aja gitu. pasti seru!

Landavia said...

mungkinkah kraby patty isinya adalah plankton?
trus kl gw rasa.. chum itu sebenarnya bahan yang TIDAK BOLEH ada dalam Crabby Patty?!?

btw.. kenapa Spongebob bisa tau resepnya.. tanpa ada yg ngajarin?

Ahmad Khoirul Azmee said...

@Landavia yah itu dia hal yang memang perlu dicermati, ada hal-hal faktual yang memang tidak bisa kita nalarkan. selalu ada miskonsepsi mengenai bahwa sesuatu harus sesempurna mungkin. tapi kenyataannya tidak. termasuk kisah si Spongebob ini. ada lobang di sana-sini juga tentunya. kadang seorang penulis memang terkesan mengabaikan/lupa dengan jalinan logika karena dia fokus pada pesan yang ingin disampaikannya, dan mungkin begitu dengan cerita Spongebob ini.

chus said...

Dia (spongebob) emang tokoh kartun yg mengagumkan, sifatnya yg pemaaf, setia kawan dan selalu positif thinking pada siapapun, jujur dan amanah, meski mudah dibohongi, namun kejujurannya pula yg akhirnya sanggup mengalahkan kebohongan yg memusuhinya. SALUT n patut dicontoh dch!

Ahmad Khoirul Azmee said...

sepakat, terlepas daei baik dan buruknya, ada sesuatu yang berharga seperti yang telah Chus bilang diatas. Itu yang patut kita perhatikan. Terima kasih sudah berkunjung....

sepatu kerja said...

begitu teliti nih agan,sampai bisa jelasin rahasia dibalik celananya si spons

dokunimus said...

Setiap kali saya nonton spongebob, saya selalu teringat loyalitasnya dalam bekerja, dia juga setia kawan. Itu yang membuat saya suka dengan spongebob.

Ganius Eka said...

wah... aq pencinta spongebob tapi baru tahu info-infonya...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap