2 Cara Menampilkan Widget/Iklan/Link/Script HANYA di Bagian Posting (Post Body)

Let's go straight to the point! Jika anda ingin menampilkan widget, iklan, link, ataupun script anda hanya di bagian bawah posting saja (menyembunyikan widget dari homepage) dan tidak ingin menampilkannya di bagian lain, termasuk halaman muka, you can follow these two tricks.

Ada dua cara yang bisa digunakan:
1. Jika blog anda berplatform blogger, anda dapat memanfaatkan fitur dalam setting. Login ke dashboard anda, dan::

Klik Setting







 Klik Formatting/format






Scroll ke bawah hingga post template. Anda dapat memasukkan script, link aktif , atau sekedar tulisan saja ke dalam form di sebelahnya. Save settings. That's it.






2. Anda dapat mengedit template html blog dan memasukkan tag b if cond, yang berfungsi sebagai perintah untuk menampilkan suatu hanya pada bagian tertentu. Cara ini saya dapat sebagai salah satu trik untuk menyembunyikan Google Adsense di blog yang lain dan ternyata bisa juga digunakan untuk script lain, misalnya widget-widget tambahan, baik dalam HTML murni maupun java. Masuk ke edit HTML, centang expand widget templates, dan masukkan kode berikut Tepat SEBELUM </body> (gunakan Ctrl+F untuk mencari):
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
script widget/iklan/script lain anda disini
</b:if>
Ganti  script widget/iklan/script lain anda disini dengan script atau link aktif anda dan save.

Analisis, kelebihan, dan kekurangan:
Cara 1: Cara ini mudah dan cenderung tidak beresiko. Cara ini sama saja dengan menyisipkan script ke dalam edit HTML anda di dalam posting (sebelah compose), sehingga script anda merupakan bagian posting. Dengan demikian, widget ataupun iklan anda akan muncul setelah anda membuat posting baru. Anda harus mengedit posting lama untuk menyisipkan script. Selain itu karena bersifat eksternal, load time yang dibutuhkan relatif lebih banyak. Cara ini pada akhirnya bersifat jauh lebih  manual dari cara 2.
Cara 2: Memasukkan script secara manual ke dalam template HTML blog memang hal yang sering dihindari, apalagi setelah Blogger memiliki banyak fitur instan. Namun yakinlah hasilnya akan berbeda dan lebih baik. Cara ini berarti mengintegralkan script dengan template blog, sehingga secara otomatis akan muncul dalam semua bagian blog yang diberi perintah untuk dimunculkan. Dengan demikian, semua posting lama anda pun akan 'terinfiltrasi' secara otomatis. Load time yang dibutuhkan relatif lebih cepat (catatan: tergantung dari jenis file widget dan server dari widget tersebut).

Have a nice try, then. ^^

Sebagai contoh adalah widget myfreecopyright di bawah ini:
myfreecopyright.com registered & protected

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

2 Cara Menampilkan Widget/Iklan/Link/Script HANYA di Bagian Posting (Post Body)
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 46 Comment(s):

Anonymous said...

gan,kasih tau saya cara menambahkan teks template yang jelas gan.saya sering mampir ke blog ini.karena artikel2 nya mudah di mengerti.nuhun

Zero-69 said...

Sangat bermanfaat om :)
Terimakasih banyak...
Salam Ukhuwah.

Anak Elang said...

salam..

waduh saya masih bingung neh. saya pake blogspot juga n saya udah selipin GA saya di bawah postingan. Masalahnya kalo buka menu home ato label, semua muncul GA ditiap postingan. kan bahaya tuh, nah gemana supaya cuman muncul saat satu artikel yang dibuka, saat menu home GA gak nampak? solusinya ditunggu gan ke

www.beritaduniaku.com

Unknown said...

halo, pake cara yang kedua, sobat. selipin melalui edit HTML, jadi iklan Adsense hanya akan muncul di halaman posting saja.

Edzar said...

Thanks bro.. Aku berhasil juga akhirnya..

KuliNgeblog said...

wew infonya mantaf nie...

Andi Sitorus said...

tanks ,sob

shafira said...

trimakasih infonya abang,,.... sukses selalu buat abang yaaaaaaahh,,.. :D

Unknown said...

makasih infonya gan

http://mbojonet.blogspot.com

Asalasah said...

mantaaappp... sempurna :D

Sunthree said...

Mudah dan simpel dipraktekkan setelah baca artikel disini. thank's.

Unknown said...

mas, post template saya kok kosong ya? http://bayuawib.blogspot.com/

Gino said...

kok iklan adhitz saya tidak dibawah posting,
tapi di luar body ???

kunjungan artikel said...

Ide yg Bagus!!!
Boleh di coba ni, Agar menghemat tempat

Thans idenya brooo

fahrinclimber said...

kunjungan pagi, mantap nie sharenya, thank . . .

akbar said...

thanks gan infonya, bermanfaat buat saya.

"cara mengganti template" said...

Saya pake cara yang pertama, tapi kok ga munculdi halama posting ya mas tulisan yang saya kasih distu??

tujuan wisata indonesia said...

thanks infonya
saya pake ilmunya buat pasang related post di blogger saya :)
semoga ilmu yang di berikan berbuah pahala

Lizzy said...

thank you, arigatou, bro tips-nya.
hari ini saya beruntung banget, nemuin dua tutorial yang sejenis yang emang lagi saya butuhin banget

Saya googling jauh2, taunya nyampenya di sini, yang udah beberapa kali saya kunjungi

Unknown said...

@Liza: sip! terima kasih sudah terus2an terdampar di sini :P

Artikel Muslim said...

makasih master.. ana dah nyoba & berhasil..

wid said...

makasi mas,...sangat membantu....

goyang pattah pattah said...

mantap bang artikelnya n keren bgt, simpel dan mudah tuk dipraktekan... :)

aryaa said...

wah ini yang saya cari makasih ya bang.....

dan said...

sudah mencoba gan tapi tidak berhasil, hanya you also might like: dan link ke linkwithin yang muncul gan..

kira-kira apa permasalahannya gan..

jawabannya di tunggu:
http://yusrandante.blogspot.com

i Post said...

brhasil sob hahay thnaks yagh......

Unknown said...

aku gak bisa masangnya nya boss.. pusing..
soalnya templatenya beda.. bisa tolong dicheck??

admin said...

saya masihh bingung gan...

belajar bisnis said...

Mas, OOT nih.. gimana kalau menyembunyikan postingan di homepage? Saya sudah googling kemana2 tapi tutorialnya sama n hasilnya gagal.

Odingk said...

INi yang saya cari cari bang,,, tiap mau pasang iklan didalam posting pasti sllu eror....

anak baik said...

malah saya tambah bingung sob,,,hehee

Unknown said...

cara yang kedua kaaknya bagus, akan saya praktekkan, kunjungi blog saya gan. masih belajr nih

Abed Saragih said...

Mantap mas....thks buat tutorialnya.

Unknown said...

terima kasi atas artikelnya sob artikelya sangat bermanfaat bagiku

By.http://akramberbagi.blogspot.com/

Rico Ade Mandana said...

alhamdulillah bisa diterpakan di blog saaya bang hhehe
tewrimakasih bang

Unknown said...

makasih gan atas infonya...
http://www.informasiunik.com/

Anonymous said...

Your blog posts and articles are very interesting, for me become more know, I hope you keep your blog so I can visit again to see your blog posts and articles more ... thanks for the info

Unknown said...

Thanks Mas Bro Infonya

www.agenbolajakarta.com

Anonymous said...

hehehe
alhamdulillah berhasil untuk saya terapkan hehehe

Unknown said...

Untuk tampilan blogger yang sekarang gimana ini mas?

Unknown said...

Terimakasih .. Om paktulung .,

Unknown said...

saya sudah coba, tapi widget linkwithin masih tampil di homepage, gimana solusinya.. udah di coba beberapa kali

Anonymous said...

Mas, kalau iklan di atas artikel ini juga menggunakan cara kedua?
dipasang di /body ya mas? perlu diparse tidak mas?

satu lagi, nanti iklannya bersifat nofollow? kalau ingin membuat dofollow gmn mas?

Unknown said...

Tidak, iklan di atas cuma menggunakan gadget dan digeser di atas post, jadi bukan bagian dari post body. Kalo iklannya mau dofollow tidak perlu ditambahi atribut apa2, cuma link dan gambar aja.

Unknown said...

Menarik sekali artikelnya mas,
mohon kunjungan baliknya mas !

Rani Novariany said...

alhamdulillah berhasil, makasih yaa ^^

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap