Cara Membuat Read More/Baca Selanjutnya di Blogger dan Wordpress

Suatu posting utuh yang memakan tempat terlalu panjang di halaman utama terkadang membuat pengunjung merasa tidak sabar. Padahal mereka ingin segera melihat daftar posting yang lain di bawahnya. Pengunjung tidak mau tahu tentang hal ini, walaupun mungkin di sidebar halaman tersebut terdapat ruang navigasi untuk daftar posting, kategori, dan lain-lain yang bisa membawa pengunjung ke judul posting atau topik yang lain. Namun, tidak semua pengunjung dapat memperhatikan fitur tersebut. Hal ini membuat banyak posting kita yang lain tak terbaca. Kalaupun terbaca, itu hanya yang berada di halaman utama saja. Dan kemungkinan besar pengunjung akan segera lari setelah membaca satu (atau paling tidak beberapa) posting kita di halaman utama.

Nah untuk menyelesaikan masalah ini, dibuatlah link readmore yang nantinya akan membawa pengunjung ke halaman posting seutuhnya setelah mereka membaca beberapa baris kalimat di bawah judul posting itu.
Saat ini membuat readmore/baca selanjutnya sangatlah mudah, baik di blogger maupun di wordpress

Membuat readmore di blogger (Fitur original bawaan Blogger, tanpa hack)
Di halaman posting baru/new post, ada beberapa panel pengatur tulisan seperti font, font size, alignment, font color, background color,  dan lain-lainya, salah satu diantaranya lagi adalah ‘jump break’. Panel inilah yang berfungsi sebagai pembatas posting anda di halaman utama dan akan memunculkan readmore. Letak tepatnya ada di kolom panel yang berisi ‘Link’, dan seterusnya. ‘Jump Break’ berada di posisi paling kanan dari kolom panel tersebut, tampilan visualnya adalah seperti gambar kertas berwarna biru muda dan terbagi menjadi dua. Klik gambar tersebut dan akan muncul kotak pipih panjang berwarna abu-abu. Anda dapat menggesernya sedemikian rupa untuk diletakkan di baris yang anda inginkan

Membuat readmore di WordPress
Pada halaman tulisan/writing, diatas kolom tempat ada menulis posting, di bagian kanan terdapat dua menu tab, yaitu ‘visual’ dan html’. Pilihlah tab html. Kemudian klik “more” yang terletak di bagian pojok kanan atas di deretan panel-panel editor html. Kemudian akan muncul <!--more--> dalam kotak posting anda. Letakkan tulisan yang ingin ditampilkan di halaman utama diatas tanda tersebut, dan sisanya letakkan di bawahnya.

Secara manual anda dapat menyisipkan kode <!--more--> itu sendiri di bagian post yang ingin anda potong. Lakukan cara ini melalui editor HTML di menu posting.

Note for Blogger/Blogspot:
Untuk membuat Auto readmore secara otomatis tanpa harus membuatnya setiap kali posting, lihat: Cara Membuat/Memasang Auto Readmore di Blogger/Blogspot (With Thumbnails).

Cara Membuat Read More/Baca Selanjutnya di Blogger dan Wordpress
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 4 Comment(s):

PAN said...

Thanks Gan...
Artikel yang menarik. . .

Anime kosatsub said...

yow, Thanks gan :D

Tony Putra said...

thanks gan

Arum Martian said...

Yehet!! Akhirnya ketemu juga cara yg gampang dan selama ini ane cari-cari, makasih gan~

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap