9 Fakta Tentang Kandungan Buah Anggur dan Manfaatnya

manfaat buah anggur

JIKA anda adalah orang yang sangat memperhatikan kesehatan, maka mengetahui nilai kandungan gizi buah anggur sangatlah penting. Selain memiliki rasa manis dan segar, anggur mengandung banyak vitamin, mineral, & antioksidan. Berikut beberapa fakta buah anggur yg mungkin belum banyak diketahui:


  1. Anggur memiliki banyak kandungan antioksidan seperti antosianin, flavonol, geraniol, linalol, nerol dan tannin. Antioksidan jenis tersebut adalah yg paling dianjurkan oleh para ilmuwan karena merupakan zat yg baik bagi pertahanan tubuh atas serangan berbagai jenis penyakit.
  2. Anggur merah memiliki senyawa campuran yg disebut resveratrol, disebut-sebut sebagai zat yg mampu menurunkan kolesterol tubuh serta meilndungi jantung. Zat ini berfungsi mengurangi endapan-endapan di dalam pembuluh darah sehingga resiko penyakit jantung dapat dihindari.
  3. Di setiap 1 gram kulit anggur segar mengandung 50 sampai 100 mikrogram resveratrol, tergantung jenis buah anggurnya. Zat ini juga mampu mengikis radikal bebas serta membantu pertumbuhan & perbaikan jaringan tubuh.
  4. Anggur dalam satu takaran santapan mengandung kira-kira 92 satuan internasional (IU) vitamin A yg bermanfaat bagi kesehatan mata, 0,19 miligram vitamin E yg baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas, dan 14.6 mikrogram vitamin K yg membantu menjaga & menormalkan kekentalan/kebekuan darah.
Sulit untuk dipercaya bukan? Masih ada lagi nih:

  1. Jenis anggur dan beri-berian lainnya yg dikeringkan, misalnya kismis, sultana (anggur kering jenis ini lebih dikenal di jazirah arab & eropa),dan currants (sejenis beri-berian) juga memiliki kandungan gizi yg banyak. Sebagai contoh, kismis memiliki banyak kandungan boron (boraks alami), sejenis mineral yg berfungsi menjaga kekuatan tulang.
  2. Anggur sangat baik bagi sistem pembuangan. Sari buah anggur membersihkan gumpalan-gumpalan kotoran & melancarkan pembuangan air seni, meningkatkan curahan cairan dari empedu, dan meluruhkan sisa-sisa pembuangan di dalam pencernaan. Sari buah anggur (jus) juga dapat membersihkan usus serta berfungsi sebagai pencahar ringan.
  3. Dalam sebuah penelitian ditemukan pula bahwa mengkonsumsi jus buah anggur yg tidak dikupas dapat membantu mengeliminasi infeksi mulut & tenggorokan.
  4. Flavonol di dalam benih buah anggur membantu penyembuhan buta senja, kerusakan retina, serta meningkatkan kualitas penglihatan.
  5. Gabungan zat-zat di dalam anggur dapat membantu penyehatan jantung, mengurangi angina (jantung kejang), dan dapat menormalkan tekanan jantung.
Nah, kira-kira apa yg terbersit dari benak anda sekarang?
Langkah pertama yg harus diambil adalah ketika pergi ke supermarket, pastikan bahwa buah anggur ada dalam deretan pertama list belanja dan kemudian masukkan buah anggur sebanyak-banyaknya ke dalam keranjang belanja! :)
Salam sehat!

9 Fakta Tentang Kandungan Buah Anggur dan Manfaatnya
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 5 Comment(s):

momogi said...

nice info.

Software Retail said...

banyak juga ya manfaat dari anggur, info yang bermanfaat sekali, terima kasih banyak.

syaefudin said...

makasih gan infonya sangat bermanfaat banget
ane baru tahu ternyata walaupun harganya yang cukup merogoh kantong
tapi cukup sebanding juga dengan manfaat dan keunggulan yang dimilkinya
salam kenal + salam kunjung gan
sering2 update ja gan biar ane lebih punya wawasan yang luas

Rahasia Sehat said...

Info yang bagus tentang buah anggur mas azmi. bisa jadi rujukan artikel saya nanti. terima kasih ya :)

Risma said...

Ternyata buah anggur banyak sekali manfaatnya,terimakasih ya atas informasinya...!
sekarang saya akan lebih suka makan buah anggur.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap