Cara Memasang Meta Tags di Blogger/Blogspot

Meta tag berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai gambaran dan isi suatu blog/website. Blogspot/Blogger dengan template bawaan/official biasanya belum memiliki meta tag ini, oleh karena itu, untuk mengoptimalkan pencarian di search engine (SEO), meta tag perlu ditambahkan.

Meta Tag Description

Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi
kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut :
<meta name="description" content="Buka-Rahasia.Blogspot.com is a blog tutorial that explain how to improve your blog's performance and SEO">
Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tags sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut.
Itulah sebabnya kenapa saya sarankan agar Anda menggunakan isi dari meta tag description sebagai kalimat pembuka. Dan jika bagian paling awal dari web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang
ditampilkan pada hasil pencarian Northern Light adalah seperti ini :
Home | Products and Service | Contact Us | About Us ...welcome to our online store, the best place on the web to...
Meta Tag Keyword

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah
sebagai berikut :
<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ...">
atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :
<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ...>
Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan
mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :
<meta name="keywords" content="tips trik blog,  blogger, blogspot, dst...">
Disini terlihat sekali bahwa kata "bali", diulang lebih dari 3 kali. Contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh search engine :
<meta name="keywords" content="tips trik blog blogger blogspot dst...">
Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web Anda
memuat informasi mengenai pariwisata di Bali, jangan sekali-kali menambahkan "MP3" atau "Britney Spears" sebagai keyword hanya karena keyword-keyword ini merupakan keyword favorit di internet dan
banyak dicari orang.

Meta Tag Robots

Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu
website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">
Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name="robots" content="index follow">
Dengan perintah ini spider akan meng-index main page dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="">).
Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name="robots" content="noindex nofollow">
Lalu bagaimana memasang Meta Tags di Blogger/Blogspot?

Untuk memasang Meta tag Blogger caranya cukup mudah, pertama masuk ke Dashboard > Edit HTML kemudian copy paste kode dibawah ini, letakkan dibawah <title><data:blog.pageTitle/></title> (cari dengan Ctrl+F) dan jangan lupa merubah kode warna merah di bawah sesuai dengan deskripsi dan keyword blog yang diinginkan.
<meta content=' Tulis deskirpsi disininame='description'/>
<meta content='
keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
Kemudian save template. Done!

Cara Memasang Meta Tags di Blogger/Blogspot
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 49 Comment(s):

Hasimas said...

ijin praktek kak :)

Seputar Dunia Open Source said...

Makasih Ka ..
Tutorialnya sangat bagus dan membantu saya yang masih newbie ..
Izin coba ..

Kutus Kutus Herbal, Bali said...

diiih keren banget, mata ini jadi melek ngeliat njlimetnya rumusan yang harus dilakukan.

tapi sungguh ! terimakasih dari hati yang terdalam dan bila boleh aku akan ikuti terus Blog ini.

Salam

Unknown said...

yup, all. terima kasih :D

you said...

udah dicoba gan.. v pas di cek mengganak validator robot txt. ko robot txt nya error. gmana yang kang mhon jawabannya... hehe makasih

Unknown said...

its okay, ga masalah, validator sendiri kadang2 tidak valid :D

Gaemgyu Holic said...

maaf gan klo perbedaan "meta name" sama "meta content" itu apa? jadi kalo saya mau pakai Meta Tag Robots pakainya "meta name", atau "meta content" ??

Gaemgyu Holic said...

Maaaaaafff bgt satu lagi nanyanya, dengan meta tag di atas, apakah nantinya di google search otomatis akan muncul deskripsi dari setiap postingan? soalnya dlu saya pernah pakai meta tag, tp deskripsi yg muncul di google search malah deskripsi blog saya (bukan deskripsi postingan)... Mohon dibantu^^^^^^^

Unknown said...

secara sederhana: meta konten adalah isi, sedangkan meta nama adalah rujukan atau nama yg menjadi indikasi bagi spider untuk diberi perintah tertentu, misalnya seperti di atas, meta name dirujukkan pada robot pengindeks diperintahkan agar mengindeks dan mengikuti seluruh perkembangan isi suatu halaman.

agar deskripsi utama hanya ditujukan pada homepage, sedangkan deskripsi posting yg di acu oleh spider adalah isi posting maka harus diberi pengecualian. kalau dijelasin disini panjang :D, nanti saya buat postingan tentang pengecualian meta deskripsi.

Gaemgyu Holic said...

wah.. agak rumit ya (menurut saya yg gaptek,hhe).. Tp makasih bgt + ditunggu postingannya..^^

Unknown said...

Lihat cara mengatasinya disini: Mengatasi Duplikasi Meta Deskripsi

heru said...

ijin praktek mas bro... lnjuuuuuttttt :)

Ndunk said...

Izin praktek Gan . . . Terima kasih atas info & ilmu nya . . . salam kenal . . .

http://anakbrb.blogspot.com

Toraja Homeland said...

makasih banyak, sukses selalu....

Unknown said...

saya bingung cara memperbaiki posting2 saya yang memiliki deskripsi meta ganda. bagaimana cara memperbaikinya ya..tolong informasinya. terima kasih..

Unknown said...

ada beberapa halaman saya yang memiliki duplikasi meta deskripsi..sehingga yang muncul di bawah judul postingan adalah sama dari tiap postingan tersebutvbukan deskripsi dari isi postingan itu sendiri yang muncul bagaimana cara memperbaikinya..mohon petunjuknya. terima kasih. soalnya saya new bie..

Unknown said...

Halo Irma. silahkan langsung cek posting ini:
Cara Mengatasi Duplicate Meta Description di Blogger/Blogspot

david said...

saya masih bingung nih kak cara pasang meta tags...tolong di bimbing dengan jelas kak....

bayu said...

klo meta tag nya ada yg sama gmna om

Khoirul Huda said...

Mas, Apa larangan pengulangan kata 3 kali pada keyword berlaku juga di deskripsi blog? Thx infonya...

http://oemahjamur.blogspot.com/

dfn90 said...

makasih banyak infonya...

Dadan said...

Trims mas tutorialnya...

Ahmad Halim Sholeh said...

MANTAP SOB, ane tanya sob: boleh nggak kalo kita meletakkan keyword kayak berulang di meta tag seperti ini: keyword : sujud syukur demba, syukur demba ba, sujud syukur demba ba,

gimana sob, masalah gak tu?
mohon dijawab,
kalo bisa beri tau jawabannya ke blog ane : sekedarwawasan.blogspot.com
ane tunggu jawabannya sob, thanks

Afandi said...

Beruntung sekali rasanya saya menemukan blog ini, pantas saja blog ini langsung muncul di page one google.
Terima Kasih atas infonya sobat, artikel di blog ini sangat membantuk untuk para blogger pemula seperti saya yang sedang mengembangkan blog tentang Bahasa Pemrograman C++.
untuk teman-teman yang ingin mampir, saya persilahkan untuk melihat blog saya. :)

Info Percetakan said...
This comment has been removed by the author.
www.InfoPercetakan.com said...

Terimakasih atas infonya sobat.. saya ada sedikit koreksi. Kecil sih..tapi cukup mengganggu pas lagi baca paragraf berikut :
jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :
meta name="keywords" content="tips trik blog, blogger, blogspot, dst..."
Disini terlihat sekali bahwa kata "bali", diulang lebih dari 3 kali


kata "bali" yg mana neh? sepertinya ada yg salah dg paragraf di atas. Untuk contoh yg salah blm dipasang tuh mas. Contohnya dua duanya bener.

itu aja sih... semoga segera diperbaiki.
terimakasih sekali lagi.

Basith Kuncoro Adji said...

<-- aku jujur dari 2 jam yang lalu menelusuri blog ini tentang peningkatan/perbaikan SEO blog, trims banget :) Sekarang mau lihat "cara mengatasi duplikasi meta tag" :)

Sebuah Pelarian said...

Untuk masalah blog, mulai dari design sampai SEO rasanya saya selalu menuju blog bang Azmee ini. Terima kasih banyak mas, saya tunggu posting-posting berbobot lainnya..

~::Chenta::~ said...

done TQ

whatzupp said...

wah, ijin nyoba dulu masbro. tipsnya bagus bgt. kebetulan ane yg nubie jd terbantu banget..he2

fiqri said...

wah g percuma ane baca semua article2 agan...
sangat membantu sekali...
trimakasih atas info2nya...
salam blogger's...

Supriyadi Pro said...

Selamat malam mas. Salam kenal.

Saya mau nanya mas.
Pada tutorial di atas ada dua Meta Tag Robots, yaitu index follow dan 'INDEX, FOLLOW'.

Sebaiknya yang optimal digunakan yang mana mas.
Terima kasih sebelumnya.

Unknown said...

Halo.

kalo susunan atau huruf besar kecil, pake koma atau tidak, tidak ada beda atau masalah.

Pake koma aja biar jelas.

My Laboratorium said...

Om ahmad,saya minta petunjuk.
Ditempat saya tidak ada ( data:blog.pageTitle ) karena saya ganti untuk membuat sesuatu.Ada solusi lain gak om selain ( data:blog.pageTitle )
Mohon 10x petunjuknya om ahmad.Saya sangat butuh jawabannya

Unknown said...

makasih banyak ilmunya sob, mudah2an dengan mengikuti tips dari blos sobat blog saya jadi rame pengunjung karena terus terang blog saya masih sepi2 saja nih...

Unknown said...

Oh ya sobat postingan ini telah saya link di blog saya

Unknown said...

@Syamsul: Yup terima kasih sobat

Wawan said...

Thanks ilmunya....^_^

Kunjungi Juga Blog.Q Gan...wa1sinjai.blogspot.com

herfianto said...

thanks gan ane coba dulu...
sharing is carring

Misbah said...

kang azmi,itu yang ada kata
"Disini terlihat sekali bahwa kata "bali",
yang mana ya,? :D

Misbah said...

mksd saya kata bali yang terulang lebih dari 3 X yang mna ya..hehehe...

Gateway Pasteur Residence said...

kalau keyword nya boleh ga. apartemen di bandung, apartement di bandung, apartement bandung, apartement di bandung.

terus kerword bisa ga sebanyak banyak nya.

Blog Kuliahan said...

Meta tag udah dipasang diblog ane, makasih gan :)

Unknown said...

Maaf Mas kalo deskripsi itu apa mas ?

Unknown said...

Deksripsi: gambaran isi blog, topik2 yang dibahas di blog, atau terserah intinya itu informasi yang ditujukan untuk pengguna search engine ketika melihat listing blog anda di search engine

Unknown said...

Deskripsi Postingan bukan ya mas ?

Unknown said...

mantap gan,....

Dukun Santet Dan Pelet said...

Apakah meta tag ini masih work pada tahun 2015 ini???

Unknown said...

gunakan meta deskripsi bawaan blogger http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/07/cara-menambahkan-dan-mengoptimalkan-meta-description-blogger.html

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap