Tips Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog


Artikel ini ditulis karena saya banyak mendengar dari teman-teman blogger yang mengeluh karena konten-konten hasil karyanya sendiri banyak yang telah disalin utuh tanpa meninggalkan jejak link apapun. Sebenarnya banyak blogger yg tidak mempermasalahkan hal ini, namun sebagian blogger lainnya sangat merasa bahwa ini sebuah pelanggaran, karena tulisan-tulisan yang dibuat itu bukanlah hasil copy-paste belaka, melainkan menggunakan upaya pemikiran, pengumpulan referensi, dan proses penulisan. Suatu penyaduran pun juga membutuhkan pengumpulan data dan idak hanya dilakukan dengan mencopy-paste saja. Proses inilah yang membuat karya tulis artikel itu berharga. Apalagi jika yang dicuri adalah artikel yang benar-benar menggunakan pemikiran sendiri, tentu hal ini semakin disayangkan.

Terlebih lagi, motivasi menjiplak tersebut adalah karena menginginkan pagerank tinggi. Biasanya artikel yang diambil adalah artikel-artikel yang mempunyai popularitas tinggi untuk medongkrak pagerank tersebut..

Saya sendiri sebenarnya secara pribadi sangat memperbolehkan artikel-artikel di blog ini dicopy, asalkan dengan menyertakan link lengkapnya, dan saya tidak pernah menggunakan plugin apapun untuk menonaktifkan "klik kanan", karena menurut saya itu tidak penting dan menghambat proses pencarian referensi.

Kembali ke cara untuk mengetahui artikel anda yang telah dicuri, anda dapat mengandalkan google search engine untuk mengetahuinya, baik melalui google web maupun google blog. (gunakan yang co.id ya). Cukup ketikkan saja judul artikel yang ingin anda ketahui apakah dicuri atau tidak. Kenapa menggunakan search engine? Bukankah belum tentu ketemu? Memang benar, tapi menurut pengalaman, para pencuri konten ini justru sebenarnya memiliki indeks Google yang sangat baik, pageranknya lumayan. Lalu ingat, judul bisa saja berbeda dan mengalami perubahan, jadi apabila anda menemui judul yang berbeda saja sedikit, usahakan untuk tetap mengeceknya. Cara ini 90 persen efektif saya gunakan. Lalu apa yang bisa diperbuat? Itu semua tergantung anda sendiri. Namun saya punya tips untuk memberi sinyal kepada blog-blog yang demikian:
  1. Tinggalkan jejak anda disana. Bisa berupa link blog anda atau bahkan link posting dari artikel anda yang dicuri. Katakan sesuatu yang memberi sinyal aneh dan seolah nyepam. Misalnya: "Hai", Halo", "Artikelmu bagus banget yah", "Keren!", dan lain sebagainya. Comment semacam ini justru menarik perhatian.
  2. Cara kedua yang lebih kuat adalah dengan membuat blacklist blog-blog yang telah mencuri konten anda. Anda bisa mencantumkannya di sidebar atau di manapun, bahkan di header juga boleh. Buatlah list tersebut dengan judul misalnya: "Blacklist blog yang telah mencuri konten blog ini. Jangan kunjungi!". Tidak usah kasih hyperlink, cukup namanya saja.
Nah, itu tadi sedikit tips saja. Dan bagi anda yang berpandangan bahwa karya tulis artikel boleh di copy paste secara sembarangan pun juga bukan masalah. Namun ingat, setiap blog tidak sama. Masing-masing memiliki pemikiran sendiri mengenai konten atau artikel yang dibuat. Dan hal yang paling bijaksana adalah dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut. 
Blog adalah cermin.
Baca juga: Copycats: Kucing-Kucing Penjiplak Bermodal Tikus (Baca: Mouse)
Salam,
google

Catatan:
Jika anda menemui tutorial lama, maka perhatikan bahwa untuk masuk ke Edit HTML template tidak lagi melalui halaman "design/rancangan", melainkan dari dashboard > template > klik edit HTML. Masih bingung mencari dan edit kode di Edit HTML Blogger baru? Simak tips trik berikut:
1. Cara Mencari Kode di HTML Editor Blog
2. Fitur di HTML Editor Baru
3. Tips Edit HTML Blogger (artikel lama)
Tips Mengetahui Pencuri Konten Artikel Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 14 Comment(s):

ScriptMarketer's Blog said...

Mungkin sudah jadi budaya orang kita mas.., pukul teman untuk keuntungan sendiri.

Anyway.., nanti juga ketahuan kok, mana yang asli dan mana yang copas. Orang yang suka copas tidak punya banyak ide sehingga lama2 ketahuan juga.

Bagi penulis kreatif, harap bersabar, karena pasti kerja keras ada selalu ada hasilnya

^_^

azmee said...

yup, bener banget bro. selama itu baik pasti baik juga hasilnya. thanks

massol507 said...

sepakat mas, mending konten blog yg dicuri. La pas maen Friendster foto sy dibajak dan dipasang jd foto profile, wkwkwkwk...

Sip sepakat tuk bungi hanguskan blogger2 tak bertanggung jawab yg bisanya Copy-Paste doang. Maju terus!!!

azmee said...

yups, oke bro.....
hah? foto juga dibajak? haha, keterlaluan! oke bro, sebnernya bukan kita mau sok kan, tapi suatu karya akan lebih berharga bila original. semangat!

refinish wood furniture said...

MAAF SY MAU TANYA...SY PUNYA 2 BLOG JUALAN DGN KW YANG BERBEDA....LALU UTK HALAMAN/PAGE PROFIL PERUSAHAAN, HUBUNGI KAMI, SERTA LAYANAN KAMI - ISI KONTENNYA SAMA PERSIS - LAH KAN MEMANG SAMA PERUSAHAANNYA....YANG SY MAU TANYAKAN ADALAH APAKAH BLOG YG KEDUA YG COPAS HALAMAN DR BLOG KE 1 DIANGGAP GUGEL SEBAGAI PENCURI KONTEN....SY TAKUT BLOG KEDUA SY TIDAK AKAN NAIK PR NYA......LALU ADA PENGARUH TRHDP BLOG PERTAMA GA????
MOHON DI JAWAB YAAA, SY BINGUNG...mohon email jawaban ke vrzfardians99@gmail.com ........TRIMS

himawan sutanto said...

sip bro, tapi kalo sampe dibuat black list kasian juga ya...

Fikri said...

tipsnya mantap om, saya pernah gitu cuma bilang hy salam kenal, xixixi :(

Sang Manyar said...

Wah,, ada yang belum baca "Hindari 9 Hal Dalam Berkomentar di Blog" tuh. Hahahahaha,,, Udah dicoba Mas. Kalo yg di blog belum. Kalo di situs lain udah dan ketemu. Biar deh yang gitu. Sepi peminat juga tuh blog. Makasih sebelumnya

Wahyudiningrat said...

Permisi Numpang lewat....

Pertanyaan yang hampir sama dengan "refinish wood furniture" terkait dengan 2 WEB/BLOG yang sama persis kontennya dan pemiliknya adalah 1 orang. Tentunya hal ini akan terindex sebagai pencuri konten juga ya...?
Terus gimana caranya ? Barangkali ada saran ?

O iya.... Postingan blog-nya mantap.... Terima kasih telah berbagi.

Nasruddin - Indonesia said...

Saya sepakat, blog adalah cermin...
Salam Dahsyat.

media informasi said...

makasih gan tips nya kemaren saya mengatsinya dengan melaporkan ke team google dmca sekarang posting pencuri udah jadi halaman kosong.

iputu dirga said...

mantap gan.. blognya mw tanya nih, cara bikin kyak Featured Posts & Tutorials itu gimana sih??? keren banget.. tolong krim k blogku ya jwabannya...

Ndak tau apa-apa said...

Mas, apakah blog yang telah meng-copas artikel kita akan mendapat sanksi dari Google tanpa kita laporkan sebelumnya. Sangksi dari Google terhadap blog tersebut dalam bentuk apa?

klikhuna said...

artikel yang bagus dan sangat membantu agar karya sendiri tidak di ambil alih,,,,,,
thank's berat

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

Join Our Team!

© 2013 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap