Belajar Mendalami SEO Part 2: Percepat Load Blog

Pengantar:
Hai, artikel ini adalah guest post dari sobat Muflich Kamil. Dalam kesempatan ini saya akan mengantarkan sebuah artikel yang berbicara mengenai SEO. Meskipun tidak semua bisa diterapkan pada Blogger, tapi ada poin-poin penting yang bisa diambil sebagai pelajaran penting dalam kaitan antara SEO dan loading blog. Disclaimer: Meskipun diterbitkan pada blog ini, namun bukan berarti seluruh pandangan maupun ide di dalam artikel ini mewakili atau merupakan bagian dari pandangan/ide saya selaku pemilik dan penulis blog buka-rahasia.blogspot.com. Semua kembali kepada anda, pembaca, serta penulis, sehingga semua komentar, kritik, saran, pertanyaan selayaknya dilayangkan kepada penulis. Terima kasih dan selamat membaca!
------------
Setelah pada part sebelumnya saya membahas tentang Strategi link building (recommended to read), saatnya kita beralih ke part dua. Apa itu ?

Load Blog 

loading blog dan SEO.
Masalah load blog, seringkali menjadi faktor utama penghalang hubungan blog dengan pengunjung anda. Akibatnya, sebagian besar calon pengunjung memilih untuk melakukan close saat mereka tiba di blog anda untuk pertama kalinya. Ya, blog dengan load yang lama.. :oops: Penyebabnya ? Entah itu pengaruh dari iklan yang tersedia, maupun dari script-script tak penting yang ditanamkan pemiliknya. Tak hanya itu, para pembaca yang biasanya setia pada apa yang anda sediakan di blog anda, lama-lama akan runtuh. Tahu kenapa ? Yap benar. Mereka menyadari perubahan load blog anda meningkat drastis dan satu-satunya pilihan adalah, segera pergi.. atau mati. –mungkin saja berpengaruh pada bandwith koneksi internet pembaca, pada kuota paket yang mereka gunakan. Belum lagi Google pada algoritma barunya mengancam akan memberi posisi rendah bagi blog siapa saja yang loadnya lambat. Sungguh tak lazim, bukan ? Posisi rendah hanya karena kurang perhatian saja pada yang namanya load ini. Ya ya ya.. Menyadari pengaruh load blog lambat sebanyak itu, apa anda akan tetap saja mati gaya melihat semua blogger dan marketer berlomba-lomba menjadi yang terbaik antara satu sama lain ? Saya kira tidak.

Lalu apa solusi terbaiknya ?

Luangkan sedikit waktu anda, prioritaskan para pembaca, dengan sedikit saja usaha percepat blog anda. Caranya? Simpel, teruskan membaca. Berdasarkan apa yang selama ini saya alami, ada 2 faktor yang menyebabkan load blog menjadi lambat. Faktor dari dalam (internal), maupun luar (eksternal). Adapun Faktor internal seperti..
  • Gambar yang ada belum anda kompres, atau masih disimpan dalam format yang paling maksimal (.png)
Anda bisa menggunakan aplikasi offline khusus compressor semacam Fileminimizer, fitur pada photoshop, atau gunakan jasa situs kompres gambar secara online.
  • Widget blog yang tidak terlalu penting seperti kalender, jam, dsb.
Cobalah untuk sesekali melakukan bersih-bersih blog anda dengan remove apa saja yang tak terlalu penting, seperti widget kalender, jam, dsb. Apalagi jika widget tersebut mengandung animasi yang jelas memberatkan blog anda.
  • File CSS yang anda gunakan tidak efisien (menggunakan spasi dan banyak line break)
Yang ini bisa anda lakukan secara manual, tapi jika anda tak mau repot bisa ikuti cara saya; make jasa situs compress css paling bagus versi saya. Hehe :p
  • Anda terlalu focus ke desain blog dengan menggunakan gambar-gambar resolusi tinggi yang sebenarnya ga perlu.
Desain blog memang penting dalam membangun kredibilitas anda, tapi apa gunanya jika malah membuat pembaca malas berkunjung lagi hanya karna load blog yang lama.
  • Anda tidak memberikan cache
Cache memungkinkan browser pengunjung untuk menyimpan apa yang mereka buka –termasuk saat membuka blog anda. Sehingga saat membuka blog anda untuk kedua (atau kesekian) kalinya, tidak butuh koneksi original. Untuk tipsnya ? Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan dengan alasan kepanjangan. Bisa anda browsing sendiri kok..
  • Link-link rusak (broken link) yang menumpuk di database blog anda.
Bagian ini mungkin akan saya bahas secara khusus di artikel selanjutnya di blog saya, ditunggu ya.. ;)
  • Database yang belum optimal
Saya sendiri mencoba merutinkan diri optimize database saya menggunakan plugin wp-optimize
  • Plugin-plugin yang anda gunakan menjadi pemberat timbangan blog anda.
Plugin dan load blog ? sudah pasti. Paling tidak minimalkan penggunaan plugin jika memang anda bisa melakukannya sendiri (akan saya bahas di artikel selanjutnya –bukan janji, insya Allah aja.) Kemudian untuk faktor Eksternalnya ;
  • Tempat domain anda dihost kurang berkualitas (salah memilih tempat hostingan)
Jika anda tidak bisa memilih GoDaddy, HostGator, Bluehost, entah karena alasan harga atau apa, pastikan anda memilih DHS sebagai tempat host situs web anda. :p
  • Anda menggunakan banyak script-script yang tanpa sepengetahuan anda menyerap banyak koneksi.
Jika anda menemukan keanehan pada data performa blog anda, mungkin bisa anda cek kembali keseluruhannya. Bisa jadi theme yang anda gunakan adalah theme premium bajakan –yang biasanya mengandung script + malware berbahaya.
  • Iklan super besar, banyak dan mendukung animasi flash
Iklan bisa jadi menjadi faktor lambatnya load blog anda. Apalagi iklan tersebut berbentuk flash banner berukuran sangat besar. Untuk itu, ada baiknya anda bisa melakukan seleksi pada beberapa iklan tersebut, kemudian buat perhitungan yang matang dan.. Tempel ! :D

Selesai. Cukup mudah, bukan ? 

Tentang penulis :
authorMuflich Kamil -- Bukan siapa-siapa. Hanya seorang part-time blogger pemilik blog Kejarduit [dot] com. Tertarik dengan apa yang namanya SEO, Marketing, dan semua hal yang berhubungan dengan make money. Ingin tahu lebih banyak ? Langsung saja ke TKP blog kejarduit sekarang!

Belajar Mendalami SEO Part 2: Percepat Load Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 30 Comment(s):

Diansah said...

Tips yg bermanfaat, saya tunggu tips tentang memberikan cache pada blogger deh ... biar blog saya lebih ringan hehe...

Thanks kepada pemilik blog dan penulis :)

Salam

Unknown said...

tips yang bermanfaat mas :D
mas klo pake css external gimana ?, saya pernah menggunakan cara ini tapi klo buat browser mozilla jadi amburadul alias acak-acakan :(, tapi klo buat chrome gk :o
kira" hosting yang free tapi bagus buat simpan css apa yaa mas ? :D
soalnya pernah pake site.google.com acak-acakan terus tampilan blognya :/

Unknown said...

@Ardian: Thanks, sobat :)
@Ramdani Pratama:
Jangan pernah menggunakan external CSS, cukup rampingkan saja CSS dengan shortcode dan hilangkan white space. XML Blogger kurang baik menerima CSS dari luar. Jika ingin menggunakan external code, sebaiknya dalam bentuk javascript. Host file2 javascript anda pada hosting2 javascript yang bagus.

Unknown said...

ok thanks mas.. :D
o'ya mas benar gk mas ? klo sekarang itu kayanya sulit banget buat tampil di page 1 google, gk kaya awal tahun 2012, saya udah pake google keyword & trik ini trik itu tapi kaya sulit mas ,padahal artikelpun tak copas saya mas
hehe beri saran mas :D

Unknown said...

Sebenarnya kalo sulit, ya kadar kesulitannya sama saja kaya dulu. Cuma, dulu blackhat SEO mudah sekali dilakukan, bedanya dengan sekarang blackhat SEO sudah ga mempan. Kalo dari dulu sudah membangun SEO dengan cara yang fair, sampe sekarang pasti bisa bertahan.
Silahkan simak 2 artikel saya di blog lain, mungkin bisa memberi gambaran dan membantu:

http://tautweb.com/update-algoritma-google-pengaruh-dan-analisis-solusi/
http://tautweb.com/5-poin-penting-dalam-seo-2013-tentang-search-rankings/

Simak juga artikel2 lainnya di blog yang sama dan berkaitan dengan ranking pencarian, semua dalam white hat SEO.

Anonymous said...

Terima kasih bang Khoirul Azmi, tips tips diatas memang sangat bagus sekali dan sangat berkualitas, perlu diterapkan...

Saya tunggu artikel berkualitas lainnya

TIKOM. said...

Mas maaf sy awam kalo SEO itu apa dan untuk apa fungsinya pd blogger, tolong pencerahan...

Unknown said...

@Tikom: Silahkan langsung baca mengenai SEO dan dasarnya di sini:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/04/cara-meningkatkan-seo-blogspot.html

Anonymous said...

Berarti ini udah lolos review dong :))

sekali lagi makasih mas udah di post. hehe

Unknown said...

@Muflich: Yup, nice article. Ur welcome :)

hayardin said...

Alhamdulillah akhirnya ada postingan baru lagi yang menambah Pengetahuan saya kang...betul sekali kang yang point terakhir, dulu ketika saya baru berjabat tangan dengan dunia blogging saya suka pasang flash di sidebar blog saya yang membuat berat loading blog....Kalau saya tidak salah Flash juga tidak bisa dibaca sama search engine yaa kang ?

Anonymous said...

laah...
saya coba dulu ini...

yang jadi perkara tu masalah desain. kalau monoton .. pas pembaca ngebaca jadi boring.. cri yang template keren.. jadi lama..
bingung,.,.

Faridblogit said...

Mantep kang ,, matur nuwun sangat

Yesaya Aprilyando said...

Kang, bukannya wp-optimaze itu buat wordpress, terus kalo ada buat blogspot saya bisa dapet darimana yah, kang????

Unknown said...

@yesaya: saya sudah sampaikan melalui pengantar bahwa tidak semua bisa diterapkan di Blogger. Kita tidak bisa menggunakan plugin apapun untuk "mengutak-atik" server dan database Blogger, karena memang tidak ada akses ke sana.

Anonymous said...

Memang ada saya baca loading blog tentu menjadi aspek utama dari SEO juga ya Mas,,karena google lebih menyukai blog atau web yang navigasi dan loading yang ringan serta artikel banyak membantu para pembaca umumnya.

Yoshi Wafa said...

Nah ini yang saya tunggu-tunggu pak... Update nya tentang SEO . . . saya suka banget mempelajari Ilmu SEO yang sangat unik dan menarik...makasih sudah mau berbagi Ilmu nya pak... :)

sekadau said...

Bagaimana caranya agar browser bisa mencache blog kita, agar pada saat membuka halaman yang lain loadingnya tidak berat?

Unknown said...

Semua browser secara default memiliki cache, meskipun sistem cachingnya tidak semua sama. Pada blog WordPress, kita dapat menggunakan plugin/manual caching untuk mengurangi HTTP request karena sudah ada bagian halaman yang sudah dicache oleh server, dengan adanya double caching (server dan browser), maka halaman akan diload lebih cepat lagi. Sayangnya, di Blogger, kita tidak dapat melakukan apapun untuk mengutak-atik server. Namun, hal yang jarang diketahui, server blogger sebenarnya juga sudah menerapkan sistem caching, tapi jarang dirasakan karena kebanyakan pengguna blogger lebih banyak menggunakan elemen2 widget yang tidak bisa dicache (non statis) dan memperberat load. Jadi kunci mempercepat halaman blogger bukan pada caching, tapi pada pengoptimalan penggunaan widget, pilih dan pilah yang penting dan tidak penting, serta optimalisasi gambar.

Unknown said...

Sebenarnya iklan itu memperberat loading blog apa tidak sih? Mohon pencerahahnnya mas... :)

sekadau said...

saya Pernah submit ke bing webmaster kalau tidak salah di webmaster guideline nya diminta pasang kode meta sperti ini
<meta content='no-cache' http-equiv='cache-control'/>
<meta content='no-cache' http-equiv='pragma'/>
apa ini untuk melarang browser melakukan cache (untuk IE mungkin)?

Unknown said...

@Faried: tergantung jenis file apa yang digunakan dan ukurannya. Iklan berjenis flash cenderung lebih berat, demikian juga file PNG dan GIF yang biasanya ukurannya besar2. Kalo script juga gitu, misalnya PPC, script berpengaruh terhadap loading blog, meskipun tidak semua script jelek karena dihost di situs PPC, tapi ada juga yang murni javascript code yang demikian panjang sehingga proses baca memperlambat.

@sekadau: ya, benar sekali, keduanya merupakan perintah control caching kepada Explorer. Namun sebenarnya sama sekali tidak berpengaruh terhadap SEO, saya juga tidak memasangnya. Pragma meta tag tersebut sebenarnya digunakan untuk IE5 ke bawah, dan Chache control untuk semua IE, keduanya (intinya) berfungsi memberikan/tidak memberikan perintah untuk menyimpan cache secara lokal (di dalam komputer). Kecurigaan saya, Bing (yang notabene product Microsoft) memaksa menggunakan kedua meta tags tersebut untuk memastikan user IE mendapatkan akses halaman web dengan load lebih cepat, tapi sama sekali tidak berpengaruh terhadap SEO.

Unknown said...

artikelnya pas banget nih . rata rata saya cari di blog orang lain cara mempercepat loading blog yang dijelaskan hanya dengan menggunakan compress css . tapi disini seperti lengkap . manteb dah blog Buka(n)-Rahasia.blogspot.com . saya selalu termotivasi dengan blog ini . maju terus min . saya tunggu artikel seo lainnya :)

salam kenal saya admin dari blog share4rt.blogspot.com .

Salam Blogger Indonesia :)

Unknown said...

Sangat bermanfaat meskipun blog saya sudah ringan tapi masih sedikit berat,,,, :D

Unknown said...

saya baru belajar ngeblog gan. saya ikutan blogspot. tapi tak satupun blogspot yg tampil.

Anonymous said...

Artikel yang bermanfaat. blog saya berat banget soalnya, tp tetep bingung bagaiman cara ngeringankan :(

Unknown said...

mantab sob artikelnya

Unknown said...

png dan gif lebih bagus mana untuk meringankan blog ya. ada yg bilang di blog sebelah lebih baik pake gif dan jgn gunakan png. jadi giamana.

Anonymous said...

mantep kang...matur nuwun tutornya...

Satriyo Arif said...

Makasih infonya gan.. kunjungan balik yah..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap