Tips Membuat Page/Halaman About Me di Blog

Tips ini dibuat setelah saya melihat ada banyak incoming search tentang "cara membuat halaman/page about me". Sebenarnya about me, atau lazim juga disebut sebagai about us, tentang saya, atau tentang kami, adalah halaman atau bagian khusus dari sebuah website/blog yang berisi informasi dan garis besar isi blog/web serta penulisnya. Sebagai bagian dari blog/web, about me sifatnya relatif dan tergantung pada muatan umum dari blog/web itu sendiri. Dengan demikian, pada akhirnya halaman atau bagian about me bersifat subjektif dan terserah pada penulis blog/web itu sendiri untuk mendesain isinya.

Namun demikian, menurut saya, setidaknya ada 4 hal utama sebagai bagian penting dan informatif dari halaman about me/tentang saya dan sekaligus menjadi tips untuk membuat halaman atau bagian "about me":
1. Isi halaman about me dengan informasi mengenai diri anda namun jangan terlalu detil. Untuk memberikan informasi lebih lanjut, beri link account twitter, facebook, atau pun social media lainnya.
2. Tambahkan informasi mengenai pengalaman anda dalam satu atau beberapa hal. Jika blog atau web anda membahas tentang suatu topik/tema tertentu, tambahkan informasi mengenai pengalaman anda di bidang tersebut dan alasan kuat yang menunjukkan anda menguasai suatu bidang keahlian dan layak memuat dan membahas tentang topik/tema tertentu.
3. Sertakan link-link dari web/blog anda yang lain serta link-link yang menurut anda penting untuk diikutsertakan dalam "about me". Ini berfungsi untuk mempromosikan web/blog anda yang lain dan menunjukkan hal-hal mengenai pribadi dan keahlian/kemahiran/dan ketertarikan anda di bidang lain.
4. Sertakan link kontak atau alamat kontak dimana pembaca blog yang tertarik dengan anda dan membutuhkan informasi atau jasa dapat dengan mudah melakukan kontak. Untuk privacy dan menghindari spam ke email, saya sarankan gunakan "contact form/contact me".

Dengan memuat poin-poin tersebut dalam about me, setidaknya ada beberapa keuntungan yang didapat:
1. Memberi informasi mengenai pribadi, kemahiran/pengalaman/hobi, serta garis besar topik/tema yang diusung dalam blog anda.
2. Memberi keyakinan dan alasan kuat bagi pengunjung/pembaca mengapa dia harus membaca artikel-artikel blog anda.
3. Mempromosikan diri anda sebagai seseorang dengan keahlian di bidang tertentu. Apabila ada pembaca yang tertarik dan mengontak anda, maka kesempatan untuk mendapatkan tambahan finansial, pekerjaan, (sebagai penulis, misalnya) dan bahkan popularitas akan terbuka lebar. 
4. Setiap orang dapat menulis blog, akan tetapi, menurut pengalaman, kebanyakan pembaca mencari blogger-blogger yang gaya menulisnya khas, unik, menyenangkan, dan tentunya menguasai apa yang ditulisnya. Maka, tidak ada salahnya pula, jika anda menyampaikan poin-poin mengapa para pembaca harus membaca, mengikuti, dan merasa bahwa apa yang anda tulis memiliki nilai penting (value) bagi mereka.

Dalam kaitan membuat halaman "about me", sebenarnya untuk blog semacam Blogger, anda dapat langsung menggunakan halaman profil account Blogger sebagai halaman about me, karena telah memiliki fitur-fitur yang dapat dengan mudah diisi dengan informasi-informasi penting seperti yang telah disampaikan di atas. Anda dapat dengan mudah pula mencantumkan linknya di link list/menu atau pun membuat widget "about me/tentang saya" di blog (yang telah disediakan oleh Blogger). Akan tetapi, jika ingin membuat halaman about me secara khusus, buatlah di halaman statis karena sifatnya yang timeless (tidak mengandung bagian link yang memuat tanggal dan bulan) serta tidak menjadi bagian posting.
Cara membuat halaman statis Blogger/Blogspot:
Dashboard >Edit Posts/New Post > Edit Pages > Add a new Page
Happy Blogging!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tips Membuat Page/Halaman About Me di Blog
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 29 Comment(s):

r10 said...

kalau blogger wordpress sudah biasa bikin halaman about me, kalau blogger blogspot belum terbiasa

Unknown said...

ya benar, karena di wordpress, ketika blog baru saja dibuat, page about me sudah ada, jadi tinggal mengedit isinya saja.

™Rizki­ Åde Saputra™ said...

boss saya dah bisa tapi kok satu halaman cuma satu artikel ya??
mohon penjelasannya boss...
Blognya dah gw follow tuh..

Unknown said...

@ ™Rizki­ Åde Saputra™:
aatu halaman satu artikel? maksudnya gimana, ini kaitannnya dengan apa? diperjelas ya.

Oktri darmadi said...

hmmm mantap infonya, i like it

Esa P Novesada said...

like this blog gan, info2nya lengkap banget, jadi ngiri saya, apalagi yang panel "pencuri konten", bikin yg copas merasa bersalah bgt pasti, aku jg pengen pasang gituan gan, thx gan, btw exchange link blog ane esa-pro.blogspot.com, blognya desain grafis dan animasi, visit ya gan...^_^

YOEZAR EFFENDY said...

Terimakasih atas tips nya.
wassalam saya,
Yoezar Effendy

Unknown said...

@Oktri darmadi,@Esa P Novesada, @YOEZAR EFFENDY:
Yup, terima kasih kembali. Yah, itu karena saya sudah sedemikian jengkel karena blog-blog itu copas banyak artikel secara serampangan dan tanpa link sumbernya. jelas sangat tidak kreatif dalam ngeblog. blog adalah lahan kreativitas blogger. Wa'alaikum salam :D

Fayescool said...

Oke sob menarik ostingannya...

Cek Info said...

betul banget tuh poin 1-4, orang2 bisa mengetahui jati diri kita lewat about me :D

PaisanLumbu said...

info berguna bagi pemula spt saya......makasih

Unknown said...

join ke blog ku juga dong... http://debbie-irlando.blogspot.com/ thankyou

modif motor said...

oke mas bro terima kasih inponya ane langsung praktek aja dech

Om Oktri said...

mantap

wisnu murti said...

maksih infonya, aku coba ya :) folow blog aku ya :)

yuhanto said...

coba dulu ah triknya... thanks bro

Capung said...

hal penting namun terlihat sepele ya Om :D

Unknown said...

wah info yang berharga tentunya buat newbie seperti saya, terima kasih
http://danoenweb.tk

INFOZUS said...

waw bener2 keren

nakusan computer said...

nice share Om. saya dah bikin nich.
makasih infonya bermanfaat banget.

Sokat Rachman said...

Terima kasih petunjukkan,bermanfaat untuk blog saya ... http://sokat.blogspot.com/

Anonymous said...

Thx banget masss.... udah bisa blog ane artikeluniku.co.cc

Anonymous said...

terimakasih om sudah kasih saran,,
saya izin copas ya halaman tentang saya nya..
boleh kan ?
kalo gk boleh tinggal coment aja ya om di blog ane..
pasti langsung ane hapus...
www.cerita-ku.com

pak kusir said...

patut saya coba sebagai blogger baru hehehe
karena bagaimanapun juga semua harus trnsparan, tanpa ketransparanan tidak mungkin pengunjung akan suka dengan blog kita hehehehe

juanx said...

berkunjung dan langsung belajar lagi dari agan.
thank share ilmunya.

Ubud Scooter Rental said...
This comment has been removed by the author.
Ubud Scooter Rental said...

Wahh sudah berhasil...sepertinya ada arror sebelunya...
Thanks info nya

Unknown said...

mantap banget mas... daftar isi yang saya buat sebelumnya hanya berisi biodata penulis saja... thanks

Oji Bejo said...

makasi gan,, lnjutkan,!

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap